Kenali Gejala Gonore dan Cara Mengobatinya dengan Tepat

Konten [Tampil]

Gonore merupakan sebuah penyakit menular seksual yang banyak terjadi di masyarakat. Jumlahnya terus meningkat dari waktu ke waktu, apalagi seiring dengan semakin bebasnya pergaulan bebas di dunia ini. Masyarakat umum tahu jika gonore atau kencing nanah adalah sebuah penyakit, namun banyak orang tidak mengetahui bagaimana sebenarnya penyakit ini.

gejala gonore dan cara mengobati

Ketahui apa sebenarnya gonore, siapa saja yang rentan terhadap penyakit ini, bagaimana gejalanya, dan bagaimana cara menangani bila terinfeksi gonore dalam tulisan ini.


Apa itu gonore atau kencing nanah?

Gonore atau kencing nanah adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri dan dapat menular dari orang ke orang, utamanya melalui aktivitas hubungan seksual.


Gonore sendiri disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae atau Gonococcus yang sangat menular. Bakteri ini dapat menyerang bagian dubur, serviks (leher rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan. Penyakit ini dikenal juga sebagai penyakit kencing nanah.


Penyebab gonore atau kencing nanah

Gonore sebagai salah satu jenis infeksi menular seksual sifatnya sangat menular. Seperti IMS lainnya penularannya bisa terjadi melalui kontak seksual yang tidak aman, baik melalui penetrasi vaginal, anal maupun oral, bahkan alat bantu seksual. 

gejala kencing nanah

Infeksi ini sebagaimana sudah dibahas, disebabkan oleh bakteri yang dikenal dengan nama Neisseria Gonorrhoeae atau Gonococcus.


Mereka yang biasa melakukan hubungan seksual yang tidak aman dengan sering berganti pasangan seks dan tidak menggunakan kondom (pengaman) saat melakukan hubungan seksual akan lebih berisiko terinfeksi gonore. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Centers for Disease Control (CDC), infeksi ini bisa menyerang siapa saja, utamanya kalangan anak muda dan dewasa yang aktif secara seksual dengan rentang usia 15-24 tahun.


Gejala Gonore atau Kencing Nanah

Bagaimana sebenarnya gejala gonore atau kencing nanah ini? Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) menyebutkan ada beberapa gejala yang bisa dilihat pada seseorang yang terinfeksi bakteri gonorrhoeae. 


1. Gejala Umum

Gejala umum yang dirasakan oleh orang yang mengalami kencing nanah adalah keluarnya cairan kental seperti nanah berwarna kuning atau kehijauan dari alat kelamin laki-laki saat berkemih, yang disertai rasa perih atau panas.Sehingga inilah kemudian yang menjadikan penyakit gonore dikenal juga dengan penyakit kencing nanah.

penyebab kencing nanah


2. Gejala Gonore pada Laki-Laki

Gejala gonore pada laki-laki yang dapat dilihat atau dirasakan yaitu:

  1. Keluarnya cairan kuning kental disertai peradangan hebat di muara saluran kencing.

  2. Frekuensi buang air kecil meningkat.

  3. Nyeri pada alat kelamin, terutama saat buang air kecil.

  4. Nyeri pada alat kelamin saat berhubungan seksual.

  5. Bengkak pada bagian testis.


3. Gejala Gonore Pada Perempuan

Gejala gonore atau kencing nanah pada perempuan berbeda dengan gejala yang terjadi pada laki-laki. Gejala yang terjadi pada perempuan meliputi:

  1. Gejala mirip keputihan biasa.

  2. Kadang-kadang disertai gangguan siklus menstruasi atau pembengkakan vulva.

  3. Tidak jarang juga timbul rasa nyeri menjalar ke bagian perut bawah atau panggul.

  4. Pada mereka yang melakukan seks oral,  tenggorokan dapat terinfeksi ditandai dengan rasa terbakar di saluran tenggorok.

  5. Gonore jika tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi berupa gangguan kesehatan reproduksi atau kesuburan, bahkan dapat menyebabkan kelainan kulit berupa ruam dan nyeri sendi.


Itulah beberapa gejala yang bisa terjadi pada orang yang mengalami infeksi seksual menular gonore atau kencing nanah yang perlu diketahui. 


Pemeriksaan gonore atau kencing nanah

Jika mengalami gejala-gejala gonore atau kencing nanah seperti disebutkan di atas sebaiknya segera melakukan pemeriksaan diri ke dokter spesialis. Tujuannya untuk memastikan apakah itu gejala gonore atau gejala penyakit lain.


Sebelum melakukan pengobatan pada pasien, dokter akan melakukan prosedur pemeriksaan kepada pasien. Dokter biasanya akan mengajukan beberapa pertanyan kepada pasien sehubungan dengan riwayat medis pasien, riwayat seksual, dan juga gejala-gejala yang dirasakan. 


Untuk memperkuat hasil diagnosis, dokter akan melakukan pengambilan sampel cairan dari pada pasien untuk selanjutnya dilakukan pengujian di laboratorium. Pengambilan sampel cairan dari uretra pada laki-laki dan dari serviks pada perempuan. Selain itu dokter juga akan melakukan pemeriksaan pada area lain yang mungkin terinfeksi seperti pada tenggorokan, dan anus. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan pasien terinfeksi, maka akan dilanjutkan pada tahap pengobatan. 

pemeriksaan kencing nanah


Bagaimana cara mengobati Gonore atau Kencing Nanah?

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan gejala positif gonore, sebaiknya segera lakukan pengobatan agar cepat teratasi. Selain itu, harus terbuka dan jujur kepada pasangan agar tidak menyebabkan penularan pada pasangan. Meminta pasangan ikut memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin merupakan salah satu bagian yang perlu disadari oleh pasien agar dapat dipastikan apakah pasangan juga terinfeksi gonore / kencing nanah, atau tidak..


Perlu diketahui bahwa gonore adalah infeksi yang bisa disembuhkan, sehingga jika mengalami infeksi harus segera dilakukan pengobatan sampai sembuh. Selama belum dinyatakan sembuh oleh dokter yang menangani, maka hindarilah aktivitas hubungan intim atau hubungan seksual dengan pasangan. 


Untuk mengobati gonore, dokter akan memberikan antibiotik kepada pasien. Antibiotik yang diberikan dalam bentuk oral (diminum) dan dalam bentuk injeksi (disuntikkan). Jenis antibiotik yang akan diberikan oleh dokter kepada pasien biasanya akan disesuaikan dengan pertimbangan kebutuhan pasien.


Hal yang perlu menjadi perhatian bagi pasien gonore atau kencing nanah adalah kedisiplinan pasien dalam mengikuti setiap proses pengobatan dan melaksanakan apa yang disarankan oleh dokter hingga dokter betul-betul menyatakan sembuh pada pasien. 


Mengapa harus diobati?

Gonore atau kencing nanah adalah infeksi menular seksual yang bisa menular melalui hubungan seksual. Jika seseorang mengalami infeksi ini dan melakukan pembiaran atau tidak melakukan pengobatan maka dapat menimbulkan bahaya seperti terjadinya infertilitas baik pada wanita ataupun laki-laki, gonore dapat menyebabkan infeksi pada bagian tubuh lain, meningkatkan risiko terkena HIV/AIDS.


Selain itu, jika tidak diobati dengan tepat dapat menyebabkan bayi berisiko terinfeksi gonore, dan dapat juga menyebabkan masalah pada kehamilan. Mengutip dari klinikpandawa.com terdapat beberapa bahaya gonore bagi wanita hamil seperti bisa terjadi keguguran, radang panggul, persalinan prematur, infeksi ketuban, ketuban pecah dini, dan kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim.


Kesimpulan

Seringkali orang tidak mengetahui tentang gejala saat terinfeksi gonore. Jika mengalami beberapa gejala gonore atau kencing nanah seperti di atas sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat memastikan apakah itu gonore atau bukan, sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat hingga betul-betul sembuh.


Referensi:

https://www.alodokter.com/gonore

https://ciputrahospital.com/pengobatan-gonore-gonorrhea-dan-cara-mencegahnya/

https://perdoski.id/article/detail/1424-bila-anda-terinfeksi-gonore-begini-penanganannya

https://www.klikdokter.com/penyakit/gonore

https://klinikpandawa.com/penyakit/gonore/





Related Posts

18 comments

  1. Kalau di kampusnya penyakit ini dianggap azab dari Tuhan secara biasanya terjadi pada orang yang suka berzina atau gonta ganti pasangan. Jangan sampai ya, kasihan keturunan dan pasangan kalau terkena penyakit ini dan tidak terbuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai seperti itu ya mba penyebutannya. Benar-benar harus memberikan pendidikan seksual kepada anak-anak sejak dini ya, agar tidak terjerumus dalam zina

      Delete
  2. penting banget banyak tulisan informatif seperti ini ya?
    Gak hanya untuk preventif, juga supaya jangan ceroboh menuduh
    hihihi inget pasutri selebriti, yang pria menuduh pasangannya berpenyakit kelamin karena si perempuan keputihan. Hadew .... hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, agar ga saling menuduh sebaiknya bareng-bareng periksakan pada yang ahlinya, yaitu dokter spesialis. Biar ga ada saling tuduh antar pasangan

      Delete
  3. Duh! Ngeri juga sama penyakit ini. Semoga kita selalu menjaga kesehatan. Segera periksa ke dokter bila ada gejala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi ingat dulu pas baca tentang artikel kayak gini ngeri banget, takut banget. Karena ga tahu kalau kayak hini ternyata ada penyebabnya tersendiri

      Delete
  4. Terima kasih informasi kesehatan dan preventifnya di masyarakat. Akan membantu pembaca mengenali gejalanya dan mengobatinya.

    ReplyDelete
  5. Apa yang sudah ditetapkan secara halal dan toyyib adalah hal baik ya, dan satu² cara memang dengan menikah dan jauhi zina. Semoga banyak yg peduli akan hal ini.

    ReplyDelete
  6. terimakasih sudah menulis tentang penyakit ini, Mas. Semoga dengan banyaknya edukasi dan pengetahuan tentang penyakit-penyakit seperti ini bisa menyadarkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan tetap setia pada satu pasangan saja

    ReplyDelete
  7. Melanggar larangan Allah SWT pasti ada akibatnya kadang di dunia juga sudah terasa akibatnya. Seperti sex bebas juga akibatnya bisa langsung terasa di dunia ini seperti penyakit gonore ini. Dari zaman kecil sudah sering dengar nama penyakit ini baru tahu detilnya pas baca ini...

    ReplyDelete
  8. Kok ngeri sih. Bayangin kencing nanah pasti sakit banget rasanya. Hiiiii. Bersyukurlah yang sehat. Bagi yang udah kena gonore semoga lekas sembuh ya. Segera obati bila terlihat gejala.

    ReplyDelete
  9. Neisseria Gonorrhoea penyebab penyakit Gonore. Memang banyaknya ditularkan lewat hubungan intim. Harus segera diobati kalau udah ada gejala seperti disebutin di atas.

    ReplyDelete
  10. saya pikir gonore hanya bisa menyerang pria ternyata perempuan juga bisa kena ya. semoga kita terhindar dari penyakit ini deh aamiin (rizka edmanda)

    ReplyDelete
  11. Duh, merinding saya bacanya Mbak. Literasi seksual yang wajib banget diketahui oleh publik. Terutama untuk mereka yang masih berpikiran dan melakukan seks bebas. Pun kepada mereka yang masih saja "jajan diluar" sementara di rumah masih ada pasangan yang sah. Karena bisa jadi mereka membawa penyakit Gonore untuk pasangan resminya

    ReplyDelete
  12. Gonore, dari penjelasannya merinding banget bacanya. Ternyata ditularkan melalui hubungan intim juga ya, semoga kita dijauhkan dari penyakit ini

    ReplyDelete
  13. aduh ngeri banget nih kalau udah bahas Gonore gini. apalagi penyakit ini sempet rame dan mulai dikenal akibat ada youtuber yang suka seks bebas. ngerii...

    ReplyDelete
  14. Kok ngeri banget deh ya ini... Makin serem krn katanya penyakit ini udah dikenal krn akibat seks bebas

    ReplyDelete
  15. Dalam pergaulan saat ini harus banget bisa menjaga diri agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas, apalagi sex bebas. Jangan sampai hanya mengikuti trend seperti Friend With Benefit (FWB) akhirnya malah penyakit yang kena di tubuh. Nauzubillah

    ReplyDelete

Post a Comment