deeva collection

Cara Investasi Saham Untuk Pemula di Aplikasi InvestasiKu

Konten [Tampil]
Berbicara investasi saham saya jadi teringat beberapa tahun lalu saat sedang magang. Awalnya saya tidak mengerti kapan harus menjual dan membeli. Hingga suatu waktu setelah diajari baru saya tahu. Ternyata investasi saham bukan hanya tentang buy and sell. Apa yang perlu kita pahami berhubungan dengan cara investasi saham untuk pemula di aplikasi InvestasiKu?
aplikasi InvestasiKu

Kita seringkali mendengar dalam keseharian kita istilah investasi. Misal saat saya mengobrol dengan tetangga, dia menjalankan usaha pertamini. Laki-laki itu suatu waktu mengajak saya mengobrol saat sedang membeli BBM. Karena diajak, dan saya ada waktu senggang saya pun menerima ajakan itu.

Dia menjelaskan kalau dia sudah memperoleh pemasukan rutin sekian rupiah setiap bulannya. Dia begitu bersemangat memberikan penjelasan. Saya berpikir kalau diteruskan bisa-bisa saya tidak pulang nih. Akhirnya saat ada pembeli, saya menggunakan momen itu untuk berpamitan. Dia mengiyakan dan meminta nomor kontak. Saya menyebutkan deretan angka.

Beberapa saat kemudian dia kembali menyapa saya melalui pesan whatsapp, mengajak saya untuk investasi. Saya yang masih belum tahu apa investasinya, dan platform yang digunakan tidak menolak dan tidak mengiyakan. “Terima kasih, informasi bagus, Mas.” balasku singkat.

A. Mengenal Investasi

OJK dalam lamannya menyebutkan bahwa Investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Jadi investasi adalah bagian dari upaya untuk memperoleh keuntungan untuk keamanan finansial keluarga ke depan. Apalagi di kondisi beberapa tahun yang begitu tidak menentu dan tidak bisa diperkirakan. Investasi tentu sangat diperlukan bagi setiap orang. Namun demikian juga perlu memahami secara menyeluruh apa alasan investasi saham untuk pemula seperti kita.

B. Kenapa Harus Investasi

Salah satu cara investasi saham untuk pemula adalah memiliki pengetahuan dasar kenapa kita harus investasi. Mengingat investasi bukanlah hal yang main-main. Investasi membutuhkan kepekaan kita dalam mengambil keputusan yang tepat.

Yuk kita lihat beberapa hal kenapa kita harus investasi yang disampaikan oleh Firman Marihot yang merupakan Group Head of Probiz Dev PT. Mega Capital Sekuritas dalam webinar Cara Cerdas Investasi bersama Komunitas ISB.
cara investasi saham untuk pemula di aplikasi InvestasiKu
Hidup seperti roller coaster, ada kalanya di atas ada kalanya di bawah. Artinya finansial kita tidak selamanya akan stabil, ada banyak faktor yang akan mempengaruhi. Bisa jadi naik terus, bisa jadi turun terus. Kita tidak akan pernah tahu kapan kondisi itu akan hadir di hadapan kita. Sehingga perlu dipersiapkan, salah satunya dengan investasi di InvestasiKu. 
Kita memiliki tanggung jawab yang harus kita jalankan dalam kehidupan ini. Seberapapun banyak tabungan kita, dana kita yang disimpan tidak akan pernah cukup untuk memenuhi.
Setiap orang memiliki batas waktu untuk menabung dan investasi, dan ini merupakan tahap kehidupan yang memang sudah ada. Sehingga perlu dipersiapkan. Tahap itu adalah mulai muda, menikah, paruh baya, dan pensiun.

C. Cara Investasi Saham untuk Pemula

1. Pastikan sebelum investasi saham

Investasi saham untuk pemula bukanlah hal yang mudah, untuk itu kita mengetahui beberapa hal sebelum berinvestasi.
  1. Pastikan legalitasnya yaitu dengan melihat apakah terdaftar di OJK atau tidak.
  2. Tidak mengambil keputusan investasi karena sekedar ikut-ikutan.
  3. Perhatikan sumber dana saat akan investasi, gunakan dana yang tidak terikat kebutuhan lain seperti pendidikan, belanja bulanan, dll.
  4. Hindari menggunakan uang pinjaman, apalagi pinjaman online.
  5. Miliki dana darurat setidaknya 6x dari pengeluaran bulanan.
  6. Buka Rekening Dana Nasabah Investasi

2. Sulit Memutuskan Untuk Investasi Saham 

Keputusan sulit investasi saham untuk pemula biasanya terjadi memang karena ketidaktahuan calon nasabah akan dunia investasi. Kesulitan itu meliputi beberapa hal yang selalu hinggap di pikiran.
  1. Bagaimana memilih investasi yang tepat?
  2. Bagaimana jika membutuhkan uang sebelum tanggal yang ditargetkan.?
  3. Seberapa sering bisa memonitor investasi?
  4. Bagaimana cara memastikan risiko?
  5. Siapa yang akan memonitor pergerakan investasi?
  6. Bagaimana dengan pajak?
Beberapa kesulitan tersebut seringkali mempengaruhi keputusan investasi yang tepat. Kalau menemukan kesulitan di atas, sudah seharusnya membuka diri dengan banyak mencari informasi berhubungan dengan investasi. Misal memilih sekuritas ataupun aplikasi yang bisa membantu kita mengatasi kesulitan itu, seperti menggunakan Aplikasi InvestasiKu.

D. Aplikasi InvestasiKu

Apa sih aplikasi InvestasiKu? Mungkin ada yang bertanya-tanya tentang hal ini atau bahkan ada yang penasaran dengan seperti apa sih fitur yang ada di dalamnya? Karena saya sudah mengunduhnya dan melakukan registrasi, maka akan saya uraikan prosesnya buat teman-teman semua. Aplikasi Investasiku ini terintegrasi dengan Mega Capital Sekuritas.

1. Cara Install Aplikasi InvestasiKu

Salah satu cara investasi saham untuk pemula selain mencari informasi dan menentukan pilihan adalah melakukan pemasangan aplikasi pada smartphone yang dimiliki. Tujuannya agar bisa melakukan investasi.

Untuk memasang Aplikasi InvestasiKu pada gawai pintar, teman-teman bisa mengikuti langkah berikut:
  1. Silahkan masuk ke playstore lalu download aplikasi InvestasiKu
  2. Masukkan keyword InvestasiKu maka akan muncul aplikasi yang dimaksud.
  3. Lakukan pengunduhan, tunggu hingga selesai.
  4. Lanjutkan dengan pemasangan aplikasi ke gawai pintar kalian.
  5. Aplikasi sudah terpasang, saatnya untuk mulai membuat akun InvestasiKu.

2. Cara Registrasi Akun Aplikasi InvestasiKu

cara investasi saham untuk pemula di aplikasi InvestasiKu

Selamat kamu sudah memasang Aplikasi InvestasiKu. Kini saatnya untuk melakukan registrasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka Aplikasi InvestasiKu dan akan melihat beberapa tampilan, tekan tombol Next sampai akhir.
  2. Saat masuk di menu Login, pilih Kamu belum memiliki akun?
  3. Silahkan Sign Up dengan mengisikan Nama Lengkap, Email, No Handphone dan Password.
  4. Pastikan untuk memilih box syarat dan ketentuan.
  5. Lanjutkan dengan menekan tombol Sign Up.
  6. InvestasiKu akan mengirimkan 6 digit kode OTP ke nomor yang didaftarkan.
  7. Selanjutnya pilih Next maka anda sudah berhasil membuat akun.

3. Membuat Rekening Dana Nasabah (RDN)

Tidak butuh waktu lama untuk membuat rekening RDN melalui aplikasi ini. Kita hanya perlu mempersiapkan KTP dan NPWP untuk kebutuhan saat pengisian formulir. Bagaimana prosesnya?
cara investasi saham untuk pemula di aplikasi InvestasiKu

  1. Silahkan login ke aplikasi yang sudah dimiliki dengan akun yang sudah dibuat sebelumnya.
  2. Kalian akan masuk ke tampilan menu utama dari InvestasiKu.
  3. Silahkan masuk pada menu Portofolio. Karena ini pertama kali mendaftar maka kalian akan masuk pada menu pengisian formulir E-KYC(Electronic Know Your Customer). Silahkan klik Ayo Mulai.
  4. Kalian akan diminta untuk mengunggah KTP. ada dua pilihan disediakan, yaitu mengambil langsung atau menggunakan file yang sudah ada.
  5. Ketika sudah berhasil kita akan dibawa pada menu pengisian formulir data pribadi. Pada bagian atas terdapat Referal, silahkan masukkan SUGI244434
  6. Setelah semua diisi pilih Selanjutnya, dan konfirmasikan data yang sudah diisi dan kita akan mendapatkan pemberitahuan untuk proses biometrik dengan menekan Selanjutnya.
  7. Silahkan cek email yang digunakan untuk registrasi akun, anda akan mendapatkan link verifikasi biometrik. Klik link tersebut untuk menuju menu verifikasi biometrik.
  8. Pastikan memperhatikan contoh pengambilan foto dengan seksama seperti dicontohkan.
  9. Ikuti prosesnya hingga selesai hingga muncul pemberitahuan Verifikasi Biometrik Berhasil. Pilih OK dan anda akan mendapatkan notifikasi berhasil menyelesaikan registrasi nasabah baru di PT. Mega Capital Sekuritas.
  10. Silahkan cek email masuk yang dikirimkan oleh InvestasiKu yang berisi informasi Nomor Rekening Nasabah dan informasi lain.
Proses dari pembuatan akun, registrasi hingga pembuatan Rekening Dana Nasabah melalui aplikasi InvestasiKu sangatlah mudah dan cepat. Kita tidak perlu menunggu berjam-jam apalagi berhari-hari untuk sekedar membuat Rekening Dana Nasabah. Kalian juga bisa ikut mencobanya sendiri.

cara investasi saham untuk pemula

E. Cara Investasi Saham Pemula di Aplikasi InvestasiKu

Untuk memulai proses pembelian saham melalui Aplikasi InvestasiKu hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan RDN sudah terisi dengan dana untuk investasi.

1. Top Up Saldo

Top Up saldo adalah hal pertama yang perlu dilakukan nasabah untuk dapat melakukan pembelian saham. Dalam proses Top Up ini khusus pengguna Bank Mega bisa mendapatkan fasilitas bebas biaya transfer. Setelah melakukan Top Up saldo RDN akan bertambah dalam waktu 3-30 menit. Hal ini karena mengikuti ketentuan dari masing-masing bank pengirim.

2. Tarik Saldo

Selain fitur Top Up Saldo pada aplikasi ini juga terdapat fitur Tarik Saldo. Fitur ini untuk memudahkan nasabah untuk menarik saldo dari RDN ke rekening pribadi nasabah yang didaftarkan.

Untuk penarikan saldo, minimal penarikan dana adalah Rp. 10.000. Kalian juga perlu memperhatikan waktu penarikan, di mana kalian tidak bisa melakukan penarikan pada pulu 22.00 - 03.00 WIB. Pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama pemilik RDN sebelum penarikan dana.

3. Melakukan Pembelian Saham

cara investasi saham untuk pemula di aplikasi InvestasiKu

Tidak sabar untuk melakukan pembelian saham? Jika saldo RDN sudah terisi, kalian bisa melakukan pembelian saham dengan masuk ke menu Market. Pada menu ini kalian bisa mencari saham terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jika sudah memiliki incaran saham, kalian bisa langsung mengetikkan di kolom pencarian yang ada di bagian atas.

Setelah saham yang dimaksud muncul kalian bisa pilih, dan melakukan pembelian sesuai dengan keinginan. Berapa Lot saham yang akan kalian beli. Kalian bisa juga memilih prosentase yang berada di bawahnya untuk membeli dengan dana yang ada di RDN.

Setelah itu kalian akan mendapatkan konfirmasi pembelian. Pastikan untuk mengeceknya sebelum melanjutkan. Jika sudah sesuai maka lanjutkan dengan konfirmasi dengan memasukkan pin yang ada terima di saat pendaftaran.

F. Kesimpulan

Setelah mengikuti semua proses dari melakukan pengunduhan, pembuatan akun dan registrasi, hingga pembuatan Rekening Dana Nasabah sata bisa mengatakan bahwa proses yang layanan Aplikasi InvestasiKu sangat mudah dan cepat. Tidak butuh waktu lama untuk melakukan proses registrasi hingga memiliki Rekening Dana Nasabag pada PT. Mega Capital Sekuritas. 

Bagaimana tertarik untuk investasi saham setelah mengetahui cara investasi saham untuk pemula di aplikasi InvestasiKu? Kalian bisa langsung mencobanya sendiri dengan mendownload dan mencoba pengalaman menggunakan Aplikasi InvestasiKu untuk mendukung investasimu.

Related Posts

54 comments

  1. Mantab ini infonya,
    kalau aku baru coba bibit.
    next time boleh di coba ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, hu. Wah mastah nih, boleh langsung dicoba juga

      Delete
  2. MAsa muda memang tidak selamanya. Hanya beberapa masa saja. Saat itu harus dipersiapkan segala sesuatunya untuk hari tua kelak. Di InvestasiKu kita bisa mengatur simpanan kita. Caranya mudah dan banyak untungnya... Buruan yuk... tunggu apalagi, mumpung masih muda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget dok, kalau Pak dokter pasti sangat paham masalah investasi, karena pada dasarnya sama dengan investasi kesehatan. Hehe. Btw, udah coba download dok? Bisa dari banner InvestasiKu tuh.

      Delete
    2. Oke, Pak. Dicoba donlot ya... Bismillah...

      Delete
  3. MAsa muda memang tidak selamanya. Hanya beberapa masa saja. Saat itu harus dipersiapkan segala sesuatunya untuk hari tua kelak. Di InvestasiKu kita bisa mengatur simpanan kita. Caranya mudah dan banyak untungnya... Buruan yuk... tunggu apalagi, mumpung masih muda...

    ReplyDelete
  4. Selama ini aku kalau ada lebih uang paling ditabung atau buat deposito untuk jangka pendek. Bermain saham belum pernah karena memang tidak paham. Tetapi sepertinya kalau baca review kakak mudah ya untuk pemula, boleh nih dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan investasi banyak, Kak ada deposito, salah satunya juga dengan saham. Boleh dicoba atau pelaajri langsung kak dengan download aplikasi InvestasiKu.

      Delete
  5. saya juga sering diajak investasi seperti itu

    dan menurut saya menakutkan karena si pengundang bersemangat sekali

    gak heran sih, dia kan dapat bonus dari setiap peserta/member baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat diajak investasipun kita perlu melihat siapa yang mengajak, dan tentunya bisa memastikan sekuritasnya aman dan terdaftar dalam OJK.

      Delete
  6. Lengkap sekali ini tutorialnya, dari sini jadi tahu jika proses dari melakukan pengunduhan, pembuatan akun dan registrasi, hingga pembuatan Rekening Dana Nasabah di Aplikasi InvestasiKu sangat mudah dan cepat. Memudahkan pemula seperti saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur deh kalau bisa diikuti tutorial dalam tulisan ini.. Boleh dipraktikkan langsung, Kak aplikasi InvestasiKu

      Delete
  7. Menyesal itu selalu belakangan. Saya baru saja kena PHK seminggu ini. Nyesel dulu kenapa gak ikut investasi dan asuransinya ya sekarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semanga, Kak. Masih bisa kok, dalam investasi tidak ada kata terlambat. Semoga segera bangkit ya, kak untuk finansial.

      Delete
  8. Saat kita memutuskan untuk berinvestasi disaham maka kita harus memilih platform yang tepat salah satunya Investasiku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, betul nih Kak selain memastikan sekuritas, pastikan juga platform yang mendukung kemudahan transaksi

      Delete
  9. Wah infonya lengkap banget, nih.
    Kebetulan saya masih pemula banget terkait investasi saham ini.
    Menarik untuk segera dicoba. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah membaca, kak. Yuk cobain bareng aplikasi InvestasiKu.

      Delete
  10. Investasi penting untuk masa sekarang dan mendatang. Kebutuhan akan kehidupan keluarga bisa beragam bentuk investas. Investasiku bisa menjadi pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Kak. Investasi penting banget karena semua yang terjadi pada kita kita tidak tahu. Yang jelas kita berusaha mempersiapkan yang terbaik untuk ke depan.

      Delete
  11. Menarik sekali ternyata,, setelah baca step by stepnya. Overall mudah dipahami dan dicoba.
    Kayaknya juga mudah ya karena bisa ambil uang kapan saja pada jam yang ditentukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Kak udah nyempatkan diri untuk membaca informasi menarik ini. Enak kalau udah ada penjelasan waktu kayak di InvestasiKu

      Delete
  12. Saya belum coba sih investasiKU tapi lihat langkah demi langkahnya kayaknya bisa dicoba. Cuma ga tau kenapa hati masih ragu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah cari tahu dulu, Kak kenapa ragunya, aru deh cari solusinya. Sambil nunggu jawaban, boleh kenalan dulu dengan aplikasi InvestasiKU

      Delete
  13. Iya, memilih instrumen investasi itu nggak boleh asal ikut-ikutan aja ya, mesti mengenali dengan baik dan memastikan terdaftar di OJK atau tidak.

    Saya juga lagi belajar nih, baca-baca artikel di investasiku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belaajr sama-sama ya, Kak. Kalau lagi belajr kita cari yang pasti-pasti aja, pasti dah terdaftar di OJK, seperti InvestasiKU

      Delete
  14. Saya belakangan ini kepikiran untuk berinvestasi, maunya sih Reksa Dana. Sepertinya pakai InvestasiKu ini bagus yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipastikan dulu tujuannya untuk jangka panjang menengah atau dekat, kak.

      Delete
  15. mudah sekali yaa caranya mulai berinvestasi di investasiku, pilihan sahamnya banyak gak sih kak? aku lagi pengen coba beli saham sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya banyak pilihan juga, Kak. Tinggal pilih sahan yang lagi di bidik pada menu market di Aplikasi InvestasiKu. Buruan download dan cek, kak

      Delete
  16. Mudah banget y investasi di aplikasi investasiku. Era digital emg harus gini dan sekaligus biar sedikit2 bljr literasi keuangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Terus belajar, tapi jangan belajar terus entar ga investasi dong. Langsung belajr dari aplikasi InvestasiKu oke kak

      Delete
  17. Menarik ini, dengan InvestasiKu kita bisa memulai investasi tanpa khawatir dan ribet lagi ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, betul banget. Hari gini harus ribet? hehe. Boleh di coba sendiri Kak kemudahan dan kecepatan prosesnya.

      Delete
  18. Sebelum memutuskan investasi saham, harus baca dulu laporan keuangan dll. Krn saham adl investasi jangka panjang maka baiknya pilih yg fundamentalnya kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Kak. Investasi perlu analisis mendalam karena memang untuk jangka panjng, baik fundamental, technical juga perlu dilakukan. Biar apa? Biar bisa menemukan investasi yang tepat.

      Delete
    2. Iyaaapp, analisa teknikal menentukan kapan kita mau entri pd saham tsb biar dapat harga yg optimall.

      Delete
  19. Setuju banget sih agar saat kita tertarik mengikuti sebuah program didasarkan oleh pengetahuan dan faham pola kerjanya. Jadi gak sekedar ikut-ikutan sehingga mudah terjebak pada investasi bodong.

    ReplyDelete
  20. Betul sekali, Kak. Dalam investasi kudu hati-hati, mencari tahu yang sebenarnya secara detail dan terpenting memastikan terdaftas di OJK. Seperti platform InvestasiKU yang sudah terdaftar OJK

    ReplyDelete
  21. Waaah kalau saham sih harus belajar dulu.. dan menguatkan nyali, kalai jantungan dan nggak tahan mental susah juga ya mau investasi

    ReplyDelete
  22. Bermanfaat sekali infonya. Caranya sangat mudah ya kak. Minimum berapa yaa untuk bisa saham

    ReplyDelete
  23. saya juga daftar investasi di Investasiku, pastinya useful banget untuk para pemula, karena aplikasinya banyak materi2 tentang investasi

    ReplyDelete
  24. Aku baru tahu tentang aplikasi ini. Masih sangat awan dengan urusan investasi saham. Memang harus dipelajari dengan cermat dan memilih yang betul2 aman.

    ReplyDelete
  25. Keren aplikasinya. Bener banget zaman sekarang memang sudah mulai kita harus lirik investasi ya kak. Cuma saya masih kadang takut-takut kalau mau investasi gini. Tapi ini asli patit dicoba.

    ReplyDelete
  26. Baru tau ada aplikasi investasiku dan trnyata memudahkan skali buat ibu2 yg masih awam soal saham..jdi lebih praktis dan aman juga yaa

    ReplyDelete
  27. Belum pernah nyobain investasi saham nie, boleh juga dipelajari caranya. Untung baca artikel ini jadi bisa tahu caranya,donlot dulu ah

    ReplyDelete
  28. yang doyan main investasi tuh suamiku , aku mau kabarinke dia kalo ad apalikasi investasiku ini ke dia

    ReplyDelete
  29. Wah, makasih tipsnya pak.. Buat pemula memang butuh banget tau tips kayak gini.. Untuk dana saat mau invets juga jangan asal dana dipake ya..

    ReplyDelete
  30. Informasi dn tutorialnya lengkap pak Gie. Untuk aku yang belum tahu tentang aplikasi Investasiku ini sangat dimudahkan..

    ReplyDelete
  31. Banyak banget tawaran dan pilihan investasi saat ini. Apalagi di media sosial dengan tawaran yg menggiurkan. Tapi memang tetap harus waspada, dan yg paling penting harus
    memastikan sekuritasnya aman dan terdaftar dalam OJK ya kak

    ReplyDelete
  32. Nah ini, sekarang menarik ya. Kita bahkan para ibu rumah tangga pun, sekarang bisa investasi saham. Di aplikasi InvestasiKu. Bisa dipelajari dulu, dan kalo udah pede, bisa langsung investasi. Pelan-pelan dan kecil-kecil aja dulu. Kalo udah cocok, bisa nambah investasinya. Aku juga lagi belajar nih.

    ReplyDelete
  33. Nah ini, sekarang menarik ya. Kita bahkan para ibu rumah tangga pun, sekarang bisa investasi saham. Di aplikasi InvestasiKu. Bisa dipelajari dulu, dan kalo udah pede, bisa langsung investasi. Pelan-pelan dan kecil-kecil aja dulu. Kalo udah cocok, bisa nambah investasinya. Aku juga lagi belajar nih.

    ReplyDelete
  34. Aku masih ngulik tentang investasi nih, awam bgt rasanya. Baca ini jd ada gambaran mengenai pentingnya invest, caranya dan bahkan dpt rekomendasi tempat investnya. Tengkyu :)

    ReplyDelete
  35. Mudah juga ya bikin RDN di investasi Ku, aman pula karena sudah terdaftar OJK..Emak emak juga kudu belajar investasi nih :)

    ReplyDelete

Post a Comment