Intip Yuk Kelebihan dan Kelemahan Usaha Jus Buah

Konten [Tampil]
Usaha apapun yang dijalankan seseorang akan selalu memiliki sisi kelebihan dan kelemahan tersendiri. Termasuk usaha jus buah. Selain ada kelebihan, juga terdapat kelemahan usaha jus buah. Semua itu adalah hal normal dalam dunia usaha.
kelebihan usaha jus buah
Oleh karena itu dalam memulai menjalankan bisnis selalu dituntut untuk melakukan analisis SWOT. Apa kekuatan (kelebihan) usaha yang dijalankan. Apa kelemahan yang dimiliki. Termasuk juga kesempatan dan ancaman yang ada pada usaha yang akan dijalankan.

Kelemahan usaha jus buah

Usaha jus buah memang selalu ramai oleh pengunjung. Namun dalam prosesnya selalu ada tantangan yang harus dihadapi. Tantangan ini berupa kelemahan usaha jus buah itu sendiri. Beberapa kelemahan itu antara lain:

1. Buah tidak tahan lama

Kelemahan usaha jus buah yang pertama adalah kondisi buah. Kesegaran buah semakin hari semakin berkurang. kondisi ini juga akan berpengaruh pada jus yang dijual.

Buah merupakan bahan baku utama dalam usaha jus buah. Pada kenyataannya, bahan baku ini merupakan bahan baku utama yang tidak tahan lama.

Seiring pergantian hari dan waktu akan mengalami penurunan kualitas, bahkan bisa busuk akibat penyimpanan terlalu lama. Jika ini terjadi, tentu akan menimbulkan kerugian pada pelaku usaha jus buah.

Untuk mengatasi kondisi ini, ada baiknya anda melakukan stok buah dalam jumlah tidak terlalu banyak, namun tetap dapat memenuhi permintaan konsumen di hari itu. Saat stok semakin berkurang, atau mendekati habis, barulah belanja kembali persediaan buah.

Tidak perlu belanja semua jenis buah. Pilih saja buah yang stok di tempat usaha anda sedikit. Untuk buah yang stoknya masih banyak, anda bisa membuat program promo. Tujuannya, agar anda tidak menderita kerugian yang lebih besar.

2. Kendala buah musiman

Hingga saat ini belum ada buah-buahan yang berbuah sepanjang tahun. Sehingga ini juga menjadi salah satu kelemahan usaha jus buah.

Ada buah yang hanya ada pada bulan-bulan tertentu. Ada yang harus menunggu berbulan-bulan akibat musim buah baru pada tahun berikutnya.

Kondisi ini menyebabkan bahan baku untuk varian menu jus yang ditawarkan tidak selengkap ketika sedang musim buah. Tidak seperti ketika persediaan semua jenis buah lengkap.

Ini menjadi kendala tersendiri bagi pelaku usaha jus buah. Jika tidak memiliki stok buah, maka bisa jadi pelanggan akan beralih ke penjual lain yang masih menyediakan varian jus yang dibutuhkan.

Namun demikian, anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa melakukan penyimpanan stok buah musiman di dalam cold storage. Tentu ini membutuhkan cost lebih untuk pengadaan mesin pendingin ini.
kelebihan dan kelemahan usaha jus buah

3. Pengaruh kondisi cuaca

Meskipun jus buah sangat digemari semua orang, pada kenyataannya ada waktu dimana orang-orang enggan untuk membeli jus buah. Contohnya adalah di saat musim dingin atau pada musim penghujan. Tentu ini merupakan kelemahan usaha jus buah yang paling dirasakan dampaknya.

Mereka akan lebih memilih membeli minuman hangat dibandingkan dengan membeli jus buah yang identik dengan campuran es.

Kondisi ini akan membuat usaha jus buah sepi dari pembeli. Bisa dibayangkan, jika setiap hari mulai pagi hingga sore hari selalu diguyur hujan, tidak akan ada yang berani membeli jus.

4. Konsumsi energi listrik yang besar

Selain tiga kelemahan di atas ada satu lagi kelemahan usaha jus buah, yaitu konsumsi energi listrik yang besar. Ini terjadi karena penggunaan blender atau mesin jus yang membutuhkan daya listrik saat dioperasikan.

Jika pembeli tidak terlalu ramai, satu blender akan bisa digunakan untuk melayani pembeli. Namun, ketika pembeli ramai dan varian jus yang dipilih berbeda-beda, mau tidak mau membutuhkan lebih dari 1 blender. Ini tentunya akan membuat konsumsi daya listrik akan semakin bertambah dan biaya yang dikeluarkan akan semakin besar.

Itulah beberapa kelemahan usaha jus buah yang perlu anda pahami sehingga bisa menyikapi dengan baik. Selain itu, dengan memahami kelemahan pada usaha ini, anda bisa mengambil langkah antisipasi untuk mengatasinya.

Kelebihan Bisnis Jus Buah

Selain kekurangan atau kelemahan usaha jus buah juga memiliki kelebihan. Beberapa kelebihan bisnis jus buah yaitu

1. Cocok untuk semua umur

Kelebihan pertama dari usaha jus buah adalah produknya cocok untuk semua usia. Mulai balita, anak-anak hingga dewasa bisa mengonsumsi jus buah.

Mereka (pembeli) bisa.memilih sendiri jus buah kesukaan mereka. Selain itu, biasanya juga bisa melakukan permintaan, misal tidak perlu tambahan susu untuk balita. Permintaan untuk mengurangi campuran es batu, misalnya.

2. Modal kecil untung besar

Kelebihan usaha jus buah lainnya adalah tidak membutuhkan modal yang besar. Jika hanya untuk skala kecil dan lingkungan sekitar rumah bisa menjadi pasar, anda bisa memulai dari rumah.

3. Bahan baku mudah dibeli

Bahan baku yang mudah dibeli menjadi kelebihan usaha jus buah yang bisa dipertimbangkan. Saat ini semakin banyak kios buah yang menyediakan aneka buah. Bahkan tidak jarang mereka juga memberikan harga khusus jika anda berlangganan membeli buah untuk usaha jus buah

Anda tinggal datang ke tempat kios buah untuk membeli jenis buah yang dibutuhkan. Apalagi jika anda sudah kenal dengan pemilik kios, akan semakin banyak kemudahan dalam membeli buah. Misal dengan memesan melalui whatsapp dan pembayaran dengan transfer.

Anda cukup di rumah atau di tempat usaha jus, dan mereka akan mengantarkan buah yang di pesan ke alamat yang dituju.

4. Mudah dijalankan

Usaha jus buah merupakan usaha yang bisa dijalankan oleh siapa. Tidak memerlukan keterampilan khusus, kecuali anda fokus untuk menjual jus therapy membutuhkan skill khusus untuk meramunya.

Jika baru pertama kali membuat, . bisa melakukan uji coba untuk menemukan komposisi yang tepat, yang sesuai selera konsumen.
kelemahan usaha jus buah

5. Banyak pilihan buah

Kelebihan lainnya dari bisnis jus buah adalah banyaknya pilihan buah. Semakin beragam yang disediakan, akan semakin menarik banyak pembeli. Ini akrena mereka merasa bisa leluasa memilih jus buah kesukaan mereka.

6. Tempat jualan tidak terlalu luas

Menjalankan usaha jus buah termasuk dalam kategori usaha yang mudah dan mudah. Murah karena anda bisa memulainya dengan modal yang kecil. Mudah karena bisa dilakukan tanpa harus menyewa tempat.

Anda bisa memulai usaha dari rumah jika memang memiliki keterbatasan modal. Apalagi tempat untuk jualan jus ini tidak membutuhkan lokasi yang luas.

7. Cocok untuk cuaca panas

Minuman jus buah sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Apalagi saat musim kemarau. Buah yang manis dan segar, dipadu dengan gurihnya susu dan dinginnya es, membuat jus menjadi minuman paling dicari saat panas.

Sehingga tidak heran jika saat cuaca panas jumlah penjualan selalu meningkat setiap harinya. Setidaknya stabil jumlah banyaknya pembeli harian.

8. Kaya nutrisi dan banyak manfaat bagi tubuh

Menjual jus buah bukan hanya menjual rasa segar saat diminum. Namun juga menjual manfaat yang terkandung dalam setiap buah.

Setiap buah memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang berbeda. Ada yang mengandung vitamin A, vitamin B, protein, dan mineral.

Manfaatnya bagi tubuh pun beragam. Baik untuk menjaga kesehatan mata, menjaga imunitas, meningkatkan daya tahan tubuh, dan banyak lagi manfaat buah yang didapatkan dari segelas jus buah.

Itulah beberapa kelebihan usaha jus buah yang bisa dijadikan pertimbangan dalam menguatkan tekad untuk menjalankan usaha jus buah.

Kesimpulan

Mengonsumsi jus buah sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Mereka yang tidak menyukai slice fruit, saat disajikan jus buah tidak akan menolak. Apalagi orang yang memang pecinta buah, akan semakin senang dengan jus buah yang tersedia dalam berbagai varian rasa.

Tentu kondisi itu menjadi peluang tersendiri bagi banyak orang untuk bisa membuka usaha jus buah. Namun, sebelum membuka usaha jus buah ada baiknya anda terlebih dahulu mengenali kelebihan dan kelemahan usaha jus buah di atas.

Kelemahan usaha jus buah

  • Buah tidak tahan lama
  • Kendala buah musiman
  • Pengaruh kondisi cuaca
  • Konsumsi energi listrik yang besar


Kelebihan Bisnis Jus Buah

  • Cocok untuk semua umur
  • Modal kecil untung besar
  • Bahan baku mudah dibeli
  • Mudah dijalankan
  • Banyak pilihan buah
  • Tempat jualan tidak terlalu luas
  • Cocok untuk cuaca panas
  • Kaya nutrisi dan banyak manfaat bagi tubuh

Related Posts

Post a Comment