deeva collection

Menikmati Segarnya Pagi di Kebun Berkah

41 comments
Konten [Tampil]
Mengunjungi destinasi wisata sudah menjadi hal yang lumrah bagi setiap keluarga. Baik saat sebelum adanya pandemi atau ketika tempat wisata di buka dengan segala persyaratannya saat pandemi. Tentu semuanya kangen, rindu suasana kebersamaan di luar rumah. Bisa menikmati pemandangan alam di sekitar, seperti pagi ini selepas jalan-jalan pagi bersama anak dan istri, bisa mampir di Kebun Berkah.
deeva collection
Designed by Using Canva
Saat tiba di sini kita akan melihat sebuah papan nama bertuliskan Kebun Berkah yang terpasang pada dinding. Di sebelahnya terdapat pohon anggur yang merambat pada babmbu yang sudah disusun sedemikian rupa. Terlihat beberapa tangkainya menahan buah yang mulai membesar. Di bagian bawah tanaman anggur pada sisi pintu masuk terdapat tanaman sayur dalam polibag. Saat masuk kita akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa menyejukkan dan membuat kita senang melihatnya.

A. Apa Kebun Berkah?

deeva collection
Dokumentasi Kolah Terpal
Kebun berkah adalah salah satu program pemberdayaan masyarakat oleh LAZ (Lembaga Amil Zakat) RIZKI. LAZ RIZKI - Rumah Itqon Zakat dan Infak adalah sebuah lembaga amil zakat skala Kabupaten yang ada di Kabupaten Jember. Lembaga ini memiliki banyak program atau kegiatan di masayarakat mulai dari program sosial, pendidikan, ekonomi, kesehatan, bencana dan kemanusiaan.

Kebun berkah sendiri merupakan kegiatan optimalisasi fungsi pekarangan sehingga bisa memberikan nilai manfaat bagi masyarakat sekitar. Melibatkan warga dalam pengelolaanya. Selain itu juga ada pendampingan secara berkala bagi warga yang terlibat.

Kebun berkah selain menjadi tempat aktivitas ibu-ibu, juga menjadi tempat para relawan LAZ RIZKI mengaktualisasikan diri. Baik dengan menanam tanaman, ataupun mendampingi ibu-ibu dengan berbagai macam kegiatan, seperti pelatihan membuat olahan hasil kebun.

2. Ada Apa di Kebun Berkah?

Menikmati segarnya pagi
Dokumentasi Kebun Berkah


Ada apa saja di Kebun Berkah? Pertanyaan ini tentunya berisi jawaban yang merupakan alasan kenapa saya mengajak anak-anak berkunjung ke sini. Selain tempatnya yang dekat karena hanya berjaran beberapa puluh meter dari rumah. Beberapa puluh meternya juga tidak lebih dari 30 meter. Jadi, sangat dekat sekali.

Selain dekat, tempatnya yang nyaman, teduh, dan tertata juga menjadi alasan lain kenapa berkunjung ke tempat ini. Apa saja yang ada di Kebun Berkah? Intip yuk.

1. Tanaman lemon

menikmati segarnya pagi di Kebun berkah.

Apa istimewanya tanaman lemon? Di tempat lain kita bisa menemukan tanaman yang sejenis. Bahkan mungkin lebih banyak jumlahnya, dan lahannya lebih luas. Ada satu hal yang menjadi pembeda tempat ini dari tempat lain. Lemon tidak di tanam langsung pada tanah, tetapi ditanam pada pot. Satu hal lagi yang menjadikan tanaman ini istimewa adalah beberapa tanaman lemon merupakan tanaman yang dipercayakan para dermawan untuk dikelola oleh LAZ RIZKI.

2. Tanaman nanas

Menemukan pohon nanas di sekitar rumah tidaklah seperti zaman dahulu. Ketika saya masih kecil, di sekitar rumah sangat mudah ditemukan ponon nanas. Saat berbuah biasanya langsung menjadi rebutan. Nah, tanaman nanas di Kebun Berkah bukanlah tanaman nanas seperti biasanya yang buahnya banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Mengapa berbeda, nanas di sini memiliki ukaran yang berbeda. Ukuran buah nanasnya besar. Bobot satu biji buah nanas bisa mencapai lebih dari 3 kilogram.

3. Tanaman alpukat

Tanaman alpukat yang ada di sini ditata sedemikian rupa sehingga terlihat begitu rapi dan tertata. Deretan pohon alpukat mickey yang di tanam pada planterbag menambah kesejukan dan keasrian tempat ini. 


4. Tanaman Sayur

deeva collection
Tanaman Sayur Aquaponik
Tanaman sayur yang ditanam di sini adalah kangkung dan sawi. Di tanam dengan dua sistem. Pertama dengan media tanam tanah dalam polibag, dan kedua menggunakan pot dengan menerapkan sistem aquaponik.

Saat panen bersama warga, mereka diajak untuk melakukan proses memanen,menimbang dan mengikat dengan menarik. Hasil dari panen ini kemudian akan dibagikan kepada warga sekitar untuk pemenuhan nutrisi keluarga.

5. Kolam Portabel

Sebanyak enam kolam portable ada di Kebun Berkah LAZ RIZKI. Ada yang diisii dengan ikan lele, ada juga sebagian yang diisi dengan tanaman azola. Di atas kolam terpasang rangka aluminium sebagai dudukan pot-pot yang ditanami sayuran kangkung dengan sistem aquaponik.

Mengunjungi lahan seluas kurang lebih 200 meter persegi ini menghadirkan ketenangan kenyamaman, dan kebahagiaan. Saya merasa takjub melihat ada lembaga amil zakat yang berpikir hingga sejauh itu. Merangkai hal kecil menjadi bernilai. Menata hal sederhana hingga terasa manfaatnya, sampai ada ide Kebun Berkah di kota.

Related Posts

41 comments

  1. Waah, enak yaa ada tempat seperti itu di dekat rumah 🤩
    Bisa jadi wahana edukasi juga tuk anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, betul sekali, sangat dekat lagi, dan free

      Delete
  2. Waah asyik banget pak, tapi jenis tanamannya masih terbatas ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, masih sawi, kangkung, nanas, alpukat, lemon, doain ya moga bertambah. Awal ini masih ke tanaman sayur dan buah

      Delete
  3. Aduh kalau kebun berkah deket rumahku, bakal sering kesana sambil bawa tiker biar bisa botram hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, langsung gelar tike yo mb, dah seharian di sana ga usah pulang. Wkwk

      Delete
  4. Mantap sekali nih pemberdayaan dari sebuah lembaga amil zakat sampai dapat menanam segala variasi tanaman yang bermanfaat dalam keseharian. Semoga semakin berkembang Mas Ugi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Pak, doanya orang sukabumi itu mantab

      Delete
  5. Ini masuk nya gratis ya pak ? Hmm, senang ya bisa ngajak anak dan istri berkunjung ke kebun berkah. Cukup penasaran kenapa dinamai kebun berkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masuknya gratis. Dinamai kebun berkah kaen aingin menghadirkan keberkahan bagi semua. hehe

      Delete
  6. Dari dulu pingin punya halaman belakang rumah yg isinya kolam ikan, ternak ayam, sayur mayur segala rupa. Masak tinggal metk hahahah. Tapi kreatif ya lembaganya bikin gini. Masyarakatnya jg jadi dpt manfaatnya. Semoga terus tumbuh dg bak dan bs berkah bermanfaat ;) seger liatnya ijo ijo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga segera tercapai mb, jangan-jangan renov rumah buat ginian nih

      Delete
  7. masya Allah selalu senang bisa memanfaatkan lahan dengan tanam-tanaman produktif gini..barakallah Lembaga Amil Zakat RIZKI. bisa terus berinovasi memberdayakan masyarakat. eh kangkung masya Allah segeerrr !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga berkah juga buat Mb Yunnie. Btw kangkungnya seger ya mb, yuk ke Jember, kan deket sekali

      Delete
  8. Ah aku jadi pengen bikin kebun berkah juga nih pak di pekarangan. Meski kecil tp semoga berkah.

    ReplyDelete
  9. Ah aku jd pengen bikin juga nih kebun berkah di pekarangan. Walau kecil tp semoga bnr2 berkah. Aamiin.

    ReplyDelete
  10. masya allah.. bisa panen sendiri ya. pak apalggi lemon lokal terkenal lebih enak dan segar wah aku penasaran sama kolam portablenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kolam portablenya lumayan isi ikan bisa dikasihkan orang-orang yang tidak mampu, simple dengan sistem bioflog

      Delete
  11. wuaaa selalu ciamik liat hasil fotonya Pak Sugi :D.
    wah program LAZ ini sih bener-bener memanfaatkan segala aspek yang ada ya pak, semoga banyak lembaga-lembaga lain yang mengikuti jejak seperti ini :)
    terima kasih sharingnya Pak Sugi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, arahannya seperti itu, zakat produktif, kalau konsumtif terus ga maju-maju :D

      Delete
  12. Kebun berkah... Waahh sejuk dan masih asri banget ya pak.. btw masuknya free ya ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, free, ini juga baru setahun, biasanya jadi tempat relawan berkreasi juga

      Delete
  13. Masya Allah pemberdayaan program LAZ nya keren pak..
    Sekarang program LAZ itu banyak yang pemberdayaan ya pak,,
    Membuat masyarakat berdaya dan bisa berkarya sehingga bisa mandiri ke depannya,, Masya Allah,,moga semakin berkah LAZ nya pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, salah satu upaya agar zakat bisa memproduktifkan ornag-orang

      Delete
  14. Wah, di Masjid Jogokariyan di lantai 3 atapnya juga ada nih model aquaponik kayak gini :D Tapi tanaman yang ditanam bukan kangkung, tapi padi.. Dan lele nya kadang dimasak untuk sego jum'at yang dibagikan di jamaah.. Kadang dijual belikan di warga juga kalau panennya udah terlalu banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, udah lama ga ke jogokariyan, jadi penegn kesana lagi, sama mb, disini juga begitu, sebagian di jual digunakan untuk beli bibit lagi, sebagian hasil jualnya diberikan ke pengelolanya, sebagian lagi ada yang dibagikan ikannya ke sekitar

      Delete
  15. Saya paling suka kalo mengunjungi perkebunan gini. Selain udaranya segar, sekaligus bisa nimba ilmu ke para petaninya. Di jawa timur ada gak pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Dokter guyon nih, Jember kan Jawa Timur Dok. Ckckck. hehe

      Delete
  16. Waduh, kalau dekat, Bunda pasti mampir. Bunda lagi belajar menyulap lahan jadi area bermanfaat seperti ini, terutama belajar aquaponik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah wah, Bunda dina skrg main profesi sulap aja nih. hehe. Pasti bisa bun, aquaponik gampang, tutorialnya banyak kok. Semangat bun

      Delete
  17. Bagian paling menyenangkan di kebun adalah panen. Duh seneng banget, jangankan kebun keren kayak gini, ke sawah pun itu membahagiakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahagia sekali mb, apalagi berhektar-hektar sawahnya dan siap paneh, duh bersyukur banget jadinya

      Delete
  18. Keren banget program dari lembaga zakatnya pak. Benar-benar bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, bukan hanya memberi uang saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mb, uang sekali habis, kalau ilmu dan bekal bisa selamanya

      Delete
  19. Bagus banget tempatnya, bener-bener berkah ini. Bisa jadi tempat wisata juga ya..

    ReplyDelete
  20. Wah enak ya pak bisa ke tempat kayak gini. Buat edukasi anak2 cocok, refreshing ortunya juga cocok. Di sini nggak ada soalnya pak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, refreshing tipis tipis dan edukasi anak

      Delete
  21. Waah asyik banget si ke kebun dan ada alpukat, apalagi kalau bisa petik dan makan hmm enaknya

    ReplyDelete

Post a Comment