Cara Aman untuk Gadai Sertifikat Rumah Online

Konten [Tampil]
Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah keuangan, salah satunya dengan gadai sertifikat rumah secara online. Hal ini dilakukan bagi kamu yang membutuhkan uang dalam jumlah besar dan cepat.

Maka, tidak heran jika banyak sekali bank dan lembaga keuangan yang yang menjadikan properti sebagai jaminan. Sebelum mengetahui cara aman untuk menggadaikan sertifikat rumah, ada baiknya kamu ketahui dulu informasi dasar terkait gadai sertifikat rumah itu sendiri.
gadai sertifikat online

Apa Itu Gadai Sertifikat Rumah?

Gadai sertifikat rumah merupakan proses menjadikan sertifikat rumah sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan seperti Bank, koperasi, atau Pegadaian. Pinjaman dengan sertifikat rumah ini cukup banyak dipilih oleh orang karena dirasa lebih mudah untuk disetujui sehingga dana pun akan lebih cepat cair.

Dalam hal gadai sertifikat rumah, dana tersebut bisa lebih cepat cair yaitu kurang lebih sebesar 80% hingga 90% dari nilai sertifikat rumah yang dijadikan jaminan. Selain karena prosesnya lebih cepat daripada jual beli, gadai sertifikat rumah kerap menjadi pilihan karena tanpa kehilangan properti, nasabah bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan.

Sebelum meloloskan nasabah dan memberikan pinjaman, lembaga keuangan biasanya berpatokan pada analisa 5C, yaitu capacity (kemampuan), character (karakteristik), condition (kondisi), capital (modal), dan collateral (risiko). Selain itu, mereka juga mempertimbangkan faktor lain seperti BI Checking.

Kemudian, Bagaimana ya, cara aman untuk gadai sertifikat rumah secara online?

Cara Aman untuk Menggadaikan Sertifikat Rumah

Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan hal ini, tentunya kamu bingung apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menggadaikan sertifikat rumah yang benar sesuai aturan.

Ada banyak poin yang perlu kamu ketahui dan lakukan, yang di antaranya sebagai berikut.

1. Menggadaikan sertifikat rumah di lembaga online terpercaya

Cara aman untuk menggadaikan sertifikat rumah yang pertama, yaitu memilih lembaga yang terpercaya. Adapun maksud dari lembaga terpercaya, yaitu lembaga tersebut sudah jelas secara legalitas, dan diketahui berpredikat baik.

Kamu selaku calon debitur, bisa mencari tahunya dengan bertanya ke orang terdekat yang pernah menggadaikan sertifikat rumah di lembaga tersebut, atau mengulik informasi terkait lembaga di internet.
pinjaman

2. Menggadaikan sertifikat rumah di lembaga bersertifikat OJK dan APPI

Selain memilih lembaga pembiayaan terpercaya, cara aman untuk gadai sertifikat rumah secara online lainnya yang perlu kamu lakukan, adalah memastikan lembaga tersebut sudah bersertifikat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asuransi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Sebab, lembaga yang sudah bersertifikat OJK dan APPI merupakan lembaga profesional yang sudah mendapat izin operasi secara resmi.

Jadi, semua aktivitas pembiayaan dan lain sebagainya yang berkaitan, berada di bawah pengawasan langsung OJK dan APPI. Dengan begitu, keamanannya terjamin dan kamu tidak perlu lagi merasa khawatir.

3. Memperhatikan pelayanan yang diberikan suatu lembaga

Apabila pelayanan yang diberikan kurang baik, dan cenderung menyulitkan calon debitur, maka kamu perlu mempertimbangkannya kembali, apakah akan tetap menggadaikan sertifikat rumah di sana atau tidak.

Selain itu, perhatikan juga jumlah cabang yang dimiliki suatu lembaga pembiayaan. Apabila jumlahnya banyak dan tersebar di berbagai daerah, maka kamu bisa menjadikannya pilihan terbaik. Karena, jumlah cabang menjadi faktor yang menggambarkan kekuatan modal, minat serta kepercayaan masyarakat terhadap lembaga tersebut.

4. Melakukan perbandingan produk pinjaman online antar lembaga

Cara ini perlu kamu perhatikan, agar kamu bisa melihat perbedaan, sepert kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing lembaga. Untuk bisa melakukan perbandingan ini, kamu perlu survei terlebih dahulu, dengan cara mengunjungi beberapa lembaga pembiayaan.

Jika sudah mengetahuinya, pastikan kamu memilih lembaga yang memberikan suku bunga terjangkau dengan biaya administrasi ringan, agar nantinya tidak memberatkanmu saat proses pembayaran cicilan.

5. Memilih lembaga yang menawarkan jangka waktu pembayaran panjang

Yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah memilih lembaga yang menawarkan jangka waktu pembayaran panjang. Bagi sebagian orang, ini adalah faktor utama yang harus diperhatikan, karena jangka waktu pembayaran berkaitan dengan kemampuan bayar seseorang.

Oleh karena itu, rata-rata lembaga keuangan memberikan jangka waktu yang beragam, mulai dari dua minggu, satu bulan, hingga satu tahun.
pinjaman

Ajukan Pinjaman Sekarang Dengan Gadai Sertifikat Rumah Secara Online di Cekaja.com

Setelah melihat sejumlah informasi mengenai cara aman untuk menggadaikan sertifikat rumah secara online apakah kamu semakin tertarik untuk segera menggadaikan sertifikat rumah? Atau malah ingin mencoba untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan (KTA)?

Jika kamu yakin ingin mengajukan pinjaman dengan gadai sertifikat rumah secara online, kamu bisa mengajukannya secara online di situs perbandingan terpercaya, yaitu CekAja.com. Kamu dapat mengaksesnya pada link ini https://www.cekaja.com/pinjaman/kredit-dengan-agunan

Di sana, tersedia banyak produk pinjaman dengan agunan, yang tidak hanya terpercaya namun juga terjamin keamanannya, karena sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat praktis, mudah, cepat dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja hanya dalam satu genggaman smartphone. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!

Related Posts

16 comments

  1. Jangan sampelah ya kita menggadaikan rumah. Huhuu.. itu aset berharga tuh. Sayang bgt kalo digadai.

    ReplyDelete
  2. Informasi baru ni kalau kita bisa gadai rumah melalui online , tapi memang harus milih yang aman dan tentunya sudah di awas ioleh OJK kalau enggak masalah bisa bahaya juga.

    ReplyDelete
  3. Pinjaman kredit kalau disertai dengan agunan biasanya memang lebih mudah disetujui. Apalagi kalau di lembaga resmi seperti Cekaja
    Semoga kebutuhan mendesak kita bisa segera teratasi ya

    ReplyDelete
  4. Buat yang butuh banget untuk gadai sertifikat rumah, perlu mempertimbangkan hal-hal seperti yang dituliskan artikel ini, seperti berhati-hati memilih lembaga yang dijadikan tempat buat gadai, harus terpercaya, diawasi OJK Pula.

    ReplyDelete
  5. Penting banget nih mempercayai lembaga terpercaya, apalagi urusan gadai sertifikat rumah ini sangat riskan. Jadi memang diperhatikan bnget lembaga yang sudah terjamin dan diawasi oleh OJK pula...

    ReplyDelete
  6. Banyak yang menggadaikan sertifikat rumah untuk meminjam uang yaa. Walau belum pernah melakukannya, tapi dalam menggadai sertifikat rumah memang harus butuh pemikiran matang karena kalo terjadi kredit macet, kita bakalan kehilangan tempat tinggal

    ReplyDelete
  7. Emang wajib banget cari tahu lembaga yang aman untuk gadai sertifikat rumah, soalnya kalau kalau sembarangan bisa sangat bahaya, rumah kita bisa lenyap. Syukur ada situs perbandingan terpercaya seperti CekAja.com. Jadi kita bisa cari tahu lebih banyak sebelum menggadaikan.

    ReplyDelete
  8. Untuk yang sedang urgent bisa jadi salah satu solusi ya ini.
    Walau tetep harus bijak dalam menerapkannya, pelajari dan teliti.

    ReplyDelete
  9. Ah jangan sampai juga gadai kan sertifikat rumah
    Tapi kalo beneran butuh, baiknya harus cari yg aman ya

    ReplyDelete
  10. urgensi, biasanya banyak membuat orang dalam kondisi tertentu menjadi kurang hati-hati yah, kak.. apalagi disodorkan dengan adanya kemudahan. Informasi ini perlu dijadikan referensi edukasi nih, kak..

    ReplyDelete
  11. Aku baru tau cara menggadaikan sertifikat rumah karena selama ini belum pernah meminjam uang dalam jumlah besar, makasih banyak untuk infonya yaaa 😊

    ReplyDelete
  12. Wah, rada ngeri juga ya gadai sertifikat rumah secara online. Kalau pun kepepet harus yang reliable dan rekam jejaknya bagus. Serta izinya komplit

    ReplyDelete
  13. Ih, agak ngeri juga ya, pinjaman online aja stigmanya udah negatif, ini malah ada gadai sertifikat online. Kalaupun musti dilakukan, harus benar-benar ketemu antara kedua belah pihak biar lebih aman.

    ReplyDelete
  14. Aku berlindung dari kejadian yang demikian yang mengharuskan gadai gadai sih kang sugi. Mudah-mudahan kalau pun harus gadai lebih baik ketemu dan cek berlapis karena pasti ini bukan nominal yang sedikit.

    ReplyDelete
  15. jadi praktis banget ya buat gadai sertifikat rumah misalnya kita lagi butuh uang cepat.

    ReplyDelete
  16. Sekarang untuk dapat pinjaman mudah banget ya.. Aku baru tau nih bisa gadai serti rumah online.. Sebenarnya ngebantu untuk yang memang benar-benar butuh, mesti di tempat yang terpercaya dan masuk OJK..

    ReplyDelete

Post a Comment