Cara Mencapai Tujuan Membuat Blog

2 comments
Konten [Tampil]
Tujuan membuat blog pada setiap orang berbeda-beda. Tergantung pada diri mereka masing-masing. Sesuai dengan alasan mereka mengapa mereka nge-blog.

Terdapat banyak sekali alasan yang mendasari keputusan untuk membuat blog. Apalagi di era digital seperti saat ini dimana blog memiliki banyak manfaat yang semakin dirasakan manfaat keberadaannya.

mengapa ngeblog

Tujuan membuat blog

Alasan mendasar kenapa memiliki blog didasari kembali pada tujuan dalam membuat blog itu sendiri. Beberapa tujuan membuat blog diantaranya

1. Mendokumentasikan pengalaman dalam bentuk tulisan dan gambar

Blog biasanya berisi banyak pengalaman yang dirasakan dan dialami oleh pemiliknya. Mereka, blogger sesuai dengan tujuan membuat blog yang ditetapkan di awal, biasanya akan menuliskan apa yang dialami dari suatu kejadian di dalam blog yang dikelolanya.

Pengalaman setiap blogger juga berbeda-beda. Ada yang mengisi dengan catatan perjalanan menuju ke suatu tempat. Ada pula yang hanya untuk mendokumentasikan makanan yang pernah disinggahi saat bepergian.

Bermodal kemampuan untuk menguraikan apa yang dirasakan. Blogger biasanya menuliskan setiap detail yang dialami dan menggambarkan dengan kata-kata. Selain itu, juga menguatkan fakta dan melengkapinya dengan gambar. 

2. Sebagai diary (catatan harian)

Ada pula yang tujuan membuat blog hanya untuk menulis. Menulis setiap yang dirasakan. Menulis apa saja yang ingin dituliskan.

Blog yang digunakan sebagai diary semata biasanya akan banyak berisi curhatan dari si empunya. Kisah kasih di sekolah, kisah bahagia dan sedih bersama teman atau sahabat.

Alasan membuat blog hanya untuk mencurahkan isi perasaan dalam tulisan sehingga akan mudah diingat. Tidak mudah hilang tertelan waktu.

3. Menuangkan ide atau pendapat

Tujuan membuat blog lainnya yaitu sebagai sarana untuk menuangkan ide yang dimiliki. Ide membuat kerajinan, ide membuat kreasi aneka masakan, dan ide lain yang dirasa akan menjawab pertanyaan orang yang mencari tulisan seputar ide.

Selain untuk menuangkan ide, tujuan lain dari membuat blog yaitu untuk menyalurkan pendapat. Melalui blog yang dimiliki, setiap orang bebas untuk menyuarakan pendapatnya. Tentunya pendapat yang diberikan adalah pendapat yang bisa dipertanggung jawabkan. Bukan sekedar pendapat semata, namun didukung dengan fakta dan data.

tujuan membuat blog

4. Sarana mengasah kemampuan menulis

Pada poin ini, tujuan membuat blog hanya dikhususkan untuk mengasah kemampuan menulis. Semua orang tentu akan menyetujui hal ini. Melalui blog bisa melakukan evaluasi kemajuan dalam kemampuan menulis.

Dalam dunia blogging, seorang blogger akan dipertemukan dengan topik pembahasan yang berbeda. Mau tidak mau seorang blogger harus menyesuaikan diri.

Setiap waktu mereka akan membuat evaluasi berkala terhadap tulisan yang pernah dibuat. Menilik bagaimana ejaan yang digunakan, kembali mengecek apakah tulisan sudah menjawab pertanyaan banyak orang, dan memastikan kembali tulisan sudah memenuhi kaidah penulisan.

5. Memasarkan produk

Memasarkan produk merupakan salah satu alasan kenapa membuat blog. Di era digital ini, dengan adanya blog akan memudahkan konsumen dalam menemukan dengan cepat produk yang dicarinya.

Keberadaan blog sebagai media promosi akan memberikan banyak manfaat. Melalui blog, ulasan suatu produk bisa diulas secara detail dan lengkap. Sehingga pembaca memperoleh informasi yang jelas.

6. Membangun branding diri

Personal branding bisa menjadi salah satu bagian dari tujuan membuat blog yang sangat perlu untuk dibangun karena hal itu akan membuat diri seseorang bisa dikenal oleh orang lain sebagai orang yang pada dirinya melekat sifat atau perilaku tertentu.

Misal melalui blog, seseorang akan dikenal sebagai sosok blogger yang selalu juara dan memenangkan setiap perlombaan. Seseorang kemudian dikenal sebagai sosok blogger yang konsen dalam dunia pendidikan, parenting, kuliner, dan lain sebagainya.

7. Membagikan ilmu yang dimiliki

Ada juga yang tujuan membuat blog untuk mengikat ilmu dan membagikan ilmu yang pernah di dapat. Tidak ada tujuan lain,hanya sekedar menuliskan apa yang pernah dipelajari dan membagikannya kepada banyak orang.

8. Menambah sumber penghasilan

Selain tujuan-tujuan di atas, blog merupakan sebuah tempat di dunia maya yang dikelola, dirawat,agar memiliki tampilan yang menarik.

Tampilan dan ulasan yang menarik, tentunya akan menarik orang untuk bisa bekerjasama dalam memasarkan produk, mengenalkan web perusahaan, dan lain sebagainya.

Selain melalui campaign atau promosi, seperti content placement, sumber pendapatan yang bisa didapatkan dari blog juga bisa dari sumber lain. Sumber itu bisa dari adsense atau dari mengikuti lomba dengan hadiah yang menggiurkan jika bisa memenangkan. Tujuan membuat blog seperti ini adalah untuk menambah sumber pengasilan dari aktivitas ngeblog.

Itulah beberapa tujuan membuat blog yang umum ada pada orang yang memulai aktivitas blogging. Semua tujuan itu baik, selama dikelola dengan baik dan beretika.

Tujuannya akan menjadi tidak baik jika dalam prosesnya banyak menyinggung orang lain, menjatuhkan orang lain, bahkan menjelekkan orang lain di depan umum (blogger lain.red).

Bagaimana mencapai tujuan membuat blog?

tujuan membuat blog

Jika sudah memiliki tujuan, maka anda tetap harus memahami dan mengetahui bagaimana cara mencapai tujuan membuat blog yang sudah ditetapkan.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Terus belajar

Untuk mencapai tujuan membuat blog tidak bisa hanya dengan menetapkan tujuan tanpa berproses. Anda harus terus berproses sebagai blogger. Terus belajar agar semakin paham pada kemampuan diri.

Sebagai blogger belajar bisa dilakukan dengan terus menulis sehingga kualitas tulisan bertambah baik dari waktu ke waktu. Belajar dapat dilakukan dengan ikut serta dalam seminar, talk show berhubungan dengan dunia blogging dan pendukungnya.

2. Jaga konsistensi

Menjaga konsistensi akan membuka jalan untuk mencapai tujuan membuat blog. Jika mampu menjaga konsistensi maka akan berdampak pada kualitas blog yang dikelola. Cara menjaga konsistensi adalah bergabung dengan berbagai komunitas dalam dunia blogging.

3. Komitmen

Menjaga komitmen sama pentingnya dengan menjaga konsistensi. Saat menentukan tujuan membuat blog, anda harus mengikuti dengan komitmen untuk berproses dalam mencapai tujuan. Termasuk komitmen dengan mitra yang mengajak anda bekerjasama.

4. Menjaga etika

Hal penting yang harus dilakukan blogger adalah menjaga etika. Blogging activity sama dengan aktivitas pada kehidupan di dunia nyata. Ada aturan yang harus diikuti. Ada etika yang harus dijunjung tinggi.

Misal anda berada di sebuah group, dan tidak diperkenankan share informasi di luar aturan yang ada, anda harus mematuhi aturan tersebut.

Jika memang ada sesuatu atau informasi penting diluar topik yang sudah ditetapkan admin, ada baiknya berkonsultasi dan meminta izin untuk membagikan informasi yang anda dapatkan kepada admin. Jika diizinkan barulah anda bagikan. Tentunya banyak etika lainnya, seperti memberikan komentar positif dna berhubungan dengan artikel yang dibuat.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mencapai tujuan membuat blog yang sudah ditetapkan di awal.

Kesimpulan

Memulai aktivitas blogging (mengelola dan merawat blog) biasanya dilakukan dengan satu tujuan yang mulia yaitu memberikan manfaat melalui tulisan. Semua blogger ingin memberikan manfaat dari apa yang ditulisnya.

Meskipun pada prosesnya ada tujuan tambahan, dan itu tidaklah salah. Ini terjadi mengingat begitu banyak peluang yang bisa didapatkan dari mengelola blog.

Kalau anda, apa tujuan membuat blog yang sudah ditetapkan dan bagaimana cara untuk mencapainya??

Related Posts

2 comments

  1. Salam kenal kak ugi ☺️.. blog perlu dirawat dan dikelola dengan baik ya kak apapun tujuannya. Semoga saya juga bisa mencapai tujuan ngeblog.. bismillah konsisten, komitmen dan terus belajar. 🫰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Kak Nadia, bismillah yuk rawat bareng dengan baik. 😊 Semangat selalu, Kak. Jangan kasih kendor

      Delete

Post a Comment