deeva collection

Cara Mudah Perpanjangan STNK Motor di Samsat Drive Thru

Konten [Tampil]
Setiap orang yang memiliki kendaraan tentu memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK ) sebagai salah satu bukti kepemilikan kendaraan. Setiap tahun mereka harus melakukan perpanjangan STNK atau biasa dikenal dengan membayar pajak kendaraan. Seperti yang saya lakukan pagi ini, melakukan perpanjangan STNK di Samsat Drive Thru Jember. Apa syarat dan bagaimana cara perpanjangan STNK di Samsat Drive Thru Jember?
Apa syarat dan bagaimana cara perpanjangan STNK di Samsat Drive Thru Jember
Oh iya, ini pengalaman kedua saya melakukan perpanjangan STNK di Samsat Drive Thru. Saya menuliskan pengalaman ini, agar suatu saat nanti bisa menjadi salah satu cerita bagi anak-anak bagaimana cara melakukan perpanjangan STNK secara manual atau tidak berbasis online. Kenapa saya menuliskan?

Jujur, saya terinspirasi dengan tulisan-tulisan teman blogger saya, Mbak Dresti,yang selalu menuliskan apa yang ada di sekitarnya. Setiap yang dialami dan dilakukannya dia tuliskan di blognya. Oh iya, nama blog Mb Desti adalah eclacthings. Penasaran dengan apa itu eclacthings bisa langsung cek ya. Di dalamnya banyak loh tulisan yang bermanfaat.

A. Tempat Perpanjangan STNK di Kabupaten Jember

Bagi warga Jember terdapat tiga Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) yang melayani perpanjangan STNK yaitu Samsat Kaliwates yang berada di Kecamatan Kaliwates, Samsat Dr. Soebandi yang berada di Kecamatan Patrang, dan Samsat Drive Thru yang berada di Kecamatan Sumbersari.

Seperti saya sampaikan, kali ini saya akan menceritakan pengalaman melakukan perpanjangan STNK atau membayar pajak kendaraan tahunan di Samsat Drive Thru.

perpanjangan STNK atau membayar pajak kendaraan tahunan di Samsat Drive Thru Jember

1. Lokasi Samsat Drive Thru

Saya memilih Samsat Drive Thru karena memang lokasinya lebih dekat dari rumah. Rumah saya di bilangan Jalan karimata, sedang Samsat ini berada di Jalan Kalimantan. Tepatnya di halaman Kantor Bakorwil Jawa Timur V, yaitu di Jalan Kalimantan No. 13 Krajan Sumbersari.

2. Jam Operasional

Sama seperti Samsat lainnya, Samsat Drive Thru juga memberikan layanan selama 6 hari kerja di hari efektif yaitu dari Hari Senin sampai Hari Sabtu.
  • Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 12.00 WIB
  • Hari Jumat pukul 08.00 – 11.00 WIB
  • Hari Sabtu pukul 08.00 – 12.00 WIB
Sudah tahu jam operasionalnya, sehingga teman-teman di Jember atau yang dari luar kota mau perpanjangan STNK di Jember bisa memilih waktu sekalian pulang kampung. Kecuali memilih perpanjangan STNK secara online.

B. Persiapan Perpanjangan STNK

Pagi-pagi sekali saya menghubungi atasan untuk meminta izin datang ke kantor agak siangan karena harus melakukan perpanjangan STNK. Tidak lama kemudian ada notifikasi balasan yang intinya memberikan saya izin.

Selepas itu saya melakukan rutinitas lain di rumah yaitu memandikan si kecil Baby El (Muhammad Alwi El Rumi), putra pertama kami. Lelaki kedua di keluarga deeva collection. Sebelumnya hanya saya laki-lakinya.
perpanjangan STNK atau membayar pajak kendaraan tahunan di Samsat Drive Thru

Masih ada waktu, melanjutkan dengan diskusi di group alumni blogspedia coaching batch 2. Ada persiapan kejutan untuk ulang tahun Coach marita. Orang yang selama ini mengajarkan tentang banyak hal berkaitan dengan dunia blog.

Masih sekitar setengah jam menuju acara yang disepakati pukul 07.30 WIB. Saya segera memberikan kabar kepada beliau untuk memasukkan ke WAG lokasi acara pukul 07.30 WIB. Selesai amanah, tinggal menunggu show berlangsung.

Masih ada banyak waktu yang tidak boleh disia-siakan, saya gunakan untuk mengambil gambar beberapa produk. Seperti biasa dibantu si Kakak Adeeva yang selalu antusias dan mau diajak repot. Sehingga dia ada waktu mengasah kreativitas dan belajar daring, lebih tepatnya bagian dari eksplorasi minat dan bakat anak

Kegiatan paginya adalah setting lokasi, dan segala pernah pendukungnya. Terakhir minta tolong Adeeva untuk mengambil gambar saya dan produk. Ini sebagai bagian dari cara membangun bonding dengan anak, membangun value pada anak.

Setelah semua dilakukan termasuk membuka acara dan menayangkan video, saya segera menuju Samsat Drive Thru untuk melakukan perpanjangan STNK.

C. Perpanjangan STNK

Tepat pukul 08.00 WIB saya sudah tiba di lokasi. Segera saya masuk melalui gerbang masuk dan memarkir sepeda motor di belakang pos keamanan. Meletakkannya di bawah pohon yang rimbun.
membayar perpanjangan pajak STNK

Saya melangkahkan kaki dengan penuh semangat ketika mendapati loket masih sepi. Hanya ada dua orang yang akan membayar perpanjangan pajak STNK. Seorang wanita yang tidak terlalu tua. Berjilbab dengan paduan pakaian yang sopan dan menutup aurat.

Petugas di luar mengarahkan kami untuk mengeluarkan STNK lama dari plastik pembungkus. Kemudian meminta kami menuliskan nomor HP tepat di sebelah kanan nama yang ada di sisi kiri atas STNK.Setelah itu saya menuju ke loket.

1. Loket Pendaftaran

Setelah mengikuti arahan petugas di luar loket, saya mendatangi loket pendaftaran tepat setelah ibu di depan saya menyerahkan STNK lamanya. Saya menyerahkan lembaran bukti pembayaran yang lama berikut STNK lima tahunan dan juga KTP asli sesuai nama yang tertera di STNK.

Namanya drive thru, tentu tidak ada kursi. Kalau antrian sedikit sangat enak, tidak perlu berlama-lama berdiri. Kalau yangantri seabrek, harus sabar mengantri sambil berdiri. Beruntung pagi ini datang lebih awal, sehingga tidak antrian.

Saya bergeser sedikit kurang lebih satu sampai satu setengah meter ke arah kiri, tepatnya mengantri di depan loket pembayaran.

2. Loket pembayaran

Setelah mengumpulkan berkas yang dibutuhkan untuk pembayaran STNK, kita hanya perlu menunggu beberapa menit. Tidak lebih dari lima menit.

Sambil menunggu petugas mencetak Bukti Pembayaran (STNK), saya menyibukkan diri mengambil beberapa gambar untuk kebutuhan menulis. Semenjak menjadi seorang blogger, kemana-mana saya selalu mencatat poin penting yang saya lihat dan mengabadikan beberapa gambar untuk mendukung tulisan.
Cara Mudah Perpanjangan STNK Motor di Samsat Drive Thru

Saya melihat dari balik kaca pembatas, petugas sedang mencetak lembaran STNK dan memotong sesuai dengan garis potong. Tidak lama, terdengar petugas perempuan dengan seragam tertutup dan berhijab memanggil nama yang tertera di STNK. Saya segera mendekat dan menanyakan nominal yang harus dibayarkan.

Saya menyerahkan lembaran lima puluh ribu, 20 puluh ribu dan sepuluh ribu kepada petugas. Selanjutnya menyampaikan kalau saya harus ke ATM untuk mengambil uang. Saya jarang menaruh uang di dompet, kecuali ada agenda keluar maupun ke luar kota baru isi dompet.Segera melajukan sepeda motor ke ATM terdekat dan kembali lagi untuk membayarkan kekurangannya.

Proses serah terima pembayaran perpanjangan STNK dan lembaran STNK selesai. Itu artinya saya sudah selesai melakukan perpanjangan STNK melalui Samsat Drive Thru.

D. Kesimpulan

Untuk melakukan perpanjangan STNK pastikan sudah membawa STNK nya dan bukti pendukung lain, yaitu KTP. Jika sudah siap, lihatlah nominal yang tertera pada STNK agar tidak kekurangan dana seperti saya.

Hal lain yang perlu kita pastikan saat melakukan perpanjangan STNK adalah jam operasional dan harinya. Saat mengetahui hal ini kita bisa merencanakan jauh-jauh hari kapan akan menunaikan kewajiban sebagai warga negara dan sebagai pemilik kendaraan bermotor.

Biasanya sering kali juga ada keluhan pelayanannya lama. Sebenarnya bukan pelayanannya yang lama, tapi kita datang kurang awal. Padahal prosesnya cepat, hanya antriannya yang panjang, sehingga terasa lama proses melakukan perpanjangan STNK.




Related Posts

13 comments

  1. Wah perjalanan yang panjang rupanya hari ini ya. Masuk juga acara pagi tadi wkwkwk

    Btw, aku belum pernah tahu cara perpanjangan STNK, dari sini jadi tahu prosedurnya. Nice!

    ReplyDelete
  2. Lebih memudahkan bagi yang ingin memperpanjang STNK,

    ReplyDelete
  3. Sepertinya layanan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan dengan layanan drive thru menjadi memperpendek waktu

    ReplyDelete
  4. Wahh layanan seperti ini sangat membantu buat mereka yang ingin memperpanjang STNKnya namun tidak memiliki waktu banyak untuk mengurusnya. Sayangnya di kotaku belum ada layanan seperti ini

    ReplyDelete
  5. ide bagus, selalu menulis kegiatan sehari. hari

    karena banyak menolong

    seperti waktu saya cari informasi di dekat tempat tinggal saya sendiri

    ternyata ada blog post dari teman blogger, Alhamdulilah

    ReplyDelete
  6. Ah ini juga cerita konyol kak pernah aku alami ketika perpanjangan STNK secara samsat drive thru. Dari rumah sudah semangat. Jarak rumah ke lokasi agak jauh. Nah aku juga kemana-mana tidak pernah bawa uang cash banyak semua pakai ATM. Berpikir tinggal gesek. Ternyata pas mau bayar harus cash. Waduh konyol mana lokasi ATM jauh lagi. Pelajaran banget kalau pergi ke suatu tempat harus tahu benar apakah terimakasih pembayaran dengan kartu/ tidak

    ReplyDelete
  7. Enaknya yang pelayanan drive thru ini adalah soal lokasi dan tidak adanya kerumunan. Setidaknya tidak sepadat di tempat resminya.

    ReplyDelete
  8. Itulah, sering orang bilang lamaaa, padahal prosesnya cepat, hanya antriannya yang panjang, sehingga terasa lama proses melakukan perpanjangan STNK.
    Senangnya bisa lewat drive thru perpanjangan STNK ya
    Kalau saya di Jakarta, Gerai Samsat ada di beberapa mal besar, jadi kalau Sabtu sekalian ngemal, kalau ada urusan perpanjangan STNK atau SIM bisa dilakukan. Mudah dan nyaman.

    ReplyDelete
  9. Bawa dana jangan sampai lupa juga ya. Bisa dalam bentuk tunai maupun simpan di e-wallet jadi otomatis selalu inget. Biar lancar urusan perpanjangan

    ReplyDelete
  10. Nah..perpanjangan STNK Drive Thrue ini hadir untuk memudahkan para wajib pajak karena lebih efisien waktu dan pastinya bisa meminimal kerumunan sebagai setandard prokes di masa pandemi ini

    ReplyDelete
  11. Suami kalau perpanjang STNK juga pilih ke drive thru, yang lokasinya dipojok alun-alun Malang. jadi setelah dapat nomor antrian bisa ditinggal nongkrong dulu di alun-alun, soalnya biasanya antrian panjang

    ReplyDelete
  12. Saya pernah ikut suami bayar pajak dan perpanjangan STNK dan pengalaman itu saya tulis di blog. Ternyata itu jadi salah satu artikel penyumbang PV organik terpopuler sampai sekarang. Saya juga sertakan jadwal samsat keliling Kota Pemalang yang ada di setiap kecamatan sebagai pelengkap informasi.

    Memang banyak yang tidak tahu bagaimana cara membayar pajak dan STNK tapi malu bertanya, jadi mereka cari di penelusuran google.

    ReplyDelete
  13. Dulu sebelum pandemi, Samsat Drive Thru Manyar Surabaya mobil dan motor yang mengantri menuju loket. Sistem mirip Drive Thru Mc D, jadi si pengendara nggak perlu turun dari kendaraannya.

    Namun sejak pandemi, namanya sekarang dirubah menjadi Walk Thru. Karena kami diharus jalan kaki menuju loket, sedangkan kendaraannya ditaruh di parkiran Samsat.

    Anw tetep cepet koq pelayanannya, nggak perlu antri panjang.

    ReplyDelete

Post a Comment