deeva collection

5 Kegiatan Sederhana Untuk Mengisi Weekend Ala Keluarga Deeva Collection

Konten [Tampil]
Kebersamaan antara orang tua dan anak menjadi hal yang penting unuk diperhatikan orang tua. Kehadiran dan kebersamaan orang tua akan menjadikan anak merasa bahagia. Salah satu yang bisa dilakukan orang tua adalah mengisi waktu dengan 5 Kegiatan Sederhana Untuk Mengisi Weekend Ala Keluarga Deeva Collection namun bermakna.

Weekend atau akhir pekan merupakan family time. Waktu ini menjadi waktu terbaik bagi keluarga untuk mendekatkan diri dengan anak-anak dan semua anggota keluarga. Waktu we time antara suami dan istri. Waktu menguatkan bounding antara orang tua dengan anak.

Salah satu yang bisa dilakukan orang tua adalah mengisi waktu dengan 5 Kegiatan Sederhana Untuk Mengisi Weekend Ala Keluarga Deeva Collection namun bermakna.
Bagaimana biasanya orang-orang mengisi akhir bersama keluarga? Secara umum ada beberapa aktivitas yang biasanya dijadikan sebagai aktivitas pilihan saat berakhir pekan bersama keluarga. Mulai dari mencari hiburan seperti main bersama, menonton bersama, jalan-jalan, ataupun melakukan eksperimen bersama keluarga.

Setelah sepekan beaktivitas di luar rumah mulai pagi hingga siang hari, weekend menjadi waktu yang tidak boleh diganggu siapapun. Meskipun pada kenyataannya, terkadang masih ada saja kegiatan yang diselenggarakan saat akhir pekan.

Kalau hal itu terjadi, kita harus bisa mensiasati dan melakukan pengelolaan waktu agar bisa tetap bersama keluarga dan bisa menggunakan waktu baik untuk memberikan yang terbaik kepada keluarga. Menyusun sedemikian rupa jadwal internal keluarga dan jadwal eksternal yang akan dilakukan. Salah satu kunci yang biasa saya lakukan adalah hadir tepat waktu dalam kegiatan eksternal dan pulang tepat waktu.

Mungkin Sebagian orang akan berpikir, acara inti belum mulai kok sudah pulang? Justru bagi saya ini adalah sebuah cara agar bisa tetap memberikan perhatian kepada keluarga sekaligus mengajarkan kepada orang lain pentingnya waktu.

Kemudian, sejauh ini akhirnya mereka mengerti, dan beberapa kali rapat dilingkungan dilakukan di luar akhir pekan, seperti malam hari, atau Sabtu sore. Setelah sekian lama baru paham tentang apa yang saya lakukan selama ini. Loh kok jadinya curhat dan melebar? Langsung weekend aja yuk.

A. 5 Kegiatan Sederhana Untuk Mengisi Weekend

1. Mengunjungi Alun-Alun/RTH

Jember sebagai salah satu kabupaten yang ada di hampir ujung timur Provinsi Jawa Timur selain memiliki beberapa Ruang Terbuka Hijau di setiap kecamatan, juga memiliki ruang terbuka hijau di pusat Kota. Kita mengenalnya dengan aloon-aloon kota Jember.
Mengunjungi alun-alun atau RTH bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan sederhana namun penuh makna untuk mengisi weekend bersama keluarga.
Saya memilih membawa anak-anak bermain ke sini di hari minggu pagi, namun tidak terlalu pagi, kira-kira pukul 08:00 WIB. Memilih waktu di mana tidak terlalu banyak pengunjung.

Tempat ini menjadi salah satu tujuan saat akhir pekan karena di sini terdapat beberapa wahana bermain yang bisa dimanfaatkan anak-anak. Lapangan luas dan hijau oleh rerumputan juga ada. Di sini anak-anak bisa berlari-lari dengan bebas. Selain itu, anak-anak juga bisa melakukan aktivitas lain di alun-alun seperti mewarnai gambar pada styrofoam.

Mengunjungi tempat ini sekalian menjadi sarana untuk mengajari anak tentang beberapa hal, seperti memberikan kesempatan kepada anak lain untuk menggunakan wahana yang ada. Melatih psikomotorik anak juga termasuk di dalamnya. Mengunjungi alun-alun atau RTH bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan sederhana namun penuh makna untuk mengisi weekend bersama keluarga.


2. Berkebun Bersama

Pada setiap akhir pekan dalam beberapa waktu saya terkadang menghabiskan waktu untuk berkebun. Membongkar bunga, mengganti media tanam, bahkan melakukan perbanyakan tanaman bunga yang ada di halaman depan atau panen sayuran di belakang rumah.
Berkebun bersama tidak hanya menjadi aktivitas untuk mengisi weekend, namun juga bisa digunakan untuk mengajak anak bereksperimen.
Berkebun bersama tidak hanya menjadi aktivitas untuk mengisi weekend, namun juga bisa digunakan untuk mengajak anak bereksperimen. Mengenalkan ciptaan Tuhan selain binatang dan manusia.

Berhubung anak-anak masih kecil, yang pertama baru TK, sehingga saya mencoba mengaitkan aktivitas dengan apa yang dipelajari oleh anak saat di sekolah. Misal, mengajak anak memilah tanaman berdasarkan jenisnya. Mengenalkan anak pada tanaman yang merupakan ciptaan Tuhan. Mengenalkan anak pada ciptaan manusia, seperti perlengkapan berkebun. 

Bagaimana kegiatan mengisi weekend ini menurut sobat deeva collection? 

3. Memasak Bersama

Siapa yang seperti saya, memilih memasak bersama sebagai salah satu kegiatan sederhana untuk mengisi weekend bersama keluarga?

Memasak bersama tetap menjadi pilihan kegiatan yang menarik untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga. Memasak bersama bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk bisa mendapatkan pengalaman yang menarik, berkesan bagi mereka. Bahkan bisa menjadi media pembelajaran bagi mereka.
Memasak bersama tetap menjadi pilihan kegiatan yang menarik untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga.
Saat memasak bersama kita bisa memulai dengan melakukan survey kecil-kecilan tentang mau makan apa. Setelah memilih menu yang akan dimasak, selanjutnya adalah mengajak mereka untuk merasakan pengalaman yang berkesan.

Tidak ada salahnya bagi kita orang tua untuk melibatkan anak-anak dalam melakukan salah satu rangkaian tugas memasak. Misal meminta mereka memotong sayur. Meminta mereka mengambilkan bumbu, sekaligus mengenalkan pada mereka nama bumbu, bentuk, dan aromanya.

Tidak hanya itu, dari memasak kita juga bisa menumbuhkan kemampuan berpikir anak. Memberikan kesempatan pada mereka untuk mengamati atau melakukan observasi sederhana.

Orang tua pun bisa melakukan klarifikasi kepada anak dengan menanyakan hal berhubungan dengan memasak. Menanyakan alat masa, bumbu, jenis sayuran yang dimasak, dan lain sebagainya. 

Pintar-pintarlah menjadi orang tua yang bisa terus produktif namun tetap memperhatikan keluarga seperti yang dilakukan ibu di balik gawai. Di balik aktivitasnya yang super duper, sahabat saya yang satu ini selalu memberikan perhatian pada anak melalui kegiatan yang menginspirasi. Misal dia mengenalkan anaknya tentang jajanan nusantara melalui buku, dan mengajak anaknya ikut cooking class academy.  

4. Jalan Pagi Bersama

Pilihan lain aktivitas untuk mengisi weekend di pagi hari adalah dengan berjalan kaki menempuh jarak yang tidak terlalu jauh. Tujuannya mengajarkan anak-anak pentingnya menjaga tubuh agar tetap bugar.

Saat berjalan biasanya saya dengan si Kakak membuat tantangan, seperti menghitung jumlah mobil yang terparkir sepanjang jalan, jumlah penjual yang dilewati, ada berapa tukang becak, dan lain sebagainya.
Pilihan lain aktivitas untuk mengisi weekend di pagi hari adalah dengan berjalan kaki menempuh jarak yang tidak terlalu jauh. Tujuannya mengajarkan anak-anak pentingnya menjaga tubuh agar tetap bugar.
Waktu berjalan bersama ini sangat baik untuk membangun komunikasi dengan anak. Menjadi waktu yang tepat untuk memusatkan perhatian orang tua pada anak. Menjadi pendengar setia, memberikan penjelasan kepada anak tentang apa yang ditanyakan mereka.

Aktivitas ini bukan sekedar jalan-jalan, namun menjadi waktu yang tepat juga untuk mengasah kepedulian anak. Salah satunya dapat kita lihat dari komentar anak-anak saat bertemu dengan orang tua renta, saat bertemu dengan penjual.

Ketika anak-anak mengatakan kasihan pada orang yang dilihat, maka kemudian sebagai ornag tua memberikan penjelasan kepada dia bahwa kita harus peduli sama orang lain, harus bisa membantu mereka, apapun keadaan kita. Ini isa dijadikan momen untuk merebut kepedulian mereka. Menjadi waktu yang tepat untuk menguatkan empati dan simpati mereka pada orang lain.

Selain itu, pilihan jalan pagi bersama sebagai kegiatan sederhana mengisi akhir pekan juga bisa mengajak semua anggota keluarga ikut merasakan segarnya udara pagi tanpa polusi kendaraan bermotor.

5. Mempersiapkan Awal Pekan

Ini menjadi salah satu yang tidak boleh ditinggalkan. Mengisi weekend dengan kegiatan berkesan bagi mereka. Saya biasanya megajak si Kakak untuk mengecek kembali perlengkapan sekolah sehingga esok tidak ada drama pagi hari.

Saat mengecek perlengkapan sekolah, kitab isa sekali-sekali menyinggung pelajaran yang ada dibuku. Misal, kita buka bukunya, minta anak mengajarkan bagaimana membaca tulisan yang ada di buku.

Kegiatan-kegiatan di atas menjadi penguat bagi kita sebagai orang tua dalam mendidik anak-anak kita yang memang berbeda generasi dengan kita. Kita orang tua yang berasal dari generasi sebelumnya, dan anak-anak berasal dari generasi alpha. Salah satu yang perlu dilakukan orang tua agar sejalan dengan generasi alpha adalah menyeimbangkan aktivitas bermain di dalam dan di luar rumah bersama anak-anak.

Itu dia 5 Kegiatan Sederhana Untuk Mengisi Weekend Ala Keluarga Deeva Collection. Kegiatan sederhana namun tetap bermakna. Kegiatan yang tidak sekedar mengisi waktu namun juga memupuk, dan menumbuhkan kepedulian dan keterampilan anak. Semoga kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi para orang tua dalam mengisi weekend dan dapat memenuhi kebutuhan kebersamaan keluarga.



Related Posts

34 comments

  1. Senangnya yaa kalau anak-anak sering diajak berkegiatan gini, mereka juga seperti orang dewasa yang bisa stress dengan aktivitas monotone. Dengan adanya aktivitas yang terarah setiap wiken ga akan ada cerita tuh anak-anak boring pas libur.

    Btw,anak-anakku juga kalau ke alun2 atau pasar malam, senang sekali part of coloring in Styrofoam itu sih. dah lah cukup bahagia mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal sederhana yang begitu berharga, yang mereka butuhkan hanya cukup. cukup itu puas

      Delete
  2. Masya Allah iri sekali aku dengan kegiatan pak gie bersama kluarga.

    Pak gie sangat aware dengan kebutuhan keluarga. Aku yakin anak2 ini punya banyak kenangan menyenangkan bersama ayah.

    Kelak saat dewasa mereka akan tumbuh sebagai pribadi seorang perempuan yg tak mudah di rayu hwkaaka
    Soale cinta ayahnya luarbiasa melimpah.

    Barokalloh pak gie. Keren. Dengan prioritas keluarga jadi yg utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, makasih mb Hamim. Mb hamim ga kalah keren, bounding sama anak-anaknya banget

      Delete
    2. masya allah gitu ya pak.. kalo ibu gitu dah Unum pak, yang ayah ininyg antimainstream

      Delete
  3. Seru banget kegiatannya bareng keluarga, jadi kebersamaan weekend nya jadi lebih terjaga gitu ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, banyak hal sederhanya yang bisa kita eksplor

      Delete
  4. Wah semua kegiatannya bonding banget sama anak ya. Gak ada kegiatan yang kayaknya ke tempat bermain untuk habiskan uang, semua kegiatan dari Deeva family ini justru bisa berhemat dengan sisi edukasi tetap ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, kalaupun mengeluarkan uang sanagt sedikit dan wajar,. Makasih bang deddy

      Delete
  5. Wah terimakasih inspirasi kegiatan weekendnya. Kami jg biasanya ngajak anak masak bareng, inshaAllah dlm wkt dekt pengen beekebun jg nih karena tinggal di komplek gapunya tanah utk ditanam hrs beli perlengkapan berkebun dulu

    ReplyDelete
  6. Klu sy lebih suka jalan pagi bersama. Selain olahraga, kita bisa menghirup udara segar..

    ReplyDelete
  7. Berkebun dan memasak bersama memang kegiatan keluarga yang paling menyenangkan. Bisa sekalian mengenalkan anak pada alam sekitar dan pekerjaan sehari-hari juga. Seru banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak, biar mereka ga boring, tapi tetap ada edukasi dan nilai untuk mendekatkan keluarga

      Delete
  8. Kurang lebih sama sih kak, aku juga suka ajak anak ke taman dan ruang terbuka hijau, segar dan sehat yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sehat, segar dan mereka juga perlu seimbang dunia luarnya

      Delete
  9. Kalau anakku biasanya diajakin jalan pagi keliling komplek dan kadang ke alun-alun pas CFD. Pengin sih ngajakin berkebun, tp ga punya kebun hiks...

    ReplyDelete
  10. Senangnya kalau bisa berkegiatan bareng anak ketika weekend gini ya. Jadi pengen ngajarin anak masak juga nih, selama ini jarang berkegiatan bersama anak di dapur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Kak, pasti seru Kak. Anak-anak rasa ingin tahunya banyak, dan tetunya mereka akan senang sekali

      Delete
  11. Wahhh keren nih, hal2 yg sederhana tapi bikin bahagia yaa. Kegiatan yg lebih membonding antara anak” dan ortu, bisa menikmati waktu bareng keluarga yg bakal jadi kenangn indah nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Kak. Kenangan indah yang harus diukir untuk anak-anak

      Delete
  12. panen sayuran itu related ma saya mba soalnya di lantai 2 ada beberapa polybag berisi tanaman sawi gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, asik banget mb, bisa jadi urban farming nih di ruamh. Bisa perbanyak, Kak.sekalian jual sayur organik gitu. lumayan kan.

      Delete
  13. Jadi inget, dulu suka jalan-jalan sore waktu si sulung masih kecil, dan saya bikin tantangan gitu juga... Tapi sama si bungsu belum pernah nih, mulai lagi ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, yuk mulai lagi, si sulung di ajak juga, pasti akan seru, dia mulai bercerita lagi dulu pernah jalan-jalan sama mamanya.

      Delete
  14. Wah, weekendnya benar" produktif nih kalau ini.. Enak ya kalau punya lahan untuk berkebun.. Bisa bercocok tanam..
    Point terakhir ini penting panget itu dan harus dibintangi.. Karna sering banget kita terlena dgn masa liburan saat weekend.. Makasih remindernya..

    ReplyDelete
  15. Kegiatan yg sederhana tpi penuh makna ya pak, merekatkan bonding jga nih buat ayah dan anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, abis terinspirasi dari mb Iva yang selalu bonding dengan anak dengan kegiatan sederhana.

      Delete
  16. Menarik sekali daftar kegiatan family time yang dilakukan sama mas Sugianto. Terlihat sederhana tapi memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjalin kedekatan antara anak dan orang tua. Semoga sehat selalu ya :)

    ReplyDelete
  17. terlihat anaknya happy banget ikut kegiatan-kegiatan positif begitu dan pastinya bisa jadi lebih dekat dan akrab sama anak-anak yaa Kak..

    ReplyDelete
  18. Kegiatan bareng keluarga seperti itu memang mengasikkan ya kak, jadi makin merekatkan hubungan dan mengenal karakter masing²

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak hanya asyik tapi menciptakan kenangan menyenangkan ini akan jadi pengalman yang tak terlupakan bagi anak mbak feni. :) semoga kita bisa meniru langkah pak ugi ya

      Delete
  19. Aku jadi kangen sama Alun-alun nih, lama gak main ke sana sejak pandemi menyerang dan alun-alun ditutup. Giliran sekarang udah dibuka, jadi kayak 'lupa' dengan tempat itu. Hahahha.

    Beberapa pekan terakhir ini, pas akhir pekan kami biasanya makan di mana gitu. Kalau enggak jalan-jalan di sekitar tempat tinggal. Sambil ngikutin anak yang lagi seneng lari.

    ReplyDelete
  20. Kegiatan yang dilakukan memberikan pembelajaran pada anak juga ya bun. Keren sekali. Saya juga pengen bisa memberikan aktivitas yang bermanfaat sekaligus menyenangkan untuk dedek Moenbi. Biar makin akrab dan makin tambah pengalaman dia, hehe.

    ReplyDelete
  21. Ah, good ideas pak gie..
    Makan bakso bersama juga bisa kali ya hehe

    ReplyDelete

Post a Comment