7 Pertimbangan Memilih Sekolah Taman Kanak-Kanak Albata

Konten [Tampil]
Saat anak akan memasuki sekolah orang tua perlu memperhatikan betul bagaimana sekolah yang akan dituju, apakah sekolah yang akan dimasuki nantinya akan cocok dengan anak kita. Apalagi kalau ini adalah pertama kali, dan jenjang sekolah pertama untuk anak-anak. Orangtua harus memperhatikan banyak hal. Misal untuk keagamaan anak adakah aktivitas keagamaan yang dibangun pada anak sejak dini seperti aktivitas belajar mengaji anak disamping aktivitas belajar lainnya.
memilih sekolah Taman kanak-Kanak

Memilih Sekolah Taman Kanak- Kanak (TK) Untuk Anak

Memilih sekolah taman kanak-kanak untuk anak bukanlah perkara mudah. Sebagai orang tua perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum mengambil keputusan menyekolahkan anak pada sebuah lembaga pendidikan. Apa saja pertimbangan orang tua sebelum memilih sekolah Taman Kanak-Kanak untuk anak?

1. Kompetensi Guru

Kompetensi guru menjadi penentu kemajuan sebuah pendidikan. Semakin kompeten guru, maka akan semakin berdampak pada kualitas peserta didik. Kompetensi guru ini bisa dilihat dari latar pendidikan guru yang mengajar pada sekolah tersebut.

2. Keamanan lingkungan sekolah

Masa taman kanak-kanak adalah masa yang sangat rentan bagi anak. Mereka suka mengeksplorasi lingkungan baru yang mereka dapatkan, dan mencoba banyak hal baru. Sehingga orang tua perlu melihat bagaimana keamanan lingkungan sekolah.

Keamanan lingkungan sekolah ini mencakup banyak hal seperti keamanan sekolah dari akses jalan raya, kondisi sarana dan prasarana sekolah, serta kondisi alat bermain siswa menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan saat memilih sekolah.

3. Perlakuan Guru kepada Siswa

Orang tua juga perlu mengetahui bagaimana perlakuan guru kepada setiap siswa. Bisa dilakukan dengan mengamati langsung di lokasi sekolah, bisa juga dengan mencari informasi dari luar. Misal dari orang tua wali murid yang anaknya disekolahkan di sekolah tersebut.

4. Jumlah Tenaga Pengajar

Sekolah yang baik juga akan terlihat dari jumlah tenaga pengajar yang sebanding dengan jumlah siswa. Jika jumlah tenaga pengajar tidak seimbang dengan jumlah siswa, maka bisa dipastikan perhatian guru kepada masing-masing siswa juga tidak akan maksimal.

5. Jumlah Siswa dalam 1 Kelas

Kapasitas kelas juga perlu menjadi pertimbangan dalam memilih sekolah bagi anak-anak. Semakin padat jumlah siswa dalam satu kelas, proses pembelajaran tidak akan optimal. Mengapa demikian? Karena perhatian guru akan terpecah kepada banyak siswa. Berbeda jika dalam satu kelas hanya ada 10 siswa dengan jumlah guru dua orang. Ini akan memudahkan proses pendampingan pembelajaran anak di sekolah.

6. Biaya sekolah

Berbicara biaya sekolah, orang tua bisa mencari informasi rinci biaya saat akan masuk ke sekolah yang akan dipilih. Saat mencari informasi mengenai biaya sekolah ini, orang tua perlu mengukur dengan fasilitas yang diterima siswa saat di sekolah nantinya, program pembelajaran, dan kurikulum yang digunakan.

7. Kurikulum Pendidikan Seimbang

Kurikulum pendidikan seimbang adalah kurikulum yang tidak hanya menekankan pada satu bahasan saja. Namun juga membangun kompetensi yang harus dimiliki siswa secara seimbang. Tidak hanya mengajarkan pelajaran umum, namun juga mengajarkan muatan keagamaan bagi peserta didik, misal dengan adanya proses belajar mengaji anak.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sekolah taman kanak-kanak bagi anak agar tidak salah pilih. Semakin jeli orang tua memperhatikan hal di atas, maka akan semakin baik pula hasil yang akan didapatkan. Salah satu sekolah yang bisa menjadi pilihan bagi orang tua yang berada di Surabaya adalah lembaga pendidikan islam, Albata.
Albata

Apa itu Albata?

Albata adalah lembaga pendidikan Islam berbasis offline dan online yang hadir untuk mendidik dan mendampingi anak-anak untuk belajar sejak usia dini. Albata didukung juga dengan kurikulum yang komprehensif yang berdasarkan Al Quran dan Assunah.

Albata ini sudah berdiri sejak 2019 dan menanamkan nilai-nilai dasar agama berdasarkan Al Quran dan Assunnah sejak dini juga. Diantara materi yang diberikan kepada anak adalah tentang Tauhid, Adab, Fiqih, Sirah, Tahsin & Tahfidz dengan pengajaran “fun learning” mengadopsi metode montessori.

"Hingga Agustus 2022 tercatat total 9.500 siswa belajar di Albata"

Kelas di Lembaga Pendidikan Islam Albata

Albata memiliki beberapa pilihan kelas yang terbagi berdasarkan jenjang usia anak. Ada kelas untuk 1-3 tahun, kelas 3-7 tahun, dan kelas untuk 7-13 tahun. Kelas-kelas dalam Albata ini terdiri dari kelas online dan kelas offline yang siap membantu semua orang tua dalam mendampingi anak mendapatkan pendidikan berkualitas.

Diantara kelas yang dimiliki Albata yaitu ada Toddler Class Online dan Offline, Kids Class Online dan Offline, Kindergarten Online dan Offline, Teens Class Online dan offline, dan TPQ Online.

Untuk kelas TPQ online di Albata terdiri dari beberapa pilihan yaitu TPQ Kids Online Group, TPQ Kids Online Private, TPQ teens Online Group, TPQ Teens Private Group. Selain kelas online TPQ offline juga terdapat di Albata khusus untuk private class.

Itulah beberapa pilihan kelas pada lembaga pendidikan islam Albata. Bagi orang tua yang memiliki anak usia 3-6 tahun dan siap masuk sekolah Taman Kanak-Kanak dan berada di Surabaya bisa memilih Kindergarten (TK) Class.
memilih sekolah Taman Kanak-Kanak Albata

Kindergarten (TK) Offline

Kindergarten (TK) Offline bisa menjadi pilihan tepat bagi orang tua di Surabaya yang menginginkan anaknya mengenyam pendidikan pada lembaga pendidikan islam, Albata. Kindergarten ini hadir dan membuka kesempatan bagi ananda untuk belajar banyak hal dari materi yang diberikan.

Untuk masuk dan bergabung dengan Albata Kindergarten (TK), orang tua harus memastikan syarat usia dari ananda. Albata ini bisa diikuti oleh ananda yang sudah berusia minimal 3 tahun 8 bulan pada bulan Juli.

Apa saja kurikulum yang ditetapkan?

Albata sebagai lembaga pendidikan islam sama halnya dengan lembaga pendidikan lain yaitu memiliki target capaian pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa saat mengikuti proses pembelajaran.
  1. Kurikulum yang komprehensif diterapkan untuk mendukung proses belajar yang bisa menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Pada program Kindergarten (TK) ini anak akan belajar banyak hal diantaranya
  2. Penguatan pondasi keagamaan anak melalui materi tentang Tauhid, Adab dan Akhlak, Fiqih.
  3. Belajar mengaji anak dengan tartil. Dimana anak akan belajar mengenal Huruf Hijaiyah hingga Membaca Quran.
  4. Anak mengikuti kelas tahfidz (Hafalan Quran).
  5. Belajar dengan kurikulum Montessori yang meliputi Practical Life, Sensorial, Math, Language, dan Culture,
  6. Anak dikenalkan dan konsisten dengan menggunakan Trilingual (Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris) dalam interaksi pembelajaran.
    TPQ Online

Alasan mengapa memilih Albata

Memilih sebuah lembaga pendidikan islam, orang tua perlu memperhatikan bagaimana proses pembelajaran pada lembaga tersebut. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kenapa memilih Albata adalah
  1. Sesuai Quran dan Sunnah
  2. Pembelajaran Fun Learning mengadopsi metode montessori islam.
  3. Fasilitas kelas menunjang yang lengkap dengan tools montessori yang lengkap pula.
  4. Menerapkan sistem pengajaran terbaik, di mana pada 1 kelas maksimal diisi oleh 15 murid. Selain itu juga didampingi oleh 2 guru
  5. Pengajar (ustadzah) merupakan orang-orang terbaik, yang di seleksi dari universitas ternama.

Fasilitas Albata

Albata sebagai lembaga pendidikan islam berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam pendidikan berdasarkan Al Quran dan Assunnah. Bukan hanya siswa yang menjadi sasaran penumbuhan karakter, namun juga orang tua. Ada beberapa fasilitas yang bisa diikuti orang tua yaitu:

1. Tahsin for parents (Online dan Offline)

Tahsin for parents ini bisa menjadi pilihan bagi orang tua untuk bisa belajar mengaji. Selain bisa dilakukan secara offline, pada program ini juga tersedia belajar mengaji online.

Pastinya akan semakin mudah diikuti oleh orang tua karena orang tua bisa ikut belajar mengaji online baik dari rumah maupun dari kantor.

2. Webinar for parents (Online dan Offline)

Orang tua bisa mendapatkan pengetahuan baru baik tentang pengasuhan atau lainnya dengan mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Albata.

3. One on One meeting teachers with parents (Online dan Offline)

4. Discussion group for teachers and parents (Online dan Offline)

5. CCTV pada setiap kelas 

CCTV dipasang pada setiap kelas untuk memastikan keamanan dan monitoring pelaksanaan pembelajaran.

Itulah beberapa fasilitas yang disediakan sekolah bagi orang tua untuk mendukung tercapainya proses pembelajaran yang menghasilkan peserta didik berkualitas.
belajar mengaji anak

Berapa biaya Albata Kindergarten (TK) Offline?

Untuk belajar di lembaga pendidikan islam, Albata khususnya untuk Taman Kanak-Kanak khususnya kelas offline ada beberapa biaya yang harus dibayarkan meliputi
  • Biaya masuk (Enrollment) Rp 500.000
  • Biaya sarana dan prasarana (Facility Usage) : Rp 9.000.000
  • Biaya seragam (Uniforms) : Rp 850.000
  • Biaya SPP Bulanan (Monthly Tuition) : Rp 900.000

Bagaimana cara mendaftar Taman Kanak-Kanak di Albata?

Untuk memasukkan anak ke Taman Kanak-Kanak Albata kelas Offline cukup akses laman www.albata.id/kindergarten/. Pada bagian bawah halaman pilih Daftar Sekarang maka kita akan terhubung dengan layanan Whatsapp Albata.

Orang tua bisa juga langsung menghubungi Albata di nomor (+62) 811334436 atau melalui surat elektronik assalamualaikum@albata.id. Bagi yang berada di kawasan Surabaya bisa datang langsung ke Babatan Indah B9 No.1 Surabaya.

Albata, Sekolah Taman Kanak-Kanak Berkualitas di Surabaya

Bagi para orang tua yang mencari tempat belajar ananda khususnya yang berada di usia Taman Kanak-Kanak yaitu pada rentang usia 3-6 tahun adalah hal penting. Kelas Kindergarten (TK) pada Albata bisa menjadi pilihan. Hal ini karena selain belajar materi umum, anak juga akan mendapatkan materi belajar Al Quran dari mengenal huruf hijaiyah hingga membaca lancar.

Sebagai lembaga pendidikan islam, Albata juga sudah didukung kurikulum dan pengajar terbaik. Tidak hanya itu, jumlah tiap kelas juga sangat ideal, yaitu 15 orang dalam 1 kelas dengan 2 pendamping.

Memilih Albata ini anak bisa belajar dengan menyenangkan karena menerapkan metode pembelajaran fun learning yang mengadopsi metode montessori islam. Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan anak-anak di Taman Kanak-Kanak Albata dan berikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan.

Related Posts

27 comments

  1. Sesuai Quran dan Sunnah menempati posisi teratas dalam daftar alasan memilih Albata. Hal yang sama juga menjadi alasan banyak orang tua yang aku kenal ketika memilih sekolah anaknya, baik dari tingkat TK, SD dan seterusnya. Warga Surabaya yang menomorsatukan hal tersebut kini bisa menjadikan Albata sebagai pilihan prioritas. Selamat!

    ReplyDelete
  2. memilih sekolah memang bnyk hal yg kudu jadi pertimbangan.
    apalagi SEkolah utk anak kicik.

    makasi sharing nyaaaa

    ReplyDelete
  3. dalam memilih sekolah buat anak tercinta, memang banyak hal yang mesti dipikirkan dan dipertimbangkan yaa

    ReplyDelete
  4. Kalau aku pertimbangan pertamanya jarak. Ada yang online begini jadi lebih mudah belajar bagi anak ya

    ReplyDelete
  5. Jadi inget, dulu pernah pindah sekolah RA karena guru nya gak kompeten
    Karena penting banget kompetensi guru dan fasilitas lengkap seperti Albata yang telah menerapkan Montessori Islam

    ReplyDelete
  6. Dari umur 1 tahun pun ada kelasnya direntang sampai 3 tahun, MasyaAllah, keren ini, dari sejak dini bisa mendapatkan pendidikan berbasis Islami 👍

    ReplyDelete
  7. Saya setuju dengan konsep "keseimbangan", Sekolah tidak hanya fokus pada sisi akademis tapi juga pendidikan akhlak dan keimanan. Semoga dengan cara ini akan melahirkan anak-anak yang berkualitas dalam dua sisi penting kehidupan.

    ReplyDelete
  8. Taman kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan/sekolah formal pertama bagi anak, jadi memang orang tua harus jeli dan teliti saat mencari TK untuk anak-anaknya. Karena kesan menyenangkan selama belajar di TK akan membuat anak-anak bertah dan tak harus dipaksa untuk pergi ke sekolah

    ReplyDelete
  9. Wuih, kurikulumnya lengkap banget. Yang paling penting sih anak-anak nyaman dan senang belajar di sana, supaya tertanam kesan di bawah sadarnya bahwa belajar itu menyenangkan.

    ReplyDelete
  10. Wah iya, aku tahu sekolah ini, dekat dengan rumah mamaku
    Memang bagus sekolahnya
    Kurikulumnya juga lengkap

    ReplyDelete
  11. pas banget sedang mencari referensi sekolah TK buat anak. Bisa jadi bahan pertimbangan sebelum menjatuhkan ke sekolah mana buat belajar anak nantinya. Terutama soal kurikulum dan para gurunya juga bagaimana, sebagai orangtua wajib paham

    ReplyDelete
  12. Nah setuju dengan poin jumlha siswa dalam satu kelas, pengalaman ponakan pas tk satu kelas isi 25 duh nagis muluk

    ReplyDelete
  13. Beneer banget. Dengan kurikulum yang komprehensif yang berdasarkan Al Quran dan Assunah, anak bisa mendapatkan pendidikan yang baik dan berkualitas. Ini juga menjamin bahwa anak-anak akan tumbuh menjadi orang yang bijak dan berakhlak mulia. Selain itu, sekolah juga memberikan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak-anak belajar dan berkembang. Jadi bisa nih pilih Albata aja

    ReplyDelete
  14. Selain kompetensi guru, penting banget mempertimbangkan soal biaya. Meski aku yakin setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk sekolah buah hatinya. Kayak Albata misalnya. metode pembelajarannya fun learning yang mengadopsi metode montessori islam. Menurutku sih keren banget.

    ReplyDelete
  15. masya Allah sesuai Quran dan sunnah insya Allah anak-anak tumbuh dengan baik lahir batinnya.
    memilih sekolah memang banyak yang jadi pertimbangannya asal sesuai kemampuan semua sekolah pasti baik untuk anak. tapi yang terbaik tentu yang mengenalkan kepada Tuhan dan rasulnya

    ReplyDelete
  16. Memilih sekolah memang kudu banget sejak anak-anak usia dini. Karena akan menjadi bekal dasar-dasar kehidupan kelak. Yang baiknya ditanamkan di segala lingkungan, baik lingkungan di rumah ataupun di sekolah. Senang sekali dengan kehadiran Albata, Sekolah Taman Kanak-Kanak Berkualitas di Surabaya.

    ReplyDelete
  17. Dengan segala keunggulan yang dimiliki memang bisa jadi pilihan ini Taman Kanak-Kanak Albata. Mengingat untuk rentang usia 3-6 tahun adalah hal penting memilih sekolah terbaik sebagai dasar pendidikan anak

    ReplyDelete
  18. Milih sekolah pertama untuk anak itu memang harus dipikirkan dengan baik agar dapat menghasilkan anak yang cerdas. Lingkungan juga sangat berpengaruh untuk membentu karakter anak.

    ReplyDelete
  19. Baru tau ada TKnya mbak. Kyknya pas pandemi anakku sempet ngaji online di sini,. Eh sama gak ya? Pusatnya di Surabaya kan ya di keterangannya?
    Berarti sekarang programnya lebih banyak lagi ya :D

    ReplyDelete
  20. Lumayan juga SPPnya ya mba .. sbg orangtua harus banget menfalitasi oendudikan yg terbaik buat anak2 aplagi Albata ini menanamkan nilai-nilai dasar agama berdasarkan Al Quran dan Assunnah sejak dini

    ReplyDelete
  21. Pengen banget sekolahin anak ke tempat yang paket komplit, tapi ada daya seringkali ada harga ada rupa, lokasinya pas eh cara pengajarannya asal kena targetnya. Sekolah Albata ini bagus banget ya penerapan kurikulumnya berdasarkan Quran dan sunnah

    ReplyDelete
  22. memilih sekolah yang baik memang penting banget sejak anak usia dini, untuk membentuk karakter anak, apalagi ini ada tahsin and webinar mantap banget deh, cctv setiap kelas juga bikin hati tenang

    ReplyDelete
  23. Seneng banget kalau nemu sekolah seperti Albata ini. Soalnya bukan hanya siswa yang menjadi sasaran penumbuhan karakter, namun juga orang tua. Gak banyak sekolah yang mau menerapkan ini.

    ReplyDelete
  24. memilih sekolahan anak-anak memang kadang harus benar-benar diperhatikan ya kak. jangan hanya menurut kita bagus tapi tidak cocok dengan anak-anak

    ReplyDelete
  25. Memilih sekolah untuk anak memang harus betul-betul banyak pertimbangan, apalagi untuk anak balita

    ReplyDelete
  26. Rekomended ya mbak Sekolah TK di TK Albata. Sekolah dengan mengajarkan nilai-nilai Islam sejak dini pada anak. Sayang tempatku jauh di desa, padahal pengen juga nyekolahin anak ke Albata juga nantinya.

    ReplyDelete
  27. Fasilitasnya lumayan lengkap ya Mbak. Apalagi fasilitas utk mendukung interaksi-komunikasi guru dan ortu. Bagus banget nih...

    ReplyDelete

Post a Comment