Tips Memulai Usaha Jus Buah 5000 Modal 5 Jutaan

Konten [Tampil]
Memulai usaha jus buah 5000 bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan. Bukan hanya itu, usaha jus buah ternyata juga bisa menjadi bisnis utama anda dan keluarga jika dijalankan dengan penuh keuletan.

Usaha Jus Buah 5000

Siapa sangka dari usaha jus buah 5000 menjadi awal sukses bagi seseorang. Seperti dialami salah seorang kakak angkatan saya semasa kuliah.

Dia memulai usaha dari berjualan jus buah. Bukan lagi Rp 5000 tapi waktu itu dijual dengan harga Rp. 4.000 per cup. Setelah sekian lama baru menjadi Rp.5.000 per cup.
tips memulai usaha jus buah segar
Tempat usaha awalnya hanya berupa gerobak di pinggir jalan. Seiring perjalanan waktu, usaha jus yang dijalankan semakin ramai oleh pelanggan. Dia pun memperluas tempat dengan menyewa tempat ukuran 3x4 meter untuk mendukung usahanya.

Ramainya usaha jus buah 5000 yang dijalankan membuat dia dan rekannya semakin mengembangkan usaha. Kini selain menjalankan usaha jus buah, dia juga menjalankan usaha jual buah.

Outlet yang dimiliki tidak lagi 3x4 meter. Lebih dari itu. Bisa dibilang sudah 6 kali lipat luasnya. Setiap hari selalu ramai oleh pengunjung.

Ada juga sosok perempuan yang rumahnya di pedesaan. Dulunya bekerja sebagai pegawai pada toko buah dan jus. Setelah beberapa tahun dia mengundurkan diri. Membuka usaha jus buah 5000. Setelah hampir dua tahun memberanikan diri menyewa tempat. Kini sudah bisa membuka kios buah juga di lokasi yang digunakan untuk berjualan jus.

Peluang usaha jus buah

Peluang usaha jus buah 5000 ini terbilang sangat terbuka lebar. Seperti dibahas sebelumnya, setiap orang suka dengan jus buah. Selain pilihan buahnya banyak, harganya boleh dibilang sangat terjangkau.
usaha jus buah 5000

Selain itu, macam-macam jus buah untuk jualan yang anda sediakan menjadi solusi bagi banyak kalangan. Mereka tidak perlu repot membeli buah dan meramunya sendiri. Bahkan sambil bekerja mereka bisa menikmati jus buah kesukaan hanya dengan melakukan pemesanan secara online.

Berbicara peluang usaha jus buah 5000, siapapun masih bisa menangkap peluang itu. Apapun latar belakang anda. Mau anda seorang pegawai tetap atau mahasiswa sekalipun juga bisa mengambil peluang ini.

1. Bisa dijual online

Usaha jus buah bisa dilakukan secara online tanpa perlu ada tempat khusus seperti kios atau outlet. Bisa dijual dari rumah dan anda tinggal mendaftarkan diri pada beberapa platform pemesanan makanan berbasis aplikasi.

2. Penjual jus buah jarang

Penjual atau pelaku usaha jus buah 5000 masih belum begitu banyak jumlahnya. Jika anda melihat sudah banyak gerobak atau kedai jus buah itu hanya di daerah itu saja. Padahal masih banyak daerah lain yang bisa menjadi pasar namun tidak disentuh. Ini peluangnya lebih besar.

3. Harga buah relatif stabil

Harga buah yang relatif stabil dan mudah didapatkan membuat usaha ini menjadi semakin mudah untuk dijalankan.

4. Kebutuhan konsumsi buah

Kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi buah semakin bertambah. Namun mereka memiliki keterbatasan waktu untuk bisa mengonsumsi dalam bentuk jus. Sehingga ini menjadi peluang bagi pelaku usaha jus buah segar.

Rincian biaya usaha jus buah

Memulai usaha jus buah 5000 tidak membutuhkan terlalu banyak biaya. Biaya paling besar yang perlu disiapkan adalah untuk membuat gerobak atau etalase jualan. Selebihnya dibutuhkan biaya tidak terlalu besar, yaitu untuk membeli juicer. Anda bisa memilih juicer dari harga yang paling murah hingga paling mahal.
rincian biaya usaha jus buah
Anda berminat untuk membuka usaha jus buah? Berikut rincian modal usaha yang bisa menjadi acuan bagi anda.

1. Modal Investasi Awal

Uraian

Biaya (Rupiah)

Gerobak / Booth

Rp. 1.750.000

Mesin Jus/Blender

Rp.    500.000

Biaya lain-lain

Rp.    500.000

Termos Es

Rp.    150.000

Total investasi modal awal

Rp. 2.900.000


2. Biaya Operasional

Uraian

Biaya (Rupiah)

Aneka buah @ Rp. 15.000

Rp.    750.000

Straw/Sedotan (400 pcs) @ Rp. 250

Rp.    100.000

Cup (400 pcs) x @ Rp. 600

Rp.    240.000

Gula, Susu, Madu

Rp.    400.000

Es Batu

Rp.      60.000

Listrik, Air

Rp.    300.000

Pegawai

Rp.    700.000

Total Biaya Operasional

Rp. 2.550.000


3. Laba dan Break Event Point

Jika diasumsikan dalam satu hari dapat menjual 50 cup dari usaha jus buah 5000 dengan harga Rp 5.000 per cup maka keuntungan kotor sebesar : 50 x Rp 5000 = Rp 250.000 per hari. Omzet dalam satu bulan sebesar : Rp 250.000 x 30 hari = Rp 7.500.000,-

Usaha jus buah ini bisa memberikan omset sebesar Rp. 7.500.000 dalam satu bulan. Keuntungan bersih yang didapatkan : Rp 7.500.000 - Rp 2.550.000 = Rp 4.950.000/ bulan. Tentu ini keuntungan yang sangat banyak.

Jika dikurangi dengan modal awal sebesar Rp. 2.900.000,- maka profit bersih yang akan dikantongi adalah Rp. 4.950.000, - Rp. 2.900.000, = Rp. 2.050.000,-..

Berdasarkan asumsi di atas, maka modal.yang anda investasikan untuk usaha jus buah 5000 akan bisa kembali atau BEP pada bulan pertama usaha. Pada bulan selanjutnya, keuntungan usaha yang didapatkan adalah murni profit bersih dan sudah tidak ada sangkut pautnya dengan modal awal.

Potensi keuntungan yang besar inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang mengambil peluang usaha jus buah yang segar. Jika anda sudah memiliki beberapa perlengkapan seperti juicer, termos es dan gerobak atau etalase, maka anda bisa memulai usaha dengan modal awal yang lebih sedikit dari asumsi di atas.

Apa Saja Manfaat dari Jus Buah

Jus buah terbuat dari buah yang kaya akan nutrisi dan vitamin, tentunya memiliki manfaat bagi tubuh. Di antara manfaat jus buah segar bagi tubuh adalah 

1. Melancarkan sitem pencernaan

Mengonsumsi jus buah dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan, karena kandung nutrisi di dalamnya mudah untuk diserap oleh tubuh.

2. Membantu menurunkan berat badan

Sering kali orang mengonsumsi buah atau jus buah untuk mencapai tujuannya membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena jus buah tidak mengandung kalori. Namun demikian perlu diperhatikan bahwa selain mengonsumsi buah, konsumsi gizi berimbang juga perlu dilakukan agar proses menurunkan berat bada bisa berjalan dengan optimal.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah yang kaya akan vitamin dan mineral seperti viatmin A dan vitamin C sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, serta dapat membantu melawan virus penyebab penyakit.

Macam-macam buah untuk jualan jus

Macam-macam jus buah untuk usaha jus buah 5000 yang disediakan oleh penjual jus buah beragam jenisnya. Selain itu sangat cocok untuk menambah asupan nutrisi bagi tubuh.

Banyaknya peminat jus buah , membuat bisnis yang satu ini menjadi salah satu jenis usaha yang banyak dijalankan orang.

Berikut macam-macam jus buah untuk jualan dan manfaatnya yang biasa anda nikmati bersama teman, dan keluarga.

1. Jus nanas

Jus nanas masuk dalam deretan macam-macam jus buah untuk jualan yang banyak diminati orang. Kandungan vitamin C yang dimiliki memberikan manfaat bagi kesehatan. Buah dengan tekstur kulit kasar ini memiliki rasa yang merupakan perpaduan antara manis dan sedikit asam.

Manfaat buah nanas sendiri banyak sekali, diantaranya untuk memperkuat tulang, mengandung antioksidan penangkal penyakit, dan meredakan peradangan. Tentunya masih banyak sederetan manfaat lain dari buah nanas.

2. Jus jeruk

Sama dengan nanas, jeruk juga mengandung tinggi vitamin C yang sangat cocok untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Buah jeruk merupakan buah dengan kandungan air yang tinggi, hingga mencapai 85%.

Salah satu jus yang disediakan dalam usaha jus buah 5000 ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya mengurangi kolesterol, melindungi kulit, baik untuk kesehatan mata, pendukung kesehatan tulang, dan sistem pencernaan menjadi lebih baik.

usaha jus buah 5000

3. Jus alpukat

Jus alpukat, merupakan salah satu buah yang disajikan dalam pilihan menu jus buah oleh pelaku usaha jus buah 5000.

Alpukat atau Avokado merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Buah ini mengandung serat dan karbohidrat, sehingga bisa bermanfaat dalam membantu menjaga berat badan. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah mencegah sembelit, membantu mengendalikan tekanan darah, membangu menjaga kesehatan mata dan jantung.

4. Jus jambu

Buah lain yang menjadi menu dalam usaha jus buah 5000 adalah buah jambu. Buah jambu biji merah memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Ada vitamin, antioksidan, dan berbagai mineral. Sehingga tidak heran jika buah jambu juga disebut sebagai buah super.

Buah jambu memiliki kandungan vitamin C lebih banyak hingga 4 kali lipat dari kandungan vitamin C pada jeruk. Sehingga sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

5. Jus mangga

Jus mangga salah satu jus yang banyak diminati dan dibeli orang dari tempat usaha jus buah 5000. Ternyata buah yang satu ini selain memiliki kandungan vitamin C, juga memiliki kandungan vitamin A.

Selain bagus untuk mata, buah mangga ternyata juga bisa diambil.manfaatnya untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Itulah beberapa buah yang banyak dijual oleh pelaku usaha jus buah 5000 yang banyak ditemukan di sepanjang jalan ketika anda melintas. Anda pun juga bisa menangkap peluang usaha jus buah ini untuk menambah penghasilan.

Tips Memulai Usaha

Anda sudah tahu bagaimana peluang usaha jus buah 5000 yang masih terbuka luas dan bisa anda ambil. Buah untuk jus pun juga sangat mudah didapatkan saat ini. Apa yang harus anda lakukan untuk memulai usaha jus buah?

1. Mempersiapkan modal

Apapun usaha yang ingin anda lakukan, mempersiapkan modal adalah hal yang tidak bisa dilewatkan. Modal tidak harus dari diri sendiri, anda bisa mengajak saudara untuk ikut bergabung dan bersama memulai usaha jus buah 5000 dengan sistem bagi hasil.

2. Menyediakan tempat

Tempat merupakan salah satu hal faktor usaha yang perlu dipersiapkan dengan baik dan cermat. Tempat tidak hanya mengedepankan kenyamanan bagi pengunjung namun juga berada di lokasi yang strategis. Sehingga bisa menarik orang untuk berkunjung dan membeli jus di tempat usaha jus buah 5000 yang anda jalankan.

3. Membuat jus yang unik

Usaha jus memang memiliki bahan yang sama, namun anda tetap harus memunculkan keunikan di dalamnya. Apakah dari penyajiannya, jika pada umumnya orang menyajikan dengan hanya menuangkan jus buah, kemudian menambahkan es batu dan menyiram dengan susu. Anda bisa mencoba cara berbeda, misal, menyiramkan susu pada bagian pinggir gelas, baru menuangkan jus ke dalamnya. Sehingga tampilan jus pada usaha jus buah 5000 yang anda jalankan akan selalu diingat oleh pelangga.

4. Sediakan layanan pesan antar

Saat ini, orang juga semakin malas ke luar rumah. Apalagi saat cuaca panas. Namun bagi anda selaku pelaku usaha, anda harus melihat ini sebagai peluang. Anda bisa menyediakan layanan pesan antar. Bisa dimulai hanya untuk jangkauan kawasan tertentu.

5. Lakukan promosi di semua media sosial

Usaha jus buah 5000 yang anda lakukan tidak akan pernah dikenal orang jika tidak diikuti dengan upaya mengenalkan. Untuk itu, anda perlu melakukan sosialisasi dan promosi produk yang anda jual. Sesekali boleh juga melakukan posting komentar pembeli terhadap jus yang anda jual. Semakin sering promosi dilakukan, semakin banyak yang akan tahu.

Kesimpulan

Peluang usaha jus buah masih sangat terbuka lebar. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Bisa dimulai dari bisnis skala kecil, baru kemudian dikembangkan sesuai dengan tahapan yang anda rencanakan. Jika sudah menjalankan, maka anda harus terus mengenalkan produk yang anda buat sehingga semakin banyak orang mengenal usaha jus buah 5000 yang anda jalankan. Tertarik untuk memulai usaha ini?


Referensi:
https://www.halodoc.com/
https://www.investasiuntung.com/2016/08/rincian-modal-usaha-jus-buah.html

Usaha Jus Buah 5000

Memulai usaha jus buah 5000 bisa menjadi pilihan bagi anda


Peluang usaha jus buah

  • Bisa dijual online
  • Penjual jus buah jarang
  • Harga buah relatif stabil
  • Kebutuhan konsumsi buah


Rincian biaya usaha jus buah

  • Modal Investasi Awal
  • Biaya Operasional
  • Laba dan Break Event Point


Apa Saja Manfaat dari Jus Buah

  • Melancarkan sitem pencernaan
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Macam-macam buah untuk jualan jus

  • Jus nanas
  • Jus jeruk
  • Jus alpukat
  • Jus jambu
  • Jus mangga


Tips Memulai Usaha

  • Mempersiapkan modal
  • Menyediakan tempat
  • Membuat jus yang unik
  • Sediakan layanan pesan antar
  • Lakukan promosi di semua media sosial

Related Posts

Post a Comment