deeva collection

Tujuh Tips Memulai Ngeblog ala Coach Marita Ningtyas

8 comments
Konten [Tampil]
Anugerah yang luar biasa itu adalah saat mendapatkan ilmu dari mereka yang sudah menekuni suatu urusan. Seperti yang didapatkan dalam Komunitas One Day One Post. Setelah belajar tentang kepenulisan menemukan The Strong Why, dilanjut dengan materi Teknik menulis blog. Saya sangat senang karena salah satu yang dibahas adalah Tips Memulai Ngeblog.

deeva collection memulai ngeblog
Dersigned by Using Canva

Tips ini memberikan semangat tersendiri untuk bisa terap konsisten dalam mengelola blog. Setidaknya saat mengingat tips yang disampaikan narasumber bisa Kembali menggugah semangat untuk berkarya. Terus menulis dan melawan musuh terbesar yaitu menulis.

Setidaknya ada tujuh tips memulai ngeblog yang disampaikan Coach Marita Ningtyas dalam materi Teknik Menulis Blog. Dalam menyampaikannya, dia ditemani oleh seorang moderator kece, dengan segudang prestasi, siapa lagi kalau bukan Mb Jihan.

Dalam kelas ini, Mb Jihan membuka acara dengan memberikan beberapa materi yang akan disampaikan oleh narasumber. Peserta kemudian diberikan waktu untuk membaca, mencerna, dan memahami setiap slide yang ada dalam materi.

Materi berisi perkenalan narasumber, apa pengertian blogging, manfaat blogging, alas an blogging, dan tips dalam blogging. Dalam tulisan ini, saya akan mengulas apa yang disampaikan Coach Marita Ningtyas dalam agenda pada 7 September 2021 yang diikuti oleh sekitar 90 orang, yaitu Tips Memulai Ngeblog.

Sosok yang humble, ceria, dan open minded ini sangat menguasai kelas yang ada. Membuka kelas dengan cara yang menarik. Kelas terlihat hidup meskipun dilaksanakn dalam grup whatsapp.

Semua peserta sangat antusias dan terlihat aktif sejak awal kelas. Apalagi dilanjutkan dengan interaksi antara nara sumber dan peserta dalam tanya jawab mengenai materi yang akan diberikan. Tujuan dari sharing atau diskusi ini adalah sebagai asesmen awal untuk mengetahui latar belakang peserta yang memang belum semuanya mengenal dunia blogging.

Sharing awal dibuka dengan tanggapan peserta setelah membaca materi, kemudian dianjut dengan pertanyaan siapa yang sudah mengenal blog dan siapa yang belum. Kemudian tentang apa platform yang dipakai. Responnya yang diberikan peserta pun beragam, seperti:

Ternyata blog itu seru juga yah. Awalnya kupikir biasa ajaaa.
Setelah gabung di ODOP dan ikut challenge ini jadi melek kalau nge-blog asik juga. Hanya saja saya baru (pemula banget) di dunia blog. Jadi perlu banget belajaaar apalagi setelah liat materi dan tik tok Mba Marita.
Masyaallah sekali ilmunya Kak. Krn bener2 baru terjun di dunia blog aku mrasa banyak ilmu baru yg aku denger dan liat. Semoga dg kelas ini nanti, bisa nambah semangat baru.
Setelah baca materi yang kakak sampaikan, pesan paling kena itu bikin blog itu gampang, yang menantang itu konsisten update postingan, sesuai dengan yang sedang kami lakukan sekarang konsisten menulis selama 40hari. Lihat dr perjalanan kakak, luar biasa sekali, merinding baca slide-slide (dan suka dengan desain presentasinya)
Ngeblog itu gampang-gampang susah, perlu ide kreatif untuk ngebangunnya. Bisa menulis belum tentu bisa nge-blog, barang kali begitu.
Isinya daging mbak materinya. NgeBloging menata rumah. Selain kontent juga perlu memperhatikan printilan² di dalam blog.
Aku seringkali gumun kalau lihat blog mbak Marita. Masya Allah produktif dan konsisten. Dari materi yang disampaikan jadi tau ternyata proses yang dilewati juga panjang sekali. Lika-liku yang diceritakan juga relate denganku, masalah waktu, mood, bingung mau nulis apa, nggak bisa utik-utik dashboard. Tapi mbak Marita kasih tips untuk bisa melewati itu semua.
Setelah melihat dan membaca tanggapan dari para peserta, apa yang dirasakah? Pastinya menjadi tahu bagaimana antusiasme dan semangat dari para peserta. Mungkin ada yang bertanya-tanya, siapa Coach Marita sebenarnya. Agar tidak penasaran, saya akan kenalkan dulu profil singkat narasumber.

A. Marita Ningtyas, Sosok Blogger Sejati

memulai ngeblog ala Coach Marita Ningtyas
Coach Marita bersama suami dan anak-anak

Coach Marita Ningtyas, seorang mom's blogger sekaligus founder dari Blogspedia, yang salah satu programnya adalah Blogspedia Coaching. Sebuah coaching yang membentuk blogger untuk bisa membangun blog dari nol.

Mom kelahiran kelahiran 1985 ini memiliki nama lengkap Marita Surya Ningtyas. Sebuah nama yang disematkan oleh ibunda tercintanya Endah Susilaningtyas.

Dia dilahirkan 36 tahun silam di Kota Lumpia. Ada yang tahu apa nama kotanya? Bagi pecinta kuliner, tentunya akan mudah menebaknya. Ya, Semarang itulah daerah asalnya.

Mendapatkan pasangan hidup yang penyabar, dan dikarunia anak yang Sholih dan Sholihah. Lelaki yang beruntung itu adalah Mas Martin. Cukup dulu ya, perkenalan dengan Coach Marita Ningtyas. Untuk Yang masih penasaran ingin tahu lebih tentang seperti apa sosok satu ini, bisa membaca artikel saya sebelumnya Pengalaman Mengikuti Blogspedia Coaching.

B. Tujuh Tips Memulai Ngeblog

tips memulai ngeblog
Designed by using Canva

Bagi yang sering bertanya bagaiman memulai ngeblog, apa yang harus dilakukan untuk memulai ngeblog, berikut tujuh tips memulai ngeblog ala Coach Marita Ningtyas:

1. Kuatkan Niat

Untuk memulai nge-blog harus memiliki semangat yang kuat. Namun demikian, semangat saja tidak cuku, karena seorang blogger harus menemukan jati dirinya. Menemukan jati diri dengan menemukan alasan kuat untuk nge-blog.

Tips pertama dalam memulai ngeblog ini meenakankan agar kita ngeblog bukan sekedar ikut-ikutan. Kalau terlanjur ikut-ikutan, maka perlu dibangun dan ditumbuhkan niat dan tekad yang kuat.

Dalam niat menjadi blogger, tumbuhkan pula semangat untuk menebar kebermanfaatan.

2. Memilih Platform

Pilihlah platform yang memang cocok dan nyaman bagi kita. Untuk ini kita tidak bisa hanya mengikuti orang lain, missal dengan platform A lebih gampang, B lebih enak, dan seterusnya. Alangkah lebih baik dan bijak Ketika kita mencari dan menemukan sendiri platform yang cocok bagi kita.

Pesan dari Coach Marita Ningtyas, dengan menemukan sendiri platform yang nyaman, maka akan menjadikan kita lebih mencintai blog yang dikelola.

3. Memilih Niche/ Topik Blog

Memilih Niche/ Topik bisa menjadi hal yang perlu diberikan perhatian saat pertama kali membuat blog. Apakah akan membuat topik yang spesifik hanya pada satu topik, atau topik yang lebih umum seperti lifestyle. Semua kembali kepada yang membuat. Blognya mau dibawa ke mana.

Bagi yang mau menuju pro, memiliki memiliki 1 blog dengan satu topik yang spesifik bisa menjadi sebuah kebutuhan. Mengapa demikian? Karena biasanya klien lebih menyukai topik yang spesifik.

4. Memilih Desain Template

Desain template tergantung pada yang punya blog. Mau tetap menggunakan yang bawaan atau mau menggunakan template lain. Melakukan custom template sampai blog terlihat menarik. Tentunya semakin cantik atau menarik tampilannya, akan memberi semangat untuk mengisinya dengan tulisan.

Saran dari Coach Marita Ningtyas, dalam memilih template, pilihlah template yang sesuai dengan niche blog. Selain itu perlu juga mempertimbangkan faktor SEO friendly untuk blog kita, agar optimasinya menjadi lebih baik.

5. Buat Postingan Pertama

Ini Tips Memulai Ngeblog yang tak kalah penting. Membuat postingan pertama, artinya memulai menulis. Tulislah sesuai dengan niche yang kita pilih.

6. Share di media sosial

Agar semakin banyak yang mengenal blog kita, maka sering-seringlah untuk membagikan informasi seputar blog kita melalui media sosial, seperti Instagram, twitter, dll.

7. Berjejaring / Bergabung dengan komunitas.

Kalau hanya tinggal di rumah, tidak akan banyak orang yang tahu siapa diri kita, apa aktivitas kita. Sehingga penting bagi kita sebagai seorang blogger untuk bersosialisasi dengan para blogger yang lain. Bisa dilakukan dengan bergabung pada komunitas blogger dan saling berbagi informasi.

Bergabung dengan komunitas akan memberikan kita banyak hal positif, diantaranya menjaga konsistensi menulis, salaing mendukung dan menguatkan.

Nah setelah membaca tujuh tips memulai ngeblog ini, semoga kita semakin tertatang untuk melawan diri sendiri, melalui rintangan dan rasa malas untuk terus berkarya.

Related Posts

8 comments

  1. Nge blog itu bener-bener harus menguatkan hati dan tekad supaya bisa konsisten

    Saya ngalamin banget ga konsis jadi blog terbengkalai bertahun-tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, mb. Pengalaman guru harga, pun saya pernah mengalami hal yang sama

      Delete
  2. Pertama kali mengenal mbak Marita saat ada event offline ibu profesional di jogjakarta. Setelah itu nggak sengaja menemukan blog beliau dan asik membaca disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih. Kenal mba Marita dari IP juga. Dulu dibawah arahan beliau jabatan pengurusnya. Sayang blm sempet berguru lbh byk..huhu
      Smoga bisa jadi sekeren dia jiga dlm ngeblog..

      *Eh numpang komen di sini 🤭

      Delete
  3. Tips dari coach marita tuh emang mantul si, apalagi kalau di grup blogspedia pasti dipaksa buat nulis kalau gak bisa-bisa ditendang pake tendangan mar-mar tuh wkk

    ReplyDelete
  4. Bener-bener tips ngeblognya mantap ya pak, aku pun mulai nerapkan tipsnya ini.

    ReplyDelete
  5. Bener tipsnya, aku bertahap mulai menerapkan tipsnya

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen gabung blogspedia coaching hihi

    ReplyDelete

Post a Comment