deeva collection

Kegiatan Ngabuburit Untuk Menunggu Waktu Berbuka

Konten [Tampil]
Kegiatan ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka selalu menjadi waktu penuh cerita dan keseruan saat ramadhan tiba. Ngabuburit menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Setiap orang memiliki aktivitas mereka sendiri dalam mengisi ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka tiba.
kegiatan ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka
Sekian lama berpuasa dan ikut tradisi ngabuburit saya baru tahu loh kalau ngabuburit berasal dari bahasa Sunda Mengabuburit.

Wikipedia menyebutkan bahwa ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu dalam menunggu waktu berbuka puasa pada bulan Ramadan.

Meskipun setiap ramadhan berbeda suasana, beda generasi, ataupun beda zaman, namun kegiatan ngabuburit masih tetap eksis. Apa saja kegiatan ngabuburit saat ramadhan yang bisa menjadi pilihan kita? Yuk simak ulasannya.

A. 10 Ide Kegiatan Ngabuburit saat Ramadhan

1. Membaca Alquran

Ramadhan tidak akan disia-siakan begitu saja. Semua akan berlomba untuk memenuhi hari-harinya dengan ibadah salah satunya dengan membaca Alquran sambil menunggu azan maghrib.

Membaca Alquran bisa digunakan orang tua untuk menjalankan tanggungjawab mereka kepada anak. Mengajarkan tentang ayat-ayat Allah.
ngabuburit menunggu waktu berbuka
Selain itu, orang membaca Alquran saat ramadhan karena pada bulan ini Alquran diturunkan. Dalam menyelesaikan membaca Alquran mereka memiliki metode tersendiri. Cara khatam Alquran setiap orang tentunya berbeda-beda ya, tergantung dari kebiasaan mereka bagaimana. 

2. Membagikan takjil

Membagikan takjil menjadi salah satu kegiatan ngabuburit. Orang-orang baik secara pribadi ataupun bersama mendatangi beberapa masjid dan mengantarkan menu takjil.

Menu takjil ini kemudian akan dinikmati oleh setiap orang yang ada di masjid.

3. Mendengarkan ceramah

Kajian-kajian keislaman disaat ramadhan menjadi hal yang biasanya diagendakan oleh masjid-masjid sebagai bentuk mengisi waktu menunggu tibanya waktu buka puasa.

Biasanya menjelang maghrib atau 30 menit sebelum waktu berbuka, orang-orang akan ramai-ramai mendatangi masjid untuk ngabuburit dengan mendengarkan ceramah atau mengikuti kajian keislaman.

Saat azan terdengar mereka akan membatalkan puasa bersama. Kemudian dilanjutkan salat Maghrib dan menikmati menu berbuka bersama-sama.

4. Berburu Kuliner

Kegiatan ngabuburit yang dilakukan semua orang adalah berburu kuliner. Bulan puasa semua orang menggunakan waktu sore mereka dengan pergi ke tempat yang menjual aneka kuliner.
ngabuburit saat ramadhan
Biasanya orang-orang lebih banyak berburu menu kuliner favorit untuk membatalkan puasa seperti takjil.

Takjil sendiri memiliki banyak jenis, baik yang berkuah ataupun yang kering. Seperti kolak, es buah, es jus, asinan, kue basah, dan lain sebagainya.

5. Jalan-jalan

Ngabuburit kadang kala juga dihabiskan dengan jalan-jalan bersama. Setiap daerah biasanya memiliki tempat tersendiri yang biasa dikunjungi saat sore hari.

Sekedar keliling kampung, mendatangi taman kota, atau jalan mengelilingi alun-alun kota bersama keluarga. Bahkan jalan-jalan tidak jelas juga ada, tidak jelas mau kemana. Pokoknya muter-muter sambil menunggu datangnya waktu berbuka.

6. Memasak menu berbuka

Kalau tadi ada yang suka berburu kuliner menu takjil, ada juga loh yang ngabuburit dengan mempersiapkan aneka menu hidangan berbuka puasa. Memasak sendiri menu buka puasa di rumah dilakukan untuk menyediakan menu berbuka yangnikmat dan sesuai selera.
buka puasa bersama
Ada juga yang memilih memask sendiri di rumah karena akan ada kegiatan bukber atau buka bersama di rumah bersama teman-teman.

Mengingat memasak membutuhkan waktu tidak sebentar, biasanya orang-orang akan memulai kegiatan memasak pada pukul 14.00.

Mereka akan mempersiapkan nasi, sayur, lauk pauk dengan resep pilihan, dan menu pelengkap lainnya seperti takjil dan kudapan lain.

7. Membersihkan rumah

Jika di hari biasa membersihkan rumah dilakukan pada pagi hari, saat ramadhan biasanya dilakukan pada sore hari. Setelah memasak dilanjutkan dengan membersihkan rumah, kemudian bersih diri dan menunggu waktu berbuka dengan kegiatan ngabuburit lainnya.

8. Menonton TV atau Youtube

Menonton film bisa menjadi salah satu kegiatan untuk mengisi waktu ngabuburit. Biasanya saat ramadhan ada tayangan-tayangan islami untuk menambah khasanah keilmuan. Baik itu film ataupun ceramah di televisi atau media online.

9. Membaca bersama

Kegiatan membaca bersama saat ramadhan akan menjadikan waktu ngabuburit makin asik. Orang tua bisa membacakan buku bagi anak-anak.

Membaca buku bersama atau membacakan buku bagi anak bisa merupakan salah satu bentuk kegiatan atau aktivitas stimulasi perkembangan anak.

Kalau tidak mau membaca buku bisa dengan menyimak bersama menggunakan aplikasi audiobook yang saat ini sedang trend.

10. Scrolling media sosial

Ups…puasa-puasa scrolling media sosial? Tidak ada salahnya juga ya, scrolling saat puasa asalkan tidak untuk ghibah.

Kita bisa mencari banyak hak dari media sosial seperti referensi menu buka puasa, menu sahur yang bisa kita recook, atau mendengarkan ceramah singkat dari ustaz idola mereka.

B. Penutup

Kegiatan ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka puasa ternyata sangat beragam ya. Dari 10 kegiatan yang bisa digunakan mengisi tradisi ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka mulai dari membaca alquran, berburu kuliner, mendengarkan ceramah sampai menggunakan aplikasi audiobook, favorit kalian yang mana?

Related Posts

Post a Comment