7 Cara Menjadi Distributor Ban Gajah Tunggal Terpercaya

Konten [Tampil]
PT. Gajah Tunggal merupakan produsen ban terbesar di Asia Tenggara, memproduksi dan mendistribusikan ban berkualitas tinggi untuk mobil penumpang, SUV's / Truk ringan, off-road, industri dan sepeda motor. Cara menjadi distributor ban gajah tunggal boleh dibilang sangat unik.
cara menjadi distributor ban gajah tunggal

Cara Menjadi Distributor Ban Gajah Tunggal

PT Gajah Tunggal (GT) sebagai produsen ban mobil dan sepeda motor punya cara berbeda dengan perusahaan lain dalam membangun jaringan ritel mereka, khususnya untuk produk ban sepeda motor. Cara menjadi distributor ban gajah tunggal adalah dengan kolaborasi. Kolaborasi dengan mitra distributor ini dilakukan GT untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Seperti kolaborasi yang dilakukan dengan Warung Ban, toko ban yang sudah beroperasi selama lima tahun.

Dalam mendukung kerjasama ini agar semakin kuat maka nama Warung Ban di-branding dengan nama Moto Xpress. Selanjutnya menjual produk-produk Gajah Tunggal, seperti IRC dan Zeneos di sini.

Ferdy Septian, Asst. Brand Manager Motorcycle Tire PT Gajah Tunggal Tbk saat ditemui Marketeers di Moto Xpress Depok mengungkapkan niat baik mereka kepada semua mitra. Di tengah gencarnya GT menggaet mitra Moro Xpress, GT juga memiliki tujuan untuk memajukan para mitra. Mengubah mindset pengelolaan tradisional menjadi professional. Tentunya ini adalah cara menjadi distributor ban gajah tunggal yang layak untuk diapresisi.

Setahun perjalanan kolaborasi atau dikembangkan, Moto Xpress ini sudah memiliki 14 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Tiga diantaranya berada di Jabodetabek.

Kelebihan menjadi Mitra Moto Xpress

Ada hal menarik yang bisa didapatkan dari kolaborasi yang dibangun. Setiap mitra yang menjadi mitra Moto Xpress akan mendapatkan kesempatan dibimbing dan berikan penguatan. Setidaknya ada 3 kelebihan yang anda dapatkan dengan cara menjadi distributor ban gajah tunggal dan saat bergabung sebagai mitra Moto Express, yaitu:
  1. Pertama, toko anda sebagai mitra akan dibranding dengan standar suasana Moto Xpress.
  2. Kedua, sistem kelola pada toko anda akan dikembangkan. Mulai dari pengembangan sistem rantai pasokan, keuangan, hingga pelatihan para teknisi.
  3. Ketiga, anda sebagai pelanggan akan mendapatkan penawaran khusus. Di mana Gajah Tunggal akan banyak menawarkan program penjualan dan berbagai program untuk menjaga retensi pelanggan.
distributor ban gajah tunggal

PT Gajah Tunggal milik siapa?

PT. Gajah Tunggal merupakan perusahaan besar yang mana terdapat 3 tiga pemilik saham yang mencapai 5% atau lebih. Mengutip dari investor.id ada 3 pemiliki saham dengan nilai 5% atau lebih pada tahun 2022 yaitu Compagnie Financiere Michelin SCMA 10%, Denham Pte Ltd 49,5%, dan Lo Kheng Hong 5,165%.

Gajah Tunggal Produksi ban merk apa?

PT. Gajah Tunggal, Tbk didirikan pada tahun 1951, dan memulai produksi bannya dengan ban sepeda. Sejak itu perusahaan trus bertumbuh menjadi produsen ban terbesar di Asia Tenggara.

Inovasi terus dilakukan dengan membuat variasi produk melalui produksi ban sepeda motor tahun 1971, diikuti oleh ban bias untuk mobil penumpang dan komersial di tahun 1981. Pada awal tahun 1990an, perusahaan ini mulai memproduksi ban radial untuk mobil berpenumpang dan truk.

Diantara produk yang sudah familiar dengan keseharian masyarakat yang merupakan produksi Gajah Tunggal adalah GT Radial, Giti, Gajah Tunggal Bias, IRC Tire, dan Zeneos.

Bagaimana Cara Menjadi Distributor Ban Gajah Tunggal

Cara menjadi distributor ban Gajah Tunggal sama halnya dengan cara menjadi distributor dalam dunia bisnis lainnya. Pembedanya Gajah Tunggal menggunakan cara unik dengan melakukan kolaborasi dengan mitra seperti dengan Moto Xpress. Jika melihat pada konsep sebuah bisnis maka untuk menjadi distributor anda perlu melakukan beberapa persiapan.

Tingginya pengguna kendaraan bermotor bisa dijadikan peluang dengan cara menjadi distributor ban. Mengingat kebutuhan pengguna ban juga tinggi, dan tentunya pasar yang bisa dibangun juga masih terbuka lebar.

Bagaimana cara menjadi distributor ban Gajah Tunggal dan apa saja yang harus anda persiapkan? Seperti persiapan pada umumnya, berikut hal yang perlu anda siapkan jauh-jauh hari untuk menguatkan bisnis sehingga membuka peluang menjadi distributor ban gajah Tunggal.
cara menjadi distributor ban gajah tunggal

1. Mempersiapkan Modal

Modal dalam dunia bisnis merupakan hal yang penting. Memiliki cukup modal akan membuat anda bisa memulai bisnis sesuai dengan yang direncanakan. Mempersiapkan modal yang memadai menjadi salah satu cara menjadi distributor ban Gajah Tunggal. Mengapa? Karena anda harus mempersiapkan berbagai macam kebutuhan pendukung seperti gudang/ruko, modal untuk gaji pegawai, dan tentunya modal untuk pengadaan stok ban yang akan dijual.

2. Menentukan Target Pasar

Menjalankan bisnis dalam dunia otomotif anda harus jeli. Cara menjadi distributor ban Gajah Tunggal yang selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah memahami target pasar. Jika target pasar yang ada tentukan tidak sesuai, maka usaha akan tidak berjalan sesuai dengan yang diperkirakan.

Penentuan target pasar ini akan membuat anda semakin mudah mengambil keputusan jenis ban dengan spesifikasi dan ukuran berapa yang banyak dibutuhkan orang di sekitar lokasi bisnis anda.

3. Perhatikan Persediaan Ban

Cara menjadi distributor ban Gajah Tunggal yang memerlukan kejelian dari anda dan kayawan adalah ketersediaan ban. Anda harus betul-betul memantau bagaimana perputaran produk ban yang anda miliki. Apakah persediaan ban pada semua ukuran masih aman untuk beberapa waktu ke depan, ataukah sudah ada yang harus didatangkan kembali.

4. Pahami Jenis Ban dan Ukurannya

Menjadi distributor berarti menjadi orang yang benar-benar memahami spesifikasi produk yang dimiliki. Cara menjadi distributor ban Gajah Tunggal lainnya yang harus anda lakukan adalah memahami jenis ban dan ukurannya. Jangan sampai anda datang kepada calon konsumen tidak tahu produk yang anda tawarkan.

Memahami jenis ban, ukuran ban, dan kode yang tertera pada ban merupakan hal wajib. Karena pada kode yang tertera pada ban berisi petunjuk berhubungan dengan ban itu sendiri.

5. Jalur Distribusi Produk Ban

Jalur distribusi produk ban harus anda perhatikan dengan baik. Buatlah skema yang sesuai dengan strategi pemasaran yang anda lakukan. Cara menjadi distributor ban Gajah Tunggal ini penting dilakukan. Mengingat posisi anda sebagai distributor. Anda harus memperhatikan betul regulasi antara kapan barang harus masuk dan kapan barang harus keluar terdistribusi ke toko-toko yang menjadi mitra anda.

6. Lakukan Promosi Offline dan Online

Distributor memiliki cakupan ruang pemasaran yang lebih luas dari pada toko retail yang ada. Cara menjadi distributor ban Gajah Tunggal yang tidak boleh anda lakukan adalah melakukan promosi. Promosi tidak boleh ditinggalkan.

Semakin gencar promosi yang anda lakukan maka peluang memperluas pasar dan konsumen juga akan semakin besar. Semakin sering promosi dilakukan akan semakin tinggi peluang penjualan ban yang anda lakukan.

7. Maintenance Mitra

Memberikan layanan dan melakukan maintenance kepada mitra merupakan cara menjadi distributor ban Gajah Tunggal yang efektif. Ini hal paling penting dilakukan di saat bisnis sudah berjalan. Tujuannya untuk menguatkan ikatan dengan konsumen.

Maintenance yang bisa dilakukan beragam. Bisa dengan mengirimkan ucapan selamat di saat konsumen ulang tahun. Mengirimkan karangan bunga untuk konsumen yang mendapatkan kabar gembira maupun kabar duka. Maintenance itu hal sederhana yang tidak semua mau melakukan. Padahal, dampaknya akan luar biasa. Konsumen merasa diperhatikan.

Bahkan dari maintenance yang anda lakukan bisa juga mendatangkan peluang dan pelanggan baru. Mereka para konsumen tidak akan segan untuk memberikan rekomendasi kepada anda untuk mendatangi sahabat atau sanak saudaranya agar bisa berbelanja pada toko yang anda kelola.

Itulah beberapa cara menjadi distributor ban gajah tunggal yang bisa anda lakukan. Namun tetap perlu diingat bahwa selain cara di atas saat menjadi distributor ban anda harus menanamkan nilai-nilai kebaikan, tanggung jawab, kejujuran, dan kedisiplinan. Agar semua proses dalam bisnis bisa berjalan dengan baik dan bisnis bisa berkembang dengan pesat.

Kesimpulan

Memiliki usaha yang berhubungan dengan dunia otomotif saat ini mesih memiliki peluang besar. Mengingat mayoritas aktivitas menggunakan kendaraan darat. Jika berbicara kendaraan darat baik itu mobil maupun sepeda motor berarti ada peluang yang bisa dimanfaatkan. Peluang itu adalah ban kendaraan.

Ban kendaraan tidak bisa diprediksi usianya. Karena sangat berhubungan dengan jarak pemakaian, dan medan yang dilalui. Tentu kondisi ini akan menuntut pemilik kendaraan untuk mengganti dengan ban baru saat ban mengalami kondisi tidak baik. Inilah yang kemudian harus ditangkap sebagai peluang.

Peluang itu bisa anda tangkap dengan cara menjadi distributor ban gajah tunggal ataupun ban merk lain. Bagaimana menjadi distributor dan apa yang harus dilakukan, anda bisa kembali melihat ulasan yang terdapat dalam tulisan ini. Semoga tulian ini menambah wawasan dan bermanfaat untuk mengembangkan bisnis ban yang anda tekuni.





Referensi:

https://www.gt-tires.com/

https://investor.id/market-and-corporate/299022/gajah-tunggal-gjtl-buka-daftar-pemegang-saham-ternyata-lo-kheng-hong-jadi-punya-sebanyak-ini

https://www.otoleb.com/2021/05/cara-menjadi-distributor-ban-mobil.html

Related Posts

Post a Comment