Solusi Terbaik Agar Anak Dapat Belajar Secara Menyenangkan

Konten [Tampil]
Cukup banyak orang tua yang mengeluhkan betapa sulitnya meminta anak belajar. Di sisi lain, banyak anak yang juga tidak merasa senang saat diminta belajar oleh orang tuanya. Padahal, belajar sangat penting untuk masa depan anak. Jadi, bagaimana caranya agar anak dan orang tua sama-sama merasa senang melalui proses belajar? Apa yang bisa orang tua lakukan untuk mendukung anak belajar? Baca ulasan lengkapnya di sini.

solusi belajar menyenangkan

5 Solusi Agar Anak Senang Belajar

1. Mengatur Waktu Belajar

Penting untuk mengatur waktu belajar anak agar tidak berlebihan dalam menggunakan internet. Anak-anak perlu diberikan waktu istirahat yang cukup agar tidak kelelahan. Orangtua juga dapat mengatur waktu belajar anak-anak agar tidak mengganggu kegiatan lain, seperti waktu makan dan tidur.

2. Menyediakan Media Belajar yang Menyenangkan

IndiHome dari Telkom Indonesia


Anak-anak dapat lebih terlibat dan termotivasi dalam belajar jika kegiatan yang mereka lakukan dianggap menyenangkan. Anda dapat mencari kegiatan yang menyenangkan, seperti permainan pendidikan atau video pendidikan, untuk membantu anak-anak belajar dan terus termotivasi dalam menggunakan teknologi.

Cara lain untuk mendapatkan akses media belajar yang menyenangkan, Anda bisa memanfaatkan materi edukasi yang sudah disiapkan IndiHome dari Telkom Indonesia bagi para pelanggannya. Beberapa materi edukasi yang tersedia, yaitu:
  • IndiHome Edukasi membantu anak memahami dan menguasai materi pelajaran dengan mudah dan dapat mengaksesnya di mana saja. Bentuk konten edukasinya berupa video pembelajaran, latihan soal, dan ulangan online.
  • IndiHome Study memiliki fitur lengkap yang membantu anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan. Ada kelas online yang membuat anak bisa belajar melalui video conference dengan pembimbingan. Lalu ada virtual library yang menyediakan berbagai e-book dan referensi online untuk membantu anak belajar, dan terakhir ada online exam (bank soal) yang bisa digunakan untuk mengukur pemahaman anak terhadap materi yang dipelajari.
  • IndiHome Study menyediakan konten edukasi yang aman dan bermanfaat untuk anak-anak berbentuk video pembelajaran, lagu anak, dan permainan edukasi yang menyenangkan namun tetap mendidik.

3. Memilih Media Digital dan Platform Belajar Online yang Tepat dan Berkualitas

IndiHome


Memanfaatkan internet di rumah juga bisa membantu Anda memilihkan media digital dan platform belajar online yang tepat dan berkualitas bagi anak. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kualitas pembelajaran anak dan membuat mereka jadi lebih mudah memahami pelajaran.

Dilansir dari Pricebook, bahkan pelanggan IndiHome bisa menikmati berbagai akses ke platform belajar online terkenal, seperti Zenius, Khan Academy, Ruangguru, Quipper, Rumah Belajar, dan sebagainya.

4. Memonitor Aktivitas Anak

Memonitor aktivitas anak dapat membantu Anda memastikan anak menggunakan internet dengan benar dan sesuai dengan tujuan pendidikan. Untuk memantau aktivitas anak, Anda bisa menggunakan aplikasi myIndiHome.

Bahkan menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat mengetahui situs web yang dikunjungi anak, aplikasi yang digunakan, dan waktu yang dihabiskan di internet. Dengan cara ini, Anda bisa tahu segera jika ada bahaya yang mengancam anak Anda dari konten-konten negatif atau dari situs web yang berbahaya di internet.

5. Menyediakan Dukungan

Menyediakan dukungan dan bantuan kepada anak-anak dapat membantu meningkatkan motivasi dan minat mereka dalam belajar menggunakan teknologi.

Anda dapat memberikan dukungan dengan cara memuji anak-anak ketika mereka berhasil menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah, memberikan pujian positif dan menghadirkan dukungan ketika anak menghadapi kesulitan.

6. Menjaga Keamanan Internet

internet cepat dan stabil
Keamanan internet menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika anak-anak menggunakan internet. Anda perlu memastikan bahwa anak-anak menggunakan internet dengan aman dan bertanggung jawab.

Beberapa tindakan yang dapat diambil untuk menjaga keamanan internet termasuk menginstal software antivirus dan membatasi akses ke situs web yang tidak aman.

6 Solusi terbaik agar anak dapat belajar dengan cara menyenangkan di atas bisa Anda coba. Semoga setelahnya aktivitas belajar di rumah jadi lebih efektif. Anda dan anak sama-sama bisa menikmati proses belajar yang menyenangkan.

Related Posts

65 comments

  1. Wah igat, sekarang anak anak emang sudah akrab dengan internet ya kak
    Tapi tetap harus dalam pengawasan orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Orang tua ga bisa antipati dengan teknologi, justru harus cari cara bagaiaman dekat dengan teknologi tapi tetap ada batasan penggunaan, dan ada pengawasan orang tua

      Delete
  2. Indihome memang terbaik ya?
    Saya berlangganan sejak masih speedy dan tentu saja masih jadul
    Sekarang sebagai pember layanan internet cepat, Indihome melakukan banyak terobosan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kak. Terobosannya juga memgikuti perkembangan era TI juga

      Delete
  3. emang penting banget sih bisa mendukung anak agar anak bisa belajar dengan tenang dan nyaman, termasuk juga support dengan koneksi internet yang lancar dan aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaringan internet buat anak-anak gak hanya perlu yang stabil tapi juga dikontrol pemakaiannya ya biar tidak bablas

      Delete
  4. kenyamanan anak dalam melakukan semua aktifitas termasuk belajar adalah prioritas. karena proses ini tentu akan memperngaruhi hasilnya nanti. support orang tua adalah yang terbaik, menyedikan penunjang seperti internet dan media juga perhatian untuk anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadnag lupa dengan hal yang bisa menjadi penunjang bagi anak ya

      Delete
  5. Saya juga menerapkan hal-hal di atas. Yang paling utama, setelah pulang sekolah, harus istirahat dulu. Biar sebentar, wajib tidur siang. selain nanti malam bisa belajar dan mengerjakan PR, juga memulihkan tenaga juga. Soalnya sudah bangun subuh, terus berangkat pagi ke sekolah dan baru pulang menjelang sore.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas. Penting sekali untuk mengatur qaktu agar tetap terjaga sehat. Terus anak ngerasa nyaman masih punya waktu

      Delete
  6. Kenyamanan memang nomor satu. Area belajar. harus kondusif supaya anak belajarnya enak dan menyenangkan. Internet juga harus moncer ya Mbak karena sekarang kan banyak tugas-tugas belajar yang disampaikan via email. Diskusi lewat zoom atau google meeting. Jadi memang banyak tergantung pada jaringan internet

    ReplyDelete
  7. Belajar saat daring perlu pantauan orangtua ya. Agar proses belajarnya bisa lebih optimal dan penggunaan internetnya juga terukur karena diketahui apa-apa saja yang jelajahi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju ini, Mbak. Jadi terkontrol juga anak-anak saat belajar daringnya. Jangan sampai mereka malah membuka konten belum pantas.

      Delete
  8. Betul mas, keamanan anak saat mengakses situs di internet penting dipantau. Supaya anak belajar nyaman dan aman. Jangan malu orang tua melakukan pendekatan, tanyakan sedang mengakses apa, dan apa yang didapat dari hasil belajarnya melalui internet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas. Dalam mendampingi anak orang tua aharus dekat dan memberikan perhatiannya

      Delete
  9. Artikel ini sangat bermanfaat! Sekarang kita bisa memilih media digital dan platform belajar online yang tepat dan berkualitas untuk membantu anak dalam proses belajar. Ini juga membantu orangtua untuk mencari pendekatan yang paling efektif untuk mencapai tujuan belajar anak-anak. Terima kasih atas informasi yang berguna ya.

    ReplyDelete
  10. Semua hal yang disebutkan di atas nggak boleh kelewat satu pun ya pak. Terutama koneksi internet, wajib nggak boleh lemot.

    ReplyDelete
  11. Paling penting memang kalau ngajak anak belajar itu lihat moodnya kalau saya. Biar anak nyaman dan nggak ngerasa terbebani. Paling penting emang kalau ada internet cepat dari IndiHome yang memudahkan anak belajar dengan mengakses informasi via internet

    ReplyDelete
  12. Ehh, aku baru tahu loh kalau ternyata IndiHome punya fitur IndiHome Study
    Meski begitu, orangtua tetap harus memantau benar2 aktivitas mereka dalam penggunaan internet ya mas

    ReplyDelete
  13. Menyediakan media pembelajaran buat anak nih penting banget biar anak ngga bosen juga sama metode itu2. Apalagi banyak tutorial onlinenya nih. Pokoknya jangan lupa menginstal software antivirus yah biar aman internenya.

    ReplyDelete
  14. Keren nih IndiHome ada produk yang berhubungan dengan edukasinya. Pilihan paketnya juga lumayan beragam ya. Ini sih solutif banget dalam meningkatkan prestasi belajar anak-anak

    ReplyDelete
  15. keponakan seneng banget belajar secara visual yang ada gambar, warna-warni, jadi makin betah kalau lagi nonton youtube sambil nonton gitu, sekarang makin banyak channel yang ramah anak, tapi harus tetap diawasai

    ReplyDelete
  16. Mengizinkan anak belajar di ruang online itu awalnya deg-degan. Khawatir dia jadi ikut keasikan online sana-sini. Tapi manfaatnya juga besar. Bener nih, ortu tetap harus memantau anak-anak berinternet.

    ReplyDelete
  17. Setiap anggota keluarga perlu saling mengingatkan ya tentang pemakaian internet dan keamanannya. Apalagi bila di rumah masih ada anak kecil, agar dapat meminimalisir hal² yang tidak diinginkan

    ReplyDelete
  18. wah bener nih, kalau mau dapat mood yang bagus pas belajar, semuanya memang harus mendukung ya, mulai dari fasilitasnya sampai lingkungan sekitar, termasuk kalau sekarang ini ya internet yang lancar :)

    ReplyDelete
  19. emang njelimet ya tapi harus, sebagai orang tua udh kaya jadi personal advisor pendidikan anak, dan harus cari banyak informasinya

    ReplyDelete
  20. keren nih Indihome udah termasuk layanan akses ke berbagai platform belajar ternama. cocok nih buat anak zaman sekarang yang lebih tertarik ke belajar online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak zaman now emang lebih prefer ke belajar online. Lebih fleksibel. Tinggal harus rajin aja setiap hari. Jangan males

      Delete
  21. Gak nyangka, Mas, ada layanan edukasi dari IndiHome yang dikhususkan untuk membantu pembelajaran anak secara daring. Semoga produk Telkom Indonesia ini terus berinovasi, ya.

    ReplyDelete
  22. Sekarang bisa lebih mudah mencari materi edukasi lewat tayangan video di berbagai platform ya, salah satunya adalah IndiHoome Edukasi. Jadi nggak pusing lagi kalo mau belajar online, cukup langganan IndiHome aja dah...

    ReplyDelete
  23. Bukan cuma buat orang dewasa, sekarang anak2 juga bisa belajar lewat internet. Enak ya skrg anak2 kalo mau belajar apapun lbh mudah dan banyak referensinya. Tentunya dengan didukung internet kencang 😁

    ReplyDelete
  24. wahs aya baru tahu kalau IndiHome ada fiturnya yang IndiHome Study atau Edukasi, bagus banget pastinya ya membantu anak-anak belajar. Dan pastinya juga keberadaan internet dair IndiHome akan membantu anak-anak belajar lebih maksimal

    ReplyDelete
  25. Kereeen IndiHome makin banyaaakkk fiturnya, canggih dan jangkauannya luas pulaaa huhu.. semakin ngga rela kalo gapake IndiHome tuuh, banyaaak banget yg bisa dimanfaatkan

    ReplyDelete
  26. Ini keren banget ya..
    Aku baru tau kalau IndiHome menyediakan Media Digital dan Platform Belajar Online yang Berkualitas sehingga bisa menjadi pilihan orangtua ketika akan memberikan tambahan pelajaran di rumah.

    Anak semangat banget kalau media pembelajarannya menyenangkan.

    ReplyDelete
  27. Wah mantap tipsnya
    Mau aku coba terapin di rumah
    Agar anak anakku bisa belajar dengan menyenangkan

    ReplyDelete
  28. aku sekarang lagi kepikiran ikut kursus bahasa asing biar bisa dapet tambahan job jadi translator hahaa. produktif dari rumah emang astik, apalagi ditunjang dengan internet cepat

    ReplyDelete
  29. Boleh juga nih solusi atau tipsnya, nambah referensi juga buat para orang tua yang masih perlu belajar banyak terkait pengasuhan. Termasuk dengan memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran

    ReplyDelete
  30. IndiHome makin lengkap saja, bukan sekedar memberikan internet cepat dan stabil serta hiburan, tapi juga mendukung pendidikan ini mah 😍😍😍

    ReplyDelete
  31. Kebutuhan anak memang sekarang semakin berkembangnya. Untuk belajar dan hiburan pun sekarang dibantu dengan internet!

    ReplyDelete
  32. Era digital sekarang ini di lingkungan anak-anak memang harus diberikan keamanan dan kenyamanan ya, Pak. Apalagi untuk kebutuhan belajar, wajib didukung dan didampingi orang tua sih memang

    ReplyDelete
  33. Anak anak pasti senang jika poin di atas diterapkan ya. Belajar tak lagi jadi beban. Tapi hal yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  34. kalau ajak anakbelajar dirumah secara offline sih gak masalah (untuk saya pribadi), karena banyak trik yang bisa dilakukan. nah belajar online ini yang agak susah sih, karena pernah coba salah satu platform belajar eh anak saya gak suka dan mudah sopan. nah saya mau coba nih indiHome study seperti apa, semoga anak saya suka

    ReplyDelete
  35. asyik banget nih IndiHome punya fitur edukasi. sekarang tinggal dilengkapi dengan pendampingan biar belajar anak lancar.

    ReplyDelete
  36. IndiHome udah paket lengkap banget yak berarti. Alhamdulillah ada paket study biar bisa ngasi pengalaman belajar yang bagus buat anak

    ReplyDelete
  37. wahh baru tahu ada Indihome study, bermanfaat banget untuk para pelajar. Anakku kayaknya butuh iini deh untuk belajar di rumah soalnya dia juga sering belajar via video online.

    ReplyDelete
  38. Makin keren aja IndiHome dengan adanya layanan internet untuk edukasi. Paketnya juga beragam ya, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Ngebantu banget untuk proses belajar anak-anak

    ReplyDelete
  39. salah satu cara untuk membantu anak belajar memang menyediakan fasilitas yang mendukung termasuk internet ya mbak karena sekarang internet itu penting banget buat belajar

    ReplyDelete
  40. Kenyamanan anak dalam belajar memang patut diperjuangkan ya. Termasuk untuk koneksi internet harus aman dan dipastikan lancar.

    ReplyDelete
  41. Bener kak, aku juga meskipun anak pegang hp tetep dia laporan ke aku, lagi nonton ini, lagi pengen main games ini, dan lain-lain, pas waktunya berhenti ya berhenti, pas waktunya belajar ya belajar

    ReplyDelete
  42. Internet menjadi salah satu sumber belajar saat ini
    Anak anak memang lebih senang kalau belajar menggunakan internet

    ReplyDelete
  43. Karena suasana belajar menyenangkan itu perlu banget dibangun biar semangat terjaga terus, keamanan internet juga perlu sih ya. Aku tipe yang kalau sedang belajar itu, nggak betah kalau suasana terlalu sepi, jadi paling nggak ada saja lagu yang kuputar. Sudah begitu, hobiku ya nyari lagu-lagu pendukung tadi di beberapa latform streaming, its mean butuh banget jaringan internet kencang. IndiHome ini memang salah satu pilihan layanan internet yang jangkauannya luas sih, jadi pantas untuk masuk sebagai pilihan provider internet sih ya, Kak.

    ReplyDelete
  44. IndiHome edukasi dan IndiHome study bisa diakses dimana, ya, Kak? Beruntung banget zaman sekarang pelajar udah dimudahkan teknologi internet

    ReplyDelete
  45. Perlu banget nih buat orang tua untuk menjaga aktivitas anaknya di internet, jangan sampai mengakses hal-hal negatif, karena sekarang hal-hal negatif mudah sekali untuk diakses. Jangan karna terlalu bebas menggunakan internet sampai anak jadi korban.

    ReplyDelete
  46. Anak zaman skrg kalo mau belajar enak ya bisa remote juga πŸ˜† dan makin banyak juga pelajaran yg bs didapatkan dari internet. Cuma emg harus dipantai orang dewasa hehe

    ReplyDelete
  47. Baru tahu kalau ada IndiHome study yang berisi konten pelajaran. Ini sangat cocok untuk kita yang punya anak, biar enggak nonton video lainnya, mending nonton video edukasi.

    ReplyDelete
  48. Si kecil skrg seneng banget belajar via online. Dmn lagi kalo ga di YouTube. Maslahnya, klo internetnya ngadat, dia bisa ngamuk dan banting hpnya. Untung aja internet dari IndiHome selalu lancar aja. Anak senang, ortu pun tenang.

    ReplyDelete
  49. Jadi ingat anak saya. Udah disediain meja belajar biar dia semangat belajarnya eh malah memilih belajar lesehan di lantai. Dasar anak. Kenyamanan belajar anak masing-masing berbeda ya

    ReplyDelete
  50. Zaman sekarang kebutuhan internet menjadi sangat penting bagi semua kalangan ya..
    Termasuk anak sekolah. Dengan internet yang cepat semua kebutuhan anak tersedia di sana. Tinggal dibantuin untuk menggunakan internet secara bijak.

    ReplyDelete
  51. Wah keren ya IndiHome..layak tetanggaku ikutan pasang IndHome tampaknya sih karena layanan IndiHome makin oke gini

    ReplyDelete
  52. memang ya kalau anak mau rajin belajarnya, ya harus dibuat nyaman dulu dengan dukungan yang optimal hehe

    ReplyDelete
  53. anak zaman sekarang mah main gamenya geh sakura. haduh... tapi kalau mau lihat keponakanku yang sabar, datanglah sore

    ReplyDelete
  54. Pelajaran di sekolah aja menurutku di zaman sekarang ini nggak cukup ya. Tetap butuh referensi dan tambahan materi edukasi dari banyak sumber, agar anak bisa memiliki pengetahuan yang luas dan meningkatkan kecerdasannya

    ReplyDelete
  55. terimakasih tipsnya, masih terus berproses agar belaja anak menyenangkan. yg paling menjadi PR buat kami sih dalam memonitor. anaknya cuma 3 tapi butuh penanganan yg berbeda karena beda usia yang cukup jauh :)

    ReplyDelete
  56. Nggak bisa dipungkiri sih emang sejak pandemi ada banyak hal yang berubah, termasuk sistem pembelajaran. Jagoan banget sih emang IndiHome, bikin PJJ jadi makin nyaman apalagi fitur pendidikannya keren banget. Orangtua jadi makin tenang anak akses internet pake IndiHome

    ReplyDelete
  57. Noted nih tipsnya, emang sih ya anak kalau disuruh belajar suka ogah-ogahan gitu. Tapi kalau anaknya suka teknologi, belajarnya pun via online gini, anak2 jadi suka dan yang terpenting nyaman.

    ReplyDelete

Post a Comment