deeva collection

5 Cara Mengatasi Stres Saat Bekerja

Konten [Tampil]
Sudah lebih dari satu tahun merasakan penatnya aktivitas secara online. Saat pandemi semua bekerjanya dari rumah secara online. Kondisi ini sedikit banyak tentu mempengaruhi kondisi diri, utamanya kondisi psikis. Saat ini sudah mulai kembali bekerja secara normal (offline). Saat bekerja secara offline terdapat potensi mengalami stres. Pekerjaan yang menumpuk dan belum tuntas akan menyebabkan stres. Agar stres tidak berkepanjangan maka dibutuhkan cara untuk mengatasi stres.
cara mengatasi stres
Designed by Using Canva

A. Penyebab Stres Kerja

Sebagai orang yang terbiasa bekerja di luar rumah, kehadiran pandemi yang mengharuskan bekerja secara online memberikan dampak tersendiri. Dampak positifnya bisa memaksimalkan waktu bersama keluarga. Dampak tidak baiknya, pekerjaan semakin menumpuk karena ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan secara online.

Bisa dibayangkan, ketika harus masuk kerja secara offline kita dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan dengan cepat karena memang sangat berhubungan dengan waktu. Kembali bertemu dengan tumpukan tugas kerja yang belum tuntas dikerjakan. Kondisi ini kemudian menjadi salah satu penyebab timbulnya stres.
cara mengatasi stres saat bekerja
Designed By Using Canva

Stres dalam dunia kerja bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya
  1. Beban kerja yang melebihi kemampuan
  2. Interaksi sesama karyawan yang tidak baik
  3. Masalah pribadi yang belum selesai
  4. Adanya pekerjaan mendadak di luar jam kerja
  5. Kurangnya komunikasi
Untuk menghindari stres maka penyebab stres kerja di atas harus dihindari sebisa mungkin. Namun demikian, menghindari saja tidak cukup, perlu ada cara untuk mengatasi stres saat bekerja.

B. 5 Cara mengatasi stres kerja

cara mengatasi stres saat bekerja
Designed by Using Canva
Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres kerja adalah sebagai berikut:

1. Buat jadwal atau agenda kerja

Membuat jadwal atau agenda kerja akan memberikan dampak positif dalam menjalankan tugas kerja. Jadwal yang disusun akan memudahkan dalam bekerja sesuai prioritas kerja.

Saat bisa membuat perencanaan kerja, orang lain atau atasan tidak akan begitu saja menambahkan beban kerja karena melihat jadwal yang ada.

2. Hindari konflik dengan rekan kerja

Menghindari konflik dengan rekan kerja harus dilakukan sebisa mungkin. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari bercanda berlebihan ataupun terlibat dalam pembicaraan yang bisa menimbulkan permasalahan dengan rekan kerja. Kalau ada masalah, bisa diajak minum kopi bersama, ajak bicara baik-baik agar tidak berlarut.

3. Mulai hari dengan bahagia

Memulai hari dengan bahagia menjadi salah satu penentu kondisi sepanjang hari. Saat memulai pagi dengan hal menyenangkan, maka akan menjadikan hari lebih menyenangkan. Sebaliknya ketika memulai pagi dengan masalah, mood yang tidak baik, rasa gusar ataupun emosi yang tidak menentu akan mengganggu konsentrasi kita.

4. Biasakan berkomunikasi

Membiasakan diri berkomunikasi akan dapat mencegah dari stres. Sebagai contoh, saat sedang ada tugas yang harus dikerjakan, dan atasan memberikan pekerjaan tambahan, maka lakukanlah negosiasi, sampaikan tentang pekerjaan yang harus diselesaikan hari itu juga.

Komunikasi juga perlu dilakukan untuk mendukung penyelesaian kerja, misal saat ada tugas yang tidak dipahami maksudnya, segeralah bertanya kepada pemberi tugas dan minta arahan.

5. Main Game Saat Istirahat

Bekerja sepanjang waktu akan menimbulkan rasa bosan, yang ujungnya menimbulkan stres. Oleh karenanya, manfaatkanlah waktu istirahat dengan baik. Banyak hal bisa dilakukan untuk mengisi waktu istirahat seperti mendengarkan musik, menonton online video streaming, atau main game.
car amengatasi stres
Designed by Using Canva
Bermain game saat istirahat tidak ada salahnya, karena dilakukan pada waktu yang tepat. Akan menjadi masalah kalau mainnya saat jam kerja. Bermain game saat istirahat menjadi salah satu alternatif pilihan saya untuk mengatasi rasa penat setelah bekerja mulai pagi sampai siang.

Biasanya, di kantor ada jam istirahat selamat 1 jam, setelah salat dan makan siang saya terkadang mengisi sisa waktu dengan nge-game. Saya memilih bermain game karena dengan bermain game bisa menjadi salah satu solusi mengatasi stres saat kerja seperti dilansir dari Kumparan.
cara mengatasi stres
Tampilan plays.org di browser HP dan laptop
Dalam memilih game saya cenderung memilih game yang tidak mengharuskan saya untuk download. Saya memilih bermain di plays.org. Seperti namanya Free Browser - Based Online Game, permainan di dalamnya bisa dimainkan dari browser baik laptop maupun android. Tidak perlu download ataupun install aplikasi tambahan. 

Di sini saya biasa bermain permainan yang sering saya mainkan sejak kecil, tentunya dengan tampilan yang lebih menarik, yaitu Tetra Block. Bermain permainan ini membuat saya harus teliti dalam menempatkan setiap bentuk block untuk bisa deretan block yang utuh untuk bisa mendapatkan score.

Game lain yang menjadi favorit saya adalah game dengan kategori Education, yaitu Zombie Typing. Saya memilih game ini karena dengan memainkannya saya bisa melatih diri meningkatkan kemampuan mengetik dengan cepat, tepat, dan benar karena harus berpacu dengan waktu.

Permainan Zombie Typing sangat seru dan menguji adrenalin. Semakin tinggi level permainan, semakin berat tantangannya. Harus bisa mengkoordinasikan penglihatan dan jari-jemari dengan selaras untuk bisa mengetikkan kata secara akurat.

Belum lagi banyaknya zombie yang berjalan dengan kata-kata yang harus di ketik. Semakin bertambah level, kecepatan zombie berjalan semakin cepat dan jumlah 
zombie semakin banyak.

cara mengatasi stres
Screenshot Game Zombie Typing
Setiap mengetik kata dengan akurat, maka zombie akan lumpuh dan terjatuh sesuai dengan kata yang ada pada zombie itu. Banyaknya zombie kadang membuat saya panik. Panik untuk mencegah para zombie agar tidak sampai mengeroyok karakter yang ada pada sisi lain yang dituju zombie. Meskipun pada akhirnya harus kalah karena kurangnya kecepatan, tapi permainan ini cukup menghibur dan membuat saya bisa kembali menyegarkan pikiran. Tentunya, menjadikan kembali bersemangat untuk menyelesaikan tugas kerja.

Buat kalian yang mau merasakan tantangan game Zombie Typing bisa buktikan sendiri. Buat yang mau mengukur kecepatan dan akurasi dalam mengetik juga bisa mencoba game ini. Selain belajar akurasi, bisa menambah vocabulary

Tapi ingat waktu ya, kalau pas kerja jangan main terus. Hanya main pada waktu di luar jam kerja, salah satunya saat istirahat. Bisa juga main bersama anak di rumah, karena banyak game edukasi di dalamnya.

Silahkan dipilih sendiri mana cara yang mau digunakan untuk mengatasi stres saat bekerja. Kalau ada yang mau seperti saya, boleh-boleh saja, mengisi jam istirahat dengan main game online.

Related Posts

32 comments

  1. Bekerja meski dimanapun tempatnya, kalau kita tidak me-manage waktu dengan baik bisa juga bikin stres ya mas
    WFH pun tidak menjamin kita tidak akan pusing mikirin kerja
    Terima kasih tipsnyan:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, mb Avi. Apalagi WFH bisa tinggi juga stres nya. Karena harus menyesuaikan diri, terlebih yang tugasnya dilapang dan tidak bisa di ganti online

      Delete
  2. wah asyik

    saya baru tau di plays.org. bisa memilih permainan dan gak usah install aplikasi

    maau coba ah, kadang suntuk dan ingin main game

    tapi malas ngunduh aplikasi yang ngabisin memory

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan banget mb, selalu ada cara untuk mengatasi stres,. Iya,Kak. Sekali download abis itu ga dipake,

      Delete
  3. Wua, patut dicoba ini tipsnya :D
    btw kalau udah main game zombie tuh kayak tegang sekaligus panik sendiri :D seru sih :D
    terima kasih sharingnya Pak Sugi :D

    ReplyDelete
  4. Zombie typing ya?? belum ku coba tuh...boleh ah mau ku coba juga. Kalau ada game yang menguji adrenalin gitu aku suka banget.

    ReplyDelete
  5. menarik juga nih gamenya. saya paling suka games menyusun kata gitu. soalnya bisa sekalian ngasah vocabulary. cobain ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuz meluncur mbak, iya, ngegame harus ada yang diupgrade dari diri

      Delete
  6. byuh, kalau stress biasane ngadem sik pak. Dengan nrobrol bareng teman. setiap orang punya cara tersendiri ya untuk mereda stress. Terlebih kaum hawa ini, yang kudu profesional kerjaan rumah gk boleh dibawa ke tempat kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, pastinya. Apalagi nagdemnya sambil minum es degan pake gula merah...

      Delete
  7. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekali menulis artikel, dua tiga tema terjalani. Mantap pisannn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hormat saya Kakak pertama. Belajar dari Bunda DIna sih

      Delete
  8. Wah, Pak Gieee bisa dicoba nih gamenya. Keren gitu kalau bener zombie-nya mati. Kebetulan lagi sumpek banget sama kerjaan. Yah malah curhat. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, begitulah, kalau sumpek bikin ngadem aja mb

      Delete
  9. wah aku dulu gak kepikiran lho kalo game ini bisa merealease stress karena ternyata kalo disikapi positif dan bijak saat menggunakan tetap ada manfaatnya ya pak hehehe, dulu gila kerja kali diriku ahahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...ada juga gila kerja ya, kerja mulu tanpa tahu waktu gitu? Iya mb, segala sesuatu ada sisi positif dan negatif, ambil positifnya aj, negatifnya sebisa mungkin hindari

      Delete
  10. Kuncinya adalah jangan menunda pekerjaan, dan refreshing main game yanh serum perlu di coba nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mb Junitha, menunda kerjaan jadi numpuk, akhirnya males, dan emosi negatif muncul terus jadinya

      Delete
  11. Wah, jadi inget plant of zombie atau apa ya dulu tuh.. Seru nih game zombie gini, stress kerjanya ilang jadi kepikiran zombinya gak nih pak.. Hehee,,

    ReplyDelete
  12. Saya sebenarnya bukan penggemar game sih. Tapi baca ulasannya Pak Gik, jadi pingin main dan bikin review nya... Terima kasih Pak Gik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mantap nih, sepertinya direview dari sisi lain nih sama Pak Dokter, bisa dari sisi kesehatan Dok,

      Delete
  13. Pas bangeet baca tulisan ini saat lagi penat menghadapi pekerjaan. Terima kasih pak gie, tipsnya sangat membantuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mb, Ajak teman makan bareng pasti ilang stress nya, kalau mau sendirian ya nge game aja

      Delete
  14. main game itu memang bikin relax banget yaa apalagi kalau lagi bosan atau ide lagi buntu. bisa banget main game biar fresh lagi

    ReplyDelete
  15. Ini suamiku banget, main game untuk ice breaking dan trigger kerjanya 😄

    ReplyDelete
  16. Masalah pribadi kadang mengguncang performa kerjaku. Huhu. Bener deh, game kadang bikin mood naik. Bagus nih, bisa dicoba gamenya.

    ReplyDelete
  17. Seru yaa...Aku juga sering kalau suntuk pelampiasannya main bareng anak-anak.
    Padahal deketan, kita ketemu di game online gitu..

    Aku coba plays.org yaah..
    Mengenang game jadul.

    ReplyDelete
  18. main game adalah andalanku hehe. tp dulu kalo lagi stres di kantor aku alihkan ke nonton yt pak hehe

    ReplyDelete
  19. Aku suka beberapa game yang ada di plays ini, simple dan gak bikin mikir. Apalagi kalau gak harus install aplikasi untuk bisa bermain

    ReplyDelete
  20. ada banyak pilihan game ya di play.org itu? kayaknya menarik ya, asal gak kebablasan main kalau di sela2 kerja, hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment