4 Manfaat Service Berkala Mobil Honda

Konten [Tampil]
Anda pemilik mobil Honda? Melakukan service berkala mobil Honda menjadi bagian yang tidak dilewatkan. Agar kendaraan tetap terjaga kondisinya dalam keadaan prima maka perlu dilakukan perawatan secara berkala.
service berkala mobil Honda

Service berkala mobil Honda

Memiliki kendaraan sama halnya memiliki anak. Membutuhkan perhatian khusus agar bisa terjaga dalam keadaan baik. Jika kendaraan roda empat terjaga dan terawat maka anda akan merasa nyaman saat menggunakannya. Untuk itu perlu dilakukan service berkala mobil Honda oleh anda selaku pemilik.

Service berkala mobil Honda meliputi beberapa hal diantaranya

1. Mengganti oli

Mengganti oli merupakan hal penting. Sebagai pemilik anda harus betul-betul mem|iliki catatan kapan terakhir kali melakukan service berkala mobil Honda yang anda miliki.

Mengganti oli mencakup beberapa komponen kendaraan. Sehingga anda pun perlu mempersiapkan anggaran untuk service yang lumayan besar jika dilakukan sekaligus.

Adapun oli yang perlu anda cek dan lakukan penggantian secara berkala adalah oli mesin, oli transmisi, dan oli gardan. Pengecekan dan penggantian oli pada bagian-bagian penting kendaraan merupakan hal yang harus mendapatkan perhatian lebih.

Untuk mengganti sebaiknya dilakukan pada bengkel resmi dan sebagai pemilik anda harus mengikuti catatan yang biasanya diberikan saat melakukan service. Service berkala setidaknya dilakukan setiap 6 bulan sekali atau kelipatan 10.000 km. Akan tetapi, jika kendaraan bekerja lebih keras atau sering digunakan maka service berkala mobil Honda anda setiap 3 bulan sekali.
service berkala mobil Honda

2. Mengganti minyak rem

Fungsi pengereman dalam berkendara memiliki fungsi penting bagi keselamatan penumpang. Minyak rem yang kotor atau bahkan habis akan sangat berpengaruh pada berjalannya fungsi pengereman pada kendaraan dengan baik. Itulah sebabnya mengapa minyak rem juga perlu dipantau kondisinya.

3. Membersihkan filter oli

Filter oli pada kendaraan berfungsi menjaga sistem pelumasan pada mesin tidak bercampur dengan kotoran yang ada pada oli. Jika tidak dibersihkan akan semakin banyak kotoran yang menumpuk. Tumpukan kotoran ini jika dibiarkan akan terbawa atau masuk ke dalam sistem mesin kendaraan.

Masuknya kotoran dalam sistem mesin akan mengakibatkan masalah pada sistem mesin. Komponen di dalam mesin akan mengalami kondisi yang tidak baik, yang menyebabkan kinerjanya tidak optimal, bahkan bisa menimbulkan suara bising. Itulah mengapa anda perlu melakukan pembersihan sari oli saat melakukan service berkala mobil Honda yang anda miliki.

Ada banyak masalah yang bisa timbul akibat filter oli yang kotor, diantaranya kendaraan akan mengalami mesin mudah panas, tekanan oli menurun, terdengar bunyi gesekan logam pada mesin, turunnya performa mesin mobil, asap knalpot kotor, bahkan bisa bisa menyebabkan rusaknya piston dan silinder kendaraan akibat gesekan kotoran pada mesin.

4. Membersihkan atau mengganti busi

Untuk mobil bensin, membersihkan busi akan senantiasa dilakukan oleh teknisi saat anda melakukan service berkala mobil Honda yang anda miliki. Teknisi akan membersihkan busi dari kotoran akibat pembakaran pada mesin.

Saat dilakukan service, teknisi biasanya akan mengukur apakah fungsi busi masih baik atau tidak. Mereka biasanya juga akan melakukan pengaturan kerenggangan celah pengapian pada busi untuk mencapai proses pembakaran yang optimal.

Meskipun komponen ini terlihat kecil dan sederhana, namun fungsinya sangat penting dalam proses pembakaran yang terjadi pada ruang mesin. Khususnya celah pengapian dalam membantu proses pembakaran pada campuran udara dan bahan bakar yang ada.

Jika pembersihan tidak cukup menjadi solusi, maka teknisi akan memberikan rekomendasi kepada anda sebagai pelanggan untuk melakukan penggantian busi yang sudah aus.
manfaat service mobil berkala

5. Membersihkan filter bensin

Filter bensin pada kendaraan memiliki fungsi untuk menyaring kotoran yang terbawa bahan bakar agar tidak masuk ke dalam sistem pembakaran. Filter bensin yang bermasalah menyebabkan suplai bahan bakar ke ruang pembakaran terganggu. Akibatnya mesin tidak bisa berfungsi baik saat posisi idle.

Masalah lain yang bisa timbul akibat filter bensin kotor adalah laju mobil tersendat-sendat saat dioperasikan, dan mesin mobil mati mendadak.

Masalah tersebut tidak akan terjadi jika anda melakukan service berkala mobil Honda yang anda miliki secara rutin.

6. Memeriksa filter udara

Dalam proses pembakaran udara yang berasal dari luar akan dialirkan masuk ke dalam ruang pembakaran. Namun sebelum dibawa masuk dan disalurkan ke masing-masing ruang pembakaran, filter udara akan menyaringnya terlebih dahulu.

Fungsi lain dari filter udara pada mobil adalah menyaring debu yang masuk ke dalam ruang mesin mobil agar tidak mengenai komponen penting lainnya yang ada di ruang mesin.

Melihat fungsinya yang vital, sebagai pemilik anda harus melakukan pengontrolan filter udara secara rutin dan berkala.

Itulah beberapa komponen yang perlu diperhatikan dan dikomunikasikan dengan teknisi saat melakukan service berkala mobil Honda yang anda miliki agar mesin kendaraan tetap memiliki performa yang baik. Selain sistem permesinan, anda juga perlu melakukan pengecekan sistem pengereman, sistem chasis, dan sistem kelistrikan secara berkala. Jika ini dilakukan dengan rutin maka akan memberikan manfaat baik bagi diri anda dan kendaraan yang anda miliki.

Manfaat Service Mobil Berkala

service berkala mobil Honda

Melakukan service mobil berkala akan memberikan banyak manfaat bagi anda selaku pemilik, diantaranya

1. Menjaga performa mesin tetap prima

Manfaat melakukan service mobil berkala yang pertama adalah menjaga performa mesin tetap prima meskipun kendaraan sudah berusia melebihi masa ekonomisnya. Ini terjadi karena anda rutin melakukan pengecekan fungsi kerja komponen pada kendaraan secara rutin.

2. Hemat biaya

Bagi sebagian orang mengeluarkan biaya service berkala bisa menjadi beban. Namun jika anda tidak pernah atau jarang melakukan service berkala, biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan kerusakan yang parah akan semakin besar atau bahkan membengkak.

Melakukan perbaikan kendaraan secara berkala akan memudahkan anda dalam melakukan perbaikan atau penggantian komponen yang harus diganti. Tentu hal ini akan berbeda dengan ketika melakukan servis hanya saat mobil mengalami kerusakan. Akan banyak komponen yang harus diganti. Ini berarti akan semakin banyak uang yang harus dikeluarkan.

3. Usia pakai kendaraan lebih lama

Tidak dipungkiri kendaraan yang rutin dilakukan service akan memiliki performa yang lebih baik daripada yang hanya diservice pada saat kendaraan mengalami kerusakan. Usia pakai kendaraan lebih lama bisa didapatkan dari kebiasaan anda melakukan service berkala.

Ini karena melalui service berkala, komponen yang harus diganti tidak dibiarkan begitu saja. Saat melakukan service kendaraan biasanya teknisi akan melakukan konfirmasi tentang masalah yang ditemukan pada kendaraan, jika perlu mengganti komponen maka hanya sedikit komponen yang perlu diganti agar kendaraan tetap dengan performanya yang optimal dan dalam kondisi baik.

4. Harga jual tetap tinggi

Disadari atau tidak saat membeli kendaraan bekas, orang tidak hanya akan melihat pada kondisi body dan sistem chasis kendaraan. Bagian penting yang menjadi tolak ukur dalam memilih kendaraan roda empat atau mobil adalah kondisi mesin kendaraan.

Calon pembeli biasanya akan mencoba bagaimana fungsi mesin kendaraan. Mulai dari menghidupkan kendaraan, posisi mesin saat idle, hingga kenyamanan akselerasi mobil saat digunakan.

Tentunya jika anda termasuk orang yang biasa melakukan service mobil berkala tidak perlu khawatir. Kondisi mesin akan lebih terjaga dengan perlakuan baik anda dalam perawatan kendaraan.

Itulah manfaat yang bisa anda dapatkan dari melakukan service berkala mobil Honda yang anda miliki.

Kondisi Mobil dan Harga Tetap Stabil dengan Service Berkala

Menjaga kondisi mobil tetap prima bukanlah perkara mudah. Membutuhkan kesadaran dari pemiliknya dalam.proses perawatan kendaraan. Jika dilakukan dengan baik melalui service berkala maka anda akan memiliki kendaraan yang terjaga performanya, khususnya performa mesin.

Pada akhirnya anda akan mendapatkan banyak manfaat dari apa yang anda lakukan, salah satunya harga mobil yang anda miliki tetap stabil. Mau kondisi mobil tetap baik dan harga tetap stabil? Pastikan melakukan service berkala mobil Honda di bengkel resmi terdekat.

Related Posts

29 comments

  1. rajin melakukan service untuk kendaraan akan membuat kendaraan kita awet dna pastinya akan berimpek pada biaya yang lebih hemat, semangat untuk para pemilik kendaraan untuk selalu merawat kendaraannya meskipun kadang suka lupa jadwal pengecekan dan perawatan

    ReplyDelete
  2. Baik mobil atau motor, rutin ganti oli adalah hal yang wajib dilakukan. Jangan sampai lupa deh. Efeknya bahaya banget bagi mesin kendaraan.

    Service kendaraan memang harus rutin deh, daripada nanti ada kerusakan malah biayanya jauh lebih besar lagi kan ya...

    ReplyDelete
  3. Baik mobil atau motor, rutin ganti oli adalah hal yang wajib dilakukan. Jangan sampai lupa deh. Efeknya bahaya banget bagi mesin kendaraan.

    Service kendaraan memang harus rutin deh, daripada nanti ada kerusakan malah biayanya jauh lebih besar lagi kan ya...

    ReplyDelete
  4. Semua mobil perlu service berkala sih sebenernya. Tapi memang Honda yang aku denger, special edition gitu. Bengkel dan montirnya harus khusus, ga boleh montir sembarangan.

    ReplyDelete
  5. Memiliki kendaraan itu memang ga boleh egois, ya. Masa badan sendiri diurus, tapi kendaraannya tidak, kan cuaks ya... wkwkwk.
    Memeriksa atau servis kendaraan secara berkala itu memang penting banget sih, biar performanya tetap ok dan cepat ditanggulangi jika ternyata ada indikasi-indikasi kerusakan pada mobil

    ReplyDelete
  6. dengan servis rutin kendaraan tentu akan berdampak baik pada masa kerja mesin. Rajin diservis membuat performa mesin jadi optimal dan kendaraan juga bisa jadi awet dong

    ReplyDelete
  7. Servis teratur bikin mobil jadi tetap terjaga performanya. Pemilik mobil harus rajin-rajin servis kalo gitu.

    ReplyDelete
  8. Sebenarnya gak hanya mobil Honda aja sih ya kalau rutin service berkala jelas banyak manfaatnya, bahkan purna jualnya pun juga tetap bagus. Tapi kalau service di tempat resmi itu juga sih salah satu kuncinya karena tentu mereka lebih tahu suku cadang dan sebagainya.

    ReplyDelete
  9. Servis mobil itu penting aih terutama pas waktu bergantian oli.. biasanya suami saya catat oli harus diganti pas mobil sudah mencapai km berapa..

    ReplyDelete
  10. Kebetulan adik saya punya mobil Honda, Mas. Dan Alhamdulillah sampai sekarang mesinnya masih halus. Bahkan kemarin dipakai untuk mudik lebaran Depok - Kebumen. Bahkan tahun lalu sampai Yogyakarta. Kuncinya memang melakukan servis berkala. performa mesin tetap terjaga, dan terus menunjang aktivitas.

    ReplyDelete
  11. nah iya, pas cek Mobil terakhir, ada banyak PR nya ternyata, emang ya mesin kendaraan harus rajin2 di cek juga, jangan malah nunggu entar2 pas mesinnya udah rewel

    ReplyDelete
  12. Memang perlu banget melakukan servis berkala begini. Bukan cuma supaya mesin motor tetap prima, tapi lebih-lebih untuk keselamatan kita sendiri (dan pengguna jalan lainnya).

    ReplyDelete
  13. emang bakal kerasa banget sih mobil yang jarang diservice dan rutin hihi. di keluargaku yang rajin banget service mobil cuma ayah. kakak sama adek cowok nggak telaten mereka mah kalo urusan service. maunya pake aja :))

    ReplyDelete
  14. Yess, penting banget memang melakukan service mobil secara berkala. Dengan melakukan service rutin artinya kita investasi juga untuk diri sendiri.

    ReplyDelete
  15. Jangka panjang yang jadi pertimbangan kenapa mesti rutin service kendaraan. Kan gak mau juga semisal ada hal urgent eh malah kendaraannya kondisinya lagi gak prima

    ReplyDelete
  16. Penting banget nih buat service mobil berkala biar ngga jadi masalah. Saya pernah punya pengalaman ngga enak pas sewa mobil sampe mogok tengah jalan karena pemiliknya ga rutin service mobil

    ReplyDelete
  17. Tentu menguntungkan banget kl ada service berkala kayak gini ya kak. Service mobil Honda ini bisa terjaga jadwalnya. Jadi nanti pihak service yang akan memeriksa keadaan mobil kita. Tentunya kita hrs ttp cek jg ya. Jgn sampe ditipu pihak servicenya.

    ReplyDelete
  18. Punya kendaraan memang gak hanya dipakai saja tapi juga harus dirawat. Meskipun saya belum punya mobil, tapi di kantor saya yang ngurusin service-service mobil kantor.

    Pernah gak diservice cukup lama dengan alasan mobil jarang dipakai, sekalinya dipakai jarak jauh banyak masalah. Pas service gile daah.. biayaanya gede banget.

    ReplyDelete
  19. Service rutin berkali memang bagus untuk menjaga kendaraan prima karena mesin terjaga dengan baik, yang aus bisa di ketahui sejak dini sehingga bisa di ganti segera.

    ReplyDelete
  20. Sesederhana rajin ganti oli itu berasa ngaruh banget ke performa kendaraan lho. Pernah merasakan sih hanya karena terlupa ganti oli terlalu lama berujung kendaraan mogok di jalan dan pada akhirnya performanya menurun jauh.

    ReplyDelete
  21. Jadi ingat, kalau urusan mobil, justru ibu mertuaku yang lebih cerewet. Kalau soal servis, pasti rutin sesuai jadwal dan kalau ada yg terasa kurang beres langsung gercep ke bengkel. Alhasil, mobil jadi lebih awet, mesin dan performanya masih oke meski udah lama beli.

    ReplyDelete
  22. Baru aja bulan kemarin nyervis mobil honda ortu. Lumayannn banyak yang harus diganti krn mobil tua euy.

    ReplyDelete
  23. wah busi harus diganti berkala juga ya kak? aku yang motor juga taunya cuma ganti oli sama ganti kampas rem doang :')

    ReplyDelete
  24. memang paling betul dilakukan berkala ya kalau service gini, gak perlu nunggu ada keluhan atau sampai rusak, jadi mesin akan lebih awet :)

    ReplyDelete
  25. well noted banget nih tipsnya buat aku nanti seandainya berjodoh dengan mobil honda which is impian sih, hehehe. aku mikirnya, setuju banget kalau service mobil itu emang harus berkala, kalo gak mobil bisa rusak terus biaya nya bisa lebih jebol dari biaya service berkala biasanya.

    ReplyDelete
  26. Iya ya harus berkala kalau service kendaraan
    Enggak asal pake trus lupa merawatnya dengan baik bikin kendaraan bisa cepat rusak

    ReplyDelete
  27. punya kendaraaan tuh memng hrs bener2 dijaga deh dengan apik kalau mau awet ya salah satunya dengan rutin service secara periodik

    ReplyDelete
  28. Karena mobil sekarang banyak yang matic, biasanya penting juga nih mengecek accu mobil. Dan memang service berkala di bengkel resmi ini udah paling nyaman banget. Selain semua dicek kelengkapannya juga ada saran untuk penggantian spare-part.

    ReplyDelete
  29. Kalau punya kendaraan seperti mobil honda ini emang kudu rajin dibawa ke bengkel untuk mendapatkan perawatan atau service berkala biar mobilnya juga lebih awet.

    ReplyDelete

Post a Comment