Aplikasi Kasir iReap, Kelola Usaha Makin Mudah

Konten [Tampil]
Memulai menjalankan usaha mikro, kecil dan menengah ada saja tantangannya. Menetapkan produk, memasarkan, menjalankan, dan mengelola usaha semua harus dipersiapkan dengan serinci mungkin. Proses paling sederhana hingga paling rumit semua dilakukan sendiri. Tidak jarang menemukan masalah dalam pencatatan transaksi keuangan, serta catatan transaksi barang masuk dan keluar.

Pengalaman menjalankan semua aktivitas menjual pakaian bersama istri memberikan banyak pelajaran selama berproses. Seperti kebanyakan pelaku usaha, pencatatan yang tidak terstruktur. Tidak tahu pasti berapa barang yang sudah terjual, karena hanya tahunya saat barang masuk, dan dibiarkan begitu saja. Ujungnya saat harus melihat stok, harus ribet.

Seiring perkembangan zaman, saat semua serba online dan berbasis aplikasi, pelaku UMKM, termasuk saya dan istri mendapatkan angin segar. Di saat membutuhkan pengelolaan usaha yang lebih mudah dan rapi, hadir banyak aplikasi kasir terbaik salah satunya aplikasi kasir iReap.

Saya pun penasaran saat ada aplikasi kasir ini. Ya, penasaran dengan seperti apa aplikasinya dan apa saja yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini? Kali ini saya akan memberikan ulasan aplikasi kasir iReap selengkapnya untuk anda.

aplikasi kasir terbaik

Aplikasi Kasir iReap

Aplikasi kasir iReap adalah aplikasi kasir dan manajemen stok berbasis perangkat android atau smartphone. Aplikasi ini diluncurkan oleh PT Sterling Tulus Cemerlang. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Informasi dan Teknologi.

iReap sendiri adalah singkatan dari Integrated Retail Application. Suatu aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu anda dalam mengatur dan menjalankan pengoperasian toko.

Versi Aplikasi iReap POS

iReap ini terdiri yang terdiri dari Point Of Sales / Sistem Kasir dan sistem yang mengelola barang. Aplikasi kasir terbaik ini hadir dalam dua versi yaitu iReap Pro dan iReap Lite. Tentu ada perbedaan fitur yang disediakan pada keduanya.

a. iReap Pro

iReap Pro dirancang untuk usaha kecil - menengah. iReap POS Pro dapat digunakan untuk memantau proses pengelolaan dan pengoperasian pada banyak toko. Anda bisa memantau dan mengelola toko yang dimiliki di mana pun, kapanpun. Aplikasi kasir online ini berjalan di platform cloud. Selain itu bisa dibilang aplikasi iReap POS Pro ini didukung dengan hybrid, yaitu dapat digunakan secara Online dan Offline.

b. iReap POS lite

iReap POS lite sangat cocok untuk mendukung usaha mikro yang anda jalankan. Aplikasi android ini tidak memerlukan koneksi internet atau berjalan offline pada perangkat android yang digunakan.

aplikasi kasir iReap

Cara Menggunakan Aplikasi Kasir Terbaik iReap
a. iReap POS Pro

Cara menggunakan aplikasi kasir terbaik iReap terbilang sangat mudah. Ini dia 5 langkah mudah menggunakan aplikasi kasir iReap.
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan download iReap POS yang tersedia di Google Play Store.
  2. Langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi melalui perangkat Android yang digunakan untuk memasang aplikasi iReap.
  3. Langkah ketiga adalah memasukkan data master. Di sini anda bisa melakukan input daftar barang dan harga baik melalui Aplikasi atau Via Web.
  4. Mulai berjualan menggunakan iReap Pos sebagai aplikasi cash register.
  5. Check Report secara rutin bisa anda lakukan hanya dengan genggaman tangan. Melakukan monitor penjualan, keuntungan, dan stok realtime bisa anda lakukan kapan pun dan di mana pun.

b. iReap POS Lite

Sedikit berbeda dengan iReap POS Pro, pada iReap Lite, anda bisa menggunakannya dengan lebih mudah karena cukup mengunduh aplikasi iReap Lite dan mengoptimasi pengaturan di dalamnya.

Melakukan pengaturan penggunaan iReap Lite tidaklah ribet, cukup memilih pengaturan sesuai dengan menu yang sudah tersedia, yaitu:

a. Setting & Parameter

Saat pertama kali menggunakan aplikasi ini, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memulai dengan melakukan pengaturan. Anda bisa mengatur informasi tentang toko, dan pengaturan umum meliputi prosentase pajak, dan pengaturan printer untuk mendukung proses pencetakan laporan.

b. Master Data

Pada master data, Anda bisa melakukan input data produk yang ada pada toko yang anda kelola. Pertama yang harus dilakukan adalah mengelola kategori sesuai dengan usaha yang anda jalankan. Input produk berdasar kategori, pengelolaan customer, dan pengelolaan data supplier.

Jika sudah memiliki data produk dan pelanggan, anda bisa juga melakukan import file melalui menu import yang disediakan.

Tidak hanya itu, anda akan semakin mudah mengelola setiap transaksi karena bisa melakukan backup data ke Google Drive dan melakukan Restore data dari Google Drive.

aplikasi kasir iReap

c. Receive Items

Untuk memudahkan pencatatan transaksi barang masuk, anda bisa membuat transaksi penerimaan barang menggunakan menu ini. Fungsinya adalah untuk mengetahui stok barang yang ada pada toko.

d. Issue Items

Akan sangat merepotkan ketika memiliki toko namun tidak tahu apa yang terjadi dengan produk pada toko yang dijalankan. Misal barang rusak atau hilang tidak terdeteksi. Menggunakan menu ini anda bisa melakukan pencatatan pengeluaran barang pada toko, sehingga memudahkan proses kontrol.

e. Sales/Return Transaction

Melalui menu ini anda bisa melakukan pendataan transaksi penjualan dan pengembalian barang. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi pemilik toko untuk memantau jumlah stok barang yang ada di toko.

f. Report

Salah satu kelebihan yang sangat memberikan manfaat bagi pengelola toko adalah menu laporan. Pada menu ini anda bisa melakukan analisis transaksi berdasar data yang sudah anda input sebelumnya.

Laporan penjualan, laporan penerimaan bank, analisa pelanggan, analisa laba, analisa stok barang, bahkan melacak transaksi pada toko, bisa dilakukan dengan mudah melalui menu ini.

g. iReap Pro

Saat usaha yang anda jalankan sudah bertambah skala dari mikro ke usaha kecil dan sudah memiliki lebih dari satu toko anda bisa melakukan migrasi ke iReap Pro.

Aplikasi Kasir iReap Cocok untuk semua usaha

Anda pelaku usaha baik toko ritel, kios, kafe, restoran, food truck, pameran, bengkel, apotik, online shop, franchise, warung dan berbagai jenis usaha dagang lainnya sangat tepat jika menggunakan aplikasi kasir terbaik iReap untuk mendukung kemudahan pengelolaan usaha.

Terlebih ketika usaha yang anda jalankan semakin berkembang pesat, penggunaan aplikasi kasir iReap akan memudahkan dalam memantau semua transaksi pada setiap toko secara realtime, setiap waktu, kapan pun, dan di mana pun. 

Tertarik untuk mencoba? Langsung saja download aplikasinya di Google Playstore dan manfaatkan semua fiturnya.

Related Posts

51 comments

  1. Waah baru tahu kak dengan aplikasi iReap ini, wajib di share supaya teman-teman yang memiliki usaha terbantu dengqn aplikasi ini. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  2. Kayanya cukup membantu banget ya aplikasi kasir iReap ini... Tapi belum kebayang sih bagaimana pakainya, harus coba langsung praktik nih...

    ReplyDelete
  3. Nah menu Issue Items ini bagus nih, karena adakalanya kan gak engeh kalau ada barang rusak, dengan begitu pelaku usaha bisa cepet mengatasinya ya biar bisnisnya tetap berjalan lancar

    ReplyDelete
  4. Waktu masih jualan online dulu saya pake aplikasi iReap ini, tapi yang lite alias yang gratisan, sekarang sudah ada yang Pro ya, pastinya fitur di dalamnya lebih lengkap dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pas jualan online belum pernah pakai apps gini. Manual emang bikin lelahh.

      Delete
  5. Menarik sekali ya aplikasi ini. Pencatatan keuangan dalam berbisnis pun sudah nggak manual lagi bahkan semudah di HP. Perlu di share ke teman2 pelaku UMKM nih 👍

    ReplyDelete
  6. Banyak fiturnya yaah. Ini sih membantu banget buat pengusaha khususnya UMKM yang belum punya staf khusus.

    Selain menghemat cost juga mempermudah pekerjaan sebab semua sudah ada fiturnya. kereen

    ReplyDelete
  7. kayanya aplikasi ini yang saya cari
    karena pemakaiannya mudah tapi isinya lengkap ya?
    Saya sedang mendorong pelaku UMKM di sekitar rumah untuk melakukan pembukuan
    dan yang termudah memakai aplikasi kasir ireap ya?

    ReplyDelete
  8. Baru tau dong saya tentang aplikasi Ireap ini, bakalan membantu banget nih buat para UMKM untuk memudahkan mengelola usahanya, biar makin maju dan bisa bersaing di tengah persaingan yang ketat sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak,
      Karena memang sudah saatnya ya pelaku usaha mahir dengan teknologi digital, apalagi ini tersedia versi pro dan lite, bisa disesuaikan

      Delete
  9. Bisa nih diperkenalkan pada sepupu saya yang punya usaha UMKM secara selama ini pencatatan keuangannya masih manual , jadi pengen kenalin aplikasi Ireap ini ke dia

    ReplyDelete
  10. Wah pas banget nih kak, jadi sekarang aku lagi ngelola bisnis F&B jarak jauh dan lagi nyari aplikasi kasir yang pas.
    Penjelasannya cukup menarik sih kak, jadi pengen coba aplikasi kasir Ireap ini. Makasih ya kak

    ReplyDelete
  11. Sejak mulai merintis dan mempublikasikan usaha kulineran online, saya beberapa kali mencoba mencari "alat pendukung bisnis" seperti kasir online. Aplikasi Kasir iReap layak untuk dicoba, nih.. terima kasih sharingnya, kak.. lengkap banget!

    ReplyDelete
  12. Wah, kayaknya sangat berguna buat emak-emak pebisnis nih. Nggak perlu modal pulpen dan buku gede lagi.

    ReplyDelete
  13. Aku dulu anak SMK pemasaran dan belajar jadi kasir pake cash register dan ternyata aku nggak bakat jdi kasir wkwk kayaknya aku butuh iReap ini buat jualan deh kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya lebih enak, mudah, dan praktis untuk digunakan ya Teh. Membantu banget pebisnis mengelola tokonya dan laporan keuangan lebih terencana

      Delete
  14. Alhamdulillah sekarang banyak kemudahan untuk membantu berbisnis ya. Lebih praktis dan paperless.

    ReplyDelete
  15. Kebetulan saya sedang mengelola beberapa bisnis online, memang ribet banget kalau semuanya dilakukan secara pencatatan manual di Ms Excel. Kayaknya aplikasi kasir Ireap ini bagus dan membantu sekali yah, otw install. Makasih infonya

    ReplyDelete
  16. Berbisnis di jaman sekarang memang sangat perlu aplikasi kasir yang pintar supaya bisa memudahkan catatan keuangan bisnis

    ReplyDelete
  17. wow, berbisnis sekarang makin terbantu dengan macam-macam aplikasi ya kak. Untuk kasir pun bisa ada pilihan aplikasi untuk mempermudah ya di bisnis online. memang patut untuk dimanfaatkan. terima kasih kak, wawasan saya pun jadi bertambah dengan membaca artikel ini

    ReplyDelete
  18. aplikasi kasir ini baru familiar sih di telinga saya namun tentunya punya dampak positif bagi pelaku usaha untuk mengelola usaha mereka. Semoga aplikasi ini makin banyak penggunannya

    ReplyDelete
  19. q baru tau ada aplikasi ini, fiturnya kayaknya lengkap ya...bgus bgt ini untuk di rekomendasikan ke penjualan online.

    ReplyDelete
  20. menarik aplikasi kasir iReapnya, master datanya bisa dibackup ke Google Drive juga ya kak. Jadi bisa punya cadangan datanya ya.

    ReplyDelete
  21. Aku selalu excited dengan aplikasi yang bisa bantu UMKM dalam usahanya.
    Dan dengan Aplikasi Kasir iReap yang memiliki banyak fitur canggih, maka usaha masa kini bisa sangat dimudahkan sekali, minim human eror.

    ReplyDelete
  22. Dengan aplikasi kasir i-Reap ini, mengelola keuangan jadi makin mudah ya
    Bisnis makin berkembang

    ReplyDelete
  23. Aplikasi kasir seperti i-Reap ini pasti memudahkan para pengusaha mengatur keuangan ya pak. Karena fiturnya banyak, jadi kebutuhan pengguna juga makin tercover

    ReplyDelete
  24. Baru tau aplikasi ini, pastinya berguna bgt. Kelihatannya mudah ya, tp harus cb praktek langsung ini mah

    ReplyDelete
  25. oh iReap ini Aplikasi Kasir ya, cocok dong unk umkm agar mempermudah dalam memantau semua transaksi pada setiap transaksi secara realtime, nice

    ReplyDelete
  26. Wihh nambah lagi nih alat bantu dalam berbisnis! Jadinya makin mudah dan pede buat terjun bikin usaha, wong ada aplikasi IReap yang siap bantu!

    ReplyDelete
  27. Senang ya
    Sekarang ada aplikasi kasir iReap, menglola keuangan usaha jadi makin mudah

    ReplyDelete
  28. Aplikasi kasir iReap ini solusi banget buat UMKM yg ingin mengembangkan usahanya seluas mungkin. Utk bisa melakukan ini, maka harus dimulai dg membuat pembukuan usaha yg bagus. Dan Aplikasi kasir iReap memudahkan para UMKM utk melakukan itu.

    ReplyDelete
  29. memudahkan banget, apalagi bisa ngelola banyak toko hanya dalam satu aplikasi aja. alhamdulillah sekarang banyak platform pendukung ya, gak perlu repot repot lagi :D

    ReplyDelete
  30. aplikasi kasir seperti ini sangat memudahkan para pengusaha UMKM yaa, jadi urusan keuangan perusahaan bisa tertata dengan baik

    ReplyDelete
  31. Fiturnya lengkap banget. Buat UMKM yang tenaganya belom banyak, aplikasi2 jenis gini memudahkan banget untuk operasional ya. Anti ribet, UMKM semakin di depan ^^

    ReplyDelete
  32. makin banyak ya layanan kasir buat pengusaha UMKM nih, jadi makin rapi pengaturan dan tracking keuangannya

    ReplyDelete
  33. Jadi aplikasi ini seperti layaknya kita punya kasir pribadi, Yaa, TPI bentuknya aplikasi and TDK butuh dihire. Membantu sekali, nih Ka, untuk para pengusaha.

    ReplyDelete
  34. Wah ada yang versi litenya juga ya. Cocok bisa dipake oleh kita kita yang sering kewalahan jika harus mencatat pakai buku tulis

    ReplyDelete
  35. Fiturnya lengkap banget ya, Kak. Ada laporan juga.Saya mau coba untuk bisnis online saya.

    ReplyDelete
  36. Mau tanya dong kak... Kalau usaha bidang jasa yang gak ada barangnya apakah aplikasi ini bisa digunakan?

    ReplyDelete
  37. kereeennn, makin canggih dan mempermudah sekali aplikasinya. Jadi pengusaha dan umkm tidak perlu lagi ribet-ribet.

    ReplyDelete
  38. makasih artikelnya, membantu banget. Kudu banyak belajar lagi ini mah.

    ReplyDelete
  39. Aplikasi kasir nya lengkap sekali ya, ada menu laporan nya juga untuk analisa penjualna dan data data lainnya,

    ReplyDelete
  40. Keren ya skrg udah makin mudah dgn aplikasi kasir macam ireap ini. Para entrepeneur harus tahu ini

    ReplyDelete
  41. waa keren nih aplikasinya, saya pikir cuma sekedar catat keluar masuk barang atau total transaksi, tetapi sampai isue barang juga bisa ya, sangat membantu nih, memudahkan pencatatan transaksi dan stok

    ReplyDelete
  42. aplikasi kasir seperti iReap ini memudahkan pelaku UMKM dalam mengelola bisnisnya ya. jadi jelas catatan keuangannya..

    ReplyDelete
  43. Untuk para pelaku UMKM aplikasi seperti ini terasa sangat membantu, terlebih dengan kemudahan pengoperasian nya

    ReplyDelete
  44. Fitur-fitur di aplikasi ini sangat membantu umkm ya. Terimakasih untuk info dan review-nya

    ReplyDelete
  45. Aplikasi kasir seperti ini memang diperlukan sekali oleh pelaku UMKM ya

    ReplyDelete
  46. Thank kang Ugi reviewnya, menarik banget.. Jadi penasaran dengan aplikasi ini..

    ReplyDelete
  47. Wah ini sih menarik banget mas, juga meminimalisir human eror ya ngga sih? Jadi pengen cobain nih ntar kalau buka apotek bisa pake ini jg ya

    ReplyDelete
  48. Makin mantap jalanin bisnis kalau ada aplikasi kasir yang canggih dan mengikuti perkembangan zaman ya

    ReplyDelete

Post a Comment