Simak Cara Memasang Google Search ConsoleTerbaru

1 comment
Konten [Tampil]
Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu pemilik website/blog dalam memantau, memelihara, dan memecahkan masalah saat penelusuran di Google. Google Search Console menyediakan berbagai fitur dan laporan yang dapat membantu memahami bagaimana Google melihat website atau blog, dan cara meningkatkan kinerjanya di hasil penelusuran.

Untuk menggunakan Google Search Console, Terlebih dahulu harus melakukan pembuatan property atau melakukan pemasangan Google Search Console. Pada tulisan sebelumnya saya juga menuliskan tentang bagaimana cara memasang Google Search Console. Namun kali ini saya menuliskan ulang dengan beberapa tambahan informasi khususnya pada tahap ownership Verification. Bagaimana cara memasang Google Search Console (GSC)  terbaru ini? Berikut langkah-langkahnya
install Google Search Console

Cara Memasang Google Search Console

Google Search Console sebagai salah satu layanan yang disediakan Google bagi pengguna website atau blog memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk mengetahui masalah yang berhubungan dengan website atau blog, misal kecepatan loading. Berikut Cara Memasang Google Search Console pada blogspot

Untuk memulai pemasangan Google Seach Console bisa dengan langsung mengunjungi laman Google Search Console atau melalui Dashboard Blogspot.

1. Masuk ke laman Google Search Console

cara memasang Google Search Console

Tahap pertama Anda bisa masuk langsung ke laman Google Search Console. Anda juga bisa mengatur melalui Dashboard Blogspot. Silakan login ke akun Blogspot Anda. Setelah itu pilih menu Setting, pada sisi kanan lakukan Scroll hingga mendapati menu Crawler and Indexing. Pada menu ini ada pilihan Google Search Console. Ketika diklik anda akan dibawa masuk ke laman utama Google Search Console.

2. Mulai Membuat Search Console

Saat sudah berada di laman utama Google Search Console, silakan klik Start atau Mulai Sekarang.

3. Buat Property

cara pasang Google Search Console

Anda berada di halaman untuk membuat property. Pada pilihan ini pilih Url prefix dengan memasukkan alamat domain blog pada isian yang tersedia. Kemudian klik Continue.

4. Ownership Verification

Membuat GSC


Kini Anda berada pada Ownership Auto Verification. Pada pilihan ini pilih Go To Property. Anda akan dibawa masuk ke halaman property pada Google Search Console. Pilih Start dan Anda akan dibawa ke halaman utama Google Search Console.

Meskipun sudah terverifikasi secara otomatis, Anda perlu melakukan verifikasi dengan menggunakan pilihan metode seperti HTML, GTM, Google Analytics. Pada cara memasang Google Search Console ini, akan diberikan cara verifikasi Google Search Console dengan Google Analytics

Cara Verifikasi Google Search Console

Setelah melalui proses tentang cara memasang Google Search Console, tahap selanjutnya adalah melakukan verifikasi ownership. Adapun cara verifikasi Google Search Console yaitu

1. Masuk ke property GSC

Masuk ke halaman utama akun atau property Google Search Console yang sudah anda buat.

2. Pilih Ownership Verification Methods

Pilih menu Setting. Pada Dialog General Setting, pilih Ownership Verification. Anda akan disajikan beberapa metode dalam verification. Pada Additional Verification Methods pilih Google Analytics, lalu pilih Verify. Maka anda akan terverifikasi sebagai pemilih.

3. Ownership Verified


verifikasi kepemilikan Google Search Console

Anda sudah berhasil melakukan verifikasi kepemilikan. Anda akan melihat ada dua Ownership Verification methods yang sudah anda pilih. Satu metode verifikasi otomatis yaitu Affiliated Product dan kedua dengan Google Analytics.

Sudah mengikuti proses cara verifikasi Google Search Console melalui menu Setting Ownership? Selamat anda sudah berhasil.

Cara menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console

Google Analytics dan Google Search Console, keduanya sama-sama merupakan layanan yang disediakan oleh Google. Keduanya sama penting bagi blog atau website yang Anda kelola.

Anda sudah mengetahui dan mencoba cara memasang Google Search Console. Pada tahap kali ini, juga akan diberikan proses atau cara menghubungkan Google Search Console dengan Google Analytics yang sudah Anda buat.

Jika anda belum memiliki akun Google Analytics GA 4, Anda bisa mengikuti langkah pemasangan pada artikel berjudul Cara memasang Google Analytics GA 4 di blogspot. Anda juga bisa mengikuti proses pemasangan Google Analytics GA 4 dengan cara lain yaitu menggunakan Google Tag Manager.

Untuk cara ini Anda bisa mengikuti proses pada artikel berjudul Cara memasang Google Analytics GA 4 menggunakan GTM.

Jika sudah melakukan pemasangan Google Analytics GA 4, langkah selanjutnya adalah menghubungkan kedua layanan dari Google itu. Bagaimana cara menghubungkan Google Analytics GA 4 dengan Google Search Console? Berikut langkah-langkahnya:
  1. Tahap pertama, silahkan login ke akun Google Analytics yang dimiliki. Setelah berada di Google Analytics GA 4, masuk ke Property GA 4 melalui Admin.
  2. Pada Google Property, scroll ke bawah hingga menemukan pilihan Google Search Console Links.
    Google Search Console Links

  3. Klik Google Search Console Links, maka Anda akan dibawa masuk ke menu Search Console Links. Pada sisi kanan klik Link maka kita akan dibawa masuk ke proses pembuatan link.
    Connect GA to GSC

  4. Saat ini Anda berada di menu Create a link with Search Console.
  5. Pada Link set up, mulai dengan memilih Search Console Property. Caranya klik Choose Account.
  6. Setelah itu, Anda akan dibawa masuk pada daftar property yang anda kelola. Pada property yang Anda pilih klik Checkbox sampai muncul tanda Check, lalu pilih Confirm pada bagian kanan atas.
    Google Search Console Links

  7. Anda akan dibawa kembali ke Link Setup menu dengan property Search Console yang sudah dipilih. Silakan lanjutkan dengan pilih Next.
  8. Masuk langkah selanjutnya yaitu mengisi data Web Stream. Silakan pilih Select, dan pilih Data Stream yang tersedia. Setelah itu Anda akan dibawa kembali ke menu Link Setup.
    Menghubungkan GA ke GSC

  9. Selanjutnya pilih Next, maka anda akan dibawa masuk ke tahap Link Setup selanjutnya yaitu Review and Submit. Jika anda sudah yakin dengan property Search Console dan Data Stream yang diisikan, silakan pilih Submit.
    menghubungkan Google Analytics GA 4 ke Google Search Console

  10. Anda akan dibawa masuk ke menu Create a link with Search Console dengan tampilan url prefix dilengkapi keterangan Link Created di sebelah kanannya. Selain itu juga ada informasi data stream yang digunakan. Anda bisa Close info ini dengan memilih tanda (x) pada bagian kiri atas menu Create a link with Search Console.
Selamat! Anda sudah berhasil menghubungkan Google Analytics dengan Search Console Anda.
Itulah cara menghubungkan Google Analytics GA 4 dengan Property Search Console yang anda miliki.

Submit Sitemap ke Google

Sitemap memiliki fungsi penting bagi website atau blog yang anda miliki. Sitemap ini berisi daftar seluruh artikel yang ada di dalam blog. Strukturnya hanya berisi judul dan url saja. Sitemap ini adalah file berformat .Xml.
submit sitemap to Google Search Console

Cara menghubungkan sitemap adalah dengan melakukan pengaturan pada Google Search Console dengan langkah berikut:

1. Login ke GSC

Masuk ke halaman property Google Search Console atau GSC anda.

2. Masukkan sitemap

Pilih menu Sitemap, dan isikan sitemap pada isian tersedia. Pada Add a new sitemap khususnya pada *Enter sitemap url* ketikkan *sitemap.xml*

3. Submit

Setelah itu submit. Jika sukses akan muncul pop up. Silakan pilih Got It. Anda sudah berhasil memasukkan Sitemap. Pada bagian Submitted sitemaps akan muncul sitemap yang sudah Anda submit seperti gambar di bawah ini. Anda juga bisa menambahkan sitemap lain seperti sitemap-page.xml.

Itulah cara mengatur sitemap pada Search Console yang akan memudahkan anda dalam proses mengoptimalkan performa website.

Kesimpulan

Google Search Console adalah alat yang sangat powerful yang dapat membantu Anda memantau, memelihara, dan meningkatkan kualitas blog atau website Anda. Jika ingin blog atau website Anda lebih berhasil dalam penelusuran Google, maka Anda harus menggunakan Google Search Console.

Related Posts

1 comment

  1. Artikel yang sangat membantu blogger untuk memasang GSC, Kang. Terima kasih sudah berbagi informasi

    ReplyDelete

Post a Comment