deeva collection

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa di Era Digital?

Konten [Tampil]
Kursus komputer bisa kerja apa di era digital? Pertanyaan yang sering ditanyakan orang tua yang selalu menghantui saat ingin mengambil kursus komputer atau memilih jurusan komputer untuk kuliah. 

Tidak salah sih orang tua bertanya seperti itu. Alasan orang tua hanya ingin anaknya memilih jurusan yang tepat yang memiliki masa depan cerah. Ga baik bukan kalau masa depan suram? Alih-alih dapat kerja, eh malah masih minta uang sama orang tua.

Bisa jadi orang tua berpikiran jauh seperti itu karena belajar dari mereka yang gagal bekerja sesuai dengan jurusan yang diambil. Jadi wajar ya orang tua memastikan kita dengan bertanya hal itu.

Sebagai orang yang mau ikutan kursus komputer tentu juga perlu tahu apa saja yang bisa dipelajari dalam kursus komputer. Apalagi sampai bisa melihat peluang kerja yang bisa diraih oleh lulusan jurusan komputer, akan lebih keren.

Kursus komputer bisa kerja apa di era digital?

Saat pertanyaan kursus komputer bisa kerja apa di era digital, kalian harus tahu juga saat mau kursus, mau kalian apa? Setelah kursus mau kerja apa? Kalau tidak tahu mau kerja apa bisa-bisa jurusan atau kursus komputer yang diambil tidak terpakai.
kursus komputer bisa kerja apa
Jurusan kursus komputer adalah hal yang perlu kalian tahu dan perhatikan. Apalagi di era sekarang. Semua serba online. Setiap orang bisa mendapatkan informasi yang diinginkan.

Zaman dulu kalau mau mencari informasi detail ya pergi mencari informasi ke tempat-tempat kursus yang tersebar di daerah kita. Pastinya butuh usaha lebih besar untuk sekedar mendapatkan informasi.

Sekarang semua serba digital, bisnis sudah beralih dari offline ke online. Tempat kursus juga hadir dengan platform online yang bisa kalian ikuti dengan sangat gampang. Bermodal handphone dan jaringan internet yang stabil. Tentunya modal uang juga ya buat beli kuota internet.

Sekali mengakses internet kalian akan mendapatkan banyak informasi tentang jurusan komputer yang bisa dijadikan gambaran awal untuk menentukan jurusan yang tepat. Sesuai dengan ketertarikan kalian. Kata orang zaman now sesuai passion kita.

Jurusan Kursus Komputer Kamu Harus Tahu

Untuk menjawab pertanyaan kursus komputer bisa kerja apa di era teknologi ini, kalian perlu tahu tentang apa yang akan dipelajari pada bidang kursus yang akan kalian ambil.

Meskipun ini jurusan komputer adanya dalam pendidikan formal seperti di Sekolah Kejuruan atau di perkuliahan, namun saat ini juga tersedia pada kursus-kursus komputer yang tersebar luas di kota-kota besar dan kecil.

Dilansir dari laman universitas123.com dalam artikelnya berjudul Jurusan yang Berhubungan dengan Komputer dan Mendatangkan Banyak Uang, setidaknya terdapat 9 jurusan kursus komputer yang bisa menjadi pilihan.
  1. Teknik informatika
  2. Rekayasa perangkat lunak
  3. Teknik komputer
  4. Manajemen informatika
  5. Animasi
  6. Jurusan ilmu komputer
  7. Jurusan film
  8. Jurusan Fotografi
  9. Desain Komunikasi Visual
Setidaknya dengan mengetahui jurusan-jurusan komputer, kalian bisa memperoleh informasi jurusan itu mempelajari apa saja. Kemudian bisa mencari lembaga kursus yang menyediakan jurusan itu.

Melihat jurusan-jurusan di atas, saat ini sudah semakin banyak jurusan yang memang semakin menjurus. Sangat berbeda dengan zaman dulu. Jurusan masih belum terlalu menjurus seperti sekarang. 

Lulusan kursus komputer jadi apa?

Kira-kira di era digital seperti sekarang lulusan kursus komputer bisa kerja apa? Kalau mendapatkan pertanyaan ini jawaban kalian apa?

Yuk, kita lihat dulu perjalanan beberapa waktu terakhir. Apa yang membedakan era dulu, yaitu era konvensional dengan era baru. Era dimana semua beralih menjadi digital. Semua menggunakan sistem online.
lulusan kursus komputer jadi apa
Menurut kalian, ketika semua beralih ke ranah online mereka membutuhkan lulusan jurusan komputer tidak? Ini menjadi peluang atau ancaman bagi kalian?

Kembali lagi bagaimana cara menyikapi. Kalau dunia online menjadi ancaman, tidak akan tertarik mengikuti perkembangan dunia online. Termasuk hal yang berhubungan dengan komputer.

Kalau kalian melihat era digital atau era online ini sebagai peluang, tentu akan mencari cara bagaimana bisa menangkap peluang itu. Salah satunya mengikuti kursus komputer untuk menjadi orang yang memiliki keterampilan khusus.

Era digital saat ini hampir semua aspek kehidupan bersinggungan dengan ilmu komputer. Setiap perusahaan membutuhkan orang yang memiliki keterampilan komputer. Baik dari keterampilan umum ataupun pada keterampilan komputer khusus.

Sebagai orang yang pernah belajar di jurusan komputer, meskipun tidak sedetail saat ini yang memang sudah fokus pada satu keterampilan, saya ikut merasakan peluang yang bisa ditangkap dari hasil kursus komputer.

Saatnya kalian ikut ambil bagian menikmati peluang dari dunia online melalui kursus komputer untuk bekal kalian. Baik untuk bekerja di kantoran ataupun sebagai freelance, lulusan kursus komputer memiliki peluang yang luas.

Yuk kita intip lulusan kursus komputer bisa kerja apa di era digital seperti sekarang. Ini dia beberapa peluang kerja bagi kalian lulusan kursus komputer.

1. Admin

Admin sangat membutuhkan kalian lulusan kursus komputer. Bagi kalian yang mengikuti kursus Microsoft Office setidaknya sudah bisa menggunakan peluang ini.

2. Jasa Service

Pernah ikut kursus sebagai teknisi komputer? Kalian bisa menggunakan peluang ini. Untuk menambah pengalaman dan jam terbang kalian bisa ikut di jasa service komputer.

Setelah kalian mahir dan mumpuni, kalian bisa membuat jasa service komputer sendiri. Bisa di rumah ataupun sewa tempat yang lebih strategis.

3. Teknisi Jaringan

Seiring perkembangan internet teknisi jaringan juga banyak dibutuhkan dalam membangun jaringan di perkantoran, baik untuk internet sendiri ataupun intranet. So, ini peluang besar bagi kalian.

4. Video Editor

Memang saat ini kita sudah bisa melakukan editing video dengan berbekal handphone. Tapi, buat kalian yang pernah kursus komputer pada program video editing bisa memberikan hasil yang lebih.

Kalian bisa menggabungkan beberapa program untuk mendukung satu sama lain,s sehingga menghasilkan video dengan kualitas hasil editing yang memuaskan.

5. Photo Editing

Photo Editing lumayan menjadi peluang usaha. Keterampilan foto editing dengan jam terbang yang tinggi akan sangat berguna bagi pemilik jasa lain.

Kalian bisa kerjasama dengan wedding organizer, event organizer, ataupun dengan kampus untuk kerjasama foto khusus ijazah.

6. Jasa Design

Meskipun desain bisan dilakukan dengan berbasis platform online atau bermodal handphone perusahaan tetap butuh lulusan kursus komputer. Karena pekerjaan yang harus diselesaikan butuh ketelitian lebih.

7. Web Developer

Semakin banyaknya orang yang ingin membuat toko online dengan platform web menjadi peluang bagi kalian yang mengikuti kursus berhubungan dengan web developer.

8. Program Developer

Program developer masing sangat dibutuhkan seiring perubahan bisnis dari manual menjadi digital. 

Mereka yang baru pindah ke digital akan berusaha menghadirkan kemudahan dengan program aplikasi untuk memudahkan konsumen.

Mau Jadi Apa Setelah Kursus Komputer?

Itulah beberapa jurusan komputer yang bisa menjadi referensi bagi kalian saat ingin menemukan jawaban setelah kursus komputer bisa kerja apa di era digital seperti sekarang.

Semoga setelah mengetahui jurusan komputer akan memudahkan kalian dalam menentukan bidang yang akan ditekuni setelahnya. Sudah memikirkan mau kerja apa? Pilihlah program keterampilan yang tepat sebelum mengikuti kursus komputer.



Related Posts

Post a Comment