8 Cara Memilih Mesin Fotocopy yang Bagus Untuk Usaha

Konten [Tampil]
Mesin fotocopy yang bagus untuk usaha harus menjadi pertimbangan utama untuk mendukung bisnis yang sedang dijalankan. Terlebih jika bisnis yang dibangun merupakan bisnis fotocopy di daerah yang potensial, seperti daerah kampus dan sekolah.

Pengalaman saat akan menjalankan atau baru menjalankan usaha layanan fotocopy, anda tidak bisa hanya dengan sekedar berjalan atau sekedar memulai. Ada hal yang harus dipahami, yaitu seputar mesin fotocopy dan seluk beluknya. Terlebih jika anda adalah pemula dalam bidang usaha ini, anda harus betul-betul teliti dan detail memahami spesifikasi dalam memilih mesinnya.
mesin fotocopy yang bagus untuk usaha

Mesin fotocopy yang bagus untuk usaha

Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih mesin fotocopy yang bagus untuk usaha? Sebelum memulai usaha fotocopy atau anda sudah memulai dan ingin menambah mesin fotocopy, sebaiknya memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan membeli. Hal ini karena begitu banyaknya merk mesin fotocopy yang ditawarkan di pasaran dan harganya tidaklah murah. Sehingga perlu berhati-hati agar tidak salah pilih saat membeli.

Tentu anda berharap bisa memberikan layanan yang prima, dan lebih cepat serta hasil berkualitas dibandingkan dengan kompetitor bisnis anda pada bidang yang sama. Terlebih saat ini, bisnis fotocopy juga semakin berkembang seiring dengan semakin banyaknya mahasiswa/wi pada perguruan tinggi.

Jika anda tinggal di daerah kampus atau universitas dan ingin memulai usaha foto copy, maka perlu tahu beberapa pertimbangan dalam memilih mesin fotocopy.

Fotocopy yang bagus merk apa?

Mesin fotocopy yang bagus untuk usaha merk apa? Di pasaran banyak sekali merek yang beredar. Kalau ditanyakan mesin fotocopy yang bagus merk apa? Semua kembali lagi pada spesifikasi dan kebutuhan anda.

Tentunya juga berhubungan dengan harga. Jika anda melihat bagus adalah dari fiturnya yang lengkap, maka akan semakin tinggi harganya. Jika anda melihat hanya pada sisi memenuhi kebutuhan untuk memulai usaha foto copy, maka bisa memilih fitur sesuai kebutuhan dari harga minimal sesuai budget awal anda.

Dipasaran terdapat banyak jenis merk mesin fotocopy yang bisa anda pilih untuk memulai menjalankan usaha fotocopy. Diantara merk fotocopy yang bisa menjadi pilihan yaitu:
  • Canon
  • Epson
  • Fuji Xerox
  • Kyocera
  • HP
  • Toshiba
  • Sharp
  • Samsung
Merk-merk di atas bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda untuk memenuhi usaha fotocopy. Akan lebih baik sebelum memilih merk anda bertanya terlebih dahulu pada teman atau saudara yang pelaku usaha fotocopy. Setidaknya bisa survey di lapangan apa mesin fotocopy yang mereka gunakan. Tentunya selain membeli merk anda perlu mempertimbangkan beberapa hal juga.

Pertimbangan Memilih Mesin Fotocopy Untuk Usaha

Mempersiapkan sarana dan prasarana untuk memulai usaha adalah hal yang perlu diperhatikan, termasuk dalam memilih mesin fotocopy yang bagus untuk usaha.

Berdasarkan pengalaman menjalankan usaha fotocopy, saya mendapatkan beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan saat memilih mesin fotocopy. Ini dia beberapa pertimbangan dalam memilih mesin fotocopy.

1. Kenali fungsi dan fitur mesin fotocopy

merk mesin fotocopy


Kebutuhan akan mesin fotocopy untuk usaha harus disesuaikan dengan pangsa pasar. Jika skala besar maka harus didukung dengan mesin fotocopy yang cocok untuk usaha skala besar. Sebaliknya, jika skalanya kecil maka carilah yang sesuai.

Anda bisa menentukan untuk memilih mesin fotocopy manual ataukah mesin fotocopy digital.

Saat memilih mesin fotocopy yang bagus untuk usaha, anda harus menentukan mesin fotocopy seperti apa yang anda butuhkan. Mesin fotocopy yang hanya untuk menggandakan saja atau bisa untuk pekerjaan lain. Misal untuk faximile, untuk scan document, dan ada dukungan wifi atau tetap yang menggunakan kabel, dna pertimbangan lainnya.

2. Tentukan kecepatan maksimum

Jika anda sudah melihat atau mengetahui pangsa pasar yang akan menggunakan jasa anda. Seberapa banyak potensi orang yang akan menggunakan jasa fotocopy di tempat anda. Maka selanjutnya anda perlu menentukan mesin fotocopy seperti apa yang akan anda gunakan untuk menyokong kegiatan usaha fotocopy.

Anda bisa memilih spesifikasi mesin fotocopy yang bagus untuk usaha, misal dari sisi kapasitas per menit atau kecepatan per menit. Untuk mengetahui bagaimana? Bisa bertanya langsung spesifikasi kepada petugas yang melayani anda.

Jika anda mencari mesin fotocopy yang bagus untuk usaha ada baiknya mencari yang cpm tinggi misal copyspeed 40 cpm atau lebih sesuai dengan yang ada di market.

3. Pilih ukuran mesin foto copy

Memilih ukuran mesin foto copy juga perlu menjadi pertimbangan bagi anda. Sesuaikan dengan kondisi tempat yang anda miliki. Mengapa demikian? Karena ukuran mesin fotocopy sangat berbeda dari ukuran printer.

Printer memiliki ukuran yang kecil, dan bisa ditempatkan pada sudut yang diinginkan. Sedangkan mesin fotocopy, cukup besar, sehingga tidak akan mudah berpindah-pindah sudut penempatan, kecuali memang anda memiliki lokasi usaha yang cukup luas.

Ukuran mesin fotocopy yang ada di pasaran beragam mulai lebar 50 cm bahkan sampai 100 cm. Namun anda tidak perlu risau jika memiliki tempat terbatas, karena juga tersedia mesin printer dengan lebar di bawah 50 cm.

memilih mesin fotocopy

4. Cek ukuran kertas yang dapat diproses

Tidak semua mesin fotocopy bisa mendukung semua ukuran kertas. Ada mesin fotocopy yang hanya bisa digunakan untuk kertas ukusan A4. Namun ada juga yang bisa mencetak hingga ukuran A3.

Di sini anda perlu cermat dalam mengambil keputusan. Saran saya sebaiknya and amengambik mesin fotocopy yang menyediakan ukuran kertas hingga A3.

5. Pilih kapasitas input dan output kertas yang maksimal

mesin fotocopy dilengkapi dengan tray untuk menempatkan kertas kosong yang akan di proses. Biasanya ada beberapa tray untuk ukuran berbeda. Pilihlah tray yang bisa menampung banyak kertas.

Berhubungan dengan output, anda juga bisa mencari spesifikasi produk berupa berapa jumlah output cetakan perbulan. Misal anda memiliki proyeksi jumlah cetakan sehari adalah 1000 lembar, maka bisa mencari produk yang memiliki kemampuan cetak minimap 30.000 lembar dalam sebulan.

6. Pilih resolusi yang tepat

Memilih mesin fotocopy yang bagus untuk usaha tidak hanya pada beberapa hal di atas, namun juga perlu memperhatikan resolusi yang ditawarkan.

Semakin tinggi resolusi, maka akan menghasilkan luaran yang semakin bagus kualitasnya. Terlebih ketika melakukan fotocopy dokumen bergambar. Di pasaran anda bisa menemukan bermacam ukuran resolusi dari 300 dpi, 600dpi bahkan hingga 1200dpi.

7. Pastikan Suku Cadang Mudah Didapatkan

Mesin fotocopy sama halnya dengan printer dan peralatan cetak lainnya, memiliki suku cadang yang perlu diganting setelah beberapa waktu. Sehingga anda perlu mempertimbangkan hal ini. Mempertimbangkan suku cadang mudah untuk didapatkan. Misal saat roller minta diganti, anda mudah mendapatkannya.

8. Beli pada distributor resmi

Biasanya godaan terbesar bagi orang yang akan mengawali usaha, akan memilih mesin fotocopy yang murah yang itu biasanya adalah second. Untuk memulai usaha lebih baik cari yang murah dan baru. Pertimbangannya karena ada garansi. Berbeda jika second atau bekas, ga ransi biasanya berbatas waktu.

Penutup

Dari berbagai merk mesin fotocopy di atas anda bisa memilih sendiri spesifikasi produk sesuai yang anada inginkan. Apakah anda mau memilih yang manual atau digital. Namun saat ini mesin fotocopy banyak tersedia digital sesuai dengan kebutuhan dilapangan, bahkan sudah support dengan wifi.

Anda juga bisa mementukan apakah anda hanya akan membeli mesin fotocopy satu warna ataukah mesin fotocopy full color. Apakah ada mesin fotocopy fullcolor?

Bagus tidaknya merk mesin fotocopy untuk sebuah usaha bisa anda buktikan sendiri saat anda menjalankan usaha. Namun sebagai gambaran mesin fotocopy yang bagus untuk usaha adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan skala usaha anda. Memiliki rencana membuka usaha fotocopy? Perhatikan pertimbangan dalam memilih mesin fotocopy di atas.


Related Posts

2 comments

  1. Pengen sih buka usaha fotocopy an, tapi perlu modal lumayan ya kak wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kak. Yang bikin lumayan itu pengadaan mesin fotocopy nya

      Delete

Post a Comment