Cara Mencari Investor untuk Mendukung Perkembangan Bisnis Online Desa

Konten [Tampil]
Bisnis online di desa menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, terutama dengan semakin meningkatnya penggunaan internet IndiHome di Indonesia. Namun, untuk mengembangkan bisnis online di desa diperlukan dukungan dari investor.

Mendapatkan investasi untuk bisnis online di desa bukanlah hal yang mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa strategi dan tips yang dapat membantu Anda mencari investor yang tepat untuk mendukung perkembangan bisnis online di desa.

Terlepas dari lokasi bisnis, setiap pengusaha pastinya menginginkan bisnisnya berkembang pesat. Namun, dalam mengembangkan bisnis online di desa, terkadang tantangan yang dihadapi lebih besar. Salah satu faktornya adalah minimnya modal. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari investor yang mempunyai visi sama dengan bisnis Anda.
internet cepat yang stabil

Jenis-jenis Investor

Sebelum mencari investor, penting untuk mengetahui jenis-jenis investor. Ada beberapa jenis investor yang bisa menjadi pilihan bagi pengusaha yang ingin menjalankan bisnis online di desa. Beberapa di antaranya adalah angel investor, venture capitalist, dan crowdfunding.

Angel investor adalah individu atau kelompok yang memberikan investasi pada perusahaan dalam tahap awal. Biasanya, mereka juga memberikan bantuan berupa penasihat bisnis dan pengalaman dalam mengelola perusahaan.

Sementara itu, venture capitalist adalah institusi keuangan yang memberikan investasi pada perusahaan dalam jumlah besar. Investasi ini biasanya diberikan untuk perusahaan yang telah memiliki track record yang baik dan sudah siap untuk melakukan ekspansi.

Terakhir, ada crowdfunding. Cara ini memungkinkan individu atau kelompok kecil untuk memberikan investasi pada sebuah proyek atau bisnis melalui platform online.

Masing-masing jenis investor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga penting bagi pengusaha untuk mengetahui karakteristik tiap-tiap jenis investor agar bisa menyesuaikan pilihan dengan kondisi bisnisnya.
jaringan internet cepat

Persiapan Sebelum Mencari Investor

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai proses mencari investor, antara lain:

a. Business Plan

Business plan adalah dokumen yang berisi strategi bisnis dan rencana untuk mencapai tujuan bisnis. Business plan akan menjadi panduan dalam menjalankan bisnis dan juga menjadi salah satu dasar penting ketika sedang mencari investor.

b. Prospek Bisnis

Anda harus memiliki pemahaman yang mendalam mengenai prospek bisnis Anda. Apa keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis tersebut, apa tantangan yang dihadapi, dan bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut.

c. Presentasi Bisnis

Presentasi bisnis adalah alat penting untuk meyakinkan investor untuk memberikan investasi pada bisnis Anda. Presentasi bisnis yang baik akan memberikan gambaran jelas mengenai bisnis Anda, tujuan bisnis, strategi yang akan dilakukan, dan juga potensi keuntungan.
IndiHome

Tips Negosiasi dengan Investor

Setelah memilih investor, langkah selanjutnya adalah melakukan negosiasi. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk menjalani proses negosiasi dengan investor:

a. Menjaga Integritas Bisnis

Tetaplah fokus pada tujuan bisnis dan jangan mengorbankan integritas bisnis hanya untuk mendapatkan investasi dari investor.

b. Bekerja Sama dengan Investor

Buatlah kesepakatan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak dan tetap bekerja sama dengan investor untuk mendukung perkembangan bisnis.

c. Menyusun Kesepakatan yang Jelas

Pastikan kesepakatan yang dibuat jelas dan terinci agar tidak ada kebingungan atau salah tafsir di kemudian hari.

Mendapatkan investasi untuk bisnis online di desa bukanlah hal yang mudah, tetapi bisa dilakukan dengan strategi yang tepat dan dipersiapkan dengan matang. Dengan dukungan investor, bisnis online di desa Anda akan semakin berkembang dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa.
cara mencari investor

Kisah Sukses Peluang Bisnis Online

Ada beberapa strategi dan tips yang dapat dilakukan untuk mencari dan memilih investor yang tepat. Namun, penting juga untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum mencari investor. Selain itu, sebagai pengusaha, tetaplah fokus pada tujuan bisnis dan menjaga integritas bisnis selama proses negosiasi dengan investor.

Kisah sukses peluang bisnis online dari pelosok desa ini dialami oleh akun TikTok milik “sohibcemilan”, yang menurut laporan dari KaloData.com mampu menghasilkan pendapatan sebesar Rp 115 juta setiap harinya. Prestasi ini sungguh luar biasa!

Tak hanya itu, ada pula akun TikTok bernama “Eat Sambal” yang sangat berhasil dalam penjualan makanannya. Produk-produk yang ditawarkan begitu menarik dan konten yang dipresentasikan begitu menghibur sehingga tak heran jika begitu banyak orang tertarik untuk membeli. Dalam satu konten saja, akun tersebut berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 90 juta per harinya. Ini benar-benar luar biasa!

Hal ini tak terlepas dari adanya investor yang mendukung mereka. Dengan strategi yang tepat, Anda juga dapat melakukan hal yang sama. Memajukan peluang bisnis untuk masyarakat di pelosok juga ditulis pada salah satu situs tekno, Pricebook.

Setelah semua diterapkan dengan baik, hal yang paling penting adalah koneksi internet yang baik sehingga menunjang semua proses yang sudah disebutkan di atas, kelancaran berkomunikasi dengan para investor tentunya didukung dengan koneksi internet yang memadai.

Koneksi Internet yang Memadai

Saat ini, internet IndiHome dari Telkom Indonesia telah menjadi salah satu provider yang banyak dipilih oleh masyarakat desa. Dengan kecepatan akses internet yang stabil dan harga yang terjangkau, membuat para pengusaha di desa semakin tertarik untuk memanfaatkan internet IndiHome sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis online mereka.

Selain itu, dengan adanya dukungan program-program digitalisasi dari pemerintah, peluang untuk mengembangkan bisnis online di desa semakin besar. Program-program seperti Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Desa Digital, dan beberapa program lainnya dapat membantu para pengusaha di desa untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan serta memperluas jangkauan pasar.

Tidak hanya itu, IndiHome juga mendukung masyarakat di daerah terpencil sehingga memiliki kesempatan untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan mengikuti program Sobat IndiHome (SOBI). Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini, dapat ditemukan pada situs SOBI.

Dalam mencari investor dan mengembangkan bisnis online di desa, penting juga untuk memperhatikan faktor-faktor lingkungan sekitar. Misalnya, menjalin hubungan yang baik dengan tokoh masyarakat atau pemimpin desa, serta memperhatikan kearifan lokal dalam setiap kegiatan bisnis yang dilakukan.

Dengan strategi yang tepat dan dukungan investor yang sesuai, bisnis online di desa akan semakin maju dan memberikan manfaat bagi masyarakat desa.

Related Posts

47 comments

  1. Baru tau, ternyata ada banyak ya jenis investor. Pebisnis perlu banget untuk mengetahuinya, agar tidak salah pilih dan tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalaninya.

    Ngomongin soal bisnis online dari desa, kendala pertama yang perlu diperbaiki adalah jaringan internetnya Mase. Tau sendiri kan di desa biasanya koneksi internetnya payah. Namun semoga saja IndiHome ini bisa menjangkau hingga ke pelosok desa ya, sehingga koneksi internet di pedesaan juga semakin baik kualitasnya. Pebisnis online di desa juga bisa sama-sama sukses. Very nice sharing Mas.

    ReplyDelete
  2. Wow, 100juta/hari omzetnya?? Luar biasa. Emg peran investor dalam bisnis itu penting bgt biar growth nya bagus. Tp balik lg, produknya juga harus bagus dulu hehe. Semuanya emg saling mengisi

    ReplyDelete
  3. mencari investor sangat penting dilakukan agar bisnis bisa terus berjalan dan berkembang. tapi tentu saja kita perlu selektif cari investor yang akan diajak kerjasama

    ReplyDelete
  4. Pastinya ketika ingin mencari investor ini sudah punya perencanaan bisnis yang jelas ya. Business plan yang menarik bisa membuat investor segera memberikan kucuran dana untuk usaha yang dijalankan.

    ReplyDelete
  5. Investor ternyata beragam ya. Menarik bisnis online dari desa, tetap didukung oleh internet, jadi mengangkat potensi bisnis di desa

    ReplyDelete
  6. Tinggal di desa bukan berarti serba ketinggalan dibandingkan dengan di Kota, ya. Kita tetap bisa berusaha seperti melakukan bisnis dan mengundang investor untuk turut serta membangun desa agar lebih maju

    ReplyDelete
  7. Suka termotivasi kalau lihat akun dagang di tiktok ya,mbak. Penghasilannya ngga main-main, sampe puluhan dan ratusan juta sehari. Luar biasa...
    Tapi itulah ya, semua harus pakai strategi yang tepat, dan tentu saja koneksi internet yang kuat dan lancar yang bisa menjangkau ke area pelosok jadi bisa berbisnis dari manapun.

    ReplyDelete
  8. Aku jadi ingat desa tempatku lahir. Beberapa waktu yang lalu ada salah satu dusun yang mendapatkan semacam dana dari investor untuk mengembangkan wisata di bidang pertanian. Mereka juga diberikan akses internet cepat untuk ekspansi jualan online. Kalau tidak salah provider internetnya juga IndiHome. Keren sekali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah kalau gini makin membuat usaha wisata yang lainnya jadi makin giat lagi untuk membuat tertarik investor agar semakin mendekat ke usaha mereka juga yaa mba

      Delete
  9. Benar sekali. Mencari investor di desa itu bukan hal yang mudah. Tapi bukan berarti nggak bisa kita usahakan. Beberapa tips di atas benar-benar kudu dilakukan dengan baik agar bisa mendapatkan investor meski kita tinggal di desa.

    ReplyDelete
  10. temenku punya bisnis online doaangg omsetnya puluhan juta sebulan, emang harus tahu pasarnya, dan selalu berinovasiii

    ReplyDelete
  11. Supaya klien makin mengenal dan prospek ketika perkenalan jadi lancar, presentasi bisnis jadi tolak ukurnya juga. Bagaimana bisa memperkenalkan produk bisnis yang dijalankan

    ReplyDelete
  12. Sy setuju dgn kalimat ini kak. Klu mau cari investor kita wajib memperhatikan faktor lingkungan.

    ReplyDelete
  13. Saya punya sedikit pengalaman mencari investor waktu masih berbisnis di desa. Intinya memang jelas di awal, produk jelas, bagi hasil jelas, promosi dan produksi juga didetilkan sejak awal. Dengan begitu investor tenang menitipkan modalnya.

    ReplyDelete
  14. Tipsnya kereen makasih banget, memang perlu di planning sebaik2nya, dan di era digital sekarang ini kebutuhan akan internet yang anti lemot penting bangeg nget...

    Dengan internet bisa menawarkan produk secara online.

    ReplyDelete
  15. Gak nyangka bisa mencapai omzet ratusan juta ya?
    Tapi emang sih, terbukti selama pandemi bisnis online tetap hidup malah berkembang pesat
    Telkom paham betul hal ini karena itu melalui IndiHome menyediakan internet cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama Ambu.
      Peran IndiHome sangat membantu juga di sini sebagai penyedia internet,sehingga gairah menjalankan bisnis online makin ssmangat

      Delete
  16. Eh ini bener sih, dengan semakin berkembangnya internet ke pelosok daerah, menemukan wirausaha di desa-desa bukan hal mustahil. Mereka bahkan punya prospek bisnis yang menjanjikan juga dan layak jadi pertimbangan investor. Ditambah dengan keberadaan internet, orang desa bisa juga sukses

    ReplyDelete
  17. Internet memberikan banyak peluang kepada siapa saja ya mas
    Termasuk bagi masyarakat desa
    Dukungan internet cepat dan stabil dari IndiHome ini bisa membuat bisnis online di desa jadi berkembang

    ReplyDelete
  18. Aku langsung kepo sama akun TikTok bernama “Eat Sambal”. Sudah kebayang legit pedasnya menu-menu makanan nan menggoyang lidah. Alhamdulillah, indiHome jadi mempermudah para pelaku umkm untuk mempromosikan usahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok samaan sih mbak. Soalnya aku termasuk pemakan sambal setiap harinya hahaha. Penasaran lho aku senendang apa sambalnya.

      Delete
  19. Wah banyak nih yang harus dipersiapkan untuk mencari investor, dan yang paling penting menggunakan akses internet stabil seperti IndiHome ❤️

    ReplyDelete
  20. wah eatsambal ... enak, anakku pernah beli. Btw, penasaran sama SOBI, nanti ah aku meluncur ke situsnys...

    ReplyDelete
  21. desa tuh lahan empuk buat investasi, karena banyak yang bisa dieksplor. apalagi sekarang semua juga udah high-tech, termasuk internet yang udah hampir merata di desa-desa

    ReplyDelete
  22. Gak mudah pasti ya.. memulai bisnis dan mencari investor yang tepat. Namun dengan adanya internet cepat yang menjangkau hingga pelosok desa, harapannya perekonomian ini bisa terus bertumbuh dengan baik.

    ReplyDelete
  23. setujuh juga nih, utk mencari investor dana desa tentunya hal yg tidak boleh dilupakan adalah proposal bussines plan. Apalagi sekarang, gampang juga untuk pengajuannya lewat internet, he

    ReplyDelete
  24. Sekarang peluang bisnis lebih mudah ya, dibanding katakanlah 15 tahun yang lalu. Internet yang semakin cepat, kekuatan media sosial buat promosi, kemudahan mendapat investor, hingga keleluasaan lokasi bisnis adalah beberapa faktornya. Jadi tidak asing lagi kalau berbisnis dari desa pun bisa sukses dengan omzet besar

    ReplyDelete
  25. Di satu kondisi, kerjasama dengan investor memang perlu ya. Apalagi pada saat itu, modal kita terbatas sementara ada pekerjaan yang butuh suntikan dana. Tiga opsi investor di atas patut dipertimbangkan. Semoga dengan cara ini, usaha kita bisa terbantukan.

    ReplyDelete
  26. Investor juga pastinya pilih pilih mana proyek yang bisa menghasilkan ya. Makanya pebisnis harus mempersiapkan dengan matang agar dilirik investor. Pelajaran banget nih biar kerja gak asal asalan. Harus serius

    ReplyDelete
  27. Sekarang bisnis online di desa juga sangat menjanjikan, Mas. Misalnya tetangga saya. Dia ada jasa transfer uang. Nah, ini selain memudahkan orang-orang sekitar tidak perlu jauh ke ATM, dia juga dapat cuan.. cuan. Tapi memang, perlu dukungan internet yang cepat dan stabil, biar semua transaksi cepat terselesaikan.

    ReplyDelete
  28. Sekarang koneksi internet termasuk nyawa-nya pemasaran untuk bisnis ya.
    Platform untuk memasarkan produk juga bertebaran. Tinggal meyakinkan investor untuk memperkuat modal bisnis, cuan akan terus datang via berjualan online.

    ReplyDelete
  29. Masya Allah. Itu tinggal di desa aja, dengan dukungan internet penjualannya bisa sampai 115 juta per hari. Apa kabar aku yang di kota ya? Duh, jadi malu :'(

    ReplyDelete
  30. Wah, kalau ditekuni dengan serius, bisnis online dari desa bisa jadi sangat menjanjikan seperti itu ya mas
    Apalagi didukung internet cepat dan stabil dari IndiHome ini

    ReplyDelete
  31. Sering denger angel investor dari postingan temen yang punya usaha.
    Baru tau kalau IndiHome memiliki situs SOBI, ini lumayan banget ya bisa buat networking siapa tahu ada yang bisa kerjasama atau tukar pengalaman yang lumayan buat mengembangkan bisnis :D

    ReplyDelete
  32. Aku pernah tau dan nyimak perjalanan sukses bisnisnya Eat Sambal itu, mas
    Penting banget memang kalau punya bisnis bisa cari investor supaya usaha bisa lebih berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjalanan mencari investornya diceritain juga nggak mbak sama akun Eat Sambal tersebut?

      Delete
  33. Investor pasti tertarik masuk ke desa-desa. Apalagi kalau desanya masih cakupan Pulau Jawa. Kayaknya udah di atas 90 persen bisa dihubungkan ke provider seperti IndiHome.

    ReplyDelete
  34. Selama ini memang mencari investor itu lebih mudah di perkotaan dan bisnis yang di kota saja. Tapi ternyata bisa ada cara juga nih untuk dukung bisnis online yang di pedesaan. Keren banget kalau kita semua saling support dan berkembang bersama ya.

    ReplyDelete
  35. Yang namanya bisnis pasti ada untung rugi ya. Yang penting dikomunikasikan sejak sebelum menerima dana dari investor, gimana planning bisnisnya, sistem bagi hasilnya, dll. Ada perjanjian hitam di atas putih juga, biar nggak dituntut kalau ada apa2 yang nggak sesuai prediksi

    ReplyDelete
  36. Saya memposisikan diri sebagai clon investor dan langsung setuju banget dengan tips dan ulasan di sini. Emang cari investor itu wajib banget siap berbisnis sebab investor ya pasti cari kepastian soal cuan.

    ReplyDelete
  37. Semoga internet di pedesaan semakin merata ya, agar investor dengan mudah bisa mengelola bisnis online dan berkembang dengan pesat

    ReplyDelete
  38. Pas baca omsetnya sampai 115 juta itu benar-benar daebak! Peran internet dan pemilihan investor yang tepat, benar-benar sangat membantu, terutama para UMKM. ❤️

    ReplyDelete
  39. Omzetnya besar sekali ya bisa nyampe 90 juta 110 juta. Padahal di desa. Wah seberguna itu manfaat internet

    ReplyDelete
  40. Teknik pitching yang baik dengan investor jadi kunci yang gak boleh dilupakan ya kak.. Btw untuk sistem crowdfunding lumayan menguntungkan juga, terlebih untuk bisnis non profit

    ReplyDelete
  41. Ternyata ada banyak jenis jenis investor ya. O iya konten eatsambal sering lewat di FYP tiktok saya. Keren ya, kalau business plannya sudah matang, bakal mudah dapat investor. Tapi ya presentasi nya harus lancar juga

    ReplyDelete
  42. Koneksi internet sangat penting karena jaman sekarang memaksimalkan marketing lewat dunia online.
    Ikut seneng indihome masuk ke desa sehingga masyarakat desa melek internet

    ReplyDelete
  43. Saat ini dengan semakin berkembangnya internet ke pelosok daerah, ini sangat mendukung wirausaha di desa-desa. Bahkan gak mustahil punya prospek bisnis yang menjanjikan dan bisa jadi pertimbangan investor untuk masuk ke desa2 ya mba

    ReplyDelete

Post a Comment