Peluang Usaha Thai Tea, Kelebihan dan Kelemahannya

Konten [Tampil]
Peluang usaha thai tea sebagai minuman kekinian saat ini sedang naik daun seperti halnya minuman kekinian lainnya. Jika pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang franchise minuman janji jiwa, kali ini saya akan mengulas bagaimana mengambil peluang usaha thai tea.

Kita ketahui bersama, thai tea atau teh thailand adalah usaha yang booming sejak beberapa tahun lalu. Namun, hingga kini minuman ini menjadi salah satu minuman kekinian yang lagi hits.

Minuman ini hits selain karena memang bisa mewarnai dunia kuliner dengan brand yang begitu menarik, Thai tea, juga karena inovasi yang dilakukan. Berbagai menu hasil inovasi disulap menjadi minuman yang memiliki cita rasa tinggi.
modal usaha thai tea

Peluang usaha thai tea

Peluang usaha thai tea bisa ditangkap semua orang. Untuk menjalankan usaha ini ada pilihan yang bisa anda ambil, yaitu mengambil peluang franchise minuman thai tea atau memulai sendiri usaha thai tea.

Tentunya ketika memilih memulai usaha sendiri dari nol, pekerjaan yang harus dilakukan lebih berat, karena sebelum memulai usaha anda perlu memastikan racikan minuman yang anda buat dan melakukan survey apakah rasanya sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen atau tidak.

Paket Usaha Thai Tea

Jika anda berminat mengambil ceruk kuliner dengan menjalankan dan menangkap peluang usaha thai tea bersama Rachacha.

Rachacha Thai Tea Indonesia merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang kuliner minuman cepat saji. Rachacha ini menawarkan minuman yang enak dan segar dengan bahan baku berkualitas tinggi namun dengan harga yang terjangkau.

Rachacha ini sudah tersebar di lebih 100 kota di Indonesia dan lebih dari 1000 mitra yang sudah bergabung. Minuman thai tea ini menjadi minuman paling favorit bagi milenial. Selain itu, setiap bulannya terjual lebih dari 50.000 cup.

Paket Booth Portable

peluang usaha thai tea

Jika anda ingin mengambil peluang usaha thai tea dengan memilih Booth Portable. Paket ini merupakan paket hemat yang disediakan oleh Rachaha Thai Tea.

Saat memilih paket ini anda akan mendapatkan beberapa item yaitu 300 Bahan Baku, Roll Banner, Perlengkapan dan peralatan komplit.

Harga paket ini adalah Rp.11.200.000,- untuk harga normal. Sedangkan jika mengambil paket ini pada harga promo, modal yang harus dikeluarkan adalah Rp. 8.200.000,-.

Paket Silver Basic

peluang usaha thai tea
Paket lain yang bisa menjadi rekomendasi untuk menangkap peluang usaha thai tea adalah paket silver basic. Paket ini menawarkan konsep booth simple dan exclusive.

Saat memutuskan mengambil paket ini, anda akan mendapatkan Booth dengan desain natural dan elegan. Tentunya juga mendapatkan bahan lain seperti 300 Bahan Baku, Roll Banner, Perlengkapan Komplit, dan Peralatan Komplit.

Berapa dana yang harus disiapkan untuk bisa membeli paket basic silver ini? Berdasarkan informasi resmi dari laman Rachacha, untuk harga normal anda harus mempersiapkan modal Rp. 15.000.000 (Lima belas juta rupiah).

Sama halnya dengan paket booth portable, paket ini juga memberikan anda kesempatan untuk bergabung dan memanfaatkan peluang usaha thai tea dengan harga promo yaitu Rp. 9.300.000,- (Sembilan juta tiga ratus ribu rupiah).

Jika mengambil harga promo anda bisa menghemat hampir Rp. 6.000.000,-. Tepatnya anda bisa menyisihkan Rp. 5.700.000,-.

Paket Gold Basic

paket usaha thai tea

Peluang usaha thai tea Paket Gold Basic memberikan tawaran lebih menarik lagi. Menawarkan konsep Booth Simple dan Exclusive serta dilengkapi dengan tenda paket ini siap merealisasikan mimpi anda memiliki usaha minuman untuk millenial.

Jika anda mengambil paket ini, anda akan mendapatkan Booth yang simple dan exclusive. Tentunya bahan baku utama sebanyak 300 juga akan diberikan. Selain itu juga akan mendapatkan Roll Banner, Perlengkapan dan Peralatan Komplit.

Untuk mengambil peluang usaha thai tea dengan paket ini, anda perlu menyediakan dana Rp. 17.000.000,- (Tujuh belas juta rupiah) untuk harga normal.

Anda tidak perlu khawatir jika memiliki dana untuk modal usaha kurang dari tujuh belas juta rupiah, karena paket ini juga memberikan harga promo yang jauh berada di bawah harga normal.

Saat anda mengambil harga promo anda akan bisa berhemat anggaran hingga Rp. 6.000.000 (Enam juta rupiah) atau dengan kata lain anda hanya cukup membeli paket ini dengan harga Rp. 11.000.000,- (Sebelas juta rupiah).

Paket Gold Full Package

kelebihan usaha minuman thai tea

Konsep Booth Simple dan Exclusive serta dilengkapi tenda bisa anda dapatkan saat membeli paket gold full package yang ditawarkan.

Mengambil peluang usaha thai tea dengan memilih paket ini, sebagai mitra anda akan mendapatkan beberapa fasilitas utama dan pendukung. Diantaranya booth yang Simple dan Exclusive, 300 Bahan Baku, Roll Banner, Perlengkapan dan peralatan Komplit, Tenda, Stoper, dan Neon Box. Bagaimana lengkap sekali bukan?

Berapa dana yang harus disiapkan untuk mengambil paket gold full package ini? Seperti pada paket-paket lainnya, Rachacha juga menawarkan kesempatan mengambil peluang usaha thai tea dengan memberikan harga promo bagi calon mitranya.

Harga promo yang ditawarkan kepada calon mitra adalah Rp. 13.000.000,- (Tiga belas juta rupiah). Jauh berada di bawah harga normal yaitu di angka Rp.20.000.000,-.(Dua puluh juta rupiah)

Thai Tea terbuat dari apa?

Minuman asal Thailand yang pada mulanya hanya dinikmati di tempat-tempat tertentu seperti restoran, kini bisa dinikmati oleh siapa saja di outle-outlet yang bertebaran. Ini terjadi mengingat peluang usaha thai tea sangat terbuka lebar. 

Sebenarnya Thai tea terbuat apa? Thai Tea terbuat dari daun teh hitam yang dipadu dengan gula, susu kental manis, serta susu cair sehingga terasa gurih dan kental. 

Warna dari teh ini biasanya cenderung oranye, kuning, atau pucat. Di negeri asalhnya, Thailand warna ini berasal dari biji asam dan berbagai rempah-rempah.

Apa manfaat minum thai tea?

Mengonsumsi Thai Tea ternyata bukan hanya tren semata. Jika dilihat dari bahannya, dauh teh hitam dan kandungan di dalamnya, ada manfaat yang didapat dari minum thai tea. Mengutip dari laman klikdokter ada beberapa manfaat minum thai tea, diantaranya:
Mengurangi risiko kanker
Menjaga kesehatan pembuluh darah arteri
Menurunkan berat badan
Sebagai sumber energi
Memperkuat tulang dan otot
Kaya akan vitamin dan mineral
Menjaga tubuh dari berbagai penyakit kronis

Itulah beberapa manfaat minum thai tea, minuman kekinian yang banyak berkembang diberbagai kota seiring terbukanya peluang usaha Thai tea. Meskipun memiliki banyak manfaat, anda tetap harus menjaga pola konsumsinya. Jangan sampai mengonsumsi secara berlebih, karena sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan juga tida baik bagi kesehatan tubuh. 

Analisis perhitungan usaha Thai Tea

Sebelum terjun ke dunia usaha, ada baiknya jika anda mengetahui berapa laba yang bisa diperoleh dengan investasi Rp. 10.000.000,- dan dengan asumsi penjualan sebanyak 100 cup setiap harinya. Berikut contoh perhitungan analisa usaha thai tea.

Investasi Awal

 

Rp. 10.000.000,-

Penjualan 100 cup/hari

 

 

Harga jual

Rp. 10.000

 

Penjualan/hari

100 cup

 

Jumlah Hari

26 Hari

 

Omset

 

Rp. 26.000.000

Pembelian Bahan Baku

 

 

        HPP/Cup

Rp. 5.000

 

        Penjualan/hari

100 cup

 

        Jumlah Hari

26

 

        Modal

 

Rp. 13.000.000

Biaya Operasional

 

 

        Gaji karyawan

Rp. 2.600.000

 

        Sewa Tempat

Rp. 2.000.000

 

        Lain-lain

Rp.    300.000

 

        Total

 

Rp.   4.900.000

Profit Bersih

 

 

        Omset

Rp. 26.000.000

 

        Modal + Operasional

Rp. 17.900.000

 

        Profit Bersih

 

Rp.    8.100.000


Berapa untung jualan Thai Tea?

Jika merujuk pada analisa perhitungan usaha thai tea di atas, maka keuntungan bersih yang bisa didapatkan adalah Rp. 8.100.000,- (Delapan juta seratus ribu rupiah) dengan target penjualan perhari sebanyak 100 cup. Tentunya keuntungan yang didapatkan akan berbeda jika target penjualan perhari di turunkan.

Kelebihan Usaha Thai Tea

Saat anda mengambil peluang usaha thai tea maka ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan. Inilah kelebihan usaha thai tea yang bisa menjadi alasan kenapa memilih menjalankan usaha thai tea.

Prospek bisnis yang jelas

Peluang bisnis thai tea ini merupakan salah satu bisnis kuliner minuman kekinian yang banyak diminati orang.

Cita rasa yang khas dari teh Thailand dengan rempah yang kuat serta campuran bahan lainnya seperti krim, dan susu membuat minuman ini sangat mudah dikreasikan dalam aneka rasa yang cocok di lidah dan memiliki warna yang menarik.

Omzet usaha yang menggiurkan

Jika melihat pada analisis usaha di atas, peluang usaha thai tea memiliki omset yang cukup menggiurkan.

Dalam sebulan dengan penjualan rata-rata 100 cup setiap hari, maka omset yang bisa diraih mencapai Rp. 26.000.000,- (Dua puluh enam juta rupiah). Bagaimana, cukup menggiurkan bukan?

Laba Bersih Cukup Besar

Perhitungan analisa peluang usaha thai tea menunjukkan dengan rata-rata 85 cup perhari dengan asumsi harga per cup Rp.10.000, maka selama 26 hari akan mendapatkan omset Rp. 26.000.000.

Modal yang dikeluarkan untuk bahan baku usaha thai tea adalah Rp. 13.000.000, dan biaya operasional Rp. 4.900.000.

Maka laba bersih yang didapatkan adalah omset penjualan - (biaya bahan baku + biaya operasional). Sehingga laba yang didapatkan adalah Rp. 8.100.000,-.

Bisa dibayangkan betapa besarnya laba yang diperoleh dari menjalankan usaha thai tea ini.

Break even point

Dalam melakukan analisa usaha anda juga perlu tahu kapan break even poin dari usaha yang anda jalankan. Termasuk ketika anda memutuskan terjun mengambil peluang usaha thai tea.

Branding sudah dikenal orang

Branding thai tea sebagai minuman kekinian sudah melekat dihati para pecintanya. Minuman ini memiliki brand name yang mudah diingat oleh semua kalangan.

Saat memutuskan mengambil peluang usaha thai tea melalui waralaba, anda mendapatkan keuntungan karena usaha yang anda jalankan sudah dikenal banyak orang di berbagai daerah.

Jika merujuk pada analisa perhitungan usaha di atas, maka pada bulan ke dua usaha yang anda lakukan sudah bisa mencapai BEP, bahkan melampaui dari BEP yang seharusnya.

Kelemahan Usaha Thai Tea

Dalam menjalankan usaha apapun itu termasuk ketika anda memanfaatkan peluang usaha thai tea akan selalu menemukan kelebihan dan kelemahan.

Tentunya semua orang akan bahagia dan senang ketika melihat dan membaca kelebihan dari sebuah bisnis yang dijalankan. Namun tidak banyak dari pelaku usaha yang aware dengan kelemahan pada usaha yang dijalankannya.

Beberapa kelemahan usaha thai tea yang perlu menjadi pertimbangan sebelum memulai usaha yaitu

Perubahan tren

Peluang usaha thai tea memiliki tantangan besar untuk bisa bertahan.Perubahan tren dalam dunia kuliner begitu cepat. Kurang dari satu tahun semakin banyak perkembangan usaha dunia kuliner yang muncul dan tumbuh.

Tentunya kehadiran brand baru akan dapat merebut hati calon konsumen. Selain dengan menawarkan promo di awal pembukaan, juga karena hadir dengan menu dan tampilan baru.

Sedikit banyak perubahan tren akan mempengaruhi penjualan anda.

Kompetitor semakin banyak

Semua orang melihat perkembangan peluang usaha thai tea dari sisi kelebihan. Namun demikian anda juga perlu sadar dengan kondisi bahwa minuman kekinian yang semakin banyak diminati orang akan semakin memberikan daya tarik bagi pelaku usaha.

Tidak jarang dalam satu lokasi akhirnya terdapat lebih dari satu outlet yang sama. Tentu ini akan menjadi tantangan tersendiri. Belum lagi munculnya kompetitor minuman serupa dengan brand yang berbeda.

Kebiasaan konsumen

Sebelum memutuskan mengambil peluang usaha thai tea, anda juga harus paham dengan perilaku konsumen. apalagi berhubungan dengan kuliner, orang akan cepat merasa bosan.

Mereka akan selalu mencoba hal baru untuk memanjakan lidah mereka. Memang ada juga pecinta sejati kuliner tertentu, namun jumlahnya sangatlah sedikit.

Perubahan omset

Analisa perhitungan usaha yang dilakukan sifatnya flat atau satu perhitungan dengan jumlah penjualan tetap. Saat memutuskan mengambil peluang usaha thai tea anda perlu membuat langkah antisipasi fluktuasi omset.

Bisa jadi selama beberapa bulan anda mendapatkan pertumbuhan positif, namun bisa jadi juga pada bulan pertama dan kedua anda menghasilkan pertumbuhan positif dan bulan berikutnya mengalami penurunan angka penjualan yang bahkan bisa menyebabkan resiko kerugian.

Berhubungan dengan omset ini, sebaiknya anda betul-betul mengelola keuangan usaha dengan baik agar bisa tetap bertahan.

Cara Menjadi Mitra Rachacha Thai Tea

Untuk menjadi mitra Rachacha Thai Tea, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Hubungi CS

Jika anda berminat untuk menjadi mitra usaha dan memanfaatkan peluang usaha thai tea, anda bisa menghubungi CS dari Rachacha di nomor 0815-7586-2500 dan memilih paket usaha yang diinginkan.

2. Pembayaran

Tahap selanjutnya adalah melakukan pembayaran usaha sesuai dengan invoice yang diberikan oleh CS Rachacha.

3. Pengiriman Paket

Setelah melakukan pembayaran, langkah selanjutnya pihak Rachacha akan melakukan pengiriman paket usaha ke alamat yang anda berikan.

4. Opening

Setelah paket dari Rachacha anda terima, anda bisa langsung mempersiapkan dan melakukan opening serta penjualan produk thai tea. 

Kesimpulan

Peluang usaha dunia kuliner begitu menjanjikan bagi banyak orang. Selain pasarnya yang begitu luas, kehadiran produk baru akan selalu bisa merebut hati masyarakat di negeri ini. Apalagi produk itu menggunakan brand dengan nama berbau luar negeri. Akan semakin diburu orang. Seperti kuliner minuman thai tea

Seiring dengan semakin banyaknya peminat kuliner minuman thai tea, maka peluang usaha semakin besar. Terlebih tidak semua daerah ada. Ini menjadi peluang tersendiri.

Anda bisa menangkap peluang yang ada dengan memulai usaha ini secara mandiri atau memanfaatkan penawaran peluang usaha thai tea yang ditawarkan dalam bentuk franchise seperti ditawarkan oleh waralaba Rachacha.

Referensi:
https://rachacha.id/

Peluang usaha thai tea

Peluang usaha thai tea bisa ditangkap semua orang. Untuk menjalankan usaha ini ada pilihan yang bisa anda ambil, yaitu mengambil peluang franchise minuman thai tea atau memulai sendiri usaha thai tea.


Paket Usaha Thai Tea

  • Paket Booth Portable
  • Paket Silver Basic
  • Paket Gold Basic
  • Paket Gold Full Package

Thai Tea terbuat dari apa?

  • Thai Tea terbuat dari daun teh hitam yang dipadu dengan gula, susu kental manis, serta susu cair sehingga terasa gurih dan kental.

Apa manfaat minum thai tea?

  • Mengurangi risiko kanker
  • Menjaga kesehatan pembuluh darah arteri
  • Menurunkan berat badan
  • Sebagai sumber energi
  • Memperkuat tulang dan otot
  • Kaya akan vitamin dan mineral
  • Menjaga tubuh dari berbagai penyakit kronis

Analisis perhitungan usaha Thai Tea

  • Investasi awal Rp. 10.000.000
  • Penjualan 100 Cup Rp. 26.000.000
  • Pembelian bahan baku Rp. 13.000.000
  • Biaya Operasional Rp. 4.900.000
  • Profit Bersih Rp. 8.100.000

Berapa untung jualan Thai Tea?

Jika merujuk pada analisa perhitungan usaha thai tea di atas, maka keuntungan bersih yang bisa didapatkan adalah Rp. 8.100.000,-


Kelebihan Usaha Thai Tea

  • Prospek bisnis yang jelas
  • Omzet usaha yang menggiurkan
  • Laba Bersih Cukup Besar
  • Break even point
  • Branding sudah dikenal orang

Kelemahan Usaha Thai Tea

  • Perubahan tren
  • Kompetitor semakin banyak
  • Kebiasaan konsumen
  • Perubahan omset

Cara Menjadi Mitra Rachacha Thai Tea

  • Hubungi CS
  • Pembayaran
  • Pengiriman Paket
  • Opening

Related Posts

1 comment

  1. Usaha minuman kekinian memanga potensial sekali di era millennial seperti sekarang ini. Rasa dan tampilannya yang unik mampu menjaring banyak konsumen, khususnya kalangan anak muda.

    Namun, sama halnya dengan usaha lainnya. Apa yang menjadi kelemahan usaha thai tea bisa menjadi ancaman jika tidak segera diatasi.

    ReplyDelete

Post a Comment