deeva collection

Resep Sambal Cumi Baby Tahan Lama Ala Dapur Deeva Collection

Konten [Tampil]
Menikmati kebersamaan dengan keluarga di rumah menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan. Apalagi bisa kolaborasi dengan istri ya. Seperti sedang membangun usaha saja ya, kolaborasi. Inilah yang biasa dilakukan di rumah saat sedang memasak bersama istri. Bagi-bagi tugas. Salah satu resep masakan favorit yang saya suka adalah resep sambal cumi baby.
Salah satu resep masakan favorit yang saya suka adalah resep sambal cumi baby.
Makan tanpa sambal terasa hampa. Seperti hati yang tidak punya pasangan. Mau jalan-jalan bingung. Mau tidur sendirian. Mau telpon siapa-siapa tidak. Tidak lengkap. Kalau sayur seperti sayur tanpa garam. Tapi kalau makan, seperti makan tanpa sambal. Tidak ada sesuatu yang menantang.

Makan tanpa sambal semangat kurang terasa. Makan pokok makan saja, tidak ada sensasi sama sekali. Berbeda ketika makan dengan ditemani lauk dan dilengkapi dengan sambal yang mengandung vitamin C.

Ada yang sama dengan saya? Kalau makan tanpa sambal terasa ada yang kurang? Jangan-jangan malah tidak suka sambal? Boleh angkat tangan yang suka sambal ya.

A. Apa sih sambal?

Sambal merupakan salah satu makanan khas hidangan bagi masyarakat Indonesia. Setiap daerah memiliki beraneka macam jenis sambal dengan bahan campuran yang berbeda.

Secara khusus wikipedia menyebutkan bahwa sambal adalah istilah besar yang dalam kuliner Indonesia merujuk pada saus maupun kondimen pedas. Secara garis besar, sambal berbahan utama cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabai dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.

B. Jenis Sambal di Masyarakat

Sambal dengan cita rasanya yang khas memang membuat setiap yang menyantapnya menjadi ketagihan. Semakin dinikmati semakin tidak mau berhenti untuk menikmatinya.
Sambal cumi banyak sekali macamnya, salah satunya adalah sambal cumi baby. Sensasi campuran cabai, dan cumi baby membuat kita begitu menikmati sambal yang satu ini.
Apalagi dinikmati bersama nasi hangat dengan lalapan sayur nikmatnya tiada tara. Seberapapun pedasnya, tidak ada yang mau menyia-nyiakan. Mereka akan melahapnya sampai bersih. Diuwek-uwek dengan nasi kemudian disantap diikuti dengan lauk.

Di sekitar kita saat membuat masakan sambal ada berbagai macam sambal yang sudah lazim dan kita coba rasanya. Masing-masing punya kekhasan dan punya teman yang berbeda.

1. Sambal Cumi Baby

Sambal cumi banyak sekali macamnya, salah satunya adalah sambal cumi baby. Sensasi campuran cabai, dan cumi baby membuat kita begitu menikmati sambal yang satu ini.


 2. Sambal terasi

Salah satu sambal yang banyak diminati orang saat menikmati kuliner di lesehan. Biasanya sambal ini dibuat dari tomat mentah, ditambah cabe mentah, dan terasi bakar seperti yang penah saya nikmati di salah satu tempat kuliner di Jember.

3. Sambal matah

Membuat sabal matah tidaklah sulit, kita hanya perlu mencampur irisan cabai, bawang merah, dan serai yang aromanya harum. Agar terasa semakin lebih segar biasanya bisa ditembahkan perasan jeruk nipis.

4. Sambal dabu-dabu

Sambal dabu-dabu hamper mirip dengan sambal matah yang bias akita temui. Pembeda sambal dabu-dabu ini dengan sambal matah adalah sambal ini dicampur dengan cabai hijau dan daun kemangi yang memiliki aroma khas dan menyegarkan.

5. Sambal Kecap

Membuat sambal kecap begitu mudah dan praktis. Tidak perlu ribet dengan cuwek dan ulek. Untuk membuat sambal kecap kita membutuhkan bawang merah, bawang putih, cabai, dan daun jeruk mentah. Setelah irisan dicampur dengan kecap, untuk mendapatkan cita rasa yang makin sedap dirasa, kita bisa menambahkan bawang goreng ke dalam campuran sambal yang kita buat.

6. Sambal pencit

Menikmati sambal pencit memiliki sensasi tersendiri. Seperti sedang rujakan pencit (mangga muda). Sambal pencit terdiri dari irisan mangga muda yang dicampur dengan cabai rawit, bawang, dan terasi. Saya sering menikmati sambal pencit ini ketika menikmati sajian menu bebek goreng. Rasanya mantab, ada sensai kecut, segar sampai nano-nano.

C. Resep Sambal Cumi Baby

Apa saja bahannya dan bagaimana proses pembuatannya sambal cumi baby? Langsung aja kita buka rahasia kuliner ala dapur keluarga deeva collection ya.
Sambal cumi baby, siapa yang sudah pernah mencobanya? Berangkat dari rasa penasaran dengan sambal cumi goreng yang dijual secara online, membuat istri di rumah bergegas mengeluarkan kemampuan olah rasanya. 

Mau beli tentu butuh waktu cukup lama untuk bisa menikmatinya. Tidak menunda-nunda atau berlama-lama lagi, istri langsung melakukan eksekusi resep cumi baby tahan lama di dapur. Apa saja bahannya dan bagaimana proses pembuatannya sambal cumi baby? Langsung aja kita buka rahasia kuliner ala dapur keluarga deeva collection ya.

1. Persiapan Bahan

Untuk mengaplikasikan resep sambal cumi baby tahan lama alias awet atau tidak mudah basi kita memerlukan bahan-bahan berikut.
  • Cumi-cumi secukupnya.
  • Cabe merah kriting 125gr
  • Cabe rawit 75gr
  • Bawang merah 7 siung
  • Bawang putih 5 siung
  • Daun jeruk
  • Daun serei
  • Terasi 1 sdt
  • Gula merah secukupnya ( sesuai selera)
  • Garam
  • Msg ( opsional)
  • Minyak goreng
Bagaiman bahan-bahannya sangat mudah didapatkan buka? Sudah tersedia di dapur keluarga tentunya karena pada dasarnya bahannya secara umum adalah sama dengan bahan untuk membuat sambal lainnya.

2. Cara membuat Sambal Cumi Baby

Bagi kalian yang tidak sabar ingin tahu bagaimana proses membuat sambal cumi baby, tenang saja. Kali ini saya sudah menyiapkan panduan proses pembuatan sambal cumi baby yang bisa tahan lama. Langsung saja kita simak proses pembuatannya yuk.
  • Siapkan cumi-cumi kering, lalu rendam cumi-cumi kering / baby cumi dengan air panas selama 1 jam. Setelah satu jam kemudian cuci bersih cumi dengan air mengalir, lalu tiriskan.
  • Siapkan bahan-bahan yang sudah dicuci untuk proses menumis.
  • Pertama goreng bawang merah dan bawang putih yang sudah dikuliti, saat tercium aroma bawang maka angkat lalu tiriskan.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan menggoreng cabai keriting dan cabe rawit yang sudah disiapkan tadi.
  • Proses selanjutnya adalah menghaluskan bahan-bahan untuk membuat sambal yang sudah disiapkan dengan menggunakan blender.
  • Setelah menghaluskan bahan-bahan, lakukan proses menggoreng cumi untuk sekitar 5 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  • Pada penggorengan, tambahkan minyak secukupnya untuk menumis bahan sambal yang sudah dihaluskan. Kemudian tambahkan daun jeruk dan daun serei. Oh iya, penambahan daun serei ini bertujuan agar sambal bisa tahan lama dan tidak mudah basi.
  • Kemudian tambahkan terasi secukupnya. Untuk terasi yang dipakai adalah terasi yang sudah disangrai agar rasanya lebih terasa.
  • Tambahkan garam, gula merah dan msg jika suka (jika tidak suka makai tidak usah) pada tumisan sambal, kemudian aduk rata.
  • Sambal cumi baby tahan lama sudah selesai dibuat dan siap untuk disajikan.
Nah itu dia resep sambal cumi baby ala resep kuliner keluarga deeva collection. Bahan yang diperlukan sangat mudah didapatkan. Tentunya cara untuk pembuatannya juga begitu mudah.

Bagaimana rasa dari sambal cumi goreng ini? Jangan ditanya lagi, karena bikin ketagihan siapa saja yang menyantapnya. Seperti yang saya alami saat membawa 120 gram sambal cumi baby ini sebagai tambahan lauk makan siang saya di kantor. Teman-teman di kantor pada ikutan mencoba dan mereka bilang rasanya pas banget dan enak. Tertarik untuk mencobanya di rumah? 

Related Posts

24 comments

  1. waaah sambal baby cumi ini favorite banget pak, pakenya cumi asin bukan sih pak? pas tinggal di Bali sambal matah yang jadi favorite

    ReplyDelete
  2. Saya baru tahu lho sambal cumi baby. Di rumah saya biassanya cuma bikin sambal tomat doang. harus dicoba nih bikin sambal cumi babynya, baca resepnya aja udah bikin ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...perlu eksplor dunia persambalan nih Pak Yo. Apalagi kalau mondok, tahunya sambal cabai sama garam.

      Delete
  3. Aduh auto nelen ludah baca judulnya nih, ini sambel bener-bener favorit aku. Jadi pingin nyoba bikin nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk yuk, buruan bikin sekilo cukup. Biar mantab

      Delete
  4. Oh ini pakai cumi kering ya? Aku belum pernah coba sih masak cumi kering, tapi katanya memang enak.. Jadi pengen eksekusi resepnya nie. Aku recook ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, cumi kering mom quuen. Yuk di recook dan jangan lupa kasih link ksini ya

      Delete
  5. kalau masalah cumi, diapa2in menurutku enak sih. apalagi kalo pedes2 beuh. dijadiin sambel? beuuh tepat banget.
    mau coba biki iiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, bener banget mb Apalagi dimakan dengan nasi hangat, duh bikin nagih

      Delete
  6. Jalanku juga aneka macam oseng sambel mbak.. Salah satu best seller nya adalah cumi cumi ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, kalau ada yang favorit itu enak banget, jadi paling laris ya mb. Semangat jualannya mb

      Delete
  7. Di rumah, asal ada tahu, tempe, lalapan sama sambal, rasanya tenaaaaang hati ini.

    Ditambah nasi kepul-kepul, dah lah....dunia indah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah lah, ga ada yang ngalahin pokoknya ya Bunda Lillah

      Delete
  8. Waaah salah satu menu favoritku di tahun ini (karena baru pertama kali icipnya di tahun ini sihh, hehehe)
    Wajib dicoba nihh resepnyaa, tapi kurasa di aku nggak perlu tahan lama deh, karena kurang dr satu hari pasti lgsung ludes dehh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...baru selesai dimasak langsung abis ya mb. hehe

      Delete
  9. Mbaaak, aku ngileeer...seger banget liatnya. Bahaya itu bakul nasi, harus jauh2,wkwk

    ReplyDelete
  10. waduuh jadi lapar sangat bacanya, bukan mau bikin tapi mau makan, wkwkwk. semangat masak-masak pak gie, ada busui yang harus selalu dijaga asupan makannya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe,... busui ga dibolehin makan sambal dulu kasiyah sama babynya. Makannya yang segar sehat aja

      Delete
  11. Sebagai pecinta sambal, aku suka semua jenis sambal. Kecuali yang ada petenya wkwkwk. Nah salah satu favorit aku nih sambal baby cumi. Udah tahu resepnya mau bikin dan nyetok nih wkwk. Pake nasi anget aja kalai ini sih udah nambah-nambah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weleh weleh kalau ada petenya mah aku suka mb. hehe. Abis makan langsung cuci mulutnya dengan timun. Nambah nambah ga berhenti, jadinya ga tahan lama ya sambalnya

      Delete
  12. Wahh,, baca ini jadi pingin bikin sambal cumi juga pakai resepnya ini.. Oya, resep sambal cumi ini ternyata masih pakai terasi juga ya? Dan yg dipakai cumi kering? Baru tau juga nih.. Kirain cumi segar.. Hehee,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya lebih enak cumi kering ada sensasinya. Kalau cumi segar mending ditumis atau dimasak apalah.

      Delete
  13. yak, besok weekend mau buat sambal cumi, nasi liwet, tempe goreng sama kerupuk uli kayaknya cocok nih ya pak hahahaha, nular banget lihat fotonya itu

    ReplyDelete

Post a Comment