6 Peran Kurikulum Internasional dalam Sistem Pendidikan di Indonesia

Konten [Tampil]
Sistem pendidikan nasional terus berbenah dari waktu ke waktu. Perubahan kurikulum juga dilakukan seiring perkembangan dunia dan teknologi. Tujuannya adalah agar semua lulusan bisa mendapatkan hasil terbaik nantinya. Bisa menjadi lulusan yang siap terjun di dunia kerja. Dalam artian lain menjadi lulusan yang mampu bersaing dalam segala hal sesuai dengan bidangnya.
Sampoerna University
Lantas bagaimana perkembangan pendidikan Indonesia di dunia internasional? Berdasarkan data World Population Review, peringkat pendidikan Indonesia pada tahun 2021 berada di peringkat ke-54 dari total 78 negara di dunia. Ini menunjukkan bahwa pendidikan nasional kita masih memiliki banyak pekerjaan rumah dan tantangan yang harus dihadapi agar bisa bersaing dengan dunia global.

Salah satu solusi tepat untuk menjawab tantangan itu adalah menerapkan kurikulum yang mendukung lulusan bisa bersaing dengan baik. Untuk tujuan ini, tidak bisa kita terus menerus hanya berpaku kepada sistem pembelajaran yang kaku. Perlu terobosan dengan memasukkan kurikulum internasional dalam kurikulum pendidikan nasional. Ini bukan berarti kurikulum pendidikan nasional tidak baik. Sudah baik, tapi akan lebih baik jika bisa memenuhi tantangan dunia global sehingga kualitas SDM juga bisa bersaing dan diakui dunia.

Berbicara tantangan dan persaingan global lulusan pendidikan dalam hal ini universitas, beberapa waktu lalu saya mengikuti sebuah webinar yang diselenggarakan Sampoerna University. Ada banyak hal menarik disampaikan dalam pertemuan secara hybrid tersebut. Khususnya berbicara tentang peran kurikulum internasional dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Penyelenggaraan Pendidikan Nasional dan Internasional

kurikulum internasional
Semua orang merasakan bagaimana penyelenggaraan pendidikan di negeri ini. Pendidikan lebih mengajak peserta didik untuk belajar dengan menekankan kepada kemampuan menghafal. Sebagai contoh dalam pelajaran sejarah maka yang diangkat adalah sekedar pada tahun terjadinya, terjadi di mana dan siapa tokohnya. Tidak mengajak peserta didik berpikir secara kritis, mengemukakan analisa mereka, misal mengapa harus perang dan tidak dengan perundingan, dan lain sebagainya.

Sedangkan pendidikan internasional lebih menekankan pada cara berpikir kritis. Mereka diajak berpikir dan merasionalisasi apa yang mereka pikirkan. Tidak hanya berpikir saat ini, namun juga berpikir apa yang terjadi di masa akan datang dengan keputusan yang diambil saat ini.

Hal ini juga yang kemudian melatarbelakangi perjalanan Sampoerna University dalam mengkolaborasikan kurikulum pada pendidikan internasional dengan kurikulum nasional sehingga menjadi kurikulum yang unik dan berdampak positif pada lulusan yang memiliki kompetensi bekerja di kemudian hari.

Peran Kurikulum internasional dalam sistem pendidikan di Indonesia

Sampoerna University merupakan menerapkan Kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Internasional dari Universitas Arizona. Pemilihan kurikulum pendidikan Amerika dipilih karena dipandang sangat relevan dengan kebutuhan dunia kerja atau dunia industri yang akan dihadapi lulusan pada waktu akan datang.

Berdasarkan data World Ranking University, 7 dari 10 universitas terbaik di dunia terdapat di Amerika. Inilah yang menjadi latar belakang mengapa kemudian Sampoerna University memilih Kurikulum Amerika sebagai kurikulum internasional bagi mahasiswanya. Data ini sekaligus menunjukkan bahwa standar pendidikan internasional yang disiapkan mengikuti perkembangan dunia dan industri yang ada.

Pengimplementasian kurikulum internasional dalam sistem pendidikan Indonesia, memiliki peran penting dalam mencetak lulusan yang memiliki daya saing secara global. Bersaing dengan lulusan dari berbagai universitas yang ada di dunia ini. Diantara peran kurikulum pendidikan tersebut adalah
Pendidikan Internasional

1. Meningkatkan kompetensi Bahasa Asing

Kemampuan bahasa asing mahasiswa akan senantiasa terasah dengan baik. Bukan sekedar sebagai prasyarat, namun menjadi bagian dari bahasa komunikasi dalam pembelajaran. Semua keterampilan bahasa tumbuh dan berkembang di sini. Keterampilan mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara terbangun secara beriringan karena sudah menjadi tuntutan bagi mereka.

2. Meningkatkan kompetensi lulusan

Kompetensi lulusan sangat diperlukan sebagai salah satu syarat yang menguatkan dalam mendukung kompetensi bekerja ketika melamar sebuah pekerjaan. Kompetensi ini dibangun melalui aktivitas yang dilakukan selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Sebagai contoh mahasiswa Sampoerna University akan mendapatkan pelatihan berhubungan dengan kompetensi bekerja seperti pelatihan profesional dan persiapan karir.

3. Membangun kemampuan berpikir kritis dan problem solving

Selama menempuh pendidikan, mahasiswa akan dituntut untuk bisa berpikir kritis dan menemukan solusi dari permasalahan yang ada. Selama belajar tidak hanya difokuskan pada kemampuan numerik, namun juga science, etika, dan sosial. Tentu ini akan memberikan dampak positif terhadap cara berpikir mereka. Di mana mereka bisa berpikir secara utuh dalam mengatasi suatu permasalahan.

4. Memberikan pengalaman kerja

Setiap peserta didik akan mampu menyesuaikan kehidupan pasca kampus dengan dunia industri di mana mereka terjun di kemudian hari. Ini dilakukan dengan menerjunkan mahasiswa dalam program magang/internship di perusahaan.

Tidak hanya itu mahasiswa Sampoerna University juga mendapatkan real world experience dengan project real case di dunia industri. Kegiatan ini akan menjadikan mereka juga benar-benar memahami bagaimana dunia kerja. Mengikuti perkembangan industri. Selain itu selama menempuh kuliah juga mendapatkan kesempatan praktikum di laboratorium pendukung yang sangat memadai. Mendapatkan pelatihan aplikasi software yang ada dalam dunia industri. Sehingga mereka betul-betul siap saat di dunia industri.

5. Mempersiapkan bekal menuju dunia kerja

Memberikan pengalaman melalui internship atau magang belumlah cukup. Mereka juga perlu mendapatkan bekal tambahan lainnya. Untuk itu mahasiswa pada universitas yang bekerja sama dengan Arizona University ini juga membekali mahasiswanya dengan pembekalan kompetensi bekerja seperti persiapan Curriculum Vitae, bagaimana mempersiapkan dan mengikuti interview, cara berkomunikasi dan presentasi.

6. Pemahaman budaya antar negara

Salah satu manfaat lain dari kurikulum pendidikan internasional adalah kemampuan sosialisasi. Mengapa demikian, karena pendidikan internasional tidak hanya menerima siswa dari dalam negeri. Ada juga mahasiswa dari luar. Hal ini akan membuat mahasiswa bisa saling bertukar pikiran, budaya, dan cara pandang serta cara berpikir mereka.

Itulah beberapa peran yang dapat ditumbuhkan dari implementasi kurikulum internasional dalam sistem pendidikan di Indonesia. Peran yang sangat bermanfaat dalam mencetak lulusan yang memiliki kemampuan dan kompetensi bekerja yang memadai. Peran di atas ditanamkan dan ditumbuhkan oleh Sampoerna University bagi para peserta didik.
kompetensi bekerja

Kesimpulan: Mengapa Sampoerna University?

Sampoerna University sebagai sebuah universitas dengan beberapa fakultas di dalamnya yang sudah mendapatkan lisensi dan akreditasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dengan standar internasional dan nasional. Tentunya keberadaan legalitas ini menjadi hal penting bagi semua untuk memastikan diterimanya lulusan oleh dunia kerja.

Selain itu, Sampoerna University memberikan bekal keterampilan secara menyeluruh dan pengalaman nyata kepada mahasiswa sehingga bisa menjadi lulusan yang bisa bersaing secara global dan memiliki kompetensi bekerja. 


Referensi:
https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/mengapa-sampoerna-university/
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/01/24/hari-pendidikan-internasional-bagaimana-tingkat-pendidikan-di-indonesia-saat-ini

Related Posts

55 comments

  1. Sistem pendidikan dan kurikulum di Indonesia memang sebaiknya dipercepat untuk berbenah ke arah yang lebih baik lagi, agar mampu mencetak lulusan berkualitas tinggi yang siap bersaing secara global. Salah satunya ya bisa dengan memilih kampus Sampoerna University ini. Very nice sharing 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kak Hendra. Berbenah untuk menjadi lebih baik harus menjadi perhatian saat ini.

      Delete
  2. Mahasiswa yg terbiasa dengan kurikulum internasional akan senantiasa memiliki cara pandang yang lebih terbuka dan luwes yaa, apalagi jika bisa dapat dual degree seperti yang ditawarkan Sampoerna University

    ReplyDelete
  3. Oh, ternyata kurikulum international itu sangat relate dengan persaingan dunia kerja ya... Dulunya aku kira buat gaya-gayaan aja. Anak2ku alhamdulillah SD dan SMP nya ikut kurikulum Cambridge.... Semoga bermanfaat kelak ya...

    ReplyDelete
  4. Asiknya bisa dapat 2 gelar sarjana.
    Ini bakal jadi bekal dan kepercayaan diri ketika melamar kerja di perusahaan impian.
    Dengan begitu siap buat hadapi kompetisi global ya

    ReplyDelete
  5. waw Sampoerna memang selalu terdepan ya?
    Selama ini cuma tau kepeduliannya pada UMKM sehingga membentuk SRC
    ternyata juga ada Sampoerna University, karena pendidikan merupakan fondasi kemajuan bangsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Ambu, tadinya aku pikir Sampoerna masih identik dengan rokok... Tapi kiprahnya sejauh ini makin kuat... Salut deh. Semoga makin top ya

      Delete
  6. Banyak banget ya manfaat dari kurukulim internasional ini, yang pasti akan bermanfaat juga buat persaingan global yang makin menggila di beberapa tahun mendatang.
    Anak-anak wajib siap menghadapi semuanya dengan bekal kurikulum internasional

    ReplyDelete
  7. Banyak lulusan perguruan tinggi yang belum memiliki kompetensi sesuai kebutuhan pasar global. Senangnya Sampoerna University memiliki kurikulum internasional yang mendukung lulusannya untuk bisa lebih siap kerja di era persaingan global ini

    ReplyDelete
  8. peringkat ke-54 dari total 78 negara di dunia, sedihnya....
    Suka sebel sih kalo tiap ganti menteri, kurikulum juga beraganti. Paling sebel buku mata pelaran pun tiap tahun selalu berganti, padahal isinya ya itu-itu juga.
    Emak-emak si menteri keuangan keluarga paling ngerasain nih yang begini, hehee.
    Smoga pendidikan Indonesia bisa mengejar ketertinggalan, semakin berkembang pesat sehingga bisa menghasilkan SDM yang handal. Aamiin...

    ReplyDelete
  9. Bagus sekali kurikulum internasional yang diterapkan Sampoerna University ini ya, Kak. Jadi mahasiswa sudah terbiasa dengan sesuatu yang global. Makanya setelah lulus, sudah berkompeten dan siap bersaing secara global.

    ReplyDelete
  10. Jika ingin mengimbangi perkembangan zaman dan kebutuhan yang menyatu di dalamnya, sekolah/kuliah di sebuah institusi dengan kurikulum standar internasional adalah pilihan yang paling tepat. Sampoerna adalah salah satu contoh yang patut mendapatkan pujian untuk ini.

    ReplyDelete
  11. buat yang saat ini sedang mencari kampus untuk lanjut kuliah, sampoerna unversity bisa jadi pilihan nih. lulus dari sana insyaallah sudah bisa bersaing dalam mendapatkan kesempatan bekerja

    ReplyDelete
  12. Kalau mau kuliah di luar negeri, pasti harus bersiap ya kak
    Dengan sekolah di sekolah yang menggunakan kurikulum internasional

    ReplyDelete
  13. Keren ya kurikulum internasional ini. Kalau diterapkan di semua pendidikan di negeri kita, pasti maju. Apalagi jika ada beasiswa bagi siswa yang kurang mampu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak, jadinya semangat raih impian makin berkibar karena kurikulum yang digunakan berkualitas untuk masa depan

      Delete
  14. Wow kurikulumnya keren banget ini pasti banyak siswa terbaik yang bakal berhasil setelah jadi alumninya nanti.

    ReplyDelete
  15. Kurikulum nya siap kerja ya mba. Lewat bhs asing yang menjadai syarat utama nantinya..

    ReplyDelete
  16. jadi penting ya kurikulum internasional buat bersaing nih, lama-lama nanti banyak universitas lain ngikutin jejak Sampoerna University nihhh

    ReplyDelete
  17. sekarang semuanya harus mengacu ke persaingan global termasuk kurikulum sekolah yang memang harus mempersiapkan anak siap bersaing masuk kedunia kerja kelak

    ReplyDelete
  18. Zaman sekarang masih banyak lulusan universitas yang masih bingung mau ngapain. Salah satunya mungkin karena selama kuliah tidak dipersiapkan dengan kompetensi di dunia kerja. Padahal, salah satu tujuan kuliah adalah untuk mempersiapkan diri agar lebih mampu menghadapi dunia kerja. Ini PR banget untuk universitas-universitas di Indonesia untuk menggunakan kurikulum berkualitas seperti di Sampoerna University.

    ReplyDelete
  19. ada banyak yang bisa dilakukan kurikulum internasional apabila kita pelajari dalam kampus ya.. mumpung di indonesia sudah ada, tidak ada salahnya untuk mengambil kurikulum intern di SU

    ReplyDelete
  20. Kurikulum Internasional memang memiliki peran yang sangat penting ya kak dalam meningkatkan kualitas sistem pendidikan di Indonesia. BTW Sampoerna University sukses memadukan Kurikulum Nasional dengan Kurikulum Internasional dari Universitas Arizona, sehingga mampu menciptakan sebuah sistem pendidikan internasional yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kompetensi bekerja, serta problem solving dari siswanya.

    ReplyDelete
  21. banyak sekali ya manfaat penggunaan kurikulum internasional, terutama agar lulusannya bisa memiliki daya saing global dan kompetensi kerja

    ReplyDelete
  22. kemampuan berbahasa asing memang salah satu aspek yang sangat terlihat dari adanya kurikulum internasional ini ya pak

    ReplyDelete
  23. Sampoerna University ini bisa jadi pilihan bagi siapa pun yang ingin menempuh pendidikan dengan kurikulum internasional, tanpa harus meninggalkan Indonesia. Tapi di saat yang sama, ya bisa jadi pilihan juga untuk yang mau menempuh dual degree dengan cara yang lebih praktis

    ReplyDelete
  24. Ah iya, kurikulum internasional tuh lebih menerapakan cara berpikir kritis ya kak. Ini keren banget sih Sampoerna University menerapkan kurikulum nasional dan kurikulum internasional dari University of Arizona secara bersamaan. Jadi bisa mencetak lulusan-lulusan terbaik yang siap bersaing di era global

    ReplyDelete
  25. sekarang memang sudah waktunya masuk ke persaingan global termasuk kurikulum sekolah. Karena persiapan anak-anak menghadapi dunia yang semakin canggih ya

    ReplyDelete
  26. Kurikulum pendidikan itu menentukan sekali ya pak untuk mencetak generasi penerus bangsa yang siap memasuki dunia global. Bahasa asing juga semakin penting sekarang diterapkan di sekolah bahkan sampai perguruan tinggi.

    ReplyDelete
  27. Gak kaget sih kalau 7 dari 10 universitas terbaik di dunia terdapat di Amerika. Secara sebagai negara Adidaya pasti mumpuni banget SDM nya.

    ReplyDelete
  28. Salah satu yang jadi pikiran saya selain kurikulum adalah biaya pendidikan.. apakah pendidikan di Sampurna University ini sudah terjangkau atau hanya untuk yang mampu membayar lebih saja?

    ReplyDelete
  29. Hal di atas menyadarkan saya kalau kurikulum pendidikan di Indonesia perlu dirombak dan tentunya merata agar SDM kita bisa berkembang dan siap berkompetisi dengan negara lainnya

    ReplyDelete
  30. Sekarang nggak cuma kampus ya, sekolah dari jenjang TK aja udah berlomba-lomba pakai kurikulum internasional. Tentu saja tergantung bagaimana ortu pengen mengarahkan anak ke depannya. Btw, aku baru tahu lo kalu ada Sampoerna University. Jadi pengen ngepoin lebih lanjut... ada S2nya nggak yaa...

    ReplyDelete
  31. Universitas dengan kurikulum internasional di Indonesia itu sepertinya masih sedikit ya. Suatu kebanggaan kalau anak Indonesia bisa kuliah di sini tanpa harus meninggalkan Indonesia, dan tentu saja lebih terjangkau biaya pendidikannya bukan? :)

    ReplyDelete
  32. Ulasan yang menarik dan semoga Sampoerna University semakin eksis dengan kolaborasi kurikulum nasional dan internasional

    ReplyDelete
  33. Dapat kurikulum internasional dg tetap di dalam negeri, hemat di bagian biaya hidup ya ...Hmmh...jadi intip2 biaya kuliah di sampoerna university..... :D

    ReplyDelete
  34. saya baru tahu, kalau kurikulum internasional didesign untuk bersaing di dunia kerja, semoga Indonesia juga bisa memperbaiki kurikulumnya agar lulusannya siap kerja

    ReplyDelete
  35. Perubahan pada kurikulum adalah sebuah keniscayaan untuk prinsip perbaikan pada sistem pendidikan, dan kurikulum pendidikan internasional adalah salah satu alternatif yang baik dalam menjalankan proses pendidikan agar menciptakan lulusan-lulusan berwawasan global

    ReplyDelete
  36. Pemilihan kurikulum pendidikan merupakan salah satu yg memiliki dampak besar dlm mnghasilkan generasi generasi yg berhasil dn brmanfaat. Aplagi dilatih berfikir kritis dan mngmbil keputusn yg tepat .

    ReplyDelete
  37. Kontribusi Sampurna terhadap dunia pendidikan mmg gak maen2 ya, ternyata tak hanya peduli dgn kesejahteraan ekonomi masyarakat saja. Jd penasaran sm Sampurna University, adakah beasiswa2 yg bs d dapat d sini ?

    ReplyDelete
  38. Makin salut dengan Sampoerna. Ternyata kurikulumnya pakai standar internasional, keren ya. Jadi benar-benar menyiapkan lulusannya bisa bersaing di dunia global. Apalagi sekarang kerjasama lapangan kerja juga makin terbuka. Dan nggak heran juga kenapa pakai kurikulum Amerika, secara banyak kampus bagus di sana.

    ReplyDelete
  39. Saya baru tau ada sampoerna university. Bagus banget kalo bisa mix and match kurikulum internasional dan nasional ya pak. Setidaknya kita tidak hanya dibekali teori tp juga dituntut berfikir kritis dan solutif.

    ReplyDelete
  40. Sekarang kurikulum pendidikan semakin dinamis dari tahun ke tahun ya kak. Dan Sampoerna University bisa jadi pilihan bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan

    ReplyDelete
  41. Sampoerna University itu yang dulu ada program pendidikan untuk enterpreneur bukan ya? ternyata pakai kurikulum internasional, memang ada bagusnya sih memakai kurikulum internasional, agar lulusannya juga lebih open minded dan jadi enterpreneur terbaik.

    ReplyDelete
  42. Keren sekali sampoerna university. Saya kira hanya sd saja yg ada sampoerna nya. Ternyata university juga ada. Kurikulumnya pun sangat di atur sedemikian rupa shingga bsa mix and match dengan sempurna.

    ReplyDelete
  43. Aku jadi inget pengalaman suamiku. Waktu dia lagi ambil kuliah pendukung buat S3nya, ada matakuliah pembuktian matematis. Terus dia dapet tugas. Udah nyari di Google, belajar dari buku, jungkir balik inget2 materi pas S1, gak bisa juga. Akhirnya dia tanya sama temennya yg orang India. Lah kok dia bisa dengan mudah? Ternyata temennya itu belajar dasar materinya waktu S1 di India. Lah, di kampus suamiku dulu waktu di Indonesia, gak diajarin. Ini kan berarti emang ada yg missing dari kurikulum pendidikan kita di Indonesia. Ini artinya, pelajar Indonesia udah kalah start. Mudah2an ke depannya gak kejadian lagi kayak gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak PR ya, mbak. Tapi sekarang sudah ada universitas dengan kurikulum internasional yaiy Sampoerna University

      Delete
  44. Salah satu tujuan dari rencanaku menyekolahkan anak2 juga krn biar terampil bahasa asing. Soalnya belum mampu terus2an ngobrol dg bahasa asing di rumah. Harapannya di sekolah bisa terpapar terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, kalau di sekolah dengam kurikulum onternasional anak bisa belajar tanpa sadar, dan tanoa disadari akan terus menggunakan dalam komunikasi

      Delete
  45. Please... Saat disuguhkan macam-macam jurusan yang tersedia aku auto milih, hehe. Yes! Tertarik kuliah psikologi :*

    ReplyDelete
  46. Kemana aja aku baru tau ada Sampoerna University? Padahalnya fakultas dah lengkap bgt dgn kurikulum internasional pula. Bisa nih infoin ke sodara buat lanjut kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh...kebanyakan di rumah sama anak-anak.hehe Bisa banget dong diinfoin

      Delete
  47. Keren sih ini, bisa jadi langkah melahirkan generasi SDM terbaik. Pun sekarang memang rasanya menguasai bahasa asing menjadi sebuah keharusan sekaligus nilai tambah..

    ReplyDelete
  48. Pendidikan zaman now harus senantiasa up to date ya, biar bisa mengikuti perubahan zaman. Termasuk juga soal kurikulum yang digunakan.

    ReplyDelete

Post a Comment