Isi Galon Mudah Dipalsukan, Cari Tahu Dampaknya Bagi Kesehatan

Konten [Tampil]
Belum lama ini jagad tanah air dihebohkan dengan berita tentang isi galon mudah dipalsukan (isi galonnya yah bukan tutup galon palsu) . Berita tentang tutup pemalsuan ini dalam sekejap langsung viral di dunia maya, utamanya di media sosial. Layar-layar kaca pun demikian.

Tidak hanya membuat kaget orang yang melihat dan terbiasa mengonsumsi air isi ulang. Kejadian di Cilegon pada Juli lalu yang berhasil diungkap oleh Polres Cilegon Polda Banten juga menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi saya dan keluarga.

Bagaimana tidak, sebagai orang tua bagi anak-anak yang masih balita, tentu ada perasaan khawatir. Perasaaan was-was terhadap kondisi kesehatan anak-anak kalau harus meminum air mineral dengan isi palsu atau oplosan.

isi galon mudah dipalsukan

Isi Galon Mudah Dipalsukan

Isi galon mudah dipalsukan, seketika pikiran ini langsung berkelana, menguatkan kemungkinan kasus galon palsu juga terjadi di daerah lain di luar Cilegon?

Wajar saja ketika berpikir seperti itu. Mengingat, ternyata kejadian galon palsu dalam hal ini berupa pengoplosan air di dalamnya sudah seringkali terjadi.

Mengutip dari liputan.com, Kepolisian, mengungkapkan bahwa kasus pemalsuan atau pengoplosan AMDK galon isi ulang nyaris ditemukan setiap tahun.

Kasus yang sama pada tahun 2011, ditemukan di Bantul. Pada tahun 2016 Kota Depok digemparkan oleh berita serupa. Kemudian pada tahun 2017, giliran Tangerang Selatan mendapatkan kabar kejadian meresahkan itu.

Meskipun kejadian ini sudah berulang, namun belum bisa membuat kapok pelaku yang dengan sengaja melakukan pemalsuan isi galon. Terbukti pada 2018 silam Pandeglang juga ditimpa kejadian ini. Dua tahun kemudian (2020) berita pemalsuan berhembus dari Magetan.

Pada 2022 ini, dan itu masih baru saja terjadi. Kasus isi galon palsu kembali terjadi di negeri ini seperti sudah diberitakan.

Melihat kejadian yang selalu terjadi dari tahun ke tahun, bisa jadi bukan hanya terjadi di beberapa daerah tersebut. Ya, bisa saja terjadi di sekitar kita.

Hal yang bisa dilakukan adalah selalu waspada, berhati-hati, dan teliti saat membeli agar bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga.

isi galon mudah dipalsukan

Apa saja yang dipalsukan?

Kebutuhan akan air bersih utamanya untuk kebutuhan konsumsi sangat penting keberadaannya bagi semua orang. Kondisi rumah yang berada di lingkungan padat, akses air bersih untuk minum yang tidak semudah zaman dahulu membuat orang memilih membeli air minum kemasan untuk kebutuhan di rumah.

Meskipun demikian, sebagai konsumen kita harus lebih teliti dan berhati-hati saat membeli. Mengapa? Karena bisa saja orang-orang tidak bertanggung jawab menggunakan kesempatan dan merebut kebutuhan air bersih dengan melakukan pemalsuan.

Apa saja yang bisa perlu diperhatikan dengan seksama oleh konsumen saat membeli air bersih? Ini dia beberapa yang perlu diperhatikan.

1. Tutup galon

Saat membeli air, konsumen seringkali tidak memperhatikan tutup galon. Padahal bisa saja galon yang didapatkan adalah galon dengan tutup asli yang ternyata sudah pernah dibuka tutup.

Hal ini seringkali terjadi karena konsumen sudah merasa terbiasa membeli di tempat itu. Sudah menjadi langganan. Sudah percaya sepenuhnya pada penjual. Jadi tidak memperhatikan bagaimana galon dengan tutup tidak asli.

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk memastikan adalah dengan memutar tutup galon. Jika tidak bisa diputar maka bisa jadi itu adalah palsu. Ini terjadi karena pelaku melakukan pengeleman pada tutup galon. Hal lain yang perlu dipastikan juga adalah tutupnya tidak bocor.

Kenyataanya ada juga lho dimana tutup galonnya asli tapi ternyata sudah pernah dibuka dan ditutup kembali tanpa cacat cela. Waduh klo begini jadi makin was-was deh.

2. Badan Galon

Pemalsuan berikutnya adalah pada galon atau kemasan air. Tidak semua orang mau teliti dengan galon air yang dibelinya. Hanya melihat itu adalah air kemasan yang sudah dikemas di dalam galon.

Pada kenyataannya bisa saja galon itu adalah galon palsu. Jadi masyarakat harus jeli saat membeli air galon. Pastikan jika galon masih layak untuk digunakan. Masa pakai galon masih bisa digunakan saat membawa ulang air.

Setiap kemasan memiliki masa penggunaan. Seiring perjalanan waktu pastinya akan terjadi penurunan kualitas dan ini akan berpengaruh pada isinya.

Selain melihat tanggal kadaluarsa yang tertera pada galon, anda juga bisa membedakan apakah itu galon palsu atau asli dengan melihat logo merek air mineral. Pada galon asli biasanya ada logo tercetak timbul pada badan galon. Pada merek tertentu badan galon juga dilengkapi dengan QR Code yang akan menunjukkan informasi sumber mata air yang digunakan.

3. Isi Galon

Ini bagian yang memang sulit untuk dipastikan saat membeli air mineral. Konsumen tidak bisa merasakan langsung apakah isi galon palsu atau asli. Namun anda tetap bisa membedakan dengan melihat apakah air berbusa atau tidak.Jika air bening dan tidak berbusa maka itu asli.

Setidaknya konsumen mampu mengenali, dan memperhatikan dengan seksama kemasannya. Teliti tutup galonnya. Pastikan kemasannya dalam batas aman.

Isi galon mudah dipalsukan, Ini bahayanya

Kesadaran masyarakat selaku konsumen dalam mendapatkan air minum berkualitas perlu dibangun sedini mungkin. Pasalnya kejadian pemalsuan AMDK yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab akan sangat berpengaruh pada kesehatan keluarga. Pada dasarnya kita harus lebih berhati-hati lagi karena galon yang digunakan adalah galon merk terkenal yang sudah ada lama di Indonesia.

Alih-alih mau hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan konsumsi air, ternyata karena ketidak telitian konsumen saat membeli air galon dan berisi air oplosan, dampaknya adalah sebaliknya. Beberapa masalah kesehatan yang bisa timbul dari air yang tidak higienis diantaranya:

1. Masalah pencernaan

Salah satu dampak dari isi galon palsu adalah bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti sakit perut, diare. Ini terjadi karena air yang dikonsumsi tidak terjamin kebersihannya. Airnya palsu, dalam artian airnya tidak melalui proses pengolahan yang seharusnya dilalui. Akibatnya masalah pencernaan timbul seperti sakit perut, diare, mual, bahkan muntah.

2. Gangguan kesehatan ibu hamil dan janin

Prof Dr dr Nila Moeloek, SpM(K) mengungkapkan bahwa kekurangan air bersih tidak boleh disepelekan karena akan sangat berdampak pada kesehatan.

Lebih lanjut, Utusan Khusus Presiden untuk MDGs ini menyampaikan bahwa air bersih sangat penting bagi ibu hamil. Jika air yang dikonsumsi tidak bersih akan mempengaruhi kesehatan baik ibu maupun janin di kandungan.

Tentunya air bersih di sini tidak terbatas pada air sumur ataupun lainnya. Akan tetapi juga pada air yang kemasan.

Maraknya kasus pengoplosan air membuat masyarakat utamanya keluarga yang memiliki anggota ibu hamil dan anak-anak harus teliti dan berhati-hati dalam memilih air untuk konsumsi.

3. Penyakit lain

Sumber air yang tidak jelas karena pemalsuan isi galon bisa menyebabkan berbagai permasalahan lain seperti disentri, tifus, dan lain sebagainya. Ini bisa terjadi karena air tidak terjamin dan mengandung mikroorganisme tertentu yang menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan.

Saat ini yang bisa dilakukan adalah menjadi orang yang senantiasa berhati-hati dalam memilih air untuk konsumsi keluarga. Jangan hanya melihat faktor ekonomis, namun perhatikan juga faktor kesehatan keluarga.

galon palsu

Berhati-hati saat membeli air

Membeli air untuk kebutuhan sehari-hari tetap harus mengedepankan dampaknya bagi kesehatan. Ada beberapa alasan yang membuat kita harus berhati-hati saat membeli air isi ulang.

1. Sumber mata air tidak jelas

Saat membeli air isi ulang konsumen tidak tahu pasti dari mana air diambil. Sumber mata air pegunungan manakah yang menjadi tempat mengambil air untuk isi ulang.

2. Jaminan proses pengolahan air

Air mineral untuk kebutuhan konsumsi tidak serta merta diambil dari sumber mata air pegunungan begitu saja. Air yang sudah dilakukan standarisasi sumber mata airnya, masih akan dilakukan serangkaian proses agar air betul-betul siap konsumsi.

3. Jaminan kualitas air

Jaminan kualitas air menjadi hal yang perlu diperhatikan. Jangan tergiur dengan harga murah, namun ternyata isi galon tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Jaminan ini bukan hanya pada airnya, namun juga pada galon. Apakah galon sudah dibersihkan sebelum dilakukan pengisian ulang atau belum.

Konsumen cerdas wujudkan keluarga sehat

Setiap orang memiliki hak untuk hidup sehat salah satunya dengan pemenuhan kebutuhan air bersih, utamanya untuk kebutuhan minum. Namun demikian , tetap harus berhati-hati dalam memilih air galon dalam kemasan.

Berhati-hati saat membeli galon menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan. Mengapa demikian? Karena dalam realita yang terjadi di lapangan bisa jadi kita mendapatkan air oplosan meskipun tutup dan galonnya asli. Ini bisa terjadi karena adanya alat untuk membuka dan menutup tutup galon tanpa ada cacat pada hasilnya.

Kondisi kenyataan di lapangan dimana tutup galon tidak terlihat cacat pada akhirnya menjadikan kita sebagai konsumen sulit untuk membedakan antara yang asli dengan yang palsu secara kasat mata.

Untuk memastikan keaslian, ada produsen menyediakan solusi dengan memberikan arahan kepada pelanggan untuk memastikan keaslian galon melalui laman resminya. Pelanggan bisa melakukan pengecekan apakah kode pada tutup galon sama dengan yang tertera pada galon. Akan tetapi melakukan anjuran ini tidaklah mudah mengingat kode yang tersedia kecil, samar, dan sulit terbaca. Tentunya juga ribet untuk dilakukan.

Kasus pemalsuan yang terjadi di masyarakat menjadikan solusi yang diberikan oleh produsen ini tidak akan sepenuhnya menjadi jaminan keaslian. Adanya alat untuk membuka dan menutup galon, kode yang sama tidak serta merta menjamin isi di dalamnya bukanlah oplosan.

Jika saat membeli mendapati rasa air yang tidak seperti biasanya, misal pahit, atau tercium bau tidak enak, sebaiknya hindari untuk menjadikannya air konsumsi untuk keluarga.

Kesimpulan

Kebutuhan akan air bersih di tengah semakin meningkat akibat berkurangnya sumber mata air dan pencemaran lingkungan. Kondisi ini membuat banyak orang beralih ke air minum dalam kemasan, salah satunya dengan air isi ulang.

Namun demikian, kondisi ini kemudian menimbulkan permasalahan baru yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Salah satunya adalah isi galon mudah dipalsukan . Mendapatkan kenyataan seperti ini sebagai konsumen harus semakin cerdas dalam membeli air untuk kebutuhan keluarga.

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan mencari produk galon yang tutupnya benar-benar tersegel dengan benar. Selain itu yang juga bisa dilakukan mencari air yang dari luar kemasan bisa terlihat isinya secara jelas sehingga kita benar-benar yakin bahwa galon, tutup, dan isinya asli.

Related Posts

35 comments

  1. Sejak awal adanya kemasan galon ini memang langsung beriringan dengan kasus pemalsuan. Apa lagi alat isi ulang bisa dimiliki individu, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengkhawatirkan sekali ya, Kak. Jangan sampai lengah, dan harus lebih teliti ya, Kak

      Delete
  2. Saya dulu pernah harus membeli isi galon di sebuah warung. Karena malam hari, saya tidak memperhatikan. Eh, pas paginya saya ce, kok banyak jentik-jentiknya.
    Dan memang segala sesuatu itu, jadi peluang orang tak bertanggung jawab untuk memalsukan. Termasuk isi galon dan kemasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung segera ketahuan ya , Mas. Benar, Mas. Ada saja ornag tidka bertanggung jawab yang demi meraup rupiah yang berlinpah dna berlipat sampai-sampai membahayakan orang lain

      Delete
  3. Makin ngeri aja ya kasus pemalsuan di negeri ini. Sampe galon isi ulang pun dipalsukan. Miris. Kalo saya sih enakan masak air sendiri di rumah. Lebih higienis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Bayangkan sudah lama terjadi, bahkan hampir tiap tahun ada kasus serupa. Jadi kudu benar2 waspada kita

      Delete
  4. Ngeri ya, Kak. Bahkan air galon juga dipalsukan. Padahal air tuh bisa dibilang kebutuhan primer kita. Kalau nggak aware sama air galon palsu, dampaknya bahaya banget euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul sekali. Mungkin mereka berpikir asalkan airnya bening bisa diisikan ke galon langsung. Padahal kan tetap harus ada proses yang dilalui kalau yang asli. Semoga masyarakat semakin aware dengan kondisi ini

      Delete
  5. Ngeri ya, kalau air minum galon sampai dipalsukan. Padahal kita kan percaya aja kalau itu asli, masih rapi segelnya, apalagi brandnya udah terkenal. Trims infonya nih, berarti harus lebih cermat lagi cek-cek segelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,dong Kak. Beli apapun harus cermat dan teliti. Termasuk membeli air untuk keluarga.

      Delete
  6. Ngeri juga ya kak kalau tidak teliti beli air minum galon.
    saya baru ngerti dan paham, next harus di cek terlebih dahulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kak. Ngeri banget. Tapi jangan takut berlebihan, cukup lebih waspada dan berhati-hati saja saat akan membeli air galon

      Delete
  7. Dari bagian galon bahkan sampai isinya pun bisa dipalsukan ya kak, wah ini memang sudah harus hati-hati kitanya. Lebih peduli buat ceki² dulu sebelum membeli

    ReplyDelete
  8. Haduhh lagi maraknya ini pemalsuan isi galon. Kudu teliti lagi ngecek tutup botolnya apakah masih tersegel utuh atau nggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, setuju nih. Kudu lebih teliti dan perhatian ya

      Delete
  9. Duh kok jadi ngeri sih mass, aku soalnya pengguna galonn nih sehari2 huhu.. tp kalo beli selalu masih dalam keadaan segel sihh, insyaAllah aman yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokok tetap waspada, pilih tempat yang terpercaya, misal di distributor resmi

      Delete
  10. Ngeri banget ya
    Banyak orang yang memalsukan isi galon
    Kita harus waspada
    Jangan jadi korban air galon palsu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, jangan jadi korban air galon palsu. Kalau ada yang jual murah perlu dicek juga, ya Kak

      Delete
  11. Sekarang orang cari uang macam-macam caranya ya. Tapi memalsukan isi galon ini cara yang paling membahayakan banyak orang lho. Sekarang kita jadi mesti semakin waspada nih kalau beli air galon. Better langsung ke distributor utamanya saja atau ke ritel yang terpercaya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Monica. Berbagai cara dilakukan untuk bisa mendapatkan uang, meskipun itu harus membahayakan banyak orang. Semoga masyarakat bisa teredukasi juga.

      Pilihan paling tepat seperti disampaikan Mb Monica, beli di distributor yang terpercaya.

      Delete
  12. Ngeriii yaa gak pada takut dosa menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan.

    Kami sih langganan yg masih tersegel dengan baik dan rapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah urusan uang, yang ada dipikiran pertama kali bagaimana meraup sebanyak-banyaknya. Ini yang bikin kita miris, akhirnya ga mikir dosa, mikirnya uang, uang, dan uang

      Delete
  13. Ngeri banget ya, memang mesti hati2 nih tentang minum air galon gini, kadang selangnya pun isinya sempat mikir itu matang atau nggak ya. Lebih prefer masak air sendiri meskipun butuh banyak wadah, tapi lebih sehat masak sendiri. Kalau pun beli air galon yang disebut di atas mesti waspada, dan pilih beli air galon yg terpercaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kak. prefer masak sendiri, tapi tetap perlu memastikan sumber airnya juga tidak tercemar. Kalaupun mau beli, beli yang dari distributor resmi

      Delete
  14. Ngeri banget galon dipalsukan :( Itu bisa mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin terngeri lho. Bener-bener harus teliti kalau mau beli galon di zaman now

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kan kasihan ibu hamil dan janinnya. Duh, benar-benar pelakunya hanya mikir dapat uang banyak

      Delete
  15. sesuatu yang tidak asli pasti menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan termasuk air galon. walaupun cuman air, pasti berdampak sangat buruk terutama bagi kesehatan. Konsumen kudu cerdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Kak. Walaupun cuma air. Air hal penting yang mengisi sebagian besar tubuh kita. Kebutuhan tubuh akan cairan dari air. Jadi prefer hati-hati saat membeli, dan memastikan keasliannya

      Delete
  16. Serem banget ya dampak yang ditimbulkan oleh pemalsuan isi, sebagai konsumen kita harus makin cermat memilih air galon isi ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sebagaim konsumen harus melek informasi. Memastikan keasliannya, dan lebih teliti sebelum membeli

      Delete
  17. Kalo saya mah masak air. Dulu waktu masih beli galon, air galonnya saya tuang ke ember bertutup, lalu di masak sesuai kebutuhan hari itu. Gak berani minum air galon langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tim masak air, ya Kak. PR besar juga ya, bagi kita untuk bisa memastikan daerah sumur kita tidak tercemar.

      Delete
  18. Serem banget kalo isi galon kita dipalsukan. Bisa kedatangan berbagai penyakit nggak tuh. wajib banget hati-hati saat membeli galon.

    ReplyDelete
  19. Bagian yang bikin serem, kalau konsumsi air galon yang dipalsu, dampaknya terhadap kesehatan. terlebih kepada ibu hamil dan ibu menyusui. Ngeri

    ReplyDelete

Post a Comment