Cara Jitu Memulai Bisnis Properti Skala Kecil

Konten [Tampil]
Punya impian memulai bisnis properti skala kecil? Tentu ini sebuah peluang bagi anda yang memiliki jiwa suka tantangan. Mengingat dewasa ini perkembangan bisnis properti berkembang dengan begitu pesat.

Bisnis properti saat ini menjadi incaran banyak pelaku usaha. Orang yang awalnya menjalankan bisnis di luar properti, kini merambah ke dunia properti karena besarnya peluang dari bisnis properti ini. Pertanyaannya apakah semua orang bisa memulai bisnis properti atau bisakah tanpa modal? Jika bisa bagaimana memulai bisnis properti tanpa modal?

Memulai bisnis properti skala kecil

Bertambahnya jumlah pasangan muda yang melangsungkan pernikahan tentu juga akan menjadi peluang pasar tersendiri untuk bisa memulai bisnis properti skala kecil. Selain pasangan muda, pertemubuhan ekonomi yang lebih dibandingkan tahun sebelumnya juga menjadi peluang tersendiri.
memulai bisnis properti skala kecil
Pada tahun-tahun sebelumnya, hanya orang tertentu saja yang bisa melakukan pembelian properti berupa rumah. Pun dengan orang yang menjalankan bisnis properti juga orang tertentu yang memiliki modal besar untuk menjalankan usaha properti. Bahkan merajai beberapa bisnis properti di dalam suatu daerah.

Namun kini seiring perkembangan zaman, semua itu berubah. Bukan lagi hanya berpaku pada mereka yang memiliki modal besar. Kini banyak pelaku bisnis properti baru yang secara umum juga tergolong muda, bahkan sangat muda.

Salah satu faktornya kenapa banyak orang memilih memulai bisnis properti skala kecil adalah karena nilai properti dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Faktor lain adalah banyaknya masyarakat yang memilih berinvestasi dengan membeli rumah.

Bagaimana memulai bisnis properti?

Dalam setiap memulai usaha tentu dibutuhkan perencanaan dan strategi untuk menjalankannya. Pun dalam memulai bisnis properti skala kecil. Membutuhkan perencanaan matang.

Selain membuat perencanaan yang matang, juga mengharuskan anda menyusun strategi yang jitu. Anda bisa membuat business model canvas untuk dapat membuat perencanaan yang matang.

Membuat Business Model Canvas (BMC) akan memudahkan anda dalam merencanakan tidak hanya pasar yang akan dituju, channel yang akan digunakan untuk melakukan promosi, namun juga bisa membuat rencana SDM yang akan dilibatkan, cost yang harus dikeluarkan, dan revenue yang akan diperoleh bagaimana.

Dalam penyusunan Business Model Canvas untuk memulai bisnis properti skala kecil, anda juga akan dituntut untuk berpikir secara logis, kritis, dan tajam berhubungan dengan value apa yang akan diberikan kepada calon konsumen dan konsumen anda.

Tips memulai bisnis properti skala kecil

Bagaimana memulai bisnis properti? Mengutip dari channel youtube Rumah.com ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam memulai bisnis properti skala kecil yaitu:
bagaimana memulai bisnis properti

1. Lakukan riset sebelum memulai

Memulai usaha baik untuk skala kecil maupun skala besar membutuhkan riset sebagai bahan untuk memulai usaha.

Riset yang harus dilakukan bukan hanya pada ranah siapa calon konsumen yang akan dibidik. Lebih dari itu, untuk memulai bisnis properti skala kecil juga perlu melakukan riset terhadap kompetitor.

Riset yang dilakukan bukan tidak beralasan. Pengamatan yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu akan menghasilkan data yang bisa dijadikan bahan melakukan analisa.

Riset yang dilakukan adalah untuk memperoleh informasi tentang harga, posisi atau lokasi, akses jalan, dan informasi lain.

Survey dilakukan juga untuk melihat bagaimana kondisi sekitar lokasi yang akan dibidik. Apakah lokasi berada di tempat yang lebih tinggi atau lebih rendah dari aliran air. Apakah jika musing penghujan daerah ini termasuk yang rawan banjir atau tidak.

Banyak hal yang harus diketahui sebelum memulai bisnis properti skala kecil. Utamanya berkaitan dengan lokasi, harga, dan keamanan, serta prospek ke depan.

Setelah melakukan riset pasar, dengan pertimbangan hasil analisa, maka akan bisa membeli dengan harga yang tidak terlampau mahal.

Sebagai pertimbangan, jika belum bisa melakukan riset dan analisa sendiri, tidak ada salahnya mengajak teman sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

2. Manfaatkan peluang yang ada

Memulai bisnis properti harus berhati-hati. Pun memulai bisnis properti skala kecil, tidak boleh gegabah dengan buru-buru membeli properti.

Namun, ada pula waktunya harus mengambil dan membuat keputusan cepat jika ada peluang properti yang dijual dengan harga terjangkau dan berada di lokasi yang strategis.

Semakin cepat menangkap peluang yang ada, maka peluang mendapatkan keuntungan yang lebih juga akan semakin lebih besar. Apalagi ketika properti itu ditawarkan adalah karena orang butuh uang.

3. Miliki Sifat Jujur

Kejujuran adalah kunci utama dalam memulai bisnis. Kejujuran yang dibangun dan dilekatkan pada diri saat melakukan komunikasi dan transaksi dengan konsumen akan memberikan hasil yang baik.

Akan tumbuh rasa percaya konsumen kepada kita. Jika kita menjaga hal itu terus, maka akan memudahkan langkah dalam memulai bisnis properti skala kecil yang dijalankan.

Kejujuran bukanlah hal yang sepele. Kejujuran bisa mendatangkan keuntungan besar bagi bisnis kita. Bisa jadi karena kejujuran kita. Orang akan merekomendasikan kita kepada saudara, tetangga, atau kenalannya yang membutuhkan properti.

Pada akhirnya, dari kejujuran yang dibangin akan membuat orang lain menaruh simpati, dan empati kepada kita.

4. Bangun relasi yang seluas-luasnya

Bisnis tanpa ada relasi tidak akan menghasilkan apa-apa. Kalaupun menghasilkan akan baru terasa hasilnya setelah jangka waktu yang sangat lama, atau bahkan tidak memiliki pemasukan sama sekali dari bisnis yang digeluti.

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk sebisa mungkin membangun hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita. Berusaha untuk membuka diri dan menjalin keakraban dengan orang-orang di sekitar lingkungan tempat tinggal. Teman sewaktu sekolah, atau kuliah, keluarga besar,dan relasi kerja bisa

Hubungan baik yang dibangun akan menunjang diri dalam membangun branding. Misal orang-orang di luar sana akan lebih mengenal kita sebagai seorang pelaku bisnis properti. Jadi membangun dan memulai bisnis properti skala kecil tidak boleh melewatkan poin ini.

Semakin banyak orang yang dikenal, dan didatangi akan semakin baik. Semakin banyak relasi dan jaringan yang dibangun, akan semakin terbuka peluang pasar baru bagi bisnis yang dijalankan.

5. Gunakan Internet untuk Promosi

Saat ini semua orang mulai melakukan transformasi dalam menjalankan bisnis mereka. Mereka beralih dari pola konvensional menuju digital. Tentunya memanfaatkan internet sebagai bagian dari promosi akan bisa memperluas jangkauan.

Apa yang bisa dilakukan dengan internet untuk promosi? Anda pastinya tidak asing dengan yang namanya website, dan media sosial. Anda bisa membangun sebuah website yang bersisi informasi tentang bisnis yang anda jalankan. Kemudian membagikan informasi itu kepada relasi yang anda miliki.

Untuk membuat orang lebih tertarik, anda juga bisa mengoptimalisasikan fungsi dari sosial media yang anda punya. Buatlah post feed, reels,yang menarik berhubungan dengan bisnis yang anda jalankan.

Isinya bisa berbeda-beda dari waktu ke waktu. Bisa berisi motivasi membeli properti. Tips memulai binis properti skala kecil, tips memilih rumah yang tepat sesuai penghasilan, ataupun materi edukasi lainnya.

Bisa juga anda mengunggah foto dari bisnis kalian, misal gambar properti yang dipasarkan dan detail deskripsinya, serta cara bagaimana orang menghubungi anda jika berminat atau sekedar ingin mendapatkan informasi lebih. Buatlah deskripsi dengan bahasa yang menarik.

Untuk memperluas jangkauan, anda juga bisa membuat channel youtube yang berisi informasi seputar dunia properti. Misal trend properti tahun 2022, kiat memilih rumah dengan budget terbatas, ataupun lainnya.

Intinya, anda harus memanfaatkan dan mengoptimalkan semua media yang dimiliki untuk memperluas jangkauan dan target pasar bagi bisnis yang dijalankan.

Secara umum, hal-hal di atas bisa anda lakukan dan terapkan saat akan memulai bisnis properti skala kecil. Bagaimana cara memulai bisnis properti tanpa modal?

Bagaimana cara memulai bisnis properti tanpa modal?

Untuk memulai bisnis properti memang membutuhkan modal besar. Akan tetapi saat ini anda tidak perlu terus memikirkan modal besar untuk memulainya. Anda bisa memulai bisnis properti skala kecil tanpa modal. Bagaimana cara memulai bisnis properti tanpa modal? Berikut beberapa cara yang bisa anda terapkan:
cara memulai bisnis properti skala kecil

1. Perbanyak melihat iklan

Mengapa ini perlu dilakukan? Karena anda akan bertindak sebagai agen properti atau dalam bahasa umumnya adalah makelar. Orang yang membantu memasarkan dan menawarkan properti yang akan dijual oleh seseorang.

Anda bisa membidik pengiklan yang dia membuat sendiri iklan itu, tanpa perantara. Ini bisa menjadi peluang bagi anda untuk bisa ikut menawarkan. Tapi tidak langsung ya, anda harus menghubungi si pengiklan.

2. Bangun kerjasama

Anda sudah mendapatkan iklan yang dipasang langsung oleh si pemilik. Saatnya anda menggunakan kemampuan komunikasi anda untuk meyakinkan si pemilik. Meyakinkan kalau anda adalah orang yang tepat yang bisa membantu menjualkan rumah atau properti yang dia miliki. Cara ini bisa menjadi awalan bagi anda untuk memulai bisnis properti skala kecil.

3. Bangun kepercayaan dengan kejujuran

Bangun kepercayaan dengan kejujuran. Ini merupakan hal penting. Jika anda tidak jujur maka lambat laun karir anda dalam memulai bisnis properti skala kecil akan semakin redup. Karena bisa jadi orang ini merasa tidak nyaman dan curhat di media sosial, dan lain sebagainya.

4. Buat perjanjian kerjasama

Tidak kalah penting adalah buat perjanjian kerjasama. Jika anda bisa menjualkan properti miliki orang tersebut berapa yang anda dapatkan dari si pemilik. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan si pemilik. Pun dengan anda, dengan biasa membuat perjanjian kerjasama akan menjadikan anda terlatih dalam membuat dokumen yang dibutuhkan dalam kerjasama.

5. Menabung

Memiliki keuntungan dari memulai bisnis properti skala kecil tentu akan memberikan keuntungan yang lumayan besar. Jika anda berhasil menjual dan mendapatkan keuntungan, sisihkanlah untuk ditabung. Tujuannya adalah untuk menyiapkan pengembangan bisnis properti yang anda jalankan.

Kesimpulan

Bisnis properti dewasa ini menjadi idola bagi banyak orang. Hal ini bisa dilihat dari semakin berkembang dan bertambahnya agen-agen properti. Secara nyata bisa dilihat dari properti-properti yang dijual. Banyak terpasang banner informasi properti dijual dan disertakan nomor dan nama agen.

Jika anda termasuk orang yang baru dalam dunia properti. Ada baiknya terlebih dahulu mendalami bagaimana cara memulai bisnis properti skala kecil sehingga anda bisa mendapatkan laba.


Memulai bisnis properti skala kecil

Punya impian memulai bisnis properti skala kecil? Tentu ini sebuah peluang bagi anda yang memiliki jiwa suka tantangan.

Bagaimana memulai bisnis properti?

Membuat Business Model Canvas (BMC) akan memudahkan anda dalam merencanakan tidak hanya pasar yang akan dituju

Tips memulai bisnis properti skala kecil

  • Lakukan riset sebelum memulai
  • Manfaatkan peluang yang ada
  • Miliki sifat jujur
  • Bangun relasi yang seluas-luasnya
  • Gunakan Internet untuk Promosi

Bagaimana cara memulai bisnis properti tanpa modal?

  • Perbanyak melihat iklan
  • Bangun kerjasama
  • Bangun kepercayaan dengan kejujuran
  • Buat perjanjian kerjasama
  • Menabung




Related Posts

Post a Comment