7 Museum Bandung Populer dan Instagramable Wajib Dikunjungi

Konten [Tampil]
Anda suka pergi jalan-jalan menikmati keindahan alam dan berbagai destinasi di suatu daerah? Jika sedang mengunjungi anda tidak boleh melewatkan berbagai destinasi wisata yang ada di sana. Bandung yang terkenal dengan Paris Van Java-nya menyimpan ternyata tidak hanya memiliki daya tari dari wisaya alam dan kuliner, namun juga wisata yang memiliki nilai historis. Salah satunya Museum Bandung. Selain Museum Kota Bandung juga ada museum lain yang bisa menjadi daftar yang harus dikunjungi saat anda berkunjung Bandung. Ada banyak museum di Bandung yang instagramable dan bisa diabadikan.
museum di bandung yang instagramable
Image:bandung.go.id

Museum Bandung

Museum Bandung ada beberapa kategori yang bisa anda nikmati. Pertama museum geologi yang memiliki koleksi bebatuan, mineral, dan fosil. Kategori kedua yaitu museum daerah, merupakan museum yang menyimpan koleksi peninggalan kedaerahan khususnya Jawa Barat. Kategori ketiga yaitu kategori sejarah. Kategori keempat adalah kategori tokoh yang memiliki hubungan erat dengan perjuangan bangsa ini, biasanya berupa tempat tinggal bersejarah.

Museum Bandung ternyata memiliki banyak kategori yang sangat bermanfaat untuk menjadi media pengenalan sejarah kepada generasi penerus. Apalagi di Bandung kategori museum yang dimiliki cukup beragam. Tentu ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya dunia pendidikan agar dapat mengenalkan budaya dan sejarah bangsa kepada siswa. Bagi pecinta keindahan museum di Bandung yang instagramable berikut harus menjadi daftar untuk dikunjungi.

Daftar Museum di Bandung

Anda tertarik mengunjungi Museum Bandung dan beberapa museum di Bandung yang instagramable? Berikut beberapa daftar museum yang ada di Bandung, Jawa Barat.

1. Museum Kota Bandung

Museum Bandung
Image:bandung.go.id

Museum Kota Bandung sangat cocok untuk digunakan sebagai sarana edukasi dan transformasi informasi sejarah khususnya sejarah Kota Bandung. Museum ini didirikan tahun 2018 dan diresmikan langsung oleh Oded M. Danial selaku Wali Kota Bandung saat itu.

Datang ke Museum Kota Bandung anda akan disajikan sejarah lengkap Kota Bandung mulai dari pembangunan hingga perkembangan Kota Bandung saat ini.

Bangunannya menggunakan gedung peninggalan Belanda. Gedung ini bersejarah karena dulunya adalah Gedung "Frabelschool" (taman kanak-kanak) milik "Loge Sint Jan". Pastinya akan menarik karena anda dan keluarga bisa merasakan langsung bagaimana suasana gedung dan menyaksikan kemegahan gedung peninggalan Belanda ini.

Saat melihat gedung peninggalan yang bernilai sejarah, tentunya Museum Bandung yang satu ini menjadi museum di bandung yang instagramable yang sayang untuk tidak dikunjungi. Anda bisa berswa foto dengan latar bangunan Museum Kota Bandung.

Selama berkunjung di Museum Kota Bandung anda akan mengetahui Wali Kota Bandung mulai dari pertama hingga saat ini melalui gambar yang terpampang di dalam museum. Tidak hanya, itu, anda juga akan mendapatkan informasi mengenai organisasi kemasyarakatan sampai organisasi keagamaan di Kota Bandung.

Bagi anda yang ingin berkunjung museum di Bandung yang instagramable yaitu Museum Kota Bandung, dapat mengunjunginya di Jalan Aceh 47, Babakan, Ciamis.

Museum Bandung ini buka setiap hari dari pukul 10.00 - 15.00 WIB. Selain karena koleksi dan informasi menarik di dalamnya, yang juga menjadi daya tarik adalah pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke dalam.

2.Museum Konferensi Asia Afrika

museum di bandung yang instagramable
Konferensi Asia Afrika merupakan peristiwa bersejarah bagi dunia, khususnya juga Indonesia. Seperti diketahui Konferensi Asia Afrika pertama kali diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Bandung pada tahun 1955. Untuk mengabadikan momen bersejarah itu, maka pada Peringatan 25 Tahun Konferensi Asia-Afrika, Presiden Republik Indonesia, Soeharto, pada tanggal 24 April 1980 meresmikan Museum Konferensi Asia Afrika yang menempati Gedung Merdeka.

Saat mengunjungi museum bandung yang satu ini, pengunjung akan dibuat semakin dekat dengan moment penting sejarah, Konferensi Asia Afrika yang menghasilkan Dasa Sila Bandung. Terdapat beberapa ruang dan koleksi menarik di dalamnya seperti ruang pameran tetap, perpustakaan, ruang audiovisual..

Ruang Pameran Tetap ini memamerkan koleksi benda-benda tiga dimensi dan foto-foto dokumenter peristiwa yang melatarbelakangi Konferensi Asia-Afrika, hingga Konferensi Asia Afrika beserta profil negara peserta yang disajikan melalui multimedia.

Bagi anda yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh bagaimana negara Asia-Afrika? Anda bisa mengunjungi perpustakaan di Museum KAA yang memiliki banyak koleksi buku-buku sejarah, politik, sosial dan budaya negara-negara Asia-Afrika; dokumen-dokumen mengenai Konferensi Asia-Afrika, konferensi-konferensi pendahulu.

Di museum ini juga terdapat Ruang Audiovisual yang menayangkan film-film dokumenter mengenai kondisi dunia hingga tahun 1950-an, Konferensi Asia-Afrika, konferensi-konferensi pendahulu, konferensi selanjutnya dan KTT Asia-Afrika tahun 2005.

Museum Konferensi Asia Afrika ini merupakan salah satu museum di Bandung yang instagramable. Anda bisa mengabadikan momen-momen saat sedang berkunjung dan melihat koleksi yang ada.

Tertarik berkunjung dan mengabadikan momen menikmati berbagai koleksi yang ada di dalam museum? Anda bisa langsung berkunjung ke Jalan Asia Afrika no. 65, Bandung. Museum ini dibuka untuk umum di hari 
Senin dan Kamis pukul 09.00-12.00 WIB, dan hari Sabtu dan Minggu pukul 13.00-15.00 WIB. Selain hari itu dan di hari libur nasional museum tutup.

3. Museum Geologi

Bandung Geological Museum
Image:www.bandung.go.id
Museum Bandung berikutnya adalah Museum Geologi atau Bandung Geological Museum. Museum ini terletak di Rembrandt Straat, sekarang Jalan Diponegoro. Gedung bergaya Art Deco ini dirancang oleh arsitek Belanda Ir.H.M.van Schouwenburg dan dibangun pada tahun 1928 dan siresmikan dengan nama Geologisch Laboratorium (16 Mei 1929), bertepatan dengan penyelenggaraan The Fourth Pacific Science Congress (16-25 Mei) di Bandung.

Museum Geologi Bandung ini merupakan salah satu museum di Bandung yang instagramable. Bandung Geological Museum banyak menyimpan koleksi berhubungan dengan geologi. Koleksi informasi dan berbagai koleksi lainnya tersimpan dan terjaga baik di ruang koleksi maupun di ruang pamer.

Koleksi Museum geologi secara umum terbagi dalam tiga kategori yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung. Ada kategori Sejarah Kehidupan dengan koleksi fosil dari era Prakambrium-Paleozoikum, Mesozoikum, dan Kenozoikum. Pernah nonton Night at the Museum? Di Museum Geologi, Bandung juga terdapat koleksi replika fosil T-rex dan cetakan kaki Tyrannosaurus.

Museum Bandung ini juga ada ruang kategori Geologi Indonesia. Di sini pengunjung bisa lebih tahu tentang bagaimana Asal Mula Bumi, Tektonik Indonesia, Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua, serta galeri Survei Geologi, Gunungapi, Dunia Batuan dan Mineral.

Galeri kategori ketiga yaitu Geologi untuk Kehidupan Manusia. Di sini pengunjung akan disuguhkan galeri berhubungan dengan Pemanfaatan Batuan dan Mineral, Eksplorasi dan Eksploitasi, Mineral dalam Kehidupan Sehari-hari, Bahan Galian Komoditas Nasional, Gempabumi dan Gerakan Tanah, Bahaya dan Manfaat Gunungapi, Air dan Lingkungan.

Selain ruang pamer di atas, Museum Geologi juga memiliki ruang koleksi yang hanya bisa diakses oleh orang tertentu untuk keperluan tertentu dengan prosedur yang sudah di tetapkan.

Tertarik untuk mencari tahu tentang fosil manusia purba, fosil hewan vertebrata, dan hal lain berkaitan dengan alam serta lingkungan? Anda bisa datang langsung ke Jalan Diponegoro No.57, Bandung, Telp. 022-7213822.

Anda bisa memilih sendiri jam kunjungan sesuai dengan jam operasional. Pada hari Senin sampai Kamis, museum ini buka dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Sedangkan di hari Sabtu sampai Minggu buka dari pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

Anda bisa menikmati koleksi, menambah wawasan dan mengabadikan momen di salaha satu museum di Bandung yang instagramable inidengan harga tiket yang sangat terjangkau. Untuk Pelajar/mahasiswa harga tiketnya Rp 2.000,-. Untuk umum harganya Rp 3.000,-. Sedangkan untuk pengunjung asing/pelajar asing hanya mengeluarkan Rp 10.000,- untuk 1 tiket. Murah dan terjangkau kan? Kapan mau berkunjung ke sini?

4.Museum Sri Baduga

Museum Bandung
Image:www.bandung.go.id
Museum Sri Baduga adalah salah satu Museum Bandung yang terletak di Jalan B.K.R. 185. Lokasinya tidak jauh dari Monumen Bandung Lautan Api. Bangunan ini didirikan tahun 1974. Pada tahun 1980 museum diresmikan dengan nama Museum Negeri Provisi Jawa Barat oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kala itu, Dr Daud Yusuf. Kemudian di tahun 1990, museum ini berubah nama menjadi Museum Negeri Provinsi Jawa Barat Sri Baduga.

Sri Baduga sendiri merupakan nama seorang Raja Agung kerajaan Sunda yang beragama Hindu di Jawa Barat.

Melihat bangunan Museum Sri Baduga, sangat terasa kekhasan budaya Jawa Barat yang ditunjukkan dalam bentuk bangunan museum atau rumah. Sehingga menjadi salah satu museum di Bandung yang instagramable dengan koleksi khas Jawa Barat.

Museum Bandung, Museum Sri Baduga ini memiliki banyak koleksi benda bersejarah dan antik, dan memiliki nilai seni tinggi. Koleksi yang dimiliki sangat beragam, mulai dari koleksi arca pada zaman megalitik, pakaian adat, rumah, perkakas, permainan, dan alat musik tradisional.

Berkunjung ke sini akan, anda akan merasakan bagaimana budaya, dan kehidupan orang-orang Jawa barat di waktu itu. Sekaligus menjadikan pengunjung tahu beberapa koleksi yang saat ini sudah tidak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Museum ini dibuka setiap Selasa sampai Jumat mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB. Di hari Sabtu dan Minggu anda juga bisa mengunjungi dengan keluarga dari pukul 08.00 sampai pukul 14.00 WIB. Sedangkan pada hari Senin atau hari Libur Nasional museum ini tidak menerima pengunjung.

Tiket yang harus dikeluarkan untuk dapat bernostalgia dan memahami bagaimana jawa barat dan khususnya budaya Sunda, anda cukup mengeluarkan Rp. 3.000,- untuk dewasa dan Rp. 2.000,00 untuk anak-anak.

5. Museum Gedung Sate

Wisata Bandung
Image:disbudpar.bandung.go.id
Gedung Sate merupakan gedung yang yang menjadi ikon Kota Bandung. Ternyata selain menjadi ikon kota, Gedung Sate Bandung ini juga merupakan museum. Museum Gedung Sate ini diresmikan pada tanggal 8 Desember 2017.

Museum ini menjadi museum yang memadukan informasi sejarah pembangunan Gedung Sate dengan teknologi digital. Perpaduan ini akan memberikan pengalaman berbeda bagi pengujung dalam menikmati setiap sudut dan setiap informasi tentang sejarah Gedung Sate.

Memasuki Museum Gedung Sate, anda akan menikmati sajian foto-foto Kota Bandung dari waktu ke waktu yang dilengkapi deskripsi sejarah. Selain itu, pengunjung juga akan disuguhkan rekaman audio visual mengenai suatu peristiwa. Fasilitas lainnya yang disediakan museum ini adalah 4D Proyeksi, Augmented Reality, Virtual Reality, serta Teater.

Museum Gedung Sate menjadi salah satu museum di Bandung yang instagramable dengan teknologi 4D yang digunakan. Teknologi ini akan membuat anda seolah-olah terlibat dalam proses pembangunan Gedung Sate Bandung. Ingin ikut merasakan sensasi menikmati museum dengan teknologi kekinian? Langsung saja datang ke Museum Gedung Sate di Jalan Diponegoro 22, Citarum, Bandung.

Sebagai informasi, museum ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB. Untuk mendapatkan tiket anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Tiketnya hanya Rp.5.000,00. Sangat cocok untuk anda dan keluarga.

6. Museum Pos Indonesia

Museum Bandung
Image:www.bandung.go.id
Museum Bandung selanjutnya adalah Museum Pos Indonesia yang berada di Jalan Cilaki No 73 atau di sisi kanan Gedung Sate. Museum bersejarah ini ternyata sudah berdiri sejak zaman Hindia Belanda, tepatnya pada tahun 1933. Museum ini awalnya bernama nama Pos Telegraf dan Telepon (PTT). Namun benda di dalamnya tidak terawat dengan baik, bahkan dibiarkan begitu saja. Hingga pada era 80an barulah digagas untuk mengadakan pameran.

Pada 27 September 1983, bertepatan dengan Hari Bhakti Postel ke-38, Museum PTT akhirnya resmi berubah nama menjadi Museum Pos dan Giro. Achmad Tahir selaku Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (Menparpostel) era itu meresmikan museum ini dengan nama Museum Pos dan Giro. Kemudian di tahun 1995 berubah nama menjadi Museum Pos Indonesia.

Museum Pos Indonesia memiliki koleksi perangko dari berbagai penjuru dunia. Koleksi lain yang dipamerkan di museum adalah benda-benda pos. Anda bisa melihat timbangan surat, sepeda pak pos, baju dinas, peralatan pos, dan lukisan tentang sejarah Pos Indonesia.

Museum ini sangat cocok dikunjungi dengan keluarga, teman maupun pasangan. Terlebih bagi anda yang pernah merasakan menggunakan perangko untuk berkirim surat. Berkunjung ke Museum Pos Indonesia, museum di Bandung yang instagramable bisa menjadi pilihan untuk bernostalgia dengan masa lalu.

Anda bisa mengunjungi Museum Pos Indonesia ini pada hari Senin sampai Jumat pukul 10.00 – 14.00 WIB.Sedangkan di hari Sabtu dan Minggu tutup.

7. Museum NuArt

Museum Nuarta
Image:nuartsculpturepark.com
Museum Nuarta atau lebih dikenal dengan Nu Art Gallery merupakan museum yang diresmikan pada tanggal 17 Maret 2016. Museum Nuarta ini merupakan museum dua lantai yang berisi koleksi patung-patung hasil karya Nyoman Nuarta. Setidaknya terdapat 117 karya seni bernilai tinggi karya Seniman Nyoman Nuarta, sosok di balik patung Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Nu Art Sculpture Park menjadi salah satu museum di Bandung yang instagramable. Salah satu spot foto yang menarik adalah patung La Madame. Patung ini sering kali dijadikan spot untuk foto oleh pengunjung. Mengunjungi museum dan galeri yang ada di dalamnya akan membuat anda terkagum dengan karya-karya terbaik yang ada di dalamnya.

Tertarik untuk berkunjung ke NuArt dan menikmati karya seni dengan cita rasa tinggi yang merupakan karya Nyoman Nuarta dari awal berkarir hingga yang terbaru, anda bisa datang langsung ke Nu Art Studio, Ciwaruga Parongpong Kabupaten Bandung Barat.

Kalian bisa berkunjung ke NuArt Sculpture Park (Museum NuArt) dari hari Selasa sampai Minggu mulai pukul 09:00 sampai 17:00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp. 50.000,-. Buat anda pecinta seni, Museum Bandung yang satu ini juga memiliki Galery Teras sebagai tempat pameran seni bagi para seniman lain.

Itulah beberapa museum di Kota Bandung yang bisa anda kunjungi baik sendiri, bersama pasangan, bersama keluarga dan anak-anak, maupun bersama rombongan sekolah. Berkunjung ke beberapa museum di atas, akan memberikan kesan dan pengalaman yang tidak terlupakan. Anda bisa belajar dan menambah wawasan dalam bidang sejarah, budaya, dan seni dari Museum Bandung yang anda kunjungi.

Kesimpulan: Museum Bandung, Museum di Bandung yang instagramable

Kota Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan daya tarik wisatanya. Baik wisata alam, wisata kuliner maupun destinasi lainnya seperti museum. Ada banyak museum di Kota Bandung yang bisa anda masukkan dalam daftar kunjungan untuk menambah wawasa, pengetahuan, atau untuk tujuan edukasi keluarga. Museum-museum di Bandung yang instagramable bisa menjadi pilihan.

Berbagai kategori wisata museum ada di Bandung. Mulai museum sejarah, museum daerah, museum penddidikan, dan museum seni ada di kota yang juga di kenal sebagai Paris Van Java. Di antara museum yang ada di Kota bandung yaitu Museum Kota Bandung, Museum Konferensi Asia Afrika, Museum Geologi, Museum Sri Baduga, Museum Gedung Sate, Museum Pos Indonesia, dan Museum Nu Art.

Selain itu, masih banyak museum di Bandung yang instagramable yang sangat cocok untuk anda dan keluarga. Yuk rencanakan perjalanan anda dengan keluarga atau teman dengan mengunjungi Museum Bandung bersama-sama.


Referensi:
https://www.bandung.go.id/
https://www.disbudpar.bandung.go.id/
https://www.museumindonesia.com/
https://indonesiakaya.com/

Related Posts

12 comments

  1. Wah, banyak juga yang Museum yang ada di Bandung. Ini kalau sehari jalan, gak bakal cukup buat jelajah semuanya. Cocok buat yang mau mengenang sejarah

    ReplyDelete
  2. Dari postingan ini baru 3 museum yang pernah saya datangi.Museum Konferensi AA bikin saya berasa balik ke zaman SMP. Karena dulu jalan-jalannya ke sini.Pas SMP sekolah di Jakarta. Giliran SMA di Bandung malah gak pernah jalan-jalan ke museum sama sekolah :D

    ReplyDelete
  3. main ke museum itu seru banget, jadi sekalin belajar sambil liburan mengisi waktu luang bersama keluarga

    ReplyDelete
  4. Eh, menarik ya ternyata museum di Bandung. Aku tahunya KAA aja 🤣 masukin wishlist dulu deh siapa tahu lebaran besok bs ke Bandung hihi

    ReplyDelete
  5. Banyak juga museum di Bandung, dan itu masih ada aja museum pos ya.. jadi ingat jaman dulu suka kirim-kirim surat dan kartupos ke sahabat pena yang entah ada di mana sekarang.

    ReplyDelete
  6. Dari semua museum yang disebutkan di atas, saya baru mengunjungi museum Konferensi Asia Afrika aja, nextnya pengen banget ke museum geologi.

    ReplyDelete
  7. Waahh, senangnya ketemu artikel ini ^^ Dari semua museum yang disebutkan ini saya baru tahu Museum Asia Afrika, belum pernah masuk ke dalam sih karena saat ke sana sudah tutup jadi hanya foto dari luar :-D Jadi list saya semua, semoga bisa berkunjung ke museum populer di Bandung..

    ReplyDelete
  8. Aku suka berkunjung ke museum dengan anak-anak. Daftar di atas mostly harga tiket museum ga sampai 10000 udah bisa belajar sejarah dan budaya.

    Kalau ke Bandung perlu agendakan tour de museum. Yang menarik itu museum Geologi karena ada fosil dino. Seruuu!

    ReplyDelete
  9. dari beberapa museum diatas sy baru nyoba mengunjungi satu museum pak, dan bikin nagih memang kalau main ke bandung. Sayang, kalau sekarang agak padat ya jalur darat di bandung. Yang sebenarnya byk tempat yang bisa di eksplore, semoga deh ya ada kesempatan mengunjungi museum yang lainnya

    ReplyDelete
  10. Ternyata banyak museum di Bandung dan belum ada yang kudatangi. Wawasanku masih kurang nih. Tertarik pengen main ke museum Sri Baduga.

    ReplyDelete
  11. Kenapa Aku belum ke Museum Gedung Sate yaa..huhu..padahal lokasinya pasti di Gedung Sate, which is tengah Kota banget. Tapi masuknya masih agak linglung Karena gabung sama area kantor pemerintahan Kota Bandung kan yaa..

    ReplyDelete
  12. Wah, dari semua museum yang disebut aku baru pernah ke Museum Geologi. Paling penasaran ke Museum KAA sama Museum Pos.. Ternyata Museum Pos udah dari zaman Belanda ya..

    ReplyDelete

Post a Comment