Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Konten [Tampil]
Memiliki mobil adalah impian setiap keluarga. Saat memiliki mobil hal yang perlu dilakukan secara rutin adalah melakukan perawatan kendaraan. Mereka biasanya melakukan perawatan disaat menggunakan mobil untuk aktivitas. Bagaimana dengan merawat mobil yang jarang dipakai? Apakah tetap harus dilakukan juga, padahal mobil tidak difungsikan.
merawat mobil yang jarang dipakai
Seringkali ketika mobil tidak digunakan, dibiarkan begitu saja di garasi. Hanya dilihat dari kejauhan. Bahkan, mungkin tidak menyentuh kendaraan sama sekali karena tidak melakukan aktivitas menggunakan mobil yang dimiliki.

Kita beranggapan kalau mobil yang tidak digunakan akan baik-baik saja. Tidak menyadari kalau mobil yang jarang digunakan juga perlu dilakukan perawatan. Tujuannya untuk tetap menjaga performa mesin kendaraan tetap optimal.

Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Merawat mobil yang jarang dipakai harus dilakukan pemilik, apapun alasannya. Itu karena semua orang punya alasannya sendiri mengapa mobil dibiarkan begitu saja di rumah. Pemilik lebih memilih menggunakan motor untuk menghindari macet. Mobil hanya digunakan untuk perjalanan jauh atau saat keluar dengan keluarga besar saja. Apapun alasannya perawatan harus dilakukan.

Ini dia cara merawat mobil yang jarang dipakai agar tetap memiliki performa yang optimal:

1. Isi penuh bahan bakar

Mengisi bahan bakar penuh bukan hanya untuk memudahkan saat menggunakan mobil. Merawat mobil yang jarang dipakai dengan mengisi penuh bahan bakar juga bermanfaat untuk menjaga tangki bahan bakar lebih terjaga. Lebih awet karena tidak terisi oleh udara.
merawat mobil yang jarang dipakai

2. Panaskan mobil setiap hari

Kalau ada yang beranggapan mobil dibiarkan dan tidak perlu dipanaskan jika tidak digunakan, ini anggapan kurang tepat.

Pasalnya mobil perlu dipanaskan agar semua komponen di dalamnya bekerja dengan baik. Sirkulasi bahan bakar tidak terganggu. Oli dapat melumasi bagian-bagian mesin dengan sempurna. Tentunya dengan memanaskan mobil, oli tidak menggumpal.

Memanaskan mobil juga sebagai bagian dari langkah merawat mobil yang jarang dipakai untuk memastikan mobil baik-baik saja. Sistem kelistrikan, sistem pengisian berfungsi dengan sempurna.

3. Cek air radiator

Meskipun jarang digunakan, memeriksa air radiator perlu dilakukan secara rutin dan berkala. Tidak harus setiap hari. Ini untuk memastikan sistem pendinginan pada mesin berjalan dengan baik.

Jika radiator dirasa bermasalah, maka segera lakukan pengecekan pada bengkel resmi yang biasa menjadi langganan. Jadi, merawat radiator juga perlu dilakukan saat merawat mobil yang jarang dipakai.

4. Periksa oli mesin

Dalam merawat mobil yang jarang dipakai, oli merupakan salah satu yang harus diberikan perhatian lebih. Mengukur tingkat ketinggian oli, kekentalan oli, hingga melihat kebersihan oli perlu dilakukan.

Jika oli mengental sebaiknya segera diganti, apalagi saat warna terlihat pekat. Hal ini agar pelumasan bisa berjalan dengan baik, dan menghindari kerusakan pada mesin. Misal piston tergores kotoran yang ada pada oli.

5. Cek tekanan angin pada ban

Pemilik kendaraan pasti sudah sadar tentang pentingnya menjaga tekanan angin pada ban. Tentu sesuai dengan ukurannya masing-masing. Merawat mobil yang jarang dipakai dengan melakukan pengecekan secara berkala merupakan langkah tepat.
merawat mobil yang jarang dipakai
Melakukan pengecekan tekanan angin pada ban menjadi bagian penting dalam perawatan mobil. Jika tekanan angin kurang atau bahkan sampai habis akan berakibat pada cepat rusaknya ban.

Jika pengecekan tekanan angin dilakukan dengan rutin, mobil akan siap digunakan saat dibutuhkan.

6. Cek fungsi pengereman

Pengereman pada mobil memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Banyak kejadian kecelakaan akibat terjadinya rem blong. Itulah mengapa perlu merawat mobil yang jarang dipakai.

Pengecekan fungsi pengereman bisa dilakukan dengan menginjak pedal rem. Jika tidak ada perubahan dari biasanya berarti aman. Jika saat dilakukan pengecekan ada perubahan, lakukan pengecekan lebih lanjut. Cek minyak di master rem. Periksa silinder rem dan pastikan tidak bocor.

7. Periksa fungsi kelistrikan

Dalam merawat mobil yang jarang dipakai, memeriksa fungsi-fungsi kelistrikan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Mengingat, fungsi kelistrikan sangat dibutuhkan saat berkendara.

Apa saja yang perlu dicek pada sistem kelistrikan? Anda bisa mengecek fungsi lampu penerangan, lampu rem, lampu sign, lampu hazard dan lainnya. Mengapa perlu dilakukan pengecekan. Jawabnya adalah agar jika ada yang tidak berfungsi bisa segera dicari solusinya.

8. Bersihkan interior

Merawat mobil yang jarang dipakai bukan hanya terbatas pada bagian mesin dan sistem kelistrikan. Bagian interior juga membutuhkan perawatan agar tidak berjamur.

Membersihkan interior secara rutin merupakan langkah yang baik agar kondisi kabin tetap terjaga. Debu dan kotoran lain yang menempel pada kabin yang dibiarkan begitu saja lambat laun akan merusak spare part pada kendaraan.

9. Bersihkan body dan chasis mobil

Merawat mobil yang jarang dipakai utamanya bagian eksterior akan membuat pemilik makin sayang. Warna cat tetap bagus. Mobil tidak terlihat kotor.

Perawatan pada bagian body dan chasis bisa dilakukan dengan mencuci mobil secara berkala atau ketika sudah digunakan. Tujuannya agar chasis tetap awet dan tidak cepat berkarat.

10. Hubungi bengkel resmi jika menemukan kendala

Jika saat melakukan pengecekan anda menemukan masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri, ada baiknya segera menghubungi bengkel resmi yang biasa anda gunakan jasanya.

Anda bisa menghubungi atau langsung datang ke bengkel resmi dan mengutarakan keluhan masalah yang terjadi pada mobil anda sehingga bisa dilakukan pengecekan lebih mendalam pada masalah yang ditemukan.

Kesimpulan

Memiliki mobil adalah impian semua orang, terlebih mereka yang sudah memiliki banyak anggota keluarga. Jika sudah memiliki mobil maka bersyukurlah dengan melakukan perawatan.

Lakukan 9 cara merawat mobil yang jarang dipakai di atas untuk tetap menjaga performa kendaraan agar tetap optimal saat digunakan.

Related Posts

Post a Comment