Cara mudah hitung gaji bersih untuk karyawan

Konten [Tampil]
Hitung gaji bersih karyawan di perusahaan menjadi salah satu aktivitas rutin bulanan di sebuah perusahaan. Baik di akhir bulan atau di awal bulan. Semua tergantung pada kebijakan masing-masing institusi atau perusahaan.

Selama ini seringkali kita mendengar istilah gaji, gaji bersih, dan gaji kotor. Apa sih sebenarnya gaji itu? Apa bedanya gaji kotor dan gaji bersih? Adakah manfaat dari pemberian gaji? Apa saja variabel yang masuk dalam hitung gaji bersih?

Hitung gaji bersih

Sebelum melakukan hitung gaji bersih, ada baiknya jika mengenal lebih dekat tentang gaji, perbedaan gaji kotor dan gaji bersih. Kenapa perlu mengenal jenis gaji ini? Karena sebagai pelaku usaha ataupun sebagai karyawan akan dihadapkan pada kedua jenis gaji tersebut.
hitung gaji bersih
Hitung gaji bersih dan gaji kotor pada prinsip dasarnya sama merupakan penjumlahan dari semua gaji. Namun yang membedakan keduanya adalah pada gaji kotor belum ada pengurangan, sedang pada gaji bersih sudah dilakukan pengurangan kewajiban.

Apa yang dimaksud dengan gaji?

Gaji merupakan imbal balik berupa uang yang diterima seorang karyawan atau pekerja setelah menyelesaikan pekerjaannya. Beberapa pengertian gaji menurut wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia web.id ini bisa menjadi bahan informasi dalam proses hitung gaji bersih yaitu
  1. Gaji adalah suatu bentuk pembayaran secara berkala dari seorang majikan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja.l
  2. Gaji adalah upah kerja yang dibayar dalam waktu yang tetap.
  3. Gaji adalah balas jasa yang diterima pekerja dalam bentuk uang berdasarkan waktu tertentu.
  4. Gaji adalah pemberian yang didapatkan pekerja setelah menyelesaikan pekerjaan atau tugas sesuai dengan kesepakatan yang sudah disepakati bersama.

Apa perbedaan gaji kotor dan gaji bersih?

Setelah mengetahui dan memahami apa itu gaji, maka berikutnya yang perlu dipahami dalam proses hitung gaji bersih adalah memahami dan mengetahui perbedaan gaji kotor dan gaji bersih.

Dalam dunia kerja, berhubungan dengan gaji terdapat beberapa jenis gaji yaitu

1. Gaji Kotor

Gaji kotor adalah gaji yang diterima oleh pekerja, karyawan, atau pegawai sesuai dengan apa yang harus diterima berdasarkan perjanjian kerja karyawan atau sesuai kesepakatan. Gaji kotor ini merupakan gaji yang belum dilakukan pemotongan lain-lain.
cara hitung gaji bersih
Gaji kotor ini bisa juga disebut gaji yang diterima oleh pekerja dari perusahaan sebelum dipotong kewajiban. Jadi gaji kotor merupakan gaji yang terdiri dari gaji pokok, dan tunjangan-tunjangan lain seperti tunjangan profesi atau jabatan, tunjangan konsumsi, tunjangan pendidikan anak, dll.

2. Gaji bersih

Gaji bersih merupakan gaji yang diterima oleh pekerja, pegawai, atau karyawan setelah menyelesaikan pekerjaan dan sudah dikurangi dengan potongan lainnya seperti potongan koperasi, iuran, produktivitas ataupun kewajiban pajak.

3. Gaji Pokok

Gaji pokok merupakan imbalan dasar yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada pekerja sesuai dengan jenis pekerjaan dan jabatannya yang besarnya ditetapkan berdasar kesepakatan.

4. Gaji Lembur

Gaji lembur adalah gaji tambahan yang diberikan kepada pekerja atau karyawan yang melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan dalam waktu lembur dengan perhitungan yang mengacu pada jam kerja.

Jenis-jenis gaji berdasar waktu

Dalam hitung gaji bersih sebagai bagian keuangan atau orang yang memiliki tugas berhubungan dengan payroll juga perlu tahu berbagai jenis gaji berdasarkan waktu pemberiannya.

Jika ditilik dari jenisnya, maka gaji dibagi menjadi gaji kotor, gaji bersih, dan juga gaji lembur. Sedangkan dilihat dari waktu pemberiannya kepada karyawan dapat dibedakan menjadi:

1. Gaji Bulanan

Gaji bulanan merupakan gaji yang diterima oleh pekerja atau penerima upah setiap bulan, atau penggajian oleh pemberi kerja yang diberikan setiap satu bulan sekali sesuai kesepakatan. Baik di akhir bulan, pertengahan bulan, ataupun di awal bulan.

2. Gaji pekanan atau mingguan

Gaji pekanan atau mingguan banyak diberikan kepada pekerja yang bekerja menjaga stand jualan seperti toko baju, toko pakaian, tukang bangunan, dan lain-lain. Mereka akan menerima gaji setiap minggu sekali yang besarannya mengacu pada kesepakatan yang sudah disepakati.

3. Gaji Harian

Gaji harian merupakan gaji yang diberikan sesuai dengan jumlah hari pekerja bekerja. Misal seorang pekerja bekerja setiap hari Senin, Selasa, dan Kamis, maka dia bekerja 3 hari dalam seminggu. Jika awal bekerja adalah pada tanggal 01 maka setiap tanggal 1 akan menerima gaji sesuai dengan jumlah hari pekerja hadir.

4. Gaji per jam

Jenis gaji lain yang bisa dijadikan pertimbangan dalam penentuan gaji bersih adalah gaji per jam. Gaji per jam ini adalah perhitungan gaji dengan menghitung jumlah jam dan mendapatkan pemberian gaji sesuai dengan jumlah jam seseorang melakukan pekerjaannya.

Komponen Gaji Bersih

Komponen dasar penghasilan atau komponen gaji merupakan dasar komponen yang dijadikan sebagai acuan atau patokan untuk menghitung komponen lainnya, seperti tunjangan keluarga, tunjangan perumahan, dan insentif; upah dasar (yang belum ditambah dengan tunjangan lain). Ada beberapa variabel gaji yang perlu diketahui dalam proses hitung gaji bersih, yaitu:

1. Gaji pokok

Gaji pokok merupakan imbalan dasar yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada pekerja sesuai dengan jenis pekerjaan dan jabatannya.

Besaran dari gaji pokok setiap orang pada setiap perusahaan akan berbeda satu dengan yang lain. Hal ini karena yang menentukan besarnya gaji pokok ditetapkan berdasar kebijakan dari setiap perusahaan.

Baik dalam gaji kotor atau gaji bersih komponen ini juga ada di dalamnya. Dalam hitung gaji bersih juga dihitung dari gaji pokok sebagai salah satu komponen gaji.

2. Tunjangan tetap

Tunjangan merupakan pembayaran lain yang diberikan pemberi kerja kepada pekerja.

Tunjangan tetap adalah pemberian tetap yang diberikan kepada pekerja atau keluarga pekerja. Contoh dari tunjangan tetap yaitu Tunjangan anak, tunjangan transportasi, tunjangan makan, tunjangan pendidikan, dan lain-lain.

Pada setiap daerah, atau setiap instansi jenis komponen pada gaji tetap belum tentu sama. Semua kembali lagi pada kebijakan dari perusahaan.

Waktu dari pemberian atau pembayaran tunjangan tetap ini sama dengan waktu pembayaran gaji pokok.

3. Tunjangan tidak tetap

Tunjangan tetap adalah pembayaran imbalan kepada pekerja secara langsung yang besarannya sudah ditentukan, namun jumlah setiap orang yang satu dengan lainnya belum tentu sama. Hal ini karena dalam gaji tidak tetap biasanya mengacu pada jumlah kehadiran pekerja.

Misal perusahaan memberikan tunjangan tidak tetap untuk karyawan berupa pemberian tunjangan transport dan tunjangan makan. Maka pemberiannya hanya diberikan berdasarkan jumlah kehadirannya.

4. Upah lembur

Upah lembur adalah pembayaran yang diberikan perusahaan atau pemberi usaha kepada pekerja yang melaksanakan lembur sesuai aturan berlaku di perusahaan.

5. Bonus

Bonus merupakan upah tambahan bagi pekerja yang tidak pasti diberikan setiap bulan. Binus ini bisa berupa bonus karena pencapaian target penjualan, bonus tahunan, ataupun bonus prestasi pegawai atau karyawan.

6. Potongan

Potongan dalam gaji karyawan akan mengurangi pendapatan yang didapatkan dari gaji kotor. Potong dalam setiap perusahaan dan setiap SDM juga akan berbeda. Misal potongan iuran koperasi, potongan produktivitas, atau potongan wajib pajak

Itulah komponen gaji yang perlu diketahui oleh setiap karyawan atau pegawai sehingga tahu berapa jumlah gaji pokok yang diperoleh, gaji ditambah tunjangan, dan gaji yang bisa dibawa pulang.

Bagaimana cara hitung gaji bersih?

Setelah mengetahui beberapa komponen gaji atau variabel gaji maka akan mudah bagi bagian terkait dalam melakukan penggajian. Bagaimana cara hitung gaji bersih sebenarnya?
hitung gaji bersih
Cara menghitung gaji bersih untuk karyawan cukuplah mudah karena dalam pelaksanaannya tinggal menerapkan rumus berikut:
  1. Gaji bersih = gaji kotor dikurangi dengan potongan
  2. Gaji kotor = gaji pokok ditambah dengan tunjangan kerja, bonus, dan lembur.
  3. Potongan = jumlah semua potongan (misal iuran koperasi, potongan kedisiplinan, potongan pajak, dll.).
Itulah cara mudah melakukan hitung gaji bersih dalam proses penggajian karyawan yang bisa dijadikan pedoman.

Kesimpulan

Dalam perusahaan selalu akan berjibaku dengan urusan penggajian. Pemberian gaji kepada karyawan, pekerja, atau pegawai tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Apakah akan menggunakan waktu bulan, pekanan, atau harian, bahkan jam.

Pada intinya dalam setiap perusahaan akan mengenal gaji kotor dan gaji bersih. Bagian keuangan ataupun bagian yang menangani penggajian sudah sepatutnya harus memahami cara hitung gaji. Untuk tidak perlu khawatir karena sudah ada cara hitung gaji bersih dengan mudah tanpa ribet.


Apa yang dimaksud dengan gaji?

Gaji merupakan imbal balik berupa uang yang diterima seorang karyawan atau pekerja setelah menyelesaikan pekerjaannya.

Apa perbedaan gaji kotor dan gaji bersih?

  • Gaji Kotor
  • Gaji Bersih
  • Gaji Pokok
  • Gaji Lembur

Jenis-jenis gaji berdasar waktu

  • Gaji Bulanan
  • Gaji Pekanan atau Mingguan
  • Gaji Harian
  • Gaji Per Jam

Komponen Gaji Bersih

  • Gaji Pokok
  • Tunjangan Tetap
  • Tunjangan Tidak Tetap
  • Upah Lembur
  • Bonus
  • Potongan

Bagaimana cara hitung gaji bersih?

Gaji bersih = gaji kotor dikurangi dengan potongan

Related Posts

Post a Comment