Bloggercrony Tingkatkan Pengetahuan, Kemampuan, dan Sikap Profesional Blogger Indonesia

Konten [Tampil]
"Komunitas Bloggercrony di awal berdiri malah tidak ada project yang menghasilkan uang. Sekarang ini bisa berdaya ekonomi bersama teman-teman, ini diluar ekspektasi kami. Itu bukan karena kehebatan kami, tapi karena teman-teman yang saat campaign menjalankan dengan baik,serius, dan tanpa celah. Wah kita senang banget bisa bertahan hingga 8 tahun. Jadi, terima kasih buat teman-teman semua." ujar Satto Raji, selaku Ketua Komunitas Bloggercrony Indonesia dalam kesempatan Kick off Bloggerday 2023 secara virtual kepada semua peserta.

Apa yang disampaikan oleh Ketua Komunitas Bloggercrony Indonesia, Satto Raji bukan sekedar kata-kata belaka. Duduk di atas sofa, berada diantara mikrofon hitam dan balon aneka warna di belakangnya saat Kick Off Bloggerday 2023 yang bertepatan dengan 8 tahun Bloggercrony. Dia berusaha menyampaikan pesan bahwa siapapun akan bisa berkembang jika mau mengasah dan menempa diri.

Apa yang disampaikan oleh Satto Raji sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Founder Bloggercrony, Wardah Fajri. Perempuan yang akrab disapa Kak Wawa ini mengakui jika pada awalnya tujuan dari Komunitas Bloggercrony Indonesia hanya untuk mewadahi. Namun kemudian dia bersama Co Founder berusaha memberikan nilai lebih. Skill Set lah yang kemudian menjadi bagian penting dalam pengembangan Blogger Indonesia.
Komunitas Bloggercrony Indonesia

Apa sih Bloggercrony?

Bagi yang belum tahu apa itu Bloggercrony, Bloggercrony ini adalah komunitas blogger Indonesia yang dibentuk pada 24 Februari 2015 berbasis di Jakarta. Membangun kualitas diri anggotanya dengan capacity building merupakan bagian dari visi yang ditetapkan oleh Bloggercrony.

Berbagai program untuk mendukung tujuan ini juga dibuat, diantaranya ada BloggerHangOut, BloggerCare, dan BloggerView. Tujuan dari program ini adalah untuk mempererat kolaborasi antara komunitas dengan blogger Indonesia, dan mitra yang memiliki semangat yang sama untuk meningkatkan kapasitas blogger sehingga menjadi blogger yang profesional, memiliki keterampilan, beretika, dan juga memiliki kepedulian.

Bergabung dengan komunitas ini sangat baik bagi blogger karena Komunitas Bloggercrony Indonesia memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Skill Set Cara Bloggercrony Menumbuhkan Skill Blogger Indonesia

"Dari awal yang kita bangun adalah edukasi, pendidikan, literasi, literasi digital, dan literasi informasi. Skill dulu yang yang kita siapkan. Begitu teman-teman sudah siap, apapun peluang dan kesempatan yang datang bisa dengan mudah kita ambil." Semangat Wardah Fajri menyampaikan bagaimana Komunitas Bloggercrony Indonesia mempersiapkan anggotanya menjadi Blogger Indonesia yang profesional.
Blogger Indonesia
Founder Bloggercrony, Wardah Fajri dalam Kick Off Bloggerday 2023

Saya sempat bertanya kepada diri, mengapa Komunitas Bloggercrony Indonesia menyajikan hal yang berbeda bagi semua anggotanya. Khususnya dalam hal peningkatan kemampuan para anggota. Bukan hanya sekedar membahas dunia blog, namun membahas segala hal yang memang merupakan bagian dari keseharian.

Jawabannya terdapat dalam pernyataan Wardah Fajri saat Kick Off Bloggerday bahwa setiap anggotanya harus dibekali pengetahuan yang mumpuni melalui kegiatan edukasi, literasi digital, dan literasi informasi. Saya mengangkat kedua jempol untuk Komunitas Bloggercrony Indonesia yang sejak awal memikirkan bagaimana agar anggotanya bisa tumbuh menjad blogger yang profesional. Blogger yang memiliki pengetahuan (Knowledge), keterampilan (Skill), dan sikap (Attitude).

Knowledge, Skill, dan Attitude Bukan Jargon Semata

Knowledge, Skill, dan Attitude adalah tiga kata yang senantiasa ditanamkan oleh Founder Komunitas Bloggercrony Indonesia di dalam setiap interaksi dan komunikasi yang dibangunnya. Dalam setiap pertemuan selalu mengingatkan setiap anggota dengan apa yang beliau sebut dengan KSA.
Skill Set
Wardah Fajri dan Bang Away dalam Kick Off Bloggerday 2023

Saat melihat dia menyemangati dan mengingatkan anggota untuk bisa menerapkan dan mengembangkan Knowledge, Skill, dan Attitude dalam proses penulisan sungguh membuat saya terkagum dengan beliau. Beliau selalu mengulang-ulang, mengajak Blogger Indonesia untuk memahami tempat di mana mereka berada. Memahami aturan saat mereka menjalankan pekerjaan. Menumbuhkan sikap yang baik, profesional dalam menjalankan pekerjaan yang diberikan. Khususnya sebagai blogger.

Bahkan untuk lebih menguatkan tentang Knowledge, Skill, dan Attitude, ini Bloggercrony menghadirkan Anwari Natari seorang Dosen yang juga merupakan Pengawas Komunitas Bloggercrony Indonesia yang akrab disapa Bang Away. Tujuannya adalah menguatkan proses skill set up pada blogger Indonesia, khususnya anggota.

Saat berbicara tentang skill set up, khususnya mengenai Kredibilitas Blogger, Etika Blogger, dan Profesionalisme Blogger ada hal menarik yang diangkat oleh Bang Away, yaitu tentang pilar profesi, atau kompetensi dalam bekerja. Pilar itu adalah Knowledge, Skill, dan Attitude. Kompetensi ini harus dimiliki oleh blogger Indonesia.
Blogger Indonesia
Apa sebenarnya pengertian dari Knowledge, Skill, dan Attitude ini? Mengutip dari LinovHR berikut pengertian dari ketiganya:

a. Knowledge (Pengetahuan)

Knowledge atau pengetahuan merupakan komponen yang berokus pada pemahaman seseorang khususnya pada ilmu pengetahuan. Pengetahuan ini bisa berupa teori atau praktik yang dibuktikan dengan dokumen pendukung, misal sertifikat atau piagam.

b. Skill (Keterampilan)

Skill atau Keterampilan adalah kemampuan seseorang dalam mengembangkan pengetahuan yang dimiliki. Keterampilan ini pun beragam mulai dari keterampilan dasar, keterampilan teknis, keterampilan interpersonal, dan keterampilan pemecahan masalah.

c. Attitude (Sikap)

Attitude atau sikap merupakan pola pikir seseorang yang diimplementasikan dalam bentuk sikap perilaku. Baik dan buruknya sikap akan berpengaruh pada kondisi seseorang terhadap orang lain.

Hal menarik yang disampaikan oleh Bang Away saat pertemuan secara online ini adalah bahwa sebenarnya semua blogger secara tidak sadar sudah menerapkan Knowledge, Skill, dan Attitude dalam aktivitas mereka. Namun permasalahannya blogger itu sendiri belum menyadarinya. Belum menjadikannya sebagai sesuatu yang terintegrasi. Sesuatu yang saling berhubungan, dan saling menguatkan satu sama lain.

Sebagai blogger saya pun dibuat manggut-manggut menyimak apa yang disampaikannya. Sebagai blogger dikuatkan untuk bisa membangun pengetahuan yang harus senantiasa bisa melakukan eksplorasi diri, mengasah keterampilan, dan memiliki sikap yang baik.

Meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan sikap profesional bersama Bloggercrony

Bergabung dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia menjadi sebuah anugerah, Pengalaman berjumpa dengan Founder dan Co Founder secara online pertama kali membuat saya langsung merasa bertemu dengan sosok yang berbeda. Menerima kehadiran saya yang benar-benar blogger pemula saat itu. Suasana kekeluargaan yang dibangun dalam permainan, dan lomba kecil-kecilan membuat saya begitu cepat beradaptasi dengan komunitas ini.
Komunitas Bloggercrony Indonesia

Setelah menjadi anggota dengan mengisi formulir yang disediakan, saya semakin merasakan manfaat berada di dalam komunitas ini. Kehadiran Bloggercrony tidak hanya menguatkan, namun juga menjadikan saya lebih bersemangat untuk terus belajar dan belajar bersama melalui Blogger HangOut yang rutin diselenggarakan.

Pengalaman belajar bersama blogger Indonesia, juga merupakan karunia tersendiri. Bisa melakukan skill set up dan juga scale up. Belajar tentang data analysis secara intens dalam beberapa pertemuan yang tidak hanya teori namun juga praktik. Manfaatnya saya bisa menerapkan apa yang didapatkan untuk membantu penyelesaian tugas kerja.

Pun dengan kemampuan bahasa Inggris. Bagaimana pun juga, kemampuan bahasa Inggris juga bagian dari literasi yang harus dibangun. Mengingat saaat ini kita berada di dunia global. Sebagai blogger juga perlu memiliki pengetahuan, membangun keterampilan Bahasa Inggris. Ini pun juga dibangun oleh Bloggercrony melalui TOEFL ITP Coaching Class secara intensif dalam beberapa pertemuan.

Tentu ini sebuah pengalaman berharga yang dirasakan tidak hanya oleh saya, namun oleh semua blogger Indonesia. Mendapatkan sebuah wadah yang begitu memiliki perhatian dalam peningkatan kapasitas semua anggotanya.

Semua bisa ikut merasakan bertumbuh bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia dengan kegiatan-kegiatannya yang selalu inspiratif, dan bertujuan membangun kapasitas blogger menjadi blogger yang berpengetahuan, profesional, dan beretika. Pada Bloggerday 2023 ini, selain diselenggarakan secara online melalui Zoom, ada juga acara Puncak Bloggerday 2023 yaitu kegiatan fun camp di Puncak Halimun. Mau tahu bagaimana keseruan aktivitas Bloggercrony? Kalian bisa mengunjungi dan mengikuti akun media sosialnya di instagram dan twitter @bloggercrony.


Referensi:
https://sis.binus.ac.id/2019/03/19/knowledge-skill-dan-attitude-dalam-dunia-kerja/
https://www.linovhr.com/konsep-ksa-knowledge-skill-attitude/

Related Posts

Post a Comment