deeva collection

Sensasi Menikmati Es Durian 3D Kedai Cahaya Durian

Konten [Tampil]
Sensasi menikmati es durian 3D Kedai Cahaya Durian di siang hari benar-benar menyegarkan suasana. Apalagi di cuaca panas, seperti menemukan telaga di tengah padang pasir.

Kali ini saya mau sedikit mengulas perjalanan menemukan es durian kedai cahaya durian yang ada di Kecamatan Ambulu di Kabupaten Jember. Ceritanya waktu itu saya bersama teman dalam perjalanan pulang dari Pantai Cemara Puger. 

Masih ingat bagaimana ulasan keindahan Pantai Cemara atau belum membacanya, bisa dibaca dalam tulisan saya yang berjudul Pantai Cemara, Mutiara terpendam di Kabupaten Jember.

Siang itu selepas acara di Pantai Cemara saya dan teman memutuskan untuk mengambil arah jalan pulang yang berbeda dari waktu berangkat. Jika sebelumnya berangkat melalui jalur Kecamatan Balung menuju Kecamatan Puger, kali ini memutuskan pulang melewati Kecamatan Ambulu.

Perjalanan pulang cukup terhibur dengan pemandangan hijau yang begitu luas. Hamparan lahan pertanian jagung dan padi terlihat begitu indah sejauh mata memandang.

Luasnya hamparan setidaknya menjadi penghibur saat perut harus dikocok oleh jalanan yang berlubang di sana-sini. Cukup jauh jarak jalanan berlubang yang harus dilalui. Sungguh berbeda dengan kondisi beberapa waktu lalu saat jalanan masih mulus.

Selama perjalanan saya dan teman membicarakan banyak hal berhubungan dengan pekerjaan. Saling bertukar pikiran bagaimana bisa berproses lebih baik.

Suasana tengah hari semakin terasa panas saat semakin menjauh dari kawasan yang ditumbuhi banyak pohon. Kami pun melanjutkan perbincangan antara mengisi perut dan mengobati dahaga. 
kuliner jember
Es durian 3D
Mengingat sudah makan siang sebelum pulang, kami sepakat untuk memilih melepas dahaga. Melalui gawai mencoba mencari informasi minuman terdekat yaitu es durian.

Beberapa waktu terakhir memang ada yang lagi ramai diperbincangkan terkait kuliner di Jember. Aku pun mencoba mencari salah satu kedai kuliner yang lagi viral, yaitu es durian. Kemudian muncul Cahaya Durian salah satu kuliner di Kabupaten Jember.

Setelah berdiskusi dengan teman, apakah ini yang dimaksud, kamipun langsung meluncur ke lokasi.

A. Durian Si Raja Buah

Kita bicara durian lebih dahulu ya, biar lebih nikmat. Semua orang sepakat kalau durian adalah buah yang digemari banyak orang dan mendapatkan julukan si Raja Buah (King Fruit). Buah ini berasal dari Asia Tenggara.
sensasi menikmati es durian
Buah durian
Beberapa negara yang terkenal dengan duriannya di antaranya Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Namun demikian Indonesia lebih dikenal duriannya dibanding ke dua negera lainnya.

Indonesia terkenal karena memiliki aneka jenis durian yang banyak menarik minat orang untuk mencobanya.

Dilansir dari lokadata.id setidaknya terdapat 13 jenis durian yang ada di Indonesia , yaitu bawor, matahari, namlung, serombut, merah Banyuwangi, super tembaga, madu racun, petruk, pelangi, malika, bido, Lai Mahakam dan jenis lainnya.

Indonesia benar-benar kaya. Tidak hanya memiliki jenis durian yang banyak, produksinya juga banyak. Dilansir dari lokadata.id pada tahun 2020 produksi durian Indonesia mencapai 1,13 juta ton. Di antara wilayah penghasil durian terbesar yaitu Jawa Timur yang mencapai 275,7 ribu ton, Jawa Tengah sekitar 138,1 ribu ton dan Sumatra Barat hingga 131,4 ribu ton.

Tidak hanya jumlah dan jenisnya yang banyak, di wilayah kita olahannya juga beraneka, ada pancake durian, ketan durian, dan es durian. Kalian suka yang mana? Jawab dalam hati ya.

B. Melepas Dahaga dengan Es Durian

Kembali lagi keperjalanan menuju Outlet Cahaya Durian yang ada di Kecamatan Ambulu. Siang itu kami memutuskan menggunakan layanan google map untuk mengantarkan kami ke lokasi.
sensasi menikmati es durian
Potret kedai Cahaya Durian 
Saya mengambil gadget, membuka layanan google, dan mencari outlet yang dimaksud. Kami terus melaju ke arah timur menuju lokasi yang berada di Kecamatan Ambulu hingga menemukan keberadaan Kedai Cahaya Durian.

Saya harus parkir kendaraan di seberang jalan tepat di depan sebuah ruko yang sedang tutup. Ini dilakukan karena lahan parkir yang ada sempit. Sudah ada satu mobil parkir tepat di depan Outlet Cahaya Durian.

Di bawah terik mentari dan di antara ramainya kendaraan berlalu lalang saya dan teman saya dengan berhati-hati menyeberangi jalan.

Saat tiba di outlet kami langsung duduk di kursi yang tersedia. Tidak terlalu banyak, hanya ada dua meja dengan masing-masing tiga kursi, dan ada juga beberapa kursi plastik berjejer. Sayang sekali tempat duduknya terbatas, kalau ditambah lagi akan lebih baik.

Cahaya Durian selain menjual es durian, juga menjual beberapa es lain yaitu Es Serbu (Serba 3000). Kita bisa menikmati aneka pilihan es seperti es timun serut, es lecy, es markisa, es lemon, es strawberry, es fruit punch, es pisang susu, es rose (mawar), es cocopandan, dan es sirsak.

Selain es serbu, ada juga es durian. Ini dia varian olahan durian yang ada di outlet erwarna hijau segar, ada es teler, es teler durian, es durian, es durian 3D, es alpukat green tea, es alpukat kelapa muda, es manado, es mangga podang kelapa muda, es coklat, smoothies alpukat, jus alpukat, kelapa muda, dan pancake durian. Bagaimana? Banyak sekali bukan?

Kira-kira kalau kalian ke sini mau pilih varian yang mana? Kalau saya lebih memilih es durian 3D karena penasaran seperti apa sih dan apa saja isinya.

C. Segarnya Aroma Durian Es Durian 3D

Kedai Cahaya Durian sendiri berada di depan toko yang menjual aneka perlengkapan rumah tangga. Saya berdiri dari kursi, dan melangkah mendekati pelayan yang sedang menyiapkan orderan. 
sensasi menikmati es durian 3d

Saya sampaikan, kalau saya memesan dua es durian 3D. Saat melakukan pemesanan saya sempat mengintip bagaimana kondisi outlet ini. Hasilnya, kebersihannya terjaga, dan tetap tertata rapi bagian dalamnya.

“Mbak, saya pesan es Durian 3D. 2 mangkuk.” Begitu saya berucap saat memesan menu es durian kepada pelayan. 

Saya kembali ke kursi. Tidak lama kemudian, dua mangkuk es durian 3D sudah tiba di hadapan. Pelayan segera meletakkan mangkuk berisi es durian di atas meja. 

Tidak lupa seperti biasa, ada ritual yang harus dilakukan setelah berdoa. Mengambil kamera HP dengan daya baterai yang terbatas saat itu untuk mengambil dokumentasi.

Aroma khas durian yang menyebar begitu menggoda selera. Ingin segera menyeruput kuahnya dan menggigit duriannya. Tapi harus menahan beberapa detik agar bisa mendapatkan bukti kalau benar-benar pernah mencoba es durian 3D ini.

Tiba waktunya untuk menikmati aneka isian dalam semangkus es durian 3D. Dalam satu mangkuk besar es durian 3D terdiri dari 3 cube frozen durian, mutiara, dan ada satu lagi mirip isian dawet/cendol. Minuman ini menjadi lebih menggoda karena ada juga es tambahan es krimnya.
sensai menikmati es durian
Tampilan es durian 3D
Tidak sabar, saya pun segera beraksi menikmati es durian 3D. Dahaga di tengah terik mentari terasa langsung hilang. 

Saya semakin lahap menikmati setiap biji durian dengan diselingi sendokan es krim yang menambah kesegaran. 

Cuaca yang panas membuat es durian ini tidak bertahan lama. Saya segera mendatangi outlet untuk membayar es durian 3D yang sudah dinikmati, sekaligus mengambil es teler yang sengaja dipesan untuk oleh-oleh istri di rumah.

D. Harga es Durian 3D

Untuk dapat menikmati es durian 3D ini tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Kita hanya perlu mengeluarkan Rp.15.000,- (lima belas ribu rupiah) dari dompet kita. Bagaimana, murah bukan? Hanya dengan 15 ribu sudah bisa menikmati seporsi es durian 3D berisi buah durian, es krim, dan aneka isian lainnya.

E. Lokasi Cahaya Durian

Untuk menikmati segarnya es durian 3D dapat langsung menuju lokasi kedai yang ada di daerah Tegal Sari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.

Buat kalian yang juga lagi berkunjung ke Ambulu Kabupaten Jember untuk berwisata ke Teluk Love, Pantai Watu Ulo, dan Pantai Papuma juga bisa mampir ke kedai ini.

Lokasinya berada di pusat Kota Ambulu, tidak jauh dari pasar Ambulu. Silahkan ambil arah ke barat. Kalau dari arah Papuma, di perempatan Pasar Ambulu silahkan belok kiri. Jika dari arah Jember Kota, kalian bisa belok kanan saat di perempatan pasar Ambulu. Setelah beberapa ratus meter kalian akan menemukan lokasi kedai ada di pinggir jalan, tepatnya di sisi kiri atau selatan jalan.

Nah, itu dia sedikit ulasan dari sensasi menikmati es durian 3D di Kedai Cahaya Durian. 
Bagaimana mau mencoba? Sempatkan untuk berkunjung jika kebetulan sedang ada di Kabupaten Jember dan menikmati kuliner Jember lain yang tak kalah rasanya.























Related Posts

15 comments

  1. Wah tempat ini kayaknya jadi surga bagi pencinta durian. tapi kalau aku agak kurang suka karena aromanya. hahaha emang keren2 inovasi cafe2 sekarang. top dah.

    ReplyDelete
  2. saya gak terlalu suka durian karena baunya menyengat banget. Tapi kalau duriannya dikemas jadi es krim seperti itu sih kayaknya enak dan seger banget yaa..

    ReplyDelete
  3. Mantep banget outlet spesialis durian ya. Saya sebenernya orang yg ga suka durian, tapi kalau yg udah diolah jadi semacam es durian lumayan bisa menikmati. Seger banget keliatannya.

    ReplyDelete
  4. Sebagai pecinta durian, saya ngiler lihat foto dan baca artikel ini. Emang murah, seporsi harganya 15.000, apalagi dikasih balok durian yang padat.
    Kadang suka bersyukur karena bisa makan durian.

    ReplyDelete
  5. sulit bagi saya menolak es durian, karena ini buah favorit saya, hahaha. kadang kalau lagi kerasukan duren, satu kepal abisa abis sendirian, hihihi. apalagi di es begini duuhhhhh mantap deehh

    ReplyDelete
  6. Bagi pecinta durian, menikmati es durian itu harus wajib, ya. Pasti gak akan menolak kalau diajak makan es durian, kayak adik saya, doyan banget sama es durian.

    ReplyDelete
  7. Pengen banget bisa makan durian, keknya nikmat bet liat pecinta durian pas makannya 😂

    ReplyDelete
  8. Sekarang kalau pergi kemanapun harus ada dokumentasi ya pak. Hhhhe, review-nya bikin ngiler. Karena selama disini belum nyoba. Dan memang harganya kisaran 3000 ya pak ?

    ReplyDelete
  9. ya Allah duriaaaaaaan.. harga bersahabat banget ya pak! bisa makan banyak nih aku kalo di sana, bahaya :D

    ReplyDelete
  10. aku penasaran nih kenapa bisa dinamai dengan es durian 3D, padahal isinya cube durian frozen, mutiara, dan isian dawet/cendol itu kan ya?
    apa karena isinya 3 cube durian itu ya :D hehee,,

    ReplyDelete
  11. Aku lupa kapan terakhir menikmati durian es dan buahnya. Efek menikah sama orang yg kaga mau deket2 sama durian hahaha.

    Padahal seger banget itu sih, nikmat bgt berasa sampe tenggorkan liat fotonya doang :')

    Apalagi storenya higienis. Dah lah, otw cari deket sini. Pingin huhu

    ReplyDelete
  12. Huaaa muraaahnyaaa cuma 15 ribu Gaisss.. Sebagai prcinta es Durian, harga segini untuk durianbasli bukan masalah. Bahkan kami kemarin menghabiskan berkali lipat untuk seporsi es Durian asli.

    ReplyDelete
  13. Sejujurnya inilah menu makanan yg kata orang enak tapi aku gak suka hehhe.. tapi liat penampilannya kok enak ya segernya. Bisa beli tanpa durian nya kah hehehe


    ReplyDelete
  14. Enak banget ya pak kelihatannya. Seger, legit campur gurih... Kapan-kapan kesana ah...

    ReplyDelete
  15. Siang hari yang terik, kemudian nyeruput es durian ini kayaknya bisa kalap habis 2 porsi aku Kak :)

    ReplyDelete

Post a Comment