Peluang Usaha Kue Basah Seribuan dan Cara Memulainya

Konten [Tampil]
Usaha kue basah seribuan hingga saat ini masih memiliki peluang yang bagus. Aneka kue basah selalu dicari orang utamanya di pagi hari. Baik itu untuk camilan atau bahkan untuk pengganti sarapan. Kue basah yang banyak diminati orang diantaranya lemper, bolu, brownies, dan lainnya.

Usaha kue basah selain digemari orang, juga banyak dibutuhkan untuk berbagai macam acara seperti tasyakuran, pernikahan. Tidak jarang pula kue basah ini dijadikan sebagai kue hantaran.
jajanan tradisional

Usaha kue basah seribuan

Usaha kue basah seribuan merupakan salah satu ide usaha yang anda coba. Tidak haru memiliki stand untuk bisa menjalankan usaha kue basah ini. Anda cukup mendatangi penjual kue dan melakukan kerjasama di tempat mereka berjualan.

Usaha kue basah seribuan akan terus ada meskipun digempur oleh aneka kue dan roti kekinian. Hal ini terjadi karena kue basah memiliki kekhasan rasanya masing-masing, dan itu tidak akan bisa digantikan.

Peluang usaha kue basah seribuan

Berbicara makanan dan minuman, termasuk makanan kecil maka peluangnya masih sangat terbuka lebar. Peluang bisnis kue basah ini masih terbuka lebar, apalagi dengan usaha kue basah seribuan akan menjadi lebih menarik bagi banyak orang.
  1. Masyarakat kita adalah masyarakat yang orang-orangnya suka ngemil. Termasuk menjadikan kue basah sebagai salah satu pilihan mereka.
  2. Setiap hari, kue basah selalu dibutuhkan orang. Apalagi kalau usaha kue basah seribuan, pasti akan menarik bagi banyak orang.
  3. Banyak kegiatan yang membutuhkan kue basah, misal untuk menjamu tamu, untuk pernikahan, pelatihan atau seminar, dan acara-acara lainnya.
  4. Anda bisa menitipkan kue yang anda buat ke toko-toko, warung, melijo (penjual sayur), dan tempat khusus penjualan jajanan tradisional.
  5. Saat ini serba online, anda bisa membuka pesanan di awal atau pre order dengan melakukan posting beberapa foto kue basah yang pernah anda buat.
Itulah peluang usaha kue basah seribuan yang masih terbuka lebar. Jika anda memiliki keahlian atau keterampilan baking, anda bisa mencoba bisnis ini. Bisa dari rumah, dengan modal tidak terlalu besar.
usaha kue basah seribuan

Bagaimana cara memulai usaha kue rumahan?

Memulai usaha kue basah seribuan sama halnya dengan menjalankan usaha kue, makanan, dan minuman pada umumnya. Sebelum memulai harus betul-betul membuat analisa usaha yang detail, mendalam, dan menyeluruh.

Jika berniat menjalankan usaha kue basah, anda bisa menerapkan beberapa tips berikut.

1. Membuat perencanaan yang matang

Tahap selanjutnya dalam mempersiapkan usaha kue basah seribuan adalah membuat rencana usaha. Rencana usaha sangat diperlukan agar setiap prosesnya bisa dijalankan dengan baik.

Rencana bisnis atau business plan merupakan langkah awal yang harus dilakukan karena akan berkaitan dengan beberapa hal lain yang menunjang usaha, seperti modal, kapasitas produksi, dan lain sebagainya.

Perencanaan yang matang akan menjadikan analisa bisnis yang anda buat semakin tajam dan detail. Anda akan lebih mudah menentukan arah pengembangan usaha kue basah seribuan yang akan anda rintis.

Tahap perencanaan ini akan memakan waktu yang tidak sedikit. Memerlukan pengerahan kemampuan analisa yang kuat. Menuntuk anda untuk menjadi pribadi yang bisa melihat kekuatan, kelemahan, peluang, bahkan ancaman yang bisa terjadi pada usaha anda di kemudian hari.

2. Melakukan survey pasar

Jangan pernah terjun ke sebuah medan jika belum tahu bagaimana kondisi medan yang akan dituju. Pun dengan usaha kue basah seribuan. Membutuhkan pemahaman target pasar.

Hal ini bisa dilakukan dengan melaksanakan survey kecil-kecilan ke beberapa titik yang menjadi pusat penjualan jajanan tradisional dan aneka kue basah lainnya.

Anda bisa satang pada pagi hari, dan agak siang kembali lagi ke tempat penjualan kue untuk melihat kue apa yang habis terjual pada hari itu dan apa yang masih tersisa banyak.

Anda bisa melakukan beberapa kali untuk memastikan bahwa asumsi anda pada jajan itu adalah benar. Sehingga anda bisa membuat kesimpulan untuk memulai usaha kue basah seribuan.

Survei ini bisa dilakukan oada beberapa lokasi yang menjadi target penjualan anda.

3. Menentukan jenis kue yang akan dijual

Jika anda sudah melakukan survey dan menemukan jenis kue yang paling laku dan dicari banyak orang, selanjutnya anda perlu mengerucutkan jenis kue apa yang akan anda jadikan unggulan dalam usaha kue basah seribuan yang akan anda jalankan.

Anda harus mempertimbangkan banyak hal dalam menentukan kue basah apa yang akan anda jadikan produk utama, dan kue basah apa yang akan menjadi pelengkap.

4. Membuat sampel kue basah seribuan

Jika anda sudah memutuskan jenis kue yang akan dijual saat menjalankan usaha kue basah seribuan, maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuah sampel kue basah.

Proses ini bisa anda lakukan berulang sampai betul-betul menemukan komposisi bahan dan cara pengolahan bahan yang pas. Jika menurut anda sudah pas, dan layak untuk dijual ke pasaran, anda bisa menjadikan sample sebagai bahan uji coba bagi para pemilik outlet jajanan basah atau jajanan pasar.

Biasanya setelah mencoba tester atau sampel yang anda berikan, mereka akan memberikan keputusan apakah menerima kue anda atau tidak.
usaha kue basah seribuan

5. Membangun kerjasama penjualan

Menjalankan usaha kue basah seribuan bukanlah perkara mudah. Anda tidak akan bisa mencapai hasil yang diinginkan jika hanya menjualnya sendiri di rumah. Karena jumlah yang diproduksi hanya sedikit.

Untuk bisa memperoleh laba, menekan biaya produksi, maka anda harus menjalin kerjasama denga orang lain. Mengunjungi tempat-tempat penjual kue basah baik di pasar maupun di sekitar rumah dan menawarkan kue buatan anda harus dilakukan.

Jika anda melewatkan, maka anda akan kehilangan kesempatan untuk mengenalkan kue buatan anda, dan usaha kue basah seribuan yang anda jalankan tidak akan pernah berkembang. Untuk itu, anda harus membangun jaringan untuk bisa menitipkan kue basah buatan anda kepada mereka.

6. Melakukan uji coba penjualan

Jika sudah terbuka sinyal positif dari calon mitra penjualan pada kue basah seribuan yang anda tawarkan, maka tiba saatnya bagi anda untuk melakukan uji coba.

Ini adalah saat yang paling berharga. Anda akan gahu apakah kue buatan anda bisa diterima oleh orang atau tidak.

7. Menentukan lokasi usaha

Jika anda juga bermaksud menjalankan usaha kue basah seribuan sambil menjual langsung kepada konsumen, maka anda harus menentukan dan memilih lokasi usaha yang strategis.

Lokasi strategis bisa di pasar, di tempat keramaian, mall, atau tempat rekreasi.

Lokasi usaha yang strategis dan tepat, juga akan menambah peluang tingkat penjualan yang lebih tinggi dari pada ditempat lain yang seadanya.

8. Kreatif dan inovatif dalam menjalankan usaha

Menjalankan usaha kue basah seribuan, anda tidak hanya ditantang soal rasa, namun juga ditantang untuk terus berkreasi dan mampu melakukan inovasi.

Jika anda melakukan ini, maka produk yang anda bangun akan terlihat betul-betul mengalami kemajuan. Bisa menangkap keinginan pengunjung saat datang ke outlet.

Selain itu anda harus bisa menunjukkan dan membuktikan kepada konsumen jika produk yang anda buat adalah produk yang memiliki cita rasa berkualitas.

9. Mempersiapkan modal

Saat akan menjalankan usaha, apapun itu, termasuk usaha kue basah seribuan, maka yang harus dipersiapkan adalah modal.

Modal di sini bukan hanya modal berupa dana, namun juga modal keahlian atau keterampilan untuk membuat kue yang lezat, dan nikmat.

Keahlian ini juga mencakup keahlian dalam memilih bahan baku berkualitas untuk membuat kue. Memilih tepung, mentega, dan bahan baku lainnya.

Jika modal ini sudah anda miliki, makan akan semakin mempermudah anda dalam menjalankan usaha kue basah seribuan yang anda rintis.

Sedangkan modal secara finansial harus anda persiapkan sesuai dengan peruntukannya masing-masing.  Lakukan pemisahan modal bahan baku dan modal untuk biaya operasional.

10. Buat kemasan semenarik mungkin

Banyak orang yang memilih membeli kue karena tertarik dengan cara mengemas kue yang dijual. Meskipun sebenarnya kemasannya memiliki bahan yang sama dengan yang lain.

Sebagai contoh, saat menjual kue bolu, anda mengemas dengan plastik dan memasang stiker brand produk anda pada kemasan. Orang akan lebih memilih produk anda dari pada produk lain.

Ini berarti keseriusan anda dalam mengelola usaha kue basah seribuan bisa anda perlihatkan melalui kemasan. Pembeli pun akan melihat ini. Untungnya lagi, mereka akan mengenal brand yang anda bangun melalui kemasan yang unik.

Jenis kue basah seribuan

Saat akan menjalankan usaha kue basah seribuan biasanya anda akan mentok atau mengalami kebuntuan pada harga. Apakah akan ada keuntungan kalau menjalankan usaha kue basah seribuan. Padahal di luar sana harga sudah berkisar di Rp.1.500 sampai Rp.2.500,-.

Pikiran ini wajar, karena usaha memang dijalankan untuk mencari keuntungan. Namun, anda jangan terpaku pada harga semata, anda masih bisa bermain pada ukuran. Menjalankan usaha kue basah seribuan pun akan bisa dilakukan. Seperti yang saya dan istri lakukan. Membuat kue dengan harga 1000, dengan judul utama kue mini.

Beberapa jenis kue basah yang masih bisa dijual dengan harga seribu yaitu apem, kue lemper, bolu, bolu pisang,donat mini, pastel mini, brownies, nagasari, mendut, dan masih banyak lagi kue yang bisa dikemas mini dengan harga seribuan.

Kesimpulan

Peluang usaha selalu ada disekitar anda. Masalah terbesar selama ini tidak pernah dianggap sebagai peluang. Seringkali menganggap harga murah adalah harga yang merugikan. Padahal harga murah yang dikelola dengan baik dan serius akan menjadi peluang tersendiri.


Usaha kue basah yang anda kelola dan jalankan akan semakin dikenal orang. Apalagi didukung dengan inovasi dan pengemasan yang dilengkapi dengan brand name usaha anda. Bagaimana tertarik memulai usaha kue basah seribuan? Anda bisa langsung mencobanya di rumah.

Usaha kue basah seribuan

Usaha kue basah seribuan merupakan salah satu ide usaha yang anda coba


Peluang usaha kue basah seribuan

Berbicara makanan dan minuman, termasuk makanan kecil maka peluangnya masih sangat terbuka lebar


Bagaimana cara memulai usaha kue rumahan?

  • Membuat perencanaan yang matang
  • Melakukan survey pasar
  • Menentukan jenis kue yang akan dijual
  • Membuat sampel kue basah seribuan
  • Membangun kerjasama penjualan
  • Melakukan uji coba penjualan
  • Menentukan lokasi usaha
  • Kreatif dan inovatif dalam menjalankan usaha
  • Mempersiapkan modal
  • Buat kemasan semenarik mungkin


Jenis kue basah seribuan

Apem, kue lemper, bolu, bolu pisang,donat mini, pastel mini, brownies, nagasari, mendut, dan masih banyak lagi kue yang bisa dikemas mini dengan harga seribuan.


Related Posts

Post a Comment