Ingat, Hemat Energi Adalah Aksi Nyata Selamatkan Bumi

1 comment
Konten [Tampil]
Penghematan energi atau hemat energi adalah sebuah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Menghemat energi berarti menggunakan energi listrik untuk sperlunya dan tidak menggunakan untuk suatu hal yang tidak berguna.

Penghematan energi bisa diwujudkan jika penggunaan energi dilakukan secara efisien. Artinya manfaat yang sama dari suatu aktivitas dapat diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit. Jika dibahasakan dengan bahasa lain berarti mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi.
hemat energi adalah

Apa yang dimaksud hemat energi?

Berdasarkan pengertian di atas bisa diurai kembali bahwa hemat energi adalah sebuah tindakan menggunakan sumber energi dengan bijak. Dalam kehidupan sehari hari menggunakan energi sesuai dengan kebutuhan khususnya untuk hal yang bersifat sangat penting bagi kehidupan.

Mengapa kita harus menghemat energi?

Sejak pendidikan tingkat dasar siswa diajarkan tentang energi oleh para guru. Pun pada tingkat lanjutan juga mendapatkan pendalaman mengenai materi menghemat energi. Beberapa hal yang membuat kita harus hemat energi adalah

1. Mengurangi Global Warming (Pemanasan Global)

Climate Change atau perubahan iklim dan terjadinya global warming (pemanasan global) salah satu penyebabnya adalah karena konsumsi energi berlebih. Sebagai contoh adalah penggunaan energi listrik. Energi listrik yang kita gunakan tidak langsung didapat dalam bentuk energi listrik itu sendiri. Namun ada proses yang dilalui. Dalam prosesnya sumber listrik berasal dari batubara. Akibatnya semakin tahun akan menyebabkan kerusakan lingkungan. Paling miris adalah terjadinya peningkatan pemanasan global akibat CO2 yang dihasilkan dalam jumlah besar.

2. Mengurangi Polusi Udara

Hemat energi adalah dengan mengurangi aktivitas yang menjadi penyebab polusi udara. Misal penggunaan kendaraan bermotor dengan bahan bakar minyak akan memberikan dampak pada semakin parahnya polusi udara.

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan motor, misal dengan aktivitas bebas polusi di waktu weekend. Bisa diinisiasi dengan gerakan gowes bersama keluarga atau warga satu RT setiap minggu.

Selain ikut menghemat energi, juga mengurangi polusi, dan tentunya menghemat keuangan juga.
Hemat energi adalah

3. Dapat Menghemat Biaya

Manfaat lain dari hemat energi adalah dapat menghemat biaya. Menggunakan energi sesuai dengan kebutuhan tidak dipungkiri juga akan menjadikan kita berhemat dalam pengeluaran.

4. Masyarakat Menjadi Sehat

Saat mengurangi penggunaan energi, menggunakan sesuai kebutuhan, maka akan semakin berdampak kepada kesehatan. Misal mengurangi penggunaan sepeda motor atau mobil kalau hanya sekedar ke minimarket dekat rumah. Menggantinya dengan bersepeda. Maka kita juga menyumbang dalam pengurangan polusi udara. Tentunya dengan begitu akan menjadikan udara lebih segar. Selain itu dengan bersepeda tubuh menjadi sehat, dan otot-otot menjadi tergerakkan.

5. Ramah Lingkungan

Perilaku menghemat energi akan sangat bermanfaat bagi kita dan anak cucu karena dengan hemat energi kita ikut mengurangi polusi udara di lingkungan. Selain itu penggunaan energi listrik secara tepat sesuai kebutuhan juga akan mempengaruhi global warming.

Contoh hemat energi apa?

Hemat energi adalah tindakan kecil yang harus dilakukan semua orang untuk mengurangi penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari. Hal penting yang perlu dilakukan adalah mengubah perilaku dan pola hidup kita. Beberapa contoh kegiatan atau aktivitas hemat energi adalah sebagai berikut:

1. Hemat penggunaan listrik.

Dalam menghemat penggunaan listrik banyak hal yang bisa dilakukan, diantaranya:
  • Menggunakan perangkat elektronik yang hemat energi dan ramah lingkungan bisa menjadi pilihan tepat di saat ini. Di saat semua daerah mengalami masalah yang sama yaitu perubahan iklim dan pemanasan global.
  • Mematikan lampu saat tidak digunakan baik di siang hari maupun di malam hari mejadi salah satu upaya hemat energi.
  • Mematikan televisi, radio, komputer, dan alat elektronik lainnya jika sudah tidak digunakan. Kebiasaan kita selama ini masih suka membiarkan perangkat elektronik tetap menyala saat ditinggal ke luar rumah atau saat sedang tidak dimanfaatkan.
  • Mencabut pengisi daya dari stop kontak jika sudah tidak digunakan.
  • Mengeringkan cucian dengan sinar Matahari, untuk menghemat listrik yang digunakan pada mesin cuci.
  • Menggunakan gadget untuk kebutuhan yang memang penting saja sehingga tidak terlalu sering mengisi daya dengan listrik.
  • Membuka jendela rumah setiap hari sehingga tidak perlu menggunakan AC maupun penerangan karena udara dan cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan dengan mudah.

2. Hemat penggunaan air

Kondisi alam saat ini sedang tidak baik-baik saja. Akibat pemanasan global dan perubahan iklim membuat pengurangan debit air dan bahkan pada menyebabkan kekeringan. Maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menghemat penggunaan air dengan
  • Mematikan keran air jika sedang tidak digunakan.
  • Mematikan keran air saat mencuci tangan dengan sabun, dan nyalakan kembali saat akan membilas.
  • Menggunakan air seperlunya, dan tidak membuang-buang air hal yang tidak penting.

3. Hemat bahan bakar minyak

Penggunaan kendaraan motor menjadi salah satu penyumbang polusi udara di negeri ini. Akibatnya semakin banyak jumlah CO2 yang terlepas, sedangkan tanaman yang memiliki fungsi penyerapan CO2 semakin berkurang atau tidak sebanding dengan jumlah CO2 yang dilepas dari asap kendaraan.

Beberapa yang bisa dilakukan adalah
  • Mengurangi penggunaan kendaraan jika bepergian dengan jarak dekat.
  • Membiasakan diri bersepeda atau berjalan kaki untuk menghemat bahan bakar.
  • Memanfaatkan biogas atau biodiesel sebagai pengganti bahan bakar minyak.
  • Bepergian menggunakan transportasi umum.
pemanasan global

Kesimpulan : Lakukan Sekarang untuk Akan Datang

Pertumbuhan penduduk di negeri ini begitu pesat. Seiring pertumbuhan penduduk, maka pertumbuhan kebutuhan setiap keluarga akan energi juga akan semakin bertambah. Misal kebutuhan akan penggunaan listrik di drumah dengan segala perangkat elektronik yang dimiliki oleh setiap anggota keluarga.

Kebutuhan lain, misal kebutuhan akan kendaraan bermotor dan tentunya ini akan menambah tingkat konsumsi bahan bakar. Jika setiap anggota keluarga memiliki sendiri kendaraan, maka semakin banyak kondumsi BBM yang dibutuhkan.

Belum lagi konsumsi air dalam rumah tangga yang juga akan semakin bertambah baik untuk konsumsi, memasak, maupun untuk membersihkan diri. Sedangkan kondisi saat ini sumber mata air semakin berkurang, dan kualitas air bersih juga menurun.

Tentunya sebagai bagian dari dunia, dan bagian terkecil yang juga memiliki andil dalam perubahan iklim, juga tidak boleh tinggal diam. Kita harus melakukan sesuatu meskipun kecil. Setiap hal kecil yang kita lakukan untuk hemat energi adalah langkah besar untuk masa akan datang. Hemat energi adalah upaya untuk ikut menjaga dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Penghematan_energi
https://www.celebrities.id/read/alasan-mengapa-kita-harus-menghemat-energi-l7M8w6?page=2

Related Posts

1 comment

  1. halo, terima kasih sudah berbagi informasi yang menarik
    kunjungi juga website kami di walisongo.ac.id

    ReplyDelete

Post a Comment