Dampak Internet Bagi Pelajar Apa Saja?

Konten [Tampil]
Perkembangan teknologi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan dan keseharian setiap orang. Setiap orang berinteraksi dengan orang lain dari berbagai tempat dan belahan dunia dengan menggunakan internet, termasuk pelajar. Dampak internet bagi pelajar akan timbul ketika mereka mengakses internet. Baik di sekolah, di rumah, ataupun di luar rumah.

Dampak internet baik negatif maupun positif bisa saja menimpa para pelajar. Jika dapat menggunakan dengan baik maka dampak positif internet bisa dirasakan. Sebaliknya, jika digunakan dengan tidak tepat akan menimbulkan dampak negatif bagi pelajar.

dampak internet bagi pelajar

Dampak internet bagi pelajar

Berbicara dampak internet bagi pelajar, ada banyak hal yang bisa kita lihat dari kejadian sehari-hari di sekitar kita, misal banyak pelajar yang mengasah kreativitas mereka dengan internet.

Membuat tanya jawab soal tertentu dengan dikemas apik. Mereka mengemas dalam bentuk konten bersama dengan teman-temannya. Hanya sebentar mungkin 60 detik, namun itu bermanfaat. Kalau boleh dibilang, ini menjadi 60 detik yang positif.

Ada juga 60 detik yang negatif. Kelakuan tidak baik, kelakuan menyimpang yang diabadikan dalam video dan dipublikasi di sosial media. Ini 60 detik negatif.

Kembali pada persoalan internet dalam kehidupan sehari-hari. Perlu disadari bahwa keberadaan internet sama halnya dengan teknologi lainnya. Ibarat mata pisau, bisa bermanfaat saat digunakan dengan tepat. Bisa juga membahayakan jika digunakan tidak sesuai dengan fungsinya.

Semua sadar kalau keberadaan internet bisa menimbulkan dampak positif dan dampak negatif. Dampak internet bagi pelajar bisa diarahkan dengan memberikan pengarahan tentang internet positif secara masif.

Sebaliknya, jika tidak diarahkan dengan tepat, perkembangan teknologi internet dan semakin luasnya jangkauan jaringan internet dapat menimbulkan dampak negatif.

Lantas apa saja dampak internet bagi pelajar, bagaimana cara mengatasi bahaya internet bagi remaja? Berikut ulasan lengkapnya

Dampak Positif internet bagi pelajar

dampak internet bagi pelajar

Dampak positif internet bagi pelajar sangat dirasakan oleh para pelajar baik dari tingkat dasar hingga menengah atas. Tidak tahu bagaimana jadinya jika tidak ada internet yang cepat dan stabil aksesnya.

Mungkin para pelajar akan menjadi orang yang paling terdampak selama pandemi yang terjadi lebih dari satu tahun. Tanpa internet mereka hanya akan diam di rumah. Tidak melakukan apa-apa, tidak bisa belajar.

Beruntung ada internet, sehingga mereka bisa merasakan bagaimana dampak internet bagi pelajar saat harus belajar secara daring.

Beberapa dampak positif dari internet bagi pelajar adalah

1. Sumber belajar tidak terbatas

Salah satu dampak internet bagi pelajar adalah tersedianya sumber belajar yang tidak terbatas. Mereka bisa menemukan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan dengan sesuai dengan tingkat kelas mereka.

Keberadaan internet membuat para pelajar semakin mudah dalam menemukan referensi untuk tugas sekolah mereka. Bisa mendapatkan informasi secara cepat tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

2. Meningkatkan kreativitas pelajar

Dampak positif internet bagi pelajar yang berikutnya adalah internet dapat meningkatkan kreativitas pelajar. Seperti sering kita temukan di media sosial, pelajar banyak membuat kreativitas dan memublikasikan dalam media sosial mereka.

Beragam jenis video bisa ditemukan, seperti eksperimen sederhana, menyanyikan lagu daerah, menampilkan tarian daerah, dan berbagai kreativitas lainnya untuk menunjang pembelajaran mereka.

3. Mengasah kemampuan verbal dan non verbal

Secara tidak disadari dampak internet bagi pelajar yang paling bisa dilihat adalah kemampuan verbal dan non verbal mereka.

Mereka banyak menambah kosakata dengan semakin seringnya beraktivitas di dunia maya. Bisa belajar secara tidak langsung tentang ekspresi dan bahasa tubuh dalam berkomunikasi.

4. Meningkatkan motivasi belajar

Dampak positif internet bagi pelajar yang lainnya adalah meningkatkan motivasi pelajar. Internet dapat meningkatkan motivasi belajar karena mereka semakin praktis, tidak perlu mencatat, dan apa yang mereka cari bisa didapat dengan mengakses internet.

Apa yang mereka butuhkan bisa didapatkan. Apa yang mereka cari bisa ditemukan dengan mudah dengan akses internet.

5. Meningkatkan koordinasi bagian tubuh

Dampak positif internet bagi pelajar selanjutnya adalah mereka dapat meningkatkan koordinasi bagian-bagian tubuh. Misal, mata menatap ke layar, dan pada saat bersamaan tangan menulis apa yang dilihat atau didengar.

Itulah lima dampak positif internet bagi pelajar, yang tentunya masih banyak dampak positif internet bagi pelajar.

Dampak negatif internet bagi pelajar

dampak internet bagi pelajar

Jika terdapat dampak positif internet bagi pelajar, maka berarti ada dampak negatif internet bagi pelajar. Beberapa dampak negatif dari internet bagi pelajar diantaranya:

1. Informasi tidak tersaring

Dampak negatif dari internet bagi pelajar adalah internet tidak memiliki fungsi penyaringan informasi. Semua informasi bisa muncul di hadapan penggunanya.

Semua informasi ditampilkan pada layar monitor tanpa memilah apakah sesuai dengan latar belakang usia penggunanya atau tidak.

2. Kecanduan internet

Sesuatu saat dilakukan secara terus menerus akan menemukan sebuah kondisi dimana seseorang merasa sangat menyenangi apa yang ditemuinya. Bisa juga dikatakan bahwa mereka mengalami apa yang disebut kecanduan internet.

Kecanduan internet merupakan dampak negatif internet bagi pelajar yang disebabkan oleh beberapa aktivitas yang dilakukan secara online misal games online, aktivitas scrolling media sosial, menonton film secara online, dan lain sebagainya.

3. Meningkatnya screen time

Dampak negatif internet bagi pelajar khususnya dan bagi semua orang pada umumnya adalah meningkatnya screen time. Screen time sendiri juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi anak.

Akibat screen time berlebih, anak bisa saja mengalami gangguan penglihatan (mata). Ini bisa terjadi karena radiasi dari layar yang ditatap mereka. Setiap hari mereka harus di depan laptop atau handphone untuk mengikuti pembelajaran secara daring selama berjam-jam.

4. Kurangnya usaha pelajar dalam menyelesaikan tugas

Saat mengakses internet banyak kemudahan yang didapatkan pelajar. Namun demikian dari balik kemudahan, ternyata ada dampak negatif internet bagi pelajar yang perlu diwaspadai orang tua yaitu kurangnya usaha anak (pelajar) dalam menyelesaikan tugas.

Copy dan paste jawaban dari internet pada lembar kerja biasa mereka lakukan. Tanpa berpikir untuk melakukan parafrase pada kalimat yang digunakan.

5. Kurangnya interaksi sosial di dunia nyata

Dampak negatif internet bagi pelajar yang perlu diwaspadai orang tua adalah kurangnya interaksi sosial di dunia nyata. Ini terjadi karena mereka terlalu asik dengan dunia online.

Interaksi dengan media sosial membuat mereka lupa kalau ada interaksi sosial yang harus dibangun di masyarakat.

Itulah beberapa dampak negatif dari internet bagi pelajar yang harus disadari oleh orang tua.

Bagaimana mengatasi bahaya internet bagi remaja?

Dampak internet bagi pelajar begitu beragam mulai dari dampak positif hingga dampak negatif. Semua orang pasti akan bahagia dengan dampak positif dari keberadaan internet. Namun demikian, semua juga setuju jika dampak negatif internet akan menjadi sesuatu yang berbahaya jika tidak diatasi.

Berikut beberapa cara bagaimana mengatasi bahaya internet bagi pelajar atau anak yang bisa dilakukan oleh orangtua:
  1. Orang tua harus senantiasa memberikan arahan kepada anak tentang bagaimana cara menggunakan internet secara bijak dan positif.
  2. Berikan anak pendampingan saat mengakses internet sehingga bisa ada filter atau penyaringan informasi dari orang tua agar informasi yang diterima adalah informasi yang baik dan sesuai dengan usia mereka.
  3. Membuat kesepakatan lama waktu akses internet dengan anak. Misal hanya mengakses internet sesuai dengan waktu belajar secara online, atau mengakses internet hanya pada weekend. Itupun juga dibatasi waktunya.
  4. Mengingatkan dan mengajak anak untuk membangun hubungan sosial di dunia nyata. Mengajak anak bertemu dengan tetangga atau saudara. Mengajak anak berinteraksi dalam kegiatan bersama di masyarakat agar bisa bersosialisasi.

Kesimpulan

Keberadaan internet dalam kehidupan masyarakat akan selalu menimbulkan dampak positif dan dampak negatif.

Dampak positif internet bagi pelajar akan sangat membantu mereka dalam proses belajar dan penumbuhan prestasi mereka. Sedangkan dampak negatif dari internet bagi pelajar akan menimbulkan hal yang berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Pelajar tidak menyaring informasi, berlama-lama di depan layar, dan berbagai hal negatif lainnya.

Untuk mengatasi dampak negatif dari internet perlu peran orang tua untuk ikut serta dalam mencegah dan mengatasinya. Melakukan pendampingan, pengawasan dan pengontrolan secara berkala saat anak mengakses internet adalah hal yang bisa dilakukan.

Peran aktif orang tua atau guru dalam mendampingi pelajar saat mengakses internet akan memberikan dampak internet bagi pelajar yang positif dan terarah sehingga internet menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi mereka.


Related Posts

2 comments

  1. Anak jaman now tahunya yang sudah dimudahkan ya, kak. Mau cara apa selama ada internet hayooo aja deh. Padahal dulu kalau mau cari informasi harus menempuh beberapa km untuk dapat ke Warnet,,,eeeh aku malah curcol. Intinya bijak berinternet ya, kak

    ReplyDelete
  2. Semua kembali pada kita sebagai user ya,Kak. Dampaknya akan baik kalau digunakan untuk hal positif.

    ReplyDelete

Post a Comment