5 Alasan Usaha Furniture Multiplek Semakin Berkembang Pesat

Konten [Tampil]
Usaha furniture multiplek saat ini merupakan salah satu usaha yang bidang furniture yang menjadi primadona.Multiplek banyak dipilih orang karena memiliki daya tarik tersendiri. Khususnya dalam menciptakan produk dengan finishing yang lebih menarik dan kekinian.
peluang kerjasama bisnis furniture

Usaha Furniture Multiplek

Usaha furniture multiplek atau biasa juga disebut sebagai usaha furniture merupakan usaha yang memiliki peluang pasar dan penghasilan yang menjanjikan. Kehidupan manusia sehari-hari tidak lepas dari kebutuhan akan furniture.

Untuk melengkapi kebutuhan rumah tangga maupun perkantoran, orang-orang membutuhkan furniture. Misal kebutuhan akan kursi tamu, kursi kantor, kursi sekolah, meja belajar, rak dan almari, dan masih banyak lagi. Tentu ini menjadi peluang tersendiri untuk menjadi sebuah peluang bisnis.

Apakah bisnis furniture menjanjikan?

Jika ingin mengetahui apakah bisnis furniture menjanjikan untuk dijalankan, Anda perlu mencari informasi yang bisa menunjukkkan bahwa industri sektor furniture masih memiliki peluang yang bagus dan menjanjikan.

Mengutip dari laman Kemenperin disebutkan bahwa pada triwulan I tahun 2021, kinerja industri furnitur mampu bangkit dan tumbuh positif sebesar 8,04% setelah pada periode yang sama tahun lalu mengalami kontraksi 7,28% karena dampak pandemi Covid-19. Selanjutnya, subsektor industri kayu, barang dari kayu, rotan dan furnitur menyumbangkan sebesar 2,60% terhadap pertumbuhan kelompok industri agro.

Pastinya angka di atas bukan angka tanpa dasar. Semua muncul melalui analisa yang dilakukan oleh Kementerian. Bagi anda sebagai pelaku usaha furniture multiplek atau anda sedang menangkap peluang kerjasama bisnis furniture, ini bisa menjadi data yang bisa memberikan angin segar. Artinya peluang usaha furniture multiplek masih akan terus berkembang.

Data di atas menunjukkan bahwa peluang bisnis ini memiliki potensi yang cukup besar. Bukan hanya pada pasar domestik namun juga pada pasar global atau untuk ekspor.

Pada laman yang sama, disebutkan bahwa Kemenperin mencatat, nilai ekspor produk furnitur (HS 9401-9403) tahun 2020 menembus USD1,91 miliar, meningkat 7,6% dari tahun 2019 yang mencapai USD1,77 miliar. Negara tujuan ekspor terbesar furnitur Indonesia tahun 2020, antara lain adalah Amerika Serikat, Jepang, Belanda, Belgia, dan Jerman.

Bagaimana menurut anda, apakah masih ada peluang usaha furniture multiplek dan bisnis furniture lainnya?

Alasan memilih usaha furniture multiplek

plywood

Multiplek atau plywood saat ini banyak dipilih sebagai bahan baku dalam pembuatan furniture. Usaha furniture multiplek banyak memilih bahan baku multiplek karena beberapa alasan atau pertimbangan akan kelebihan yang dimiliki, diantaranya:

1. Biaya Bahan Baku yang Terjangkau

Multiplek adalah bahan yang relatif murah dibandingkan dengan kayu padat atau material lainnya yang digunakan dalam pembuatan furniture. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan produk dengan harga yang lebih terjangkau, yang dapat menarik pelanggan yang mencari furnitur yang ekonomis.


2. Kemudahan dalam Proses Produksi

Multiplek dapat dengan mudah dipotong, dibentuk, sesuai dengan model yang diinginkan. Sehingga lebih mudah diproses dalam produksi furniture. Ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan berbagai macam desain dan bentuk furniture dengan lebih fleksibel.


3. Estetika dan Finishing

Multiplek dapat dipoles dan diwarnai dengan baik. Sehingga lebih fleksibel dalam menciptakan berbagai gaya dan tampilan produk yang diinginkan. Anda dapat menerapkan berbagai jenis finishing, seperti cat, laminasi, atau veneer. Tentu ini akan menjadikan anda lebih mudah untuk menciptakan tampilan yang menarik dan sesuai dengan minat pelanggan.


4. Tersedia dalam beberapa ukuran ketebalan

Tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan sehingga akan memudahkan ketika memilih material. Multiplek yang terbuat dari lembaran-lembaran kayu tipis yang direkatkan dengan lem secara bersamaan memiliki beberapa jenis sesuai ketebalannya, di antaranya 4 mm, 6 mm, 9 mm, 12 mm, 15 mm dan 18 mm.


5. Permintaan Pasar yang Tinggi

Banyak konsumen yang memilih furniture berbahan multiplek merupakan salah satu peluang usaha furniture multiplek. Permintaan pasar akan furniture multiplek cukup tinggi utnuk melengkapi kebutuhan rumah tangga. Untuk mempercantik interior rumah.


Meskipun demikian, anda juga perlu memperhatikan bahwa di antara kelebihannya, multiplek juga memiliki kekurangan. Seperti ketahanan terhadap air yang lebih rendah dibandingkan dengan kayu solid. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pasar yang dituju sebelum memilih usaha furniture multiplek.


Bagaimana cara membuka usaha furniture?

memulai usaha furniture

Usaha furniture multiplek adalah bisnis yang berfokus pada produksi dan penjualan furniture yang menggunakan bahan multiplek sebagai material utamanya. Multiplek, atau sering disebut juga sebagai plywood, adalah bahan lembaran yang terbuat dari beberapa lapisan kayu tipis yang direkatkan sehingga menjadi lembaran yang kokoh dan siap diolah menjadi aneka produk furniture..

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memulai usaha furniture multiplek:

1. Riset Pasar

Riset pasar perlu dilakukan. Hal ini untuk memahami trend di pasaran dan permintaan masyarakat di pasar furniture. Riset ini perlu dilakukan secara detail dan mendalam seperti melakukan identifikasi target pasar. Pasar seperti apa yang ingin dijangkau, misal apartemen, rumah tangga, kantor, atau kafe/restoran. Jika sudah menentukan target, maka pelajari dan pahami keinginan dan kebutuhan mereka.

Ini pelru dilakukan. Ini merupakan modal mendasar selain modal finansial yang juga akan menentukan penerimaan pasar terhadap produk yang anda produksi.

2. Buat Rencana Bisnis

Menjalankan bisnis, sekecil apapun harus direncankan. Tidak terkecuali dengan usaha furniture multiplek. Buatlah rencana bisnis detail dan rinci.

Rencana bisnis biasanya mencakup tujuan, strategi pemasaran, analisis pesaing, struktur biaya, dan perkiraan pendapatan. Jika rencana bisnis tersusun dengan baik maka akan membantu Anda dalam menjalankan setiap langkah dan strategi dengan baik pula.

3. Tentukan Jenis Produk dan Desain

Setelah anda melakukan riset pasar, Anda akan tahu produk seperti apa yang diinginkan oleh target pasar. Pun dengan desain dari produknya. Anda tidak perlu mengambil semua jenis produk saat memulai usaha furniture multiplek. Pilih satu jenis produk yang itu akan sangat dibutuhkan perusahaan atau target pasar anda, misal kursi dan meja.

Jika nada sudah menentukan jenis produk, maka bicarakan dengan designer anda tentang desain produk yang diminati oleh pasar. Tentunya dengan melihat tren yang berkembang di pasar juga.

4. Sumber Bahan Baku

Bahan baku adalah nadi dalam menjalankan usaha furniture multiplek. Pastikan anda mendapatkan pasokan multiplek yang berkualitas tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan produksi Anda. Memastikan kualitas bahan baku akan berpengaruh pada kualitas produk yang dihasilkan. Selain itu, memastikan sumber bahan baku juga akan berpengaruh pada keberlangsungan proses produksi pada perusahaan anda.

5. Sarana Produksi Furniture

Siapkan sarana dan fasilitas yang dibutuhkan untuk produksi mencakup mesin-mesin dan peralatan yang diperlukan. Untuk itu anda harus betul-betul memperhatikan setiap proses produksi furniture multiplek mulai dari pemotongan, perakitan, pengecatan, dan finishing. Tujuannya agar pada setiap proses tersedia alat dan fasilitas yang memadai.

6. Pemasaran dan Penjualan

Strategi pemasaran yang efektif harus ditetapkan untuk mempermudah proses promosi dan pemasaran produk furniture Anda. Misal dengan membuat situs web atau toko online untuk mengenalkan produk Anda. Selain itu, juga bisa dilakukan dengan manfaatkan media sosial, ikut serta dalam pameran atau acara lokal, dan menjalin kerja sama dengan toko furnitur atau desainer interior.

7. Layanan Pelanggan

Pelayanan prima masih menjadi salah satu faktor untuk mencapai sukses dari usaha furniture multiplek yang anda jalankan. Untuk itu penting bagi anda memberikan layanan pelanggan yang prima. Layanan prima itu bisa berupa informasi yang jelas tentang produk, proses pemesanan, dan layanan purna jual. Pastikan pelanggan merasa puas dengan produk yang mereka beli.

8. Evaluasi dan Pengembangan

Selain melakukan perencanaan dan eksekusi rencana, satu hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah melakukan evaluasi berkala. Tujuannya untuk mengevaluasi strategi yang sudah ditetapkan dan diterapkan.

Selain itu, dengan evaluasi ini anda bisa mendapatkan umpan balik dari pelanggan dan menggunakan informasi yang anda dapatkan untuk perbaikan dan pengembangan produk dan peningkatan kualitas yang sesuai dengan harapan konsumen.

9. Perhatikan aspek legalitas

Menjalankan usaha furniture multiplek akan semakin mudah jika dijalankan dengan mematuhi semua aspek legalitas yang berlaku di negeri ini. Mulai dari dokumen perusahaan atau dokumen usaha, perizinan, dan persyaratan hukum yang harus dipenuhi. Aspek ini juga akan memberikan dukungan reputasi yang baik pada bisnis furniture multiplek yang anda jalankan.

Bagaimana cara pemasaran furniture

usaha furniture multiplek


Menjalankan bisnis tidak lepas dari peran pemasaran. Bagaimana cara pemasaran furniture sehingga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan? Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan furniture diantaranya:

Pemasaran Online

Pemasaran Offline

Membangun website

Membangun jaringan distributor

Media sosial

Membangun jaringan ritel

Membuat katalog online

Penyediaan katalog dan brosur

E-mail marketing

Kemitraan dengan arsitek dan interior desainer

Testimoni

Testimoni tertulis

Iklan

Pameran dan Event lain


1. Membangun Website dan E-commerce

Di era digital ini, membangun website perusahaan dan memiliki platform e-commerce adalah langkah penting dalam memasarkan furniture secara online. Website sejatinya bukan hanya berisi informasi, namun juga menunjukkan eksistensi dari bisnis yang Anda kelola. Selain itu juga bisa meningkatkan kepercayaan orang terhadap produk yang anda pasarkan.

Website dapat digunakan untuk menampilkan katalog produk, informasi tentang perusahaan, dan kontak yang memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan Anda. Platform e-commerce yang terintegrasi juga akan memungkinkan pelanggan untuk membeli produk Anda secara langsung secara online.

2. Media Sosial

Media sosial menjadi wilayah pemasaran yang tidak kalah menarik. Peluang di media sosial juga semakin besar dan luas. Bahkan jangkauan secara usia dan daerah bisa Anda tentukan sendiri sesuai dengan strategi pemasaran yang ditetapkan.

Memanfaatkan kekuatan media sosial akan memudahkan untuk mempromosikan produk furniture Anda. Caranya sangat mudah, anda cukup membuat akun bisnis di platform seperti Instagram, Facebook, Pinterest, dan LinkedIn, dan menggunakannya untuk membagikan foto-foto produk, inspirasi desain, testimoni pelanggan, dan informasi terkait produk anda. Melalui media sosial anda bisa menggunakan konten visual yang menarik dan memberikan informasi yang bermanfaat kepada audiens Anda.


3. Kemitraan dengan Arsitek dan Desainer Interior

Dalam peluang kerjasama bisnis furniture salah satu peluang kerjasamanya adalah kolaborasi dengan arsitek dan desainer interior. Mereka adalah orang yang memiliki pengaruh di industri dapat membantu memperluas jangkauan pemasaran Anda. Mereka dapat merekomendasikan produk Anda kepada klien mereka dan memasukkan produk Anda dalam desain interior yang mereka buat. Anda juga dapat berpartisipasi dalam pameran desain interior atau acara industri terkait untuk meningkatkan visibilitas merek Anda.


4. Katalog dan Brosur

DI era modern dan digital, katalog tetap dibutuhkan oleh pelanggan. Khususnya para distributor dan ritel yang banyak berhubungan dengan pelanggan secara offline. Anda tetap harus membuat katalog atau brosur yang menampilkan produk usaha furniture multiplek Anda lengkap dengan deskripsi, gambar, dan informasi harga. Selanjutnya distribusikan katalog ini kepada arsitek, desainer interior, toko furnitur, dan pelanggan potensial.


5. Testimoni Pelanggan dan Ulasan

Kepuasan pelanggan akan menambah tingkat kepercayaan masyarakat kepada produk furniture yang anda kelola. Ulasan pelanggan yang positif dapat memberikan kepercayaan kepada calon pembeli. Gunakan review dari pelanggan anda sebagai materi pemasaran secara online baik di situs web, media sosial, atau offline dalam brosur.

6. Pameran dan Event

Salah satu manfaat dan mengambil peluang kerjasama bisnis furniture dengan bergabung bersama asosiasi bisnis furniture adalah memberikan anda kesempatan untuk ikut dalam event yang mereka selenggarakan. Mengikuti pameran furniture atau event terkait dapat memperkenalkan produk dari usaha furniture multiplek Anda kepada pasar yang lebih luas. Pameran dan event ini dapat menjadi tempat yang baik untuk bertemu langsung dengan calon pelanggan, mengumpulkan kontak bisnis, dan membangun hubungan dengan profesional dalam industri.

7. Layanan Pelanggan yang Baik

Pelayanan pelanggan yang baik adalah kunci dalam membangun reputasi bisnis Anda. Pastikan Anda memberikan respons yang cepat dan membantu pelanggan, memberikan solusi yang memuaskan, dan memberikan pengalaman yang positif dalam setiap interaksi dengan pelanggan.

Penting untuk memilih strategi pemasaran yang sesuai dengan target pasar Anda. Anda juga dapat menggabungkan beberapa strategi di atas untuk mencapai hasil yang optimal. Hal yang pelru anda lakukan adalah melakukan evaluasi secara berkala. Tujuannya untuk memperbaiki strategi pemasaran Anda berdasarkan umpan balik pelanggan dan tren pasar yang terkini.

Kesimpulan

Usaha furniture multiplek dengan segala kelebihan yang dimiliki multiplek memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Selain pilihan ketebalan yang beragam, bahan multiplek juga bisa memberikan hasil produk yang lebih menarik, minimalis, dan sesuai dengan preference dari konsumen. 

Bagi anda yang ingin menjalankan usaha furniture multiplek pastikan telah membuat perencanaan secara matang sehingga bisnis bisa berjalan dengan pesat sesuai yang diharapkan.

Referensi
https://hargacat.com/fungsi-kelebihan-dan-kekurangannya-multiplek.html
https://ebookindustri.com/2022/04/usaha-furniture-multiplek.html
https://kemenperin.go.id/artikel/22793/Tumbuh-8-Persen,-Industri-Furnitur-Tangguh-Hadapi-Dampak-Pandemi

https://www.deevacollection.com/2023/06/7-peluang-kerjasama-bisnis-furniture.html

Related Posts

14 comments

  1. Whoaah, baru tau akutuh kalo usaha furniture multiplek jadi salah satu penyumbang perekonomian negara. Ini berarti, kualitas kayu negara +62 bukan kaleng-kaleng. Salut!

    ReplyDelete
  2. Bisnis furniture multiplek bisa cukup menjanjikan untuk kedepannya. Soalnya kini banyak orang yang memakai multiplek untuk interior rumah agar terlihat lebih estetik

    ReplyDelete
  3. Saat ini, furniture yang menggunakan multiplek memang tren, Mas. Saya pu di rumah beberapa furniture menggunakan multiplek. Misalnya meja kerja saya. Selain ringan, bisa dibongkar pasang juga. Terus penggunaan multiplek ini membuat desainnya minimalis.

    ReplyDelete
  4. Jadi rekomendasi banget nih untuk teman-teman yang sedang mencari ide untuk peluang usaha. Bisnis furniture multiplek sepertinya lumayan menjanjikan ya dengan tingginya permintaan pasar dengan produk satu ini

    ReplyDelete
  5. Kalau di sini, lebih mudah sih untuk membuka usaha multiplek karena di Samarinda ini ada pabriknya banyak. Mungkin, bisa dibeli dengan grosir kecil

    ReplyDelete
  6. Memasarkan usaha furniture baik secara daring maupun luring bisa memudahkan produk dikenal dan terjangkau oleh masyarakat ya. Karena jenis usaha ini kerap dibutuhkan

    ReplyDelete
  7. Sekarang memang kayaknya bisnis furniture ini lagi booming apalagi kalau misalkan furniture atau aksesoris rumah tangga yang estetik itu

    ReplyDelete
  8. Emang ya usaha furniture multiplek bakal terus berkembang, apalagi biaya bahan baku yang terjangkau. Selain itu mudah dibentuk jadi bisa mneghasilkan beragam desain sesuai keinginan. Jadi bisa nih buat rencana bisnis dan langsung riset pasar. Cusss.

    ReplyDelete
  9. Ini jadi bisnis impian sih, skrg lagi ngumpulin modal buat bisnis furniture hihi.. emang bakal naik daun terus sih yaa

    ReplyDelete
  10. Usaha furniture multiplek emg menjanjikan bgt kak. Apalagi di setiap rumah pasti memerlukan. Entah yg mulai murah meriah hingga kelas mewah. Smua rumah pasti pny furniture.
    Tinggal kita pinter riset pasar sesuai kebutuhan konsumen aja sih. Disesuaikan dgn kelas yg akan kita sasar.

    ReplyDelete
  11. kalau menurutku memang lebih cantik ya hasilya, dan kekinian gitu modelnya, jadi mungkin banyak yang tertarik hhehe

    ReplyDelete
  12. membangun usaha furniture emang peluang usahanya lumaya, tapi gede modalnya terutama di alat dan bikin workshop. terus harus punya pegawai yang berpengalaman soal furniture. tertarik sih, cuman nunggu modalnya itu, hehehe. btw kayu multiplek emang banyak diminati karena harganya yang jauh lebih rendah dari woodpile. cuman kurang tahan lama

    ReplyDelete
  13. Pertumbuhan positif pada kinerja industri furnitur dalam periode tertentu menandakan adanya peluang bisnis yang dapat dijalankan. Selain itu, peningkatan nilai ekspor produk furnitur juga menunjukkan adanya permintaan dari pasar global. Dengan demikian, peluang usaha furniture multiplek dan bisnis furniture lainnya masih memiliki prospek yang cerah.

    ReplyDelete
  14. Saat ini mudah sekaki memcari referensi model furniture yang digemari. Kalau memang bisa membaca selera pasar pasti banyak yang tertarik, apalagi dibarengi dengan penawaran melalui media sosial yang apik..

    ReplyDelete

Post a Comment