Panduan Praktis Berinternet yang Baik dan Seimbang

Konten [Tampil]
Internet saat ini telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Penggunaan internet saat ini bukan hanya untuk kepentingan perkantoran atau pekerjaan semata. Di lingungan keluarga penggunaan internet sudah menjadi bagian dari aktivitas yang dilakukan bersama-sama oleh anggota keluarga.
Telkom Indonesia

Namun demikian, dalam penggunaan internet harus dipahami bahwa penggunaan teknologi ini haruslah bijak. Penggunaan yang berlebihan atau tidak sehat dan tidak terkontrol dapat berdampak buruk pada psikologis dan fisik. Terutama pada pengguna anak-anak yang masih dalah tahap berkembang.

Agar keluarga dalam hal ini orang tua dapat mengatur penggunaan internet dengan lebih baik, maka perlu menemukan cara praktis untuk mengaturnya.Ada beberapa cara praktis yang bisa dilakukan, namun sebelum membahas cara-cara tersebut, ada baiknya jika mengetahui apa manfaat dan dampak negatif dari penggunaan internet.

Manfaat dan Dampak Negatif dari Penggunaan Internet dalam Keluarga

IndiHome
Berbicara tentang teknologi, setiap pengguna pasti akan dihadapkan pada manfaat dan dampak negatifnya. Tidak terkecuali dengan teknologi internet yang saatini semakin berkembang di masyarakat.

Menggunakan internet dalam keluarga dengan bijak, akan memberikan banyak manfaat bagi pengguna, diantaranya memudahkan komunikasi antar anggota keluarga yang sedang berjauhan, memudahkan akses informasi secara lebih luas, dan tentunya bisa sebagai sarana hiburan bagi keluarga.

Sebaliknya, jika penggunaannya tidak terkontrol, penggunaan internet dapat menimbulkan dampak buruk atau negatif bagi anggota keluarga yang menggunakan. Dampak buruk ini bisa berdampak pada kesehatan baik fisik maupun psikologis anggota keluarga.

Diantara dampak negatif penggunaan internet yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan tidur, kecanduan internet, gangguan penglihatan, serta penurunan produktivitas. Tidak hanya itu, penggunaan internet yang tidak terkontrol juga bisa meningkatkan risiko terjadinya tindakan lain seperti terjadinya cyberbullying, kecanduan game online, dan akses terhadap konten-konten negatif.

Untuk itu, dalam penggunaan internet perlu adanya pengaturan, kontrol, dan tindakan yang memastikan keamanan dan kesehatan anggota keluarga.

Cara Mengatur Penggunaan Internet untuk Keluarga

situs review gadget
Menggunakan internet dalam keluarga secara bijak membutuhkan sebuah aturan yang bisa diterapkan untuk meminimalkan dampak negatif penggunaan internet dalam keluarga. Sehingga perlu ada aturan sebagai batasan penggunaan, mana yang boleh dan tidak boleh diakses, berapa lama waktu mengakses, dan lain sebagainya.

Menetapkan batasan penggunaan internet dalam keluarga bukanlah hal yang sulit dilakukan. Seperti dilansir dari situs review gadget, penggunaan internet tetap harus dilakukan dengan bijak dan tepat agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa cara untuk mengatur penggunaan internet untuk keluarga yaitu

1. Menetapkan Aturan Keluarga

internet cepat dan stabil
Menetapkan aturan keluarga dapat dilakukan untuk membantu mengatur penggunaan internet dalam keluarga secara bijak dan lebih baik. Aturan itu bisa mencakup beberapa hal seperti berupa batasan waktu penggunaan internet, jenis konten yang dapat diakses, dan tidak menggunakan gadget selama makan atau saat belajar.

Dalam penetapan aturan penggunaan internet untuk keluarga, orang tua harus mempertimbangkan beberapa hal seperti usia dan tingkat kebutuhan setiap anggota keluarga akan internet. Jadi orang tua harus betul-betul memberikan pemahaman kepada setiap anggota keluarga.

2. Menggunakan Filter Konten

filter konten
Menggunakan filter konten bisa menjadi bagian dalam mengatur penggunaan internet dalam keluarga. Tujuannya untuk mencegah konten-konten negatif mucul pada layar yang sedang diakses anggota keluarga. Hal ini perlu dilakukan mengingat banyaknya konten-konten negatif yang beredar di dunia maya. Tentu ini perlu disikapi oleh orang tua khususnya berhubungan dengan penggunaan internet. Itulah megapa orang tua perlu menggunakan filter konten untuk membatasi akses terhadap konten negatif.

Beberapa provider internet, seperti IndiHome dari Telkom Indonesia, telah menyediakan fitur internet positif yang dapat membantu orang tua dalam memblokir akses ke konten negatif atau terlarang. Selain itu, orang tua juga dapat memasang aplikasi pembatas waktu dan pembatas konten pada gadget anak-anak.

3. Memberikan Alternatif Kegiatan

IndiHome
Membatasi waktu penggunaan internet bukan satu-satunya cara mengatur penggunaan internet. Orang tua harus memberikan alternatif kegiatan positif bagi anak-anak. Beberapa contohnya adalah olahraga, membaca buku, melakukan seni dan kerajinan, atau bermain game offline bersama-sama.

Tujuan dari mengajak anak dalam kegiatan alternatif yang orang sediakan adalah untuk mengurangi ketergantungan anak pada internet yang jika dibiarkan bisa berdampak buruk. Tujuan lainnya adalah untuk membantu anak-anak tetap aktif dan sehat fisiknya, serta membiasakan anak bersosialisasi di dunia nyata.

4. Menggunakan Layanan Internet yang Cepat dan Aman

Telkom Indonesia
Memilih layanan internet yang cepat dan aman penting dalam mengatur penggunaan internet dalam keluarga. IndiHome dari Telkom Indonesia merupakan salah satu pilihan layanan internet yang dapat memberikan pengalaman dalam mengatur penggunaan internet yang cepat dalam keluarga dengan aman, dan terjangkau. Selain itu, IndiHome juga menyediakan layanan TV kabel dengan beragam tayangan yang bermanfaat bagi keluarga.

Itulah beberapa cara mengatur penggunaan internet dalam keluarga sehingga bisa digunakan secara bijak dan baik, sehingga menjadi internet yang berdampak baik bagi semua pengguna di keluarga.

Kesimpulan

Mengatur penggunaan internet dalam keluarga sangat penting untuk menjaga keamanan dan kesehatan anggota keluarga. Beberapa cara praktis yang dapat dilakukan antara lain menetapkan aturan keluarga, menggunakan filter konten, memberikan alternatif kegiatan positif, serta menggunakan layanan internet yang cepat dan aman seperti IndiHome dari Telkom Indonesia. Menerapkan beberapa cara di atas diharapkandapat menjaga setiap anggota keluarga untuk seimbang dalam menggunakan internet dengan bijak dan baik, serta mencegah dampak negatif yang dapat ditimbulkan.

Orang tua juga perlu membuka komunikasi yang baik dengan anak-anak tentang penggunaan internet yang sehat dan memberikan pemahaman yang baik tentang cara-cara aman dalam menggunakan internet. Hal ini dapat membantu anak-anak memahami bahaya dari penggunaan internet yang tidak sehat dan menghindari terjadinya dampak negatif pada diri mereka sendiri.

Sudah saatnya bagi semua masyarakat khususnya orang tua untuk memastikan penggunaan internet cepat dan aman dengan membuat aturan penggunaan internet. Anda dapat menerapkan beberapa hal di atas sebagai panduan praktis berinternet yang baik dan seimbang dalam keluarga.

Related Posts

88 comments

  1. Bijak dalam berinternet menjadi sebuah kewajiban emang di jaman sekarang, Konten dewasa makin bertebaran bebas. jadi harus ada pembatasan konten dengan fitur keamanan internet dari IndiHome

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas bijak dalam berinternet. Gunakan kuota seperlunya untuk hal2 yg produktif.

      Delete
    2. Bene ebanget itu. Karena jika penggunaannya tidak terkontrol, penggunaan internet dapat menimbulkan dampak buruk atau negatif bagi anggota keluarga yang menggunakan ya

      Delete
  2. Diantara banyak positifnya, tetep ada negatifnya, ya...
    Sampe sekarang meski udah berbagai filter dilakukan, tapi khawtirnya selalu mengintai kalau anak-anak make gadget di luar jangkauan orang tua.
    Kalau udah begini hanya doa yang ga putus smoga dijauhkan dari konten-konten yang ga sesuai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak,
      Jaga dan lebih peduli ya dengan keluarga agar hal² apapun yang dilihat dari internet bisa yang bermanfaat

      Delete
    2. Usaha untuk melindungi dan membatasi sudah dilakukan. Selanjutnya emang yang paling ampuh adalah doa orang tua ya mbak

      Delete
  3. Menetapkan filter konten tuh penting banget. Sebagai orang tua mungkin selalu mengawasi anak-anak saat menggunakan internet. Tapi ada kalanya, mereka berselancar saat nggak ada orang tua di sekitarnya. Nah, saat-saat begini tuh yang agak bahaya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya bener juga kak,
      Filter konten ini dapat bermanfaat khususnya si kecil lagi gak dalam pengawasan orangtuanya ya

      Delete
  4. Kalau gak bijak dalam menggunakan internet apalagi jika ada anak kecil di rumah memungkinkan untuk bablas ya. Maka perlu untuk orangtua mengaturnya

    ReplyDelete
  5. Setuju banget, internet bak pisau bermata dua
    Penting banget untuk cerdas, karena internet khususnya internet cepat dari IndiHome sangat menguntungkan
    Semua aktivitas bisa sat set sat set beres , dan menghasillkan cuan

    ReplyDelete
  6. bener banget mas, kadang kalo gak ada aturan penggunaan internet, jadi banyak yang mubazir, yang seharusnya bisa dipake sebulan full, jadi tinggal setengah bulan udah sekarat. hehe, IndiHome makin keren aja, sudah ada fitur pengaturan penggunaan internet. Sehingga para pengguna makin bijak dan bisa hemat kuota.

    ReplyDelete
  7. Iyaa kak setuju. Walau di rumah pasang wifi tetapi tetap ada pegawasan, terutama bagi anak2 yang usianya di bawah 17 tahun. Misalnya dengan masang aplikasi youtube kids karena lebih relatif aman buat mereka.

    Jangan sampai anak2 jadi tahu misuh gara2 nonton video gak genah di medsos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sangat ini kak,
      Karena perlu diawasi memang ya pemakaian internet di rumah, khususnya kalau masih ada anak kecil.

      Delete
    2. Iya nih...ga ada sopan santun karena anak-anak nonton medsos yang sering share kata-kata kasar. Orang tua pe-er nya makin banyak deh untuk mengawasi mereka.

      Delete
  8. kebetulan di rumah menggunakan internet IndiHome juga dan memang terasa aman sekali, ditambah super cepat lagi internetnya. Dan bisa diatur untuk untuk beberapa keluarga

    ReplyDelete
  9. Internet ini ada plus minusnya ya kak, kalau digunakan sebaik mungkin bisa dapat banyak manfaat dan keuntungan apalagi sekarang apa apa butuh koneksi internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak memang kudu melihat kalau berdampak negatif harus dikontrol apalagi ketika ada hal² negatif yang masuk

      Delete
  10. Salah satu kata kunci dalam menggunakan internet memang harus bijak.Beri pemahaman juga kepada anak-anak di rumah bagaimana mengaplikasikan bijak berinternet sedini mungkin dengan bahasa yang dapat mereka pahami

    ReplyDelete
  11. setuju banget kak internt itu banyak sekali manfaatnya jika kita bisa menggunakannya dg bijak dan baik sesuai kebutuhan, utk anak2 perlu diterpkan peraturan agar tidak berlebihan dlm menggunakan internet

    ReplyDelete
  12. Kegiatan berselancar di internet sudah ga bisa dihindari lagi. Panduan ini merupakan langkah yang baik untuk tetap bisa berinternet secara positif.

    ReplyDelete
  13. Apapun itu jika tidak ada aturannya, pasti akan menimbulkan efek negatif. Begitupun dengan internet. Apalagi anak-anak/generasi sekarang banyak tergantung dengan internet. Segala macam informasi bisa diakses, dibaca, bahkan bisa mempengaruhi pola pikir dan kebiasaan mereka. Jadi, sebagai orang tua, memang harus hati-hati dan bijak dalam menyikapinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, kak Annie.
      Setelah banyak mengamati anak muda zaman sekarang yang lebih menyenangi konten video, aku jadi menyadari bahwa lebih besar dampaknya bila kontennya bergerak, ketimbang konten tulisan. Jadi kudu banget adanya peraturan bijak menggunakan internet.

      Delete
  14. Walaupun banyak sekali informasi yang bisa didapatkan dari internet pun ada saja manfaat baik yang disediakannya, tapi terlalu sering menghabiskan waktu dengan berkegiatan menggunakan gawai memang nggak baik juga sih ya. Butuh alternatif kegiatan juga bareng keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat, Kak acha. Butuh keseimbangan banget ya antara dunia nyata dan dunia maya. Bermian dengan internet memang mengasyikan, tapi juga jangan lupa keluarga dan handai taulan

      Delete
  15. Betul, selalu ada dua sisi dari perkembangan teknologi, termasuk internet ini. Asalkan digunakan dengan bijak, pastinya akan bisa merasakan manfaat yang lebih besar dibandingkan dampak negatifnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Walau banyak sisi positifnya tapi apapun itu tetap saja berjalan beriringan dengan dampak negatif yang mau nggak mau mengajak sesiapa saja, terutama para orangtua, agar bersikap bijak dalam memanfaatkannya.

      Delete
  16. memang baiknya ada filter konten ya kak terutama buat anak2.. jadi bisa tau mana tayangan yang bagus buat anak mana yang engga oke jadi ngga usah dilihat

    ReplyDelete
  17. Banyak tentunya manfaat internet ini, tapi harus ada juga batasannya yaa. Jadi semuanya bisa seimbang, dan tetap maksimal berinternetan.

    ReplyDelete
  18. Orang tua memang harus ikut terlibat dalam hal membatasi internet pada anak terutama yang masih balita ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling sedih kalo liat anak dikasih hape supaya diem, sementara ortunya asyik chatting atau ghibah dengan tetangga.
      Dalam hati ngeghibah: Andaikan hapenya untuk cari cuan .....hehehe

      Delete
  19. Itulah kenapa kita harus bijak dalam menggunakan internet ya. Jangan sampai lupa waktu hingga mengabaikan kewajiban dan hal lain yg lebih penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat Kak Okti, penting banget untuk bijak dalam menggunakan internet, agar ada keseimbangan antara dunia maya dengan dunia nyata

      Delete
  20. Sampai ada bukunya ya, kak dari kominfo mengenai panduan berinternet sehat ini.
    Sehingga tetap produktif di dunia maya dan dunia nyata.

    ReplyDelete
  21. Iya, sangat penting mengatur penggunaan internet dalam keluarga
    Kalau aku, buat kesepakatan bersama dulu

    ReplyDelete
  22. Aku kadang ampe ga bs tidur. Apalagi kalo lagi maraton drakor yg disukain. Aku tuh tipe yg kalo bs nonton semalam kelar. Biar ga penasaran lanjutannya apa. Efeknya ya kuota internet melonjak. Haha. Tagihan nambah deh wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu juga gini wkwkwk, soalnya kayak ngeganjel kalau nggak maraton nontonnya. Apalagi kalau series nya masih ongoing, duh males nunggunya

      Delete
  23. Iya penting banget mengatur pembatasan penggunaan internet di dalam keluarga nih

    ReplyDelete
  24. internet memang memudahkan tapi juga bisa berbahaya jika gak digunakan dengan bijak ya, plus ya memang hrs dibatasi penggunaannya biar gak bablaaas

    ReplyDelete
  25. Setiap kemajuan teknologi selalu disertai dengan segala konsekuensi ya..
    Semoga adanya internet yang jangkauannya kini semakin luas hingga ke pelosok tanah air, semakin membuka kesempatan baik untuk generasi muda yang cerdas, kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  26. Zaman sekarang siapapun bisa mengakses internet. Termasuk anak-anak. Kita nggak bisa melarang mereka untuk internetan. Namun yang perlu dilakukan adalah pengawasan, hingga melakukan filter konten untuk anak-anak. Artikel yang sangat keren 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip betul kak. Terutama pembekalan mitigasi risiko juga dari orang tuanya

      Delete
  27. pertama sih yang paling penting atur jam main gadget, kalau tanggal merah biasanya mainnya agak lama, itupun kalau nggak ada acara keluarga, dan penting banget untuk menyaring dengan fitur parental control, agar konten yang ditonton ramah anak

    ReplyDelete
  28. Karena kalau internet lancar, pasti anak betah berlama-lama main gadget. Makanya penting untuk membatasinya

    ReplyDelete
  29. Ada sisi positif dan negatif ya. Berinternet dengan bijak dan aturan tegas di keluarga agar semua bisa tetap berjalan seimbang, antara dunia maya dan dunia nyata

    ReplyDelete
  30. Aturan keluarga itu penting. Kalau di rumah saya, anak hanya boleh main gadget sepulang sekolah sampai dhuhur. Nah di jam itu dia internet -an sepuasnya, mulai nonton YouTube sampai nge-game. Tapi gak pernah lepas dari pengamatan saya, biar ada kontrolnya

    ReplyDelete
  31. Memberi alternatif kegiatan ini yang kami masih sulit. Semoga dengan adanya IndiHome, tontonan anak lebih terkontrol, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya teknologi pasti ada baik-buruknya. Tinggal pinter2nya kita memanfaatkan sebesar-besarnya di sisi yang positif

      Delete
  32. Buat anak2 yang lahir di era digital ini emang wajib bikin panduan berinternet yang baik buat keluarga. Mulai dari wakti yang dibatasi dan filter konten. Jangan sampai kecolongan terus anak2 jadi bisa akses konten negatif yang menjerumuskan.

    ReplyDelete
  33. Betul, Kak, perlu bijak-bijak berinternet. Kalau anak masih kecil-kecil mungkin bisa pakai pembatasan waktu. Tapi kalau sudah SMA ke atas, agak susah karena tugas-tugas mereka butuh bantuan online. Kuncinya ya itu tadi, bijak dan mendampingi anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau mendampingi remaja gini juga bikin waswas. Soalnya kadang mereka juga udah terlalu gede buat dipasangin aplikasi filter gitu. Tapi ya tetep harus bijak dengan mengajak ngobrol dan mendampingi mereka biar pandai berinternet.

      Delete
  34. Semua memang harus ada batasan dan aturannya ya. Karena dengan inilah hidup kita jadi teratur dan membawa energi positif sepanjang waktu.

    ReplyDelete
  35. yups saya setuju banget kak untuk menggunakan filter konten buat keluarga nih agar aman penggunaan internet di rumah ya

    ReplyDelete
  36. Nah bener nih penggunaan internet emang harus di filter sedemikian rupa apalgi kalau penghuni rumah masih ada anak di bawah umur ya jadi sebagai orang tua harus aware dan memantau penggunaan internet nya dengan bijak

    ReplyDelete
  37. Filter konten memang penting aih biar nggak keluar tayangan yang aneh-aneh.

    ReplyDelete
  38. mengatur penggunaan internet dengan bijak untuk semua keluarga termasuk anak anak ini memang snagat penting ya kak, agar mereka tidak kebablasan dan hanya menonton yang sesuai usia mereka dan pastinya tidak terlalu lama juga menatap layar

    ReplyDelete
  39. dulu awal2 pandemi dan ngeliat adekku scroll TikTok miris banget yang lewat fypnya. udah aku filter dan setting eh dia balikin lagi. saking capeknya juga ngejelasin. emang nggak bisa cuma sekali ya kasih tahunya

    ReplyDelete
  40. Aku juga pake filter konten.untuk tablet/hp si kecil. Biar aman aja sih kalo ada konten dewasa menyelinap.

    Namun aku jg ga sepenuhnya percaya. Soalnya kadang anak2 kecil skrg bahasanya jg kyk orang dewasa. Aku sih selalu nemanin pas pulang kerja. Jd kalo si kecil udh mulai aneh2 ngomongnya, ya aku ksh tau aja.

    ReplyDelete
  41. Menurut aku nih kak, tentukan waktu yang terbatas untuk menggunakan internet yang penting. Aturlah jadwal harian yang seimbang antara waktu online dan waktu untuk kegiatan di luar jaringan seperti berolahraga, bersosialisasi dengan teman dan keluarga, atau membaca buku

    ReplyDelete
  42. memang sebaiknya ada batasan di keluarga ya kak, misalnya aja pada jam tertentu. dan website2 yang tidak boleh diakses oleh anak biar ga terpapar konten2 buruk

    ReplyDelete
  43. Harus ada aturan dalam akses internet ya kak
    Agar anak tidak terpapar konten konten negatif dari internet

    ReplyDelete
  44. Semoga menjadi orangtua bijak karena memang internet ini sangat dibutuhkan di zaman digital. Namun harus tetap dengan aturan dan konsekuensi yang mengiringi agar berimbang.

    ReplyDelete
  45. Pemilihan konten kudu bener bener sih apalagi kalau ada anak anak dirumah. mau ngga mau harus difilter yang tepat. Keberadaan internet harus dimanfaatkan sebaik mungkin

    ReplyDelete
  46. Anak sekarang pintar-pintar berkat internet. Cepat sekali menerima informasi dari video, sosial media. Tapi ngeri juga ya jika mereka terkena paparan situs yang berbahaya.

    ReplyDelete
  47. anak sekarang semakin pintar main gadget dan berinternet, sebagai orangtua juga jangan mau kalah, harus melek internet juga, supaya bisa mengontrol pemakaian internet oleh anak-anak.

    ReplyDelete
  48. internet yang canggih dengan tak terbatasnya informasi membuat kita harus benar-benar waspada agar tdk memberikan efek buruk selama berselancar di internet, terutama untuk anak-anak. Membatasi screen time salah satunya.

    ReplyDelete
  49. Aaah setuju bangett, penting menerapkan aturan berinternet di rumah. Jadi ide bagus nih mbaa. aku jg mau ah menerapkan kek gitu, biar nggaa internetaaaan mulu, pas makan, pas mau tidur hadeeh udah ga sehat :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi bukan hanya untuk anak-anak ya, kak.
      Aturan berinternet dengan bijak ini juga berlaku untuk kita semua, bagi yang dewasa juga.

      Delete
  50. Perlu banget tuh pilih koneksi internet yang mumpuni. Terutama dari IndiHome. Jaringannya udah terbukti luas dan kecepatannya stabil. Jadi buat beraktivitas biar lebih asyik tanpa takut lelet koneksinya.

    ReplyDelete
  51. Bijak menggunakan internet memang sudah harus kita teraokan mengingat kemajuan teknologi sekarang ini berdampingan antara positif dan negatifnya. Peran orangtua sangat dibutuhkan untuk mendampingi anak dan memfilter konten yg bisa di akses.

    ReplyDelete
  52. orang tua emang dituntut buat jadi lebih waspada, aktif dan inisiatif dalam pengawasan internet untuk anak, ga boleh meleng dikit hrs lebih melek teknologi

    ReplyDelete
  53. sekarang mah semua serba internet ya, dari buka mata hingga tutup mata kembali internet teruuussss.
    tapi wajib banget nih untuk menerapkan aturan dalam berinternet, aturan yang harus benar-benar ditegakkan tapinya.

    ReplyDelete
  54. Internet itu banyak manfaatnya kalau digunakan secara postif tapi bisa berbalik jadi negatif kalau digunakan u/negatif juga. Semoga kita bisa sellu bijak dalam menggunakan internet ya

    ReplyDelete
  55. setuju banget kita perlu bijak menggunakan internet agar anak terutama tidak kecanduan. waktu pandemi kemarin kan anak belajar banyak online menggunakan internet akibatnya pengkihatan jd kurang awas dan pakai kacamata :(

    ReplyDelete
  56. Alhamdulillah anakku sudah nggak kecanduan internet tapi maknya ini yang gila"an pake ınternet sebulan bisa 250rb lebih. Kalo nggak direm asli bikin kantong jebol. Manalagi nggak ada wi-fi di tempat baru.

    ReplyDelete
  57. Duh ternyata selama ini saya kebablasan gak kasih batas pemakaian internet untuk anak-anak.. Makasih banget tipsnya, Mas.. Bermanfaat sekaliiii 😭

    ReplyDelete
  58. bikin alternatif kegiatan perlu banget sih ya, biar ga jenuh Dan malah bad mood Sama kecanduan internet Dan gadget

    ReplyDelete
  59. Banyak dampak positif dari internet yang bisa kita dapatkan apabila menggunakannya secara bijak. Nah untuk anak2 yang PR kudu kita awasi kalau ga bisa lembur ngegames sembunyi sembunyi

    ReplyDelete
  60. Menerapkan peraturan keluarga itu penting banget. Biar keluarga kondusif dan tidak kecanduan internet.

    ReplyDelete
  61. setuju nih kak, memang sebaiknya mengatur jam menggunakan gadget dan mengakses internet yaa agar penggunaan pun bisa seimbang dan sehat

    ReplyDelete
  62. Internet itu seperti pisau bermata dua. Kalau salah gunainnya bisa bahaya. Selain pakai aturan batas waktu dan filter konten, aku ttp selalu ngecek apa aja yg sdh di tonton sm anak. Biar bs ttp terpantau semua tontonannya.

    ReplyDelete
  63. Kalau tidak ada manajemen waktu pastinya kebablasan Mas
    Saya sendiri sudah mengalami dan ingin mencegahnya

    ReplyDelete
  64. Memang harus bijak dalam penggunaan internet untuk anak-anak, soalnya kalau tidak diawasi takutnya membuka yang tidak boleh dibuka. Kalau saya selalu mengawasi dan membatasi

    ReplyDelete
  65. Wah iya, kalau ada banyak kegiatan yg seru, pasti anak juga nggak akan main gawai aja ya

    ReplyDelete
  66. Memang segala sesuatu yang berlebihan itu ngga baik ya. Membatasi anak menggunakan gadget harus disertai solusi, dan alangkah menyenangkannya kalau solusi itu bisa menjadi quality time bersama keluarga

    ReplyDelete
  67. sepakat Pak, internet ibarat pisau bermata dua, di satu sisi dibutuhkan, di sisi lain mengerikan ya
    keren nih IndiHome sudah ada filter untuk ini

    ReplyDelete
  68. Penggunaan internet di keluarga memang harus ada aturan. Apalagi jika ada anak-anak di rumah, harus bisa mengontrol penggunaan internet hanya yang bermanfaat saja.

    ReplyDelete
  69. betul, adanya aturan kayak gini tuh jadi punya alarm tersendiri buat kita ke anak. karena banyak banget sih anak tantrum gara-gara gadget ya

    ReplyDelete
  70. Nah iya, penggunaan internet juntuk keluarga terutama anak-anak memang harus diawasi. Bisa jadi bermanfaat tapi bisa juga sebaliknya. Untunglah IndiHome sudah menyediakan fitur internet positif yang dapat membantu orang tua dalam memblokir akses ke konten negatif.

    ReplyDelete

Post a Comment